Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sepatu Lari Nike | Rekomendasi Sepatu Nike Yang Bagus Untuk Lari

Sepatu Lari Nike

Sepatu lari Nike







Sepatu lari Nike merupakan sepatu elit di antara sepatu untuk olahraga lari, dengan inovasi dan reputasi yang diakui jutaan pelari di seluruh dunia. 

Pada postingan kali ini, kita akan membahas fitur-fitur apa saja yang dimiliki oleh Nike running shoes dan apa saja sepatu Nike terbaik yang tersedia di pasaran saat ini.




Fitur-fitur di Sepatu Lari Nike

Hampir semua sepatu Nike yang terkenal untuk olahraga lari, memiliki fitur-fitur canggih yang menunjang performa lari. Berikut beberapa fitur yang sebaiknya kita pahami sebelum membeli sepatu running Nike.


Upper materials (Bagian atas sepatu)

Nike pada dasarnya sudah memiliki dua macam desain bagian atas sepatu (upper materials), yaitu Flyknit dan AtomKnit. Flyknit adalah desain upper berbahan rajutan dengan pola jalinan yang longgar dan rapat. 

Rajutan seperti ini diakui mampu memberikan kenyamanan yang sangat baik untuk kaki kita saat berlari jarak jauh. Contohnya seperti pada sepatu Vaporfly dan Invincible 3. 

Sementara itu, AtomKnit diterapkan pada sepatu seperti Alphafly dan spike trek Nike. Desain upper seperti ini didesain dengan membungkus kain Flyknit untuk menciptakan bagian upper tipis sehingga ringan dan cocok dibawa untuk lari cepat.

Namun, selain kedua desain upper materials tadi, Nike juga memiliki sepatu lari dengan konsep upper lama dan tetap dipertahankan sampai sekarang. 

Desain tersebut adalah desain dengan upper jaring tradisional seperti pada sepatu lari Pegasus dan Zoom Fly. Desain upper seperti ini cocok untuk pelari yang lebih menyukai bahan material tahan lama, dan cocok untuk sesi lari sehari-hari. 


Baca juga Manfaat memiliki lebih dari 1 pasang sepatu lari untuk rotasi, ternyata bisa sangat mempengaruhi kondisi fisik dan kemampuan kita sebagai pelari.| Rotasi sepatu lari.



Cushioning foams (Bantalan busa)

Sepatu lari Nike menggunakan dua jenis busa penyangga, yaitu React dan ZoomX. Memang tidak semua, namun sebagian besar sepatu lari keluaran mereka rata-rata menggunakan 2 macam bantalan busa seperti ini. 

React adalah busa elastomer termoplastik (TPE) yang dirancang untuk memaksimalkan penyerapan benturan, penghematan energi setiap langkah kaki, dan daya tahan dari kerusakan. Kesemua fungsi ini cocok untuk latihan lari harian. 

Sementara itu, ZoomX adalah busa khusus untuk sepatu yang biasa dipakai untuk lomba lari. Ini karena busa ZoomX memiliki daya pantul antara kaki dan tanah. Sehingga, penggunaan energi jadi minimal saat lari.

Sepatu lari Nike dengan busa ZoomX antara lain terdapat pada sepatu seperti Alphafly, Vaporfly, dan Zoom Fly 5.


Baca juga Daftar 10 macam-macam jenis sepatu lari beserta rekomendasi macam macam jenis sepatu lari. | Macam-macam sepatu lari.



Zoom air (Kantung udara)

Sepatu dengan teknologi Zoom Air memiliki kantong udara di midsole yang mengempis saat mendarat untuk menyerap benturan dan kembali ke bentuk aslinya.

Teknologi ini memberikan sensasi dorongan pada setiap langkah kakimu, sehingga penggunaan energi saat lari bisa diminimalisir. Berbagai sepatu keluaran Nike memiliki fitur ini seperti Alphafly hingga sepatu Pegasus.


Baca juga 15 Tips memilih sepatu lari agar uangmu tidak terbuang sia-sia untuk sepatu lari yang tidak akan pernah kamu pakai. | Tips memilih sepatu lari.



Carbon fiber plates (Pelat karbon)

Sepatu andalan Nike seperti Vaporfly dan Alphafly memiliki pelat serat karbon di midsole yang memberikan stabilitas, membimbing gerakan kaki ke depan saat mengangkat kaki, dan memaksimalkan pengembalian energi dari busa ZoomX yang tebal.

Fitur pelat karbon Ini menghasilkan sensasi pantulan pada setiap langkah kaki sehingga cocok untuk lari denga pace yang cepat. 

Baca juga Plus dan Minus Sepatu Carbon Plate | Sepatu lari carbon plate bisa menjadi pilihan kita saat lari. Berikut plus dan minus sepatu lari carbon plate. | Sepatu carbon plate.




Rekomendasi Sepatu Lari Nike

Di bawah ini, ada beberapa rekomendasi sepatu lari keluaran Nike yang memiliki hampir semua fitur-fitur di atas. 


Nike Air Zoom Pegasus 40



Pegasus merupakan pilihan sepatu lari untuk kebanyakan orang karena seri ini sudah ada selama beberapa dekade. Pegasus 40 memiliki area tengah kaki (midfoot) yang didesain ulang sehingga cocok dengan berbagai bentuk lengkungan kaki.

Selain itu, bagian uppernya yang berbentuk jaring juga didesain ulang dengan tambahan bantalan di pergelangan kaki. Sehingga, kenyamanannya sudah tidak perlu ditanyakan lagi. 

Solnya dilengkapi dengan busa React dan unit Zoom Air, sehingga cocok untuk latihan lari jarak jauh dan lari sehari-hari.


Harga sepatu lari Nike

Sepatu ini bisa langsung kamu dapatkan di link Shopee berikut dengan harga sekitar 1,8 juta.




Baca juga Sepatu lari untuk kaki lebar adalah sepatu khusus untuk pelari yang berkaki lebar. Berikut tips & rekomendasi untuk sepatu lari untuk kaki lebar. | Sepatu lari untuk kaki lebar.



Nike Vaporfly 3



Nike Vaporfly terlihat mencolok untuk sepatu lomba lari, dengan tumpukan sol yang tinggi dan lapisan busa penyangga yang ringan namun responsif. 

Vaporfly memang selama ini dikenal sebagai pilihan populer bagi pelari maraton. Terutama Vaporfly 3, yang mengalami perubahan besar dalam rangka sepatunya sehingga membuatnya lebih ringan dan stabil. 

Selain itu, desain outsole dan midsole yang lebih baik dari versi sebelumnya membuat versi Vaporfly 3 cocok digunakan untuk lomba lari marathon.


Harga sepatu lari Nike

Kamu bisa langsung mendapatkan sepatu seharga 1,35 juta ini di link Shopee berikut.






Nike Alphafly 2


Alphafly adalah puncak dari sepatu lari Nike dan merupakan sepatu lari yang membantu Kipchoge mencetak rekor maraton resmi pada tahun 2022. 

Alphafly memiliki fitur AtomKnit 2.0 pada bagian uppernya sehingga ringan dan sirkulasi udaranya sangat optimal.

Selain itu, midsole yang menggabungkan busa ZoomX dan pelat serat karbon membuat sepatu ini memiliki responsivitas dan lompatan di setiap langkah kaki yang bertenaga. 

Model Alphafly 2 ini, menambahkan busa ZoomX pada bagian ujung kaki, sehingga memberikan transisi yang halus dan responsif saat kaki menapak di tanah.


Harga sepatu lari Nike

Langsung dapatkan sepatu legendaris ini di link Shopee berikut dengan harga 1,45 juta.





Baca juga 7 Sepatu Lari Untuk Lari 5km | Sepatu lari untuk lari 5km bisa kita dapatkan dengan mudah. Berikut sepatu apa saja yang bisa kamu dapatkan saat mencari sepatu lari untuk lari 5 km. | Sepatu lari 5km.



Nike Zoom Fly 5



Nike Zoom Fly memiliki teknologi dasar yang sama dengan sepatu elit Nike lainnya, namun lebih cocok untuk latihan sehari-hari. 

Midsole-nya menggabungkan busa ZoomX yang responsif dan pelat serat karbon untuk memberikan sensasi responsif di bawah kaki. Selain itu,  upper jaring ganda yang tahan lama, membuat sepatu ini tahan banting untuk latihan lari yang intensif. 

Zoom Fly 5 memiliki midsole yang lebih lebar pada bagian ujung kaki dan tumit untuk stabilitas yang lebih baik.


Harga sepatu lari Nike

Sepatu seharga 1,35 juta ini bisa langsung kamu dapatkan di link Shopee berikut.






Nike Strikefly



Nike Streakfly adalah versi lebih kompak dan ramping dari Vaporfly. Sepatu ini merupakan sepatu yang paling ringan sehingga cocok untuk lomba lari jarak pendek-menengah seperti lomba 5km dan 10km.

Dengan midsole tipis berlapis busa ZoomX, serta pelat PEBA di bagian tengah kaki sebagai pengganti pelat serat karbon, sepatu ini membuat setiap langkah kaki kita responsif dan stabil. 

Selain itu, bagian upper rajutan yang tipis membuat sirkulasi udara di sepatu ini sangat baik dengan penguatan di bagian ujung kaki.

Akan tetapi, lapisan tipis busa ZoomX di sepatu ini kurang cocok untuk benturan tumit, sehingga mungkin tidak cocok bagi mereka yang sering mendarat dengan tumit saat berlari.


Harga sepatu lari Nike

Sepatu ini bisa langsung kamu dapatkan di link Shopee berikut dengan harga 1,1 juta.






Nike Invincible 3



Nike Invincible 3 dirancang sebagai sepatu lari Nike dengan tingkat benturan yang maksimal untuk lari jarak jauh. Midsole-nya menonjol dengan lapisan tebal busa ZoomX sehingga impak benturan tidak merembet ke sendi dan otot

Selain itu, sole melengkung pada bagian ujung kaki memberikan stabilitas dan transisi mulus dari saat kaki mendarat, sampai saat kaki diangkat ketika berlari.

Uppernya yang disesain dengan fitur Flyknit membuat sirkulasi udara sangat baik untuk latihan lari jarak jauh.


Harga sepatu lari Nike

Langsung dapatkan sepatu seharga 1,3 juta ini di link Shopee berikut.






Nike Wildhorse 8




Nike Wildhorse adalah sepatu trail yang tangguh dengan daya cengkeram yang handal untuk lari di permukaan tanah yang tidak rata. Meskipun bukan sepatu trail teringan, Wildhorse merupakan pilihan solid untuk lari trail sehari-hari. 

Midsole-nya menggunakan busa React sehingga penyerapan benturannya sangat baik. Bukan cuma itu, Wildhorse 8 juga dilengkapi dengan pelat batu untuk perlindungan kaki di medan yang tidak rata. 

Wildhorse 8 juga memiliki outsole karet dengan cakram besar, sehingga memberikan daya cengkeram yang kuat saat lari di permukaan yang menanjak. 


Harga sepatu lari Nike

Kamu bisa langsung cek sendiri sepatu trail run ini di link Shopee berikut dengan harga 1,56 juta.






Nike Free Run 5.0


Nike juga memiliki sepatu lari ultraringan dan minimalis seperti Nike Free Run ini.

Sepatu lari Nike ini mampu memberikan kenyamanan, kesan ramping, dan keamanan yang lebih baik, sehingga sepatu ini disebut-sebut mampu memberikan sensasi berlari tanpa sepatu. 

Dibuat dari busa responsif yang lembut, serta dengan 20% bahan daur ulang, sepatu ini mampu memberikan perlindungan dan penyerapan benturan yang cukup baik.


Harga sepatu lari Nike

Langsung saja cek sendiri sepatu seharga 1,2 juta ini di link Shopee berikut.




Baca juga Perlengkapan olahraga memang sangat bermacam-macam terutama untuk olahraga lari. Berikut hal yang perlu kamu persiapkan untuk perlengkapan olahraga. | Perlengkapan olahraga.



Kesimpulan

Sepatu lari Nike memiliki jajaran produk yang luas dan inovatif, berteknologi canggih, dan beragam model untuk memenuhi kebutuhan pelari dari berbagai tingkatan dan preferensi. 

Dari sepatu lomba super ringan, sepatu latihan lari yang nyaman, serta sepatu trail yang kuat dengan daya cengkeram yang handal, semua jenis lari bisa kita lakukan dengan nyaman dengan sepatu Nike.



sumber:

nike running shoes by marathonhandbook

best nike running shoes by runnersworld




Artikel Lainnya Yang Setopik

Sepatu lari Mills merupakan sepatu lari brand lokal yang bisa menjadi pilihan untukmu. Berikut 7 sepatu lari mills yang bagus. | Sepatu lari Mills.

Sepatu Hoka merupakan sepatu lari yang bagus. Ayo cek sepatu Hoka terbaik di sini! | Sepatu lari Hoka.

Sepatu lari puma ada banyak sekali pilihannya di Indonesia. Berikut beberapa rekomendasi saat kamu memilih sepatu baru dari sepatu lari puma. | Sepatu lari Puma.

Sepatu running Adidas punya banyak sekali jenis sepatu untuk lari. Berikut daftar terbaik yang bisa kamu pakai sebelum membeli sepatu running Adidas. | Sepatu lari Adidas.

Sepatu 910 merupakan sepatu lari lokal yang sudah menjadi andalan untuk jutaan pelari Indonesia. Berikut rekomendasi sepatu 910 untukmu. | Sepatu lari 910.


Demikian pembahasan untuk sepatu lari Nike kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk.  

Follow juga Tiktok kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Sepatu Lari Nike | Rekomendasi Sepatu Nike Yang Bagus Untuk Lari"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan