Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Lari Marathon Untuk Pemula

Cara Daftar Lari Marathon

Cara daftar lari marathon







Cara daftar lari marathon mungkin akan membingungkan untuk pelari yang belum pernah ikut event lari sebesar ini.

Pada postingan kali ini, kita akan belajar bagaimana sih mendaftarkan diri untuk ikut sebuah event lari maraton.



Cara Daftar Lari Maraton

Tata cara untuk mendaftarkan diri pada sebuah event marathon biasanya berbeda antara setiap event. 

Kita tidak bisa menyamaratakan setiap event marathon karena pasti akan berbeda antara satu event dengan event lainnya. Namun, pada dasarnya langkah-langkah pendaftaran selalu berkisar pada hal-hal berikut ini.


Mencari event marathon

Pertama, cari marathon yang ingin kamu ikuti, bisa melalui media sosial, media online, atau pengumuman di komunitas maupun klub lari yang kamu ikuti.

Kamu juga bisa mengikuti akun seperti @kalenderlari untuk mendapatkan info-info terkait event lari yang akan datang.


Daftarkan diri

Setelah menemukan maraton yang ingin kamu ikuti, kamu bisa langsung mendaftarkan diri. Periksa terlebih dahulu segala persyaratan terkait pendaftarannya. Lengkapi apa yang harus dilengkapi, dan pastikan untuk mendaftar sebelum batas waktu yang ditentukan. 


Bayar biaya pendaftaran

Umumnya, ada biaya pendaftaran yang perlu dibayarkan pada pihak penyelenggara. Harganya biasanya lebih mahal daripada event lari 5k atau 10k. Ya karena ini adalah event marathon.


Persiapkan diri

Setelah mendaftar, mulailah mempersiapkan diri dengan latihan lari maraton, pola makan sehat, dan istirahat yang cukup. Setelah kamu mengetahui cara daftar lari marathon, kamu perlu mempersiapkan diri dengan baik dan menyeluruh.



Baca juga Penyebab pelari marathon berbadan kurus, adalah karena itu merupakan hasil adaptasi tubuh mereka terhadap latihan lari marathon yang mereka lakukan. | Kenapa marathoner kurus?



Tips Sebelum Mendaftar Lari Marathon

Ada banyak hal yang perlu kita persiapkan sambil mempelajari cara daftar lari marathon. Mulai dari menetapkan tujuan, waktu yang diperlukan untuk latihan, persiapan latihan, cek kesehatan, hingga mempersiapkan finansial yang pastinya akan dibutuhkan.


Buat target dan jadwal latihan yang realistis

Menetapkan tujuan yang realistis untuk mengikuti sebuah event lari marathon sangat penting. Kita perlu menyusun jadwal latihan yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari juga diperlukan.

Latihan marathon akan membutuhkan persiapan dan program latihan yang tidak membebani, atau bahkan mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Berlatih untuk event marathon memerlukan waktu yang cukup banyak, sehingga kita perlu mempersiapkan segalanya secara matang sesuai dengan kemampuan dan kondisi tubuh kita saat ini. 


Konsultasikan kesehatanmu

Selain mengetahui cara daftar lari marathon, kita juga perlu memperhatikan pola makan, dan asupan cairan tubuh. 

Kita juga bisa tapering maupun carbo loading untuk mempersiapkan fisik kita agar saat event nanti tubuh kita bisa mencapai performa yang optimal.

Jika perlu, kita juga perlu mengkonsultasikan kesehatan dan kondisi fisik kita ke dokter.

Baca juga Carbo loading merupakan metode untuk meningkatkan energi sebelum lomba lari. Berikut cara mempersiapkan diri untuk lomba lari dengan carbo loading. | Carbo loading.


Persiapkan dana

Dana atau biaya yang akan kamu habiskan untuk lari marathon tentu akan lebih besar daripada event-event lain.

Misalnya saja, selain biaya pendaftaran, kamu juga akan membutuhkan uang transportasi dan akomodasi kalau ternyata marathon tersebut dilaksanakan di kota lain atau negara lain.

Belum lagi biaya untuk membeli peralatan atau perlengkapan lari yang tentu saja tidak sedikit. 


Baca juga Latihan mental untuk lari marathon bisa kita latih dengan beberapa strategi. Berikut cara latihan mental untuk lari marathon. | Latihan mental untuk lari maraton.



Kesimpulan

Mengetahui cara daftar lari marathon adalah satu hal, namun mempersiapkan fisik. mental, dan biaya juga perlu dipikirkan dengan serius jika kitaingin bisa lari marathon dengan baik.

Yang paling penting, pastikan saja kamu mengukur kemampuanmu sendiri dari berbagai aspek tersebut. Sebelum kemudian memutuskan untuk mendaftarkan diri untuk mengikuti event marathon.



sumber:

Entry information for Tokyo marathon by marathon.tokyo

How to register for the 2024 New York City Marathon by nycmarathons 

3 Ways to Get Into the New York City Marathon by verywellfit 

Syarat-syarat untuk ikut enam event maraton besar dunia by kumparan

How to organize a marathon by wikiHow

registering for marathon by dickssportinggoods



Daftar Para Ahli di Artikel Ini

Autumn Greba, asosiat DICK'S Sporting Goods

Kristie Johnson, pelari endurance dan asosiat DICK'S Sporting Goods




Artikel Lainnya Yang Setopik

Recovey setelah lari marathon sangat penting agar tubuh cukup beristirahat dan siap lari lagi tanpa cedera. Berikut cara recovery setelah  marathon. | Cara recovery habis maraton.

Persiapan half marathon membutuhkan perencanaan dan program latihan half marathon yang baik. Berikut hal-hal penting terkait persiapan half marathon. | Persiapan half maraton.

Program latihan half marathon & Jadwal lari berikut didesain agar kamu mampu mengikuti half marathon race dalam 12 minggu. | Program half marathon.

Persiapan marathon akan menghabiskan waktu berbulan-bulan. Pelajari semua hal yang perlu kamu lakukan untuk persiapan marathon di artikel ini. | Persiapan lari maraton.

Lari maraton/marathon adalah lari dengan jarak 42,2km. Berikut program latihan marathon dan tips lari maraton yang bisa diikuti pelari pemula. | Program lari maraton.

Race pace untuk event lomba lari seperti 5km, 10km, half marathon, dan full marathon berbeda-beda dan berikut ini cara latihannya. | Latihan race pace.






Demikian pembahasan untuk cara daftar lari marathon kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk

Follow juga Tiktok kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Cara Daftar Lari Marathon Untuk Pemula"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan