Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

25 Fakta Olahraga Lari

Fakta Olahraga Lari








Fakta olahraga lari ada banyak sekali di luar sana. Olahraga yang bisa dilakukan oleh siapapun tanpa memandang usia, jenis kelamin, dan bentuk tubuh ini cocok dilakukan selama orang tersebut punya kaki.

Berikut ini kumpulan berbagai macam fakta tentang olahraga lari yang menarik untuk kita ketahui.



Pedestrianisme

Pada akhir abad ke-19, aktivitas yang sekarang kita kenal sebagai 'berlari' dikenal dengan sebutan 'pedestrianisme'. Hmm, kedengarannya seperti ideologi apa gitu ya.


Pergerakan otot

Setiap langkah kaki yang kita lakukan saat berlari, ternyata melibatkan pergerakan dari 200 otot di tubuh kita. Wah, serumit itu ternyata tubuh kita ya?!


Pemanasan lebih baik

Melakukan gerakan seperti high knees dan heel flicks, ternyata lebih efektif daripada sekedar gerakan-gerakan stretching atau peregangan biasa sebelum berlari.


Mengurangi Arthritis

Berlari dapat mengurangi risiko terkena arthritis sekitar 50%, ini lebih tinggi dari orang yang hanya berjalan kaki.


5km terakhir

Lima kilometer terakhir dalam sebuah marathon dikenal sebagai titik paling berbahaya. Ini karena pada kilometer-kilometer terakhir inilah saat di mana sebagian besar serangan jantung terjadi pada para pelari.


Meningkatkan gairah seksual

Berlari dapat meningkatkan gairah seksual pada pria karena dapat meningkatkan kadar testosteron hingga 15%.


Konstruktor otot dan tulang

Sebagai aktivitas dengan impak yang tinggi, berlari dapat memperkuat dan merekonstruksi otot serta tulang.


Umur lebih panjang

Seorang pelari biasanya memiliki umur lebih panjang dibandingkan dengan mereka yang tidak berlari.


Berlari di cuaca dingin

Berlari dalam cuaca dingin lebih aman daripada dalam cuaca panas. Ini karena risiko dehidrasi yang lebih tinggi pada cuaca panas.


Manfaat musik

Mendengarkan musik saat berlari dapat meningkatkan performa hingga 15%.


Produksi keringat

Kaki kita menghasilkan rata-rata sekitar setengah liter keringat setiap harinya.


Langkah per menit

Pelari yang berkompetisi biasanya bisa memiliki cadence sebanyak 185-200 langkah per menit dalam sebuah perlombaan lari.


Vaseline itu penting

Beberapa pelari harus melindungi puting susu mereka dari iritasi dan gesekan antara kulit dan baju. Untuk itu, kita bisa menggunakan plester atau mengoleskan vaseline.


Beban berat

Pelari yang menempuh jarak 16km menghentakkan kaki ke tanah sekitar 15.000 kali dengan kaki yang menahan berat 3-4 kali lebih besar dari berat badan mereka.


Penjualan sepatu

Sekitar 1 miliar pasang sepatu lari terjual di seluruh dunia setiap tahunnya.


Pakaian berwarna merah

Memakai pakaian berwarna merah dapat meningkatkan peluang untuk memenangkan lomba lari, dibandingkan dengan pelari yang mengenakan warna lain.


Berlari mengelilingi dunia

Jika kau ingin mengelilingi seluruh permukaan bumi ini, kamu harus berlari sejauh 19km setiap hari selama 2.075 hari.


Berlari telanjang

Olimpiade di masa Yunani kuno mewajibkan peserta berlari tanpa pakaian.


Pelari tercepat

Cheetah, hewan tercepat di bumi, dapat berlari dengan kecepatan 110-120 km/jam, sementara kucing besar lainnya hanya mampu mencapai 48km/jam.


Pelarangan berlari

Sebelum tahun 1980, ilmu kedokteran melarang perempuan untuk ikut serta dalam maraton. Pada waktu itu, mereka percaya bahwa berlari dapat merobek rahim.




Kesimpulan

Olahraga lari memiliki manfaat yang luas dan positif bagi tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

Banyak fakta-fakta menarik tentang olahraga lari. Olahraga yang hanya tersusun dari 2 langkah kaki sederhana ini ternyata menyimpan banyak hal-hal menarik yang bisa menambah wawasan kita.

Fakta-fakta tersebut menunjukkan pentingnya lari sebagai bentuk aktivitas fisik, yang dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan dan kualitas hidup.



sumber:

running facts by facts 




Demikian pembahasan untuk fakta olahraga lari kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk

Follow juga Tiktok kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "25 Fakta Olahraga Lari"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan