Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Pace Lari Dengan 3 Cara Sederhana

Cara Mengetahui Pace Lari

Cara mengetahui pace lari








Cara mengetahui pace lari bisa dengan beberapa cara. Seperti misalnya dengan menghitung secara manual, dengan kalkulator pace, atau dengan bantuan smartwatch dan aplikasi fitness.

Tapi sebelum itu, mari kita ingat kembali apa itu pace dan berbagai macam pace yang umum digunakan pelari.



Pengertian Pace Lari

Pace adalah satuan hitung yang digunakan untuk mengukur kecepatan lari kita per menit per satu kilometer.

Misalnya, untuk lari satu kilometer kamu membutuhkan waktu selama 5 menit. Maka, bisa dikatakan kamu berlari dengan pace 5 (5 menit / kilometer).

Penting untuk diingat bahwa "pace" juga dapat diukur dalam berbagai standar satuan seperti menit per mil (minutes per mile).

Standar menit per mil ini biasanya digunakan di Amerika, dan menit per kilometer biasanya digunakan di Eropa dan Asia (termasuk di Indonesia).



Macam-macam Pace Lari

Ada berbagai macam pace lari, dan semakin kecil angka pacenya, semakin cepat pula pace tersebut.


Pace 1

Pace 1 artinya kita berlari dengan kecepatan 1 menit per kilometer. Kecepatan lari ini biasanya mengacu pada lari secepat mungkin atau kecepatan tertinggi saat berlari.

Pace secepat ini biasanya merupakan kecepatan maksimal yang digunakan dalam situasi lari sprint yang sangat intensif. Tidak banyak orang yang bisa lari dengan pace 1, bahkan kalaupun bisa, stamina mereka tidak akan bertahan lama.

Inilah kenapa pace 1 hampir tidak mungkin dilakukan untuk lari yang lebih jauh dari jarak 100 meter. Pelari yang biasanya bisa mencapai pace secepat ini adalah pelari sprint di Olimpiade. Sebagai contoh, Usain Bolt pernah mencapai kecepatan lari (pace) 1,3 menit per kilometer.


Pace 2

Pace 2 artinya kita berlari dengan kecepatan 2 menit per kilometer. Kecepatan lari ini biasanya mengacu pada lari berintensitas tinggi, dan untuk mencapainya butuh latihan konsisten bertahun-tahun.


Pace 3

Pace 3 artinya adalah kecepatan lari yang mencapai 3 menit per kilometer. 

Kamu mungkin pernah iseng mencari cara mengetahui pace lari ini saat baru awal-awal menjadi pelari. Namun, pace 3 ini sebenarnya masih merupakan pace lari yang intensif dan sulit dipertahankan dalam jangka waktu yang lama. 

Pace 3 bukan tidak mungkin dicapai oleh pelari biasa. Namun, pace ini merupakan pace yang intens dan sebaiknya dilatih secara bertahap. Pace ini biasanya digunakan untuk latihan interval yang sangat intensif atau balapan lari jarak pendek.

Baca juga Pace 3 saat lari memang susah, tapi bukan berarti tidak bisa dilatih. Berikut cara latihan agar kita bisa berlari dengan pace 3. | Pace 3.


Pace 4

Pace 4 artinya adalah kecepatan lari yang mencapai 4 menit per kilometer.

Bagi kebanyakan pelari biasa, kecepatan lari ini merupakan kecepatan yang hampir maksimum yang bisa mereka lakukan dalam satu sesi lari. Sama seperti pace 3, kecepatan lari ini biasanya digunakan untuk latihan interval atau balapan lari sprint.


Pace 5

Pace 5 artinya adalah kita lari dengan kecepatan 5 menit per kilometer.

Kecepatan lari dengan pace lari 5 dan 6 biasanya merupakan pace lari yang digunakan untuk mengikuti lomba lari 5km dan 10km. Dengan kedua pace ini, kita bisa finish kedua lomba lari itu dengan catatan waktu finish yang baik.

Baca juga Rekor lari 5 km terus berhasil dipecahkan sepanjang sejarah. Berikut standar waktu finish lari 5k dan rekor lari 5 km. | Rekor lomba lari 5km.


Pace 6

Pace 6 artinya kecepatan lari 6 menit per kilometer. Sama dengan pace 5 tadi, pace ini sering digunakan untuk lari 5km dan 10km.

Kecepatan lari ini biasanya disebut sebagai kecepatan sedang (average), dimana kita masih bisa mempertahankan percakapan saat berlari. Inilah kenapa kecepatan ini merupakan pace yang umum digunakan untuk latihan lari jarak menengah.

Baca juga Lari jarak menengah adalah lari yang sering dijadikan kompetisi nasional maupun internasional. Pelajari cara lari jarak menengah yang lengkap di sini! | Lari jarak sedang.


Pace 7

Pace 7 artinya kita lari dengan kecepatan 7 menit per kilometer. Pada kecepatan lari ini, kita berlari dengan intensitas yang tidak susah dan tidak mudah dilakukan.

Saat mencari cara mengetahui pace lari, kita mungkin akan mengetahui bahwa kecepatan pace 7 biasanya digunakan untuk lari Tempo.

Walaupun memang pace lain juga bisa digunakan untuk Tempo run, asalkan pace itu bisa kita pertahankan sejauh mungkin dengan stabil.


Pace 8 ke atas

Pace 8 ke atas (pace 9, 10, dst) adalah kecepatan lari yang sering dianggap sebagai pace ringan dan mudah dilakukan.

Kecepatan lari dalam rentangan ini mengacu pada kecepatan lari yang lambat, dan bahkan seperti berjalan santai atau berjalan cepat. 

Lari dengan kecepatan ini dianggap tidak berguna dan tidak keren, karena tidak bisa dipamerkan di sosial media. Padahal, di kecepatan lari yang lambat seperti inilah kemampuan stamina dasar kita dibentuk.




Cara Mengetahui Pace Lari

Untuk mengetahui berapa pace lari kita, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Cara-cara tersebut antara lain adalah sebagai berikut.


Hitung pace lari sendiri

Nyalakan stopwatch di handphonemu sebelum lari.

Kemudian, berlarilah dengan kecepatan lari yang bisa kamu pertahankan dengan stabil sejauh 1km.

Selesai lari 1km, hentikan stopwatchnya dan lihat waktunya.

Waktu yang kamu lihat di stopwatch itulah pace larimu.


Bagaimana jika kamu lari 5km?

Nyalakan stopwatch di handphonemu sebelum lari.

Kemudian, berlarilah dengan kecepatan lari yang bisa kamu pertahankan dengan stabil sejauh 5km.

Selesai lari 5km, hentikan stopwatchnya dan lihat waktunya.

Bagi jarak waktu itu dengan angka 5. 


Misalnya, kamu menghabiskan waktu selama 35 menit 12 detik untuk lari 5km, maka:


35 menit 12 detik : 5 = 422 detik

422 detik diubah menjadi menit = 7.03 menit


Jadi, pace larimu untuk lari dengan jarak 5km tersebut berada di sekitar pace 7.


Untuk jarak lari lainnya seperti jarak 10km, 21km, 42km, atau berapapun jarak larinya, ya tentu saja tetap sama cara hitungnya.



Kalkulator pace lari

Ada banyak kalkulator pace online yang memungkinkan kita untuk mengetahui pace lari, hanya dengan memasukkan jarak dan waktu lari. Kalkulator tersebut kemudian akan menghitung data-data yang kamu masukan untuk kemudian mencari pace larimu.

Beberapa kalkulator pace lari yang mudah digunakan adalah sebagai berikut.


Active

kalkulator pace lari


Kalkulator pace lari dari Active adalah alat yang sangat berguna karena kita dapat memasukkan dua dari tiga variabel kunci, yaitu waktu, jarak, atau pace itu sendiri.

Kalkulator ini akan memberikan hasil untuk ketiga variabel dengan sama baiknya. Misalnya, jika kamu ingin mengetahui berapa waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan jarak tertentu pada pace tertentu, kamu tinggal memasukkan waktu dan pace. Begitupun sebaliknya.

Selain itu, Active juga menyediakan berbagai kalkulator lain yang mencakup informasi penting seperti lemak tubuh, Indeks Massa Tubuh (BMI), kebutuhan kalori, kebutuhan gizi, dan berat ideal. 

Kalkulator dari Active ini adalah alat yang sangat bermanfaat bagi para pelari dan atlet untuk mengelola dan mengoptimalkan latihan mereka. 

Jika kamu tertarik dengan kalkulator ini, kamu bisa cek sendiri di sini.



Strava

pace lari calculator


Kalkulator pace lari dari Strava adalah alat yang sangat berguna bagi para pelari untuk mengestimasi waktu selesainya berbagai jarak balapan populer, mulai dari 5 kilometer hingga 50 kilometer. 

Dengan kalkulator ini, kita hanya perlu memasukkan pace yang akan kamu gunakan, kemudian kalkulator akan memberikan perkiraan waktu finish untuk berbagai jarak balapan.

Perkiraan yang bisa kalkulator ini berikan adalah mulai dari 1 kilometer hingga 50 kilometer. 

Ini adalah alat yang sangat berguna untuk membantu Anda mengatur tujuan dan merencanakan latihan larimu. Untuk menggunakan kalkulator pace lari dari Strava, kamu bisa cek sendiri di sini.



Calculator.net

alat pace lari


Kalkulator pace lari dari Calculator.net ini adalah sebuah alat yang sangat serbaguna, memungkinkan pengguna untuk menghitung kecepatan berbagai jenis olahraga, termasuk lari, berjalan, dan bersepeda. 

Tidak hanya itu, kalkulator ini juga memungkinkan untuk memperkirakan waktu yang dibutuhkan atau jarak yang dapat dicapai, dengan mempertimbangkan kecepatan dan waktu atau jarak yang diberikan. 

Fitur-fitur lain seperti Multipoint Pace Calculator, Pace Converter, dan Finish Time Calculator membuat kalkulator ini menjadi alat yang bagus ketika kita mencari cara mengetahui pace lari untuk pelari.

Kamu bisa langsung coba sendiri kalkulator dari Calculator.net di sini.



Gunakan aplikasi atau perangkat pelacak lari

Aplikasi pelacak lari seperti Strava, Nike Run Club, atau aplikasi serupa memiliki fitur untuk melacak jarak dan waktumu saat berlari. Mereka akan memberikan informasi tentang pace larimu secara otomatis di layar handphonemu.

Setelah latihan, kamu juga dapat mengunggah data larimu tadi ke platform pelacak lari atau aplikasi seperti Strava atau Garmin Connect. 

Di sana, kamu akan melihat detail lengkap dari latihan, termasuk pace larimu.




Tabel Pace Lari

Tabel pace lari berikut bisa kamu gunakan untuk menentukan pace lari saat berlari. Namun pace lari yang tersedia hanya dari pace 4 ke pace 11.


tabel pace lari

pace untuk lari

daftar pace untuk lari

pace lari




Latihan Pace Lari

Ada berbagai macam latihan pace lari untuk berbagai macam lari. Berikut beberapa latihan pace lari yang bisa kamu coba.


Cara menambah pace lari

Cara menambah pace lari bisa dengan bermacam-macam cara dan tips. Berikut 8 tips meningkatkan pace saat lari yang bisa kamu coba jika kamu pelari pemula. | Cara meningkatkan pace lari


Panduan pace untuk pemula

Pace Lari adalah satuan hitung yang digunakan para pelari dalam menghitung seberapa cepat mereka berlari. Pace untuk pemula akan kita bahas lebih lanjut pada panduan pace lari untuk pemula ini.  Pace lari pemula


Pace conversational

Sering bingung pace lari yang paling sesuai dengan tubuhmu itu seperti apa? Mungkin kamu bisa coba menggunakan pace conversational.

Conversational Pace adalah pace lari yang digunakan untuk meningkatkan level aerobik seorang pelari. Berikut tips dan langkah-langkah menggunakan pace conversational ini. Cara menggunakan Conversational Pace.


Cara menstabilkan pace

Bagaimana cara menstabilkan pace saat lari agar tidak cepat menurun? Cara agar pace lari stabil & tidak cepat menurun adalah dengan memperbaiki stamina serta membagi jarak lari menjadi beberapa bagian. Berikut cara agar pace lari kita bisa stabil dan pace tidak cepatu turun saat lari. Pace lari stabil.


Latihan kecepatan lari 10km

Ada banyak cara melatih kecepatan lari saat lari 10k atau 10km. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode Flying 500s. Bagaimana sih cara latihan pace lari 10km dengan flying 500s untuk  meningkatkan kecepatan lari saat lari 10km? Latihan pace 10k


Latihan pace race lengkap

Kalau kamu sedang mencari panduan Race Pace untuk lomba lari yang lengkap (5km, 10km, HM, dan FM), maka ini dia jawaban untukmu. Race pace untuk event lomba lari seperti 5km, 10km, half marathon, dan full marathon memang berbeda-beda, dan berikut ini cara latihannya. Race pace


Latihan pace dengan Interval run

Latihan kecepatan merupakan latihan yang penting untuk pelari, dan kita bisa melatih pace dengan lari Interval atau Interval run. Ayo pelajari bagaimana menggunakan lari interval untuk latihan kecepatan di sini. Latihan pace dengan Interval run.



Kesimpulan

Cara mengetahui pace lari dapat memanfaatkan berbagai metode. Menggunakan aplikasi atau perangkat pelacak lari, jam lari, atau perangkat GPS adalah cara yang efektif untuk memantau pace larimu secara real-time. 

Selain itu, pengukuran manual dengan menggunakan stopwatch atau kalkulator pace online juga merupakan opsi yang dapat kita gunakan.

Informasi pace lari yang akurat sangat penting agar kita dapat mengatur tujuan latihan yang lebih terfokus dan mengukur perkembangan kemampuan lari kita seiring berjalannya waktu.





Artikel Lainnya Yang Setopik

Pace Lari 5 km Untuk Race / Lomba Lari | Pace lari 5 km merupakan pace untuk race 5k maupun lari 5k biasa. Berikut cara menentukan pace lari 5 km jika kamu mau ikut race atau lomba lari.  | Pace race 5k.

Pacer dan Plus Minus Lari Dengan Mereka | Pacer adalah pelari yang akan memandu kecepatan larimu saat lomba lari. Berikut berbagai aspek yang perlu kamu tahu dari seorang pacer. | Apa itu pacer?

Cara Menentukan Pace Lari Normal Untuk Pelari | Pace lari normal untuk pelari bisa berbeda-beda tergantung berbagai faktor. Berikut apa saja yang perlu kita tahu tentang pace lari normal. | Pace lari normal.



Demikian pembahasan untuk cara mengetahui pace lari kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk.  

Follow juga Tiktok kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Pace Lari Dengan 3 Cara Sederhana"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan