Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebelum Lari Pagi, Makan Dulu atau Tidak?

Sebelum Lari Pagi Makan Dulu atau Tidak

sebelum lari pagi makan dulu atau tidak







Sebelum lari pagi, sebaiknya makan dulu atau tidak? Biasanya, pertanyaan ini akan memisahkan pelari ke dalam 2 golongan. Ada yang berpendapat makan sebelum lari pagi itu penting, dan ada pula yang merasa sarapan sebelum lari pagi itu tidak perlu dilakukan.

Pada postingan kali ini, kita akan membahas tuntas pertanyaan sejuta pelari ini.




Sebelum Lari Pagi Makan Dulu atau Tidak?

Tidak ada jawaban pasti tentang hal ini. Entah kita makan sebelum lari pagi, atau tidak makan sebelum lari pagi, yang membedakan adalah manfaat yang akan kita dapatkan dan tujuan dari keputusan kita tersebut.

Keputusan apakah lebih baik makan sebelum atau setelah berlari, pada akhirnya tergantung pada preferensi dan kebutuhan dari pelari itu sendiri.

Di bawah ini, kita akan melihat apa sih manfaat dan tujuan yang menjadi perbedaan dari kedua keputusan ini.


Lari pagi dengan sarapan

Berlari tanpa bahan bakar dalam tubuh akan membuat kita kesulitan, apalagi jika lari pagi tersebut berjarak lebih dari 10km dan lebih dari 60 menit.

Selain itu, memang benar bahwa tubuh menggunakan cadangan glukosa dari makan malam sebelumnya sebagai sumber energi. Namun jika lari pagimu berbentuk lari HIIT (High Intensity Interval Training) dan durasinya melebihi 60 menit, maka akan lebih baik jika kita sarapan dulu sebelum lari.

Jika perlu, kita juga bisa membawa energy gel untuk dimakan setelah 60 menit berlari. 

Baca juga Energy gel untuk lari merupakan sumber energi yang cepat di tengah-tengah lari. Berikut beberapa info dan rekomendasi tentang energy gel. | Gel energi.



Lari pagi tanpa sarapan

Lari pagi sebelum sarapan dapat memberikan manfaat tertentu. Terutama untuk orang yang ingin menurunkan berat badan.

Berlari dalam keadaan perut kosong diketahui dapat meningkatkan pembakaran lemak, dibandingkan dengan berlari setelah sarapan. Namun, pastikan untuk makan setelah lari, agar kamu tidak makan berlebihan saat siang atau malam harinya.

Pelari yang sedang recovery run setelah ikut lomba lari, atau sedang dalam proses rehabilitasi pasca cedera juga tidak perlu sarapan dulu sebelum lari. Ini karena lari pagi yang mereka lakukan adalah lari dengan jarak yang pendek dan berintensitas rendah.

Selain itu, pelari yang memiliki masalah pencernaan mungkin akan jauh lebih nyaman jika lari tanpa sarapan. Selama durasi dan intensitas larinya tidak tinggi.


Keputusan untuk makan atau tidak makan sebelum berlari, pada akhirnya tergantung pada preferensi dan tujuan dari pelari itu sendiri.

Tidak ada cara yang salah atau benar di sini. Sesuaikan saja dengan keinginan dan kebutuhan kita masing-masing.


Baca juga Berlebihan saat makan setelah olahraga jadi masalah banyak pelari. Berikut solusi dari masalah berlebihan saat makan setelah olahraga. | Makan berlebihan habis lari.



sebelum lari makan dulu atau tidak



Sarapan Yang Baik Sebelum Lari Pagi

Sarapan sebelum lari pagi dapat memberikan dorongan energi yang diperlukan oleh pelari untuk menyelesaikan jarak yang ditempuh. 

Waktu ideal untuk sarapan sebenarnya 1-2 jam sebelum berlari. Ini agar tubuh memiliki cukup waktu untuk mencerna makanan tersebut, sehingga tidak ada masalah pencernaan yang muncul saat berlari. 

Namun, jika kamu tidak punya waktu untuk menunggu satu atau dua jam, sebaiknya makan snack atau camilan kecil sebagai bahan bakar untuk tubuh tanpa menyebabkan gangguan pada lambung.

Baca juga Berapa Waktu Ideal Untuk Olahraga Lari Setelah Makan? | Olahraga setelah makan.


Makanan sebelum lari pagi

Sebelum lari pagi makan dulu atau tidak, memang masih diperdebatkan. Namun, jika kamu memutuskan untuk sarapan sebelum lari pagi, pastikan kamu memilih makanan yang baik.

Untuk sarapan sebelum lari pagi, sebaiknya pilih makanan yang sederhana dan kaya gizi, seperti susu coklat, yogurt Yunani, sepotong roti dengan selai kacang, serta buah seperti pisang. 

Selain itu, hindari makanan berlemak yang dapat menyebabkan perut kembung dan mual. Bawa juga energy bar atau energy gel, jika durasi lari pagimu lebih dari 60 menit.

Baca juga Makanan sebelum lari bisa dibedakan menjadi makan sebelum lari pagi, sore, dan malam. Berikut hal yang perlu kamu tahu tentang makanan sebelum lari. | Makanan sebelum lari.


Minuman sebelum lari pagi

Kita bisa meminum air putih hangat biasa sebelum lari pagi. Kamu juga bisa minum teh hangat, susu, atau kopi untuk meningkatkan performa lari dengan kandungan kafein. 

Namun, pastikan saja kamu tidak minum kopi berlebihan karena kopi bersifat diuretik dan bisa memicu produksi urin dan mungkin masalah perut jika dikonsumsi berlebihan.

Baca juga Minum kopi sebelum olahraga lari memang memiliki manfaat namun juga efek samping. Berikut manfaat dan plus minus minum kopi sebelum olahraga lari. | Minum kopi sebelum lari.



Kesimpulan

Setelah membahas masalah ini, sekarang kita tahu bahwa sebelum lari pagi makan dulu atau tidak pada dasarnya tidak ada perbedaan yang signifikan.

Semuanya tergantung pada tujuan yang ingin kita capai dari lari pagi yang kita lakukan. Kalau lari paginya hanya lari pendek dan santai, maka kita bisa saja lari tanpa sarapan.

Namun kalau lari paginya berdurasi lebih dari 60 menit dan berintensitas tinggi, maka kita perlu sarapan sebelum lari.

Jika kamu mau, coba uji pada dirimu sendiri. Coba besok pagi lari dengan sarapan dan besoknya lari pagi tanpa sarapan.

Coba rasakan sendiri perbedaannya pada tubuhmu. Sehingga kamu bisa memutuskan sendiri mana pilihan yang terbaik untukmu.


sumber : breakfast before or after morning run by runnerclick



Daftar Para Ahli di Artikel Ini

Daniel Hackett, Amanda D. Hagstrom, Effect of Overnight Fasted Exercise on Weight Loss and Body Composition: A Systematic Review and Meta-Analysis



Artikel Lainnya Yang Setopik

Susu coklat adalah minuman terbaik untuk diminum oleh pelari agar proses isi ulang energi dan recovery bisa berjalan baik setelah berlari. | Minuman habis lari.

Makanan agar kuat lari 12 menit merupakan faktor yang penting sebelum mengikuti tesnya. Berikut daftar makanan agar kuat lari 12 menit. | Makanan untuk lari 12 menit.

Makanan penambah stamina ada banyak sekali. Ayo pelajari makanan dan minuman apa saja yang bisa kita pilih sebagai makanan penambah stamina. | Makanan untuk stamina.

Makanan untuk pelari bisa dibagi menjadi beberapa kategori: makanan sebelum, saat, dan sesudah berlari. Berikut tips lengkap makanan untuk pelari. | Makanan untuk pelari.

Efek makanan pedas untuk pelari ada positif dan negatif. Ayo pelajari manfaat apa yang bisa kita dapatkan dan harus hindari dari efek makanan pedas. | Makan pedas sebelum lari.

Carbo loading merupakan metode untuk meningkatkan energi sebelum lomba lari. Berikut cara mempersiapkan diri untuk lomba lari dengan carbo loading. | Karbo loading seblum maraton.



Demikian pembahasan untuk sebelum lari pagi makan dulu atau tidak kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk.  

Follow juga Tiktok kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Sebelum Lari Pagi, Makan Dulu atau Tidak?"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan