Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menghitung Pembakaran Kalori Dengan Olahraga Lari

Menghitung Pembakaran Kalori

cara hitung kalori terbakar







Menghitung pembakaran kalori sudah sangat mudah dengan bantuan dari berbagai macam aplikasi android maupun online tools yang tersedia.

Namun, untuk mengerti lebih jauh bagaimana proses penghitungan pembakaran kalori, kita perlu mendalami cara kerja dari proses itu sendiri.

Nah, pada postingan kali ini, kita akan belajar bagaimana menghitung pembakaran kalori, dan seberapa banyak kalori yang bisa dibakar dengan olahraga lari.



Apa Ciri ciri Kalori Terbakar?

Ciri-ciri kalori terbakar biasanya dimulai dengan munculnya peningkatan suhu tubuh, detak jantung, dan pernapasan. Biasanya, semakin lama durasi olahraga yang kita lakukan, semakin meningkat pula ketiga hal ini.

Kemudian, muncul juga peningkatan produksi keringat dan rasa kelelahan. Kedua hal ini juga merupakan tanda-tanda bahwa tubuh sedang menggunakan energi dengan membakar kalori. Keringat merupakan cara tubuh untuk mendinginkan diri, sementara kelelahan erat kaitannya dengan level stamina kita.

Selain itu, yang paling utama tentu saja adanya peningkatan metabolisme tubuh. Metabolisme merupakan sistem tubuh yang berfungsi membakar karbohidrat atau kalori menjadi energi. Semakin baik sistem metabolisme ini, semakin sedikit pula kalori yang bisa disimpan tubuh sebagai lemak.


Baca juga Cara menghilangkan lemak di perut itu ada bermacam-macam. Namun Lari adalah cara menghilangkan lemak di perut yang paling aman, mudah, dan murah. | Cara menghilangkan lemak.



Berapa Kalori Yang Terbakar Dalam 1 Hari?

Jumlah kalori yang terbakar dalam satu hari sangat bervariasi tergantung pada sejumlah faktor, termasuk usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisik, sistem metabolisme tubuh, dan komposisi tubuh. Di antara faktor-faktor tersebut, setidaknya ada dua komponen utama yang mempengaruhi total kalori yang terbakar dalam 1 hari.



Metabolisme Basal (BMR): Ini adalah jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga fungsi dasar seperti pernapasan, detak jantung, dan pemulihan otot serta suhu tubuh saat sedang istirahat.

Aktivitas Fisik: Ini mencakup semua aktivitas fisik yang dilakukan sepanjang hari, seperti berjalan, berlari, berolahraga, dan bahkan aktivitas sehari-hari seperti membersihkan rumah atau berbelanja.



Rata-rata orang dewasa mungkin membakar antara 1.500 hingga 2.500 kalori dalam sehari. Namun, perlu diingat bahwa angka ini dapat bervariasi secara signifikan pada setiap orang. 

Orang yang lebih aktif secara fisik atau memiliki tingkat metabolisme basal yang tinggi bisa membakar lebih banyak kalori, sementara mereka yang kurang aktif atau memiliki metabolisme yang lebih lambat mungkin membakar lebih sedikit kalori.

Jika kita bertujuan untuk menurunkan berat badan, cobalah untuk melakukan defisit kalori dengan mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang dibakar dalam sehari. 

Namun, pastikan asupan nutrisi mencukupi untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.


Baca juga Jadwal / program olahraga untuk menurunkan berat badan selama 8 minggu. Berikut jadwal dan program olahraga untuk menurunkan berat badan dengan lari. | Program lari untuk berat badan.



Menghitung Pembakaran Kalori

Setiap latihan fisik akan membakar kalori dalam jumlah yang berbeda. Misalnya, jumlah kalori yang terbakar saat kita berjalan kaki, akan lebih kecil daripada saat kita berlari atau bersepeda.

Nah, pembakara kalori ini biasanya diungkapkan dalam MET (metabolic equivalent of a task). Nilai MET ini akan menunjukan seberapa besar kalori yang dibakar berdasarkan 2 hal:


seberapa intens aktivitas fisik tersebut, dan 

seberapa lama durasi dari aktivitas fisik tersebut. 


MET ini menunjukan seberapa banyak kalori yang kita bakar per jam aktivitas, per satu kilogram berat badan.

Nilai MET dari sebuah latihan, akan lebih tinggi jika aktivitas tersebut membutuhkan lebih banyak energi. Sebagai contoh, tidur memiliki nilai MET sebesar 1, sementara berlari santai atau joging memiliki MET sebesar 5 sampai 6.

Jadi, seberapa banyak kalori yang saya bakar dalam sehari saat melakukan aktivitas tertentu?

Untuk menghitung seberapa banyak kalori yang kita bakar, kita bisa menggunakan rumus berikut.


Kalori terbakar = T × 60 × MET × 3.5 × W / 200


T adalah durasi aktivitas dalam jam, dan W adalah berat badan kita dalam kilogram.


Baca juga Begini Caranya Membakar Lebih Banyak Kalori Dengan Afterburn Effect | Afterburn effect.



Kalkulator Kalori Terbakar

Jika kamu tertarik untuk menggunakan kalkulator kalori terbakar, kamu bisa cek di sini.

Kalkulator pembakaran kalori bisa kita gunakan untuk menghitung seberapa banyak kalori yang kita bakar. Namun, menghitung pembakaran kalori dengan kalkulator seperti ini bukanlah kalkulator yang bisa dengan pasti menghitung 2 + 2 = 4.

Ada terlalu banyak faktor yang mempengaruhi pembakaran kalori, seperti misalnya durasi latihan, MET, dan berat badan. Oleh karena itu, kalkulator seperti ini hanya akan memberikan perkiraan atau estimasi, yang mendekati hasil yang akurat.

Selain itu, nilai MET bisa bervariasi tergantung olahraganya. Berikut nilai MET yang didasarkan pada intensitas saat kita berlari.



menghitung pembakaran kalori



Baca juga Apakah Olahraga Lari Bagus Untuk Orang Gemuk? | Olahraga untuk orang gemuk.



Cara Menghitung Kalori Yang Dibakar

Bagaimana cara menghitung kalori yang terbakar? Berapa banyak kalori yang dibakar dengan lari? Kali ini, kita akan mencoba menghitung jumlah kalori yang terbakar selama berlari. 

Bukan cuma itu, kita juga akan mencoba mengkonversikannya menjadi estimasi penurunan berat badan, setelah pembakaran kalori.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:


Pilih aktivitas fisik yang ingin kita hitung jumlah kalorinya, dan tentukan nilai MET-nya. 

Contohnya, lari dengan pace (kecepatan lari) yang menengah sampai tinggi (misalnya pace 6). 

Pace 6 biasanya memiliki nilai MET = 9.8 (lihat tabel di atas). Nilai MET ini mencerminkan tingkat intensitas aktivitas tersebut.

Masukan juga data tentang berat badan. Sebagai contoh, kita anggap berat badanmu adalah 90 kg.

Kemudian, tentukan durasi lari tersebut. Sebagai contoh, misalnya kamu lari selama 2 jam.

Masukkan semua nilai-nilai ini ke dalam rumus untuk menghitung pembakaran kalori:


   Kalori terbakar = T × 60 × MET × 3.5 × W / 200


T adalah durasi aktivitas dalam jam, (2 jam)

W adalah berat badan dalam kilogram, dan (90kg)

MET adalah nilai yang kita tentukan untuk aktivitas tersebut. (9.8)


Hitung nilai kalori dengan rumus di atas. Misalnya:


   Kalori = 2 × 60 × 9.8 × 3.5 × 90 / 200 =  1852kkal


Dan yang terakhir, bagi jumlah kalori tersebut dengan 7700 untuk mendapatkan perkiraan berat badan yang hilang karena kalori yang sudah dibakar tadi.


   1852 / 7700 = 0.24 kg


Jadi, dengan contoh di atas, berlari selama 2 jam akan membantu kita untuk menghilangkan kurang lebih sekitar 0.24 kg berat badan.


Baca juga 8 Hal Penting Sebelum Mulai Lari Untuk Membakar Kelebihan Berat Badan | Bakar kelebihan berat badan.



Bakar Kalori 1kg

Berapa kalori terbakar untuk menurunkan 1 kg? Dari contoh di atas, kita bisa tahu bahwa lari 2 jam bisa menurunkan sekitar seperempat kilogram berat badan. Jadi jika kita ingin membakar kalori sebanyak 1 kg, kita perlu lari 2 jam sebanyak 4 kali.

Oleh karena itu, jika kamu ingin menurunkan berat badan sebanyak 1 kilogram, dibutuhkan waktu olahraga sekitar 8 jam.

Apakah kita harus langsung lari 8 jam dalam sehari? Tentu saja tidak. Sebaiknya bagi waktu olahraga itu menjadi beberapa sesi latihan, seperti misalnya 2 jam sebanyak empat kali seminggu. 


Baca juga Cara Mencapai Berat Badan Ideal Dengan Olahraga Lari | Berat badan ideal.



Perhitungan Kalori Treadmill

Menghitung pembakaran kalori di treadmill biasanya dilakukan secara otomatis pada dashboard dari treadmill tersebut. Treadmill menghitung berapa banyak kalori yang kita bakar dengan mennggunakan beberapa variabel seperti berikut.


Berat badan: Semakin berat badan seseorang, semakin banyak energi yang diperlukan untuk melakukan aktivitas fisik. Oleh karena itu, berat badan adalah faktor penting dalam perhitungan kalori terbakar.

Intensitas latihan: Kecepatan dan kemiringan treadmill dapat mempengaruhi intensitas latihan. Latihan dengan intensitas tinggi biasanya membakar lebih banyak kalori daripada latihan dengan intensitas rendah.

Durasi latihan: Semakin lama kita berolahraga, semakin banyak kalori yang dapat terbakar. Durasi latihan adalah faktor penting untuk treadmill dalam menghitung total kalori yang terbakar.

Tingkat kebugaran: Tingkat kebugaran seseorang juga dapat memengaruhi seberapa efisien tubuh membakar kalori. Individu yang lebih fit mungkin membakar kalori dengan lebih efisien.

Jenis latihan: Latihan interval atau latihan HIIT (High-Intensity Interval Training) pada treadmill dapat membakar kalori lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan latihan lari biasa dengan intensitas sedang.


Semua variabel tersebut dihitung dengan rumus matematika dan algoritma yang sudah terprogram di dalam treadmill. Bahkan, beberapa treadmill juga dilengkapi dengan sensor denyut jantung yang dapat digunakan untuk menghitung kalori terbakar dengan lebih akurat.

Akan tetapi, kita perlu mengingat bahwa perhitungan kalori terbakar di treadmill hanyalah perkiraan, dan hasil perhitungan tersebut bisa saja tidak 100% akurat. Walaupun begitu, perkiraan yang menjadi hasil perhitungan dan muncul di dashboard biasanya tidak terlalu jauh dari angka yang akurat.


Baca juga Bakar lemak dengan slow run dan fast run ada caranya tersendiri. Berikut cara bakar lemak dengan slow run dan fast run untuk pelari indonesia. | Slow run vs fast run.



Kesimpulan

Menghitung pembakaran kalori bisa dilakukan dengan rumus Kalori = T × 60 × MET × 3.5 × W / 200. 

Walaupun begitu, penghitungan pembakaran kalori tidak bisa serta merta akurat karena ada banyak sekali faktor yang berbeda-beda, antara orang yang satu dengan orang lainnya.

Selain itu, penurunan berat badan yang baik adalah berkisar antara 0.5 hingga 1 kilogram per minggu. Sebaiknya sesuaikan intensitas latihan kita tanpa membebani tubuh secara berlebihan.



sumber:

calories buned by omnicalculator

running MET by archive.org



Daftar Para Ahli di Artikel Ini

Álvaro Díez, Omni Calculator

Bogna Szyk, Omni Calculator

Dominika Śmiałek, Omni Calculator



Artikel Lainnya Yang Setopik

Target penurunan berat badan bisa saja gagal dan berhasil. Pelajari bagaimana agar tidak hilang motivasi dengan target penurunan berat badanmu. | Target BB.

Manfaat olahraga lari untuk bakar lemak memang terkenal. Namun, manfaat apa yang bisa olahraga lari berikan untuk proses pembakaran lemak? | Manfaat olahraga untuk bakar lemak.

Penyebab berat badan susah turun walaupun sudah olahraga dengan rutin ada beberapa faktor. Berikut penyebab susah turun berat badan dan solusinya. | BB susah turun.

Cara ngecilin paha yang permanen ditentukan oleh banyak sekali faktor. Berikut solusi konkret jika kamu mau tahu cara ngecilin paha dengan berlari. | Cara ngecilin paha.

Cara agar berat badan naik terdiri dari 2 hal utama, makanan dan olahraga. Ayo pelajari cara agar berat badan naik secara alami di sini! | Menaikkan BB secara alami.

Metabolisme adalah serangkaian proses biokimia dalam tubuh yang mengubah makanan menjadi energi. Berikut efek lari pada metabolisme. | Metabolisme tubuh.

Cara membakar lemak paling cepat adalah dengan lari, latihan otot, dan defisit kalori. Berikut cara-cara membakar lemak paling cepat. | Cara bakar lemak.

Olahraga kardio terbaik untuk membakar lemak adalah lari interval. Pelajari bagaimana cara membakar lemak dengan olahraga kardio terbaik di sini. | Olahraga kardio untuk bakar lemak.

Olahraga yang cepat menurunkan berat badan perlu dipelajari lebih jauh sebagai pelari. Berikut panduan olah raga yg cepat menurunkan berat badan. | Olahraga yang cepat menurunkan BB.


Demikian pembahasan untuk menghitung pembakaran kalori kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk.  

Follow juga Tiktok kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!


last update : 14/11/23

Posting Komentar untuk "Menghitung Pembakaran Kalori Dengan Olahraga Lari"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan