Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Aplikasi Lari Terbaik Untuk Pelari

Aplikasi Lari

aplikasi lari   aplikasi track lari iphone aplikasi mengukur jarak lari     Apa nama aplikasi buat lari? Apakah aplikasi Strava akurat? Aplikasi Strava untuk apa?    aplikasi lari iphone aplikasi penghitung jarak lari dan kalori aplikasi penghitung jarak lari offline aplikasi lari gratis aplikasi lari paling akurat aplikasi lari android







Aplikasi lari sudah menjadi bagian penting dari rutinitas lari. Selain sepatu lari, aplikasi untuk olahraga yang satu ini akan mempermudah larimu.

Pada postingan kali ini, kita akan membahas apa saja aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membantu sesi larimu.



Apa Manfaat Aplikasi Lari?

Apa itu aplikasi lari? Pada dasarnya ini adalah program aplikasi yang perlu kamu instal di handphonemu. Aplikasi ini bermanfaat untuk mencatat kecepatan lari, kalori yang terbakar, rute larimu, seberapa jauh jarak larimu, detak jantungmu, dan berbagai data-data lain yang penting.

Ada banyak aplikasi lari dengan keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Kebanyakan dari aplikasi olahraga lari ini kebanyakan gratis, tapi juga berbayar untuk fitur fullnya.

Oleh karena itu, kamu bisa mencoba menginstal dan menggunakan berbagai aplikasi lari ini sebelum memutuskan mana yang paling cocok untukmu.



Macam - macam Aplikasi Lari

Apa nama aplikasi buat lari? Aplikasi buat lari ada banyak sekali jenisnya dan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kebanyakan aplikasi ini pada umumnya tersedia untuk Andorid maupun Apple sehingga kamu tidak perlu khawatir.


Runna



Runna sudah teruji di berbagai macam marathon sebagai salah satu aplikasi lari terbaik. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur, mulai dari sesi lari hingga latihan kekuatan untuk mencegah cedera. 

Meskipun berbayar seharga 280 ribu per bulan, harga tersebut masih terjangkau dibandingkan jika kamu mendaftar ke gym  membership atau ongkos untuk membayar biaya pelatih lari personal.

Selain itu, Runna dapat disinkronkan dengan jam tangan lari Garmin, Apple Watch, Suunto, dan Coros.



Map My Run



Map My Run bisa kita instal untuk Android maupun iOS. Jika kamu termasuk orang yang gaptek, aplikasi lari ini memiliki tampilan sederhana dan tidak membingungkan untuk pengguna pemula.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa merekam data real-time penting seperti kecepatan, jarak, dan durasi larimu.

Selain itu, ada juga fitur audio coaching yang bisa memberikan masukan dan motivasi saat kamu sedang berlari.

Kita juga bisa membuat sendiri program latihan personal, walaupun harus disesuaikan dengan tingkat kebugaran kita sendiri.

Ada berbagai macam fitur lengkap di versi berbayarnya, seperti penghitungan detak jantung, panduan lari interval, dan panduan recovery setelah lari.

Walaupun begitu, fitur gratisnya pun sebenarnya sudah cukup jika kamu adalah pelari kasual dan tidak sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti event.



Nike Run Club



Aplikasi Nike ini bisa membantu kita membuat program latihan berdasarkan tujuan, kecepatan, dan kemauan kita sendiri. Selain itu, fitur-fitur seperti latihan dari pelatih lari, playlist musik, dan kemungkinan untuk membangun komunitas, membuat aplikasi ini banyak dipakai pelari.

Banyak komunitas pelari yang membuat aplikasi olahraga lari ini menjadi jejaring sosial yang khusus ditujukan untuk para pelari.

Aplikasi ini bisa kita gunakan untuk memantau berbagai metrik seperti kecepatan lari, jarak yang telah ditempuh, dan juga bisa dihubungkan dengan smartwatch atau Apple Watch untuk memantau detak jantung kita.



Strava 



Strava memiliki fitur GPS untuk memetakan jalur lari yang kamu lewati, selain juga jalur lari yang telah kamu lewati bisa kamu bagikan ke sosial media.

Aplikasi ini juga bisa menampilkan informasi seperti kecepatan lari (pace), jarak, dan seberapa tinggi ketinggian tanah yang telah ditempuh. Kamu juga bisa mendapatkan rekomendasi rute lari baru dari aplikasi ini.

Ada fitur feed seperti di sosial media sehingga kamu bisa melihat pencapaian teman larimu atau rute lari baru, sehingga kamu jadi lebih termotivasi untuk rutin berlari.

Versi gratis dari aplikasi lari ini sebenarnya sudah bagus dan mampu memberikan informasi dasar dari sesi lari yang kamu lakukan. Namun, versi berbayarnya punya jauh lebih banyak fitur bahkan memprediksi ramai atau sepinya jalan yang akan kamu lewati saat lari.



Runkeeper



Aplikasi ini cocok untuk dipakai pelari manapun karena bisa menyesuaikan latihan dengan performa lari kita, baik bagi mereka yang baru belajar berlari maupun pelari berpengalaman. 

Kamu juga akan mendapatkan tantangan setiap bulannya sehingga kamu akan tetap bersemangat untuk rutin berlari. Apalagi, ada fitur komunitasnya sehingga kamu bisa membagikan pencapaianmu ke pelari lainnya.

Tampilan dari aplikasi lari ini cukup mudah dan responsif. Kamu bisa mengetahui pace lari dan berbagai statistik lainnya yang penting untuk perkembangan performa larimu.

Versi gratisnya sudah cukup mumpuni untuk pelari kasual yang senang berlari, apalagi kamu bisa mengintegrasikan aplikasi ini dengan smartwatch. Namun bila kamu ingin lebih serius, kamu bisa coba versi berbayarnya untuk mendapatkan fitur-fitur yang lebih canggih.



Zwift



Karena setiap pelari membutuhkan program latihan yang berbeda-beda, aplikasi lari ini memiliki beragam program lari yang dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan setiap pelari. 

Aplikasi ini punya program untuk meningkatkan daya tahan, pace lari, hill run, dan berbagai macam program latihan yang kamu mau.

Selain itu, fitur lari virtual membuat kamu bisa terhubung dengan pelari di seluruh dunia, walaupun secara tampilan, mungkin akan sedikit membingungkan sehingga butuh waktu untuk terbiasa menggunakannya.

Versi gratis dari aplikasi ini sudah cukup, dan fitur berbayarnya bisa dibilang cukup mahal sehingga tidak disarankan.



Garmin Connect


Aplikasi lari ini memiliki teknologi pelacakan GPS canggih dan analisis data yang informatif, sehingga bisa memberikanmu gambaran yang terperinci soal rute dan kecepatan larimu.

Edisi gratis sebenarnya sudah menawarkan banyak fungsi seperti aplikasi lainnya. Namun, versi berbayarnya memiliki kumpulan program latihan yang dipersonalisasi, statistik canggih, dan unik untuk setiap pelari.



Kesimpulan

Setiap aplikasi memiliki keunggulan dan kekurangan berbeda sesuai dengan kebutuhan pengguna. Ada aplikasi yang unggul di pelacakan GPS, ada yang lebih fokus pada fitur ala sosial media.

Versi gratis dari berbagai aplikasi seperti ini sebenarnya sudah cukup membantu sesi lari kita sehari-hari. Tapi jika kamu ingin bisa lari dengan lebih mengerti performa larimu, mungkin kamu bisa mencoba versi berbayarnya.

Pada dasarnya, tidak ada aplikasi lari terbaik yang benar-benar unggul. Hanyalah kita sendiri yang bisa menilai secara objektif aplikasi seperti apa yang paling cocok dengan kebutuhan kita sebagai pelari.



sumber :

best running apps by guidingtech

Runna app review by tomsguide

top running app by tomsguide



Daftar Para Ahli di Artikel Ini

Jane McGuire, pelari marathon dan running gear tester.

Lucy Gornall, personal trainer setelah melahirkan.



Artikel Lainnya Yang Setopik

Jam tangan smartwatch adalah jam tangan yang biasa dipakai untuk olahraga. Berikut 9 jam tangan smartwatch terbaik yang bisa kamu beli. | Jam tangan smartwatch.

Cara mengetahui pace lari bisa dilakukan dengan beberapa cara. Berikut hal-hal yang perlu kamu tahu tentang cara mengetahui pace lari. | Cara tau pace lari.

Cara menghitung pace lari bisa kita lakukan dengan rumus, dengan kalkulator pace, dan dengan aplikasi. Berikut panduan cara menghitung pace lari. | Cara hitung pace lari.



Demikian pembahasan untuk aplikasi lari kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk.  

Follow juga Tiktok kita di @runners.case  untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "7 Aplikasi Lari Terbaik Untuk Pelari"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan