Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Olahraga Rutin Untuk Orang Yang Malas Olahraga

Olahraga Rutin

rutin olahraga







Olahraga rutin memang mudah dikatakan namun susah dilakukan. Untuk rutin berolahraga kita memerlukan konsistensi yang dibangun secara bertahap.

Apakah kamu pelari yang seperti itu? Pelari yang susah sekali untuk mulai lari dan kalaupun bisa mulai, cenderung cepat bosan dan tidak bertahan lama? Kalau begitu kamu beruntung menemukan postingan ini.



Manfaat Olahraga Rutin

Apa manfaat dari berolahraga secara rutin?

Meningkatkan kesehatan jantung

Olahraga fisik pada umumnya merupakan olahraga yang meningkatkan sistem kardiovaskular. Artinya, olahraga secara rutin akan membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan meringankan kerja jantung, dan meningkatkan aliran darah berisi oksigen ke seluruh tubuh.


Peningkatan kekuatan dan fleksibilitas

Olahraga rutin akan membantu tubuh dalam membangun kekuatan dan fleksibilitas otot. Sehingga, tubuh menjadi lebih tahan terhadap cedera dan mampu menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lebih baik.


Berat badan lebih terkontrol

Saat olahraga, tubuh kita akan membakar glikogen dan kalori sebagai sumber energi. Proses produksi energi ini, nantinya mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga berat badan menjadi lebih sehat dan seimbang.


Meningkatkan mood

Orang yang tidak olahraga rutin biasanya mudah mengalami mood yang buruk. Pikiran mereka sering tidak fokus, mudah marah, dan pada akhrinya mempengaruhi aktivitas mereka sehari-hari.

Olahraga seperti lari dan angkat beban, akan memicu otak untuk melepaskan senyawa endorfin di otak. Senyawa dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi.

Baca juga Manfaat Lari Untuk Penderita Stress Dan Depresi Serta Efeknya Untuk Kehidupan | Manfaat lari untuk kesehatan mental.



Apa akibat tidak melakukan olahraga secara rutin?

Kondisi fisik menurun

Terlalu lama tidak olahraga akan menurunkan kondisi fisik secara keseluruhan. Kamu yang pada awalnya bertubuh bugar, kekar, dan kuat, sekarang menjadi mudah lemas, gampang sakit, dan tidak bersemangat saat melakukan apapun.

Baca juga Manfaat olahraga membuat sistem imun dan kondisi organ tubuh menjadi jauh lebih baik karena rutin berlari. Berikut ulasan tentang manfaat olahraga. | Kenapa pelari jarang sakit.


Resiko penyakit kronis lebih tinggi

Orang yang tidak aktif berolahraga pada dasarnya sedang memupuk penyakit di dalam tubuh mereka. 

Beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi bisa semakin mengancam ketika kita tidak olahraga rutin.


Baca juga Manfaat berlari untuk mood manusia memang semakin terbukti. Berikut manfaat berlari untuk mood dan kesehatan mental yang lebih baik. | Manfaat olahraga lari untuk mood.



Mengapa orang yang jarang bergerak mudah terkena penyakit?

Metabolisme melambat

Metabolisme merupakan sistem pembakaran kalori menjadi energi yang sangat penting di tubuh kita. Ketika kita jarang berolahraga, sistem ini ikut terkena dampak buruknya.

Orang yang tidak olahraga rutin akan mengalami pelambatan metabolisme tubuh sehingga kalori yang seharusnya dibakar menjadi energi, malah diubah tubuh menjadi lemak. 

Jika sudah berlebihan, maka penebalan lemak ini membuat kita menjadi obesitas dan memicu berbagai penyakit berat lainnya.

Baca juga Olahraga apa yang bagus untuk orang gemuk? Olahraga untuk orang yang gemuk dan ingin menurunkan berat badan adalah latihan otot dan lari. | Olahraga untuk orang gemuk.


Jantung tidak efektif bekerja

Jarang bergerak dapat menyebabkan lemahnya jantung karena sirkulasi darah juga ikut rendah. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan terkena penyakit kardiovaskular.

Selain itu, ketika tubuh tidak aktif, kerja jantung akan bekerja lebih keras karena harus memompa darah ke seluruh tubuh. Inilah kenapa, orang dengan level kebugaran yang buruk biasanya memiliki detak jantung normal yang cepat meninggi, bahkan ketika mereka sedang tidak berolahraga.


Sistem imun melemah

Fisik yang tidak aktif berolahraga akan menurunkan kekebalan tubuh. Artinya, sistem imun memburuk dan membuat kita lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit.

Pasti kamu pernah kan kena hujan sebentar langsung demam? Atau kecapekan sedikit saja langsung meriang? Nah, bisa jadi sistem imun di tubuhmu melemah karena jarang berolahraga.



Rutinitas dan Konsistensi Olahraga

Bagaimana cara olahraga secara rutin?

Tentukan target yang jelas

Tentu saja kita bisa lari saja kalau hanya sekedar lari. Namun, ketika kita ingin bisa konsisten, kita sebaiknya memiliki target yang jelas saat mulai berolahraga.

Coba pikirkan apa sih yang ingin kamu capai dari olahraga itu. Badan jadi lebih sehat kah? Otot lebih menonjol kah? atau hanya ingin mengurangi stres?

Target yang jelas akan membantu memberikan arah yang jelas dan motivasi untuk berolahraga secara rutin.


Buat jadwal/program olahraga

Membuat jadwal olahraga yang tetap dan tidak bertabrakan dengan rutinitas harian, akan sangat membantu kita untuk tetap konsisten.

Kalau tidak punya program latihan yang jelas, kita akan berolahraga hanya berdasarkan mood, yang mana hal ini tentu saja membuat kita tidak konsisten.


Buat variasi olahraga

Mau se-seru dan se-menyenangkan apapun suatu hal, pastinya akan ada rasa bosan yang datang jika sudah menjadi rutinitas harian. Nah, olahraga rutin juga begitu.

Oleh karena itu, buatlah program latihan yang berisi jenis-jenis olahraga yang bervariasi dan tidak hanya terpaku pada satu macam jenis olahraga saja.

Baca juga Variasi lari memiliki banyak manfaat untuk performa seorang pelari. Berikut hal-hal yang perlu pelari tahu tentang variasi lari. | Variasi olahraga lari.



Bagaimana cara menjadi orang yang konsisten?

Tetapkan prioritas

Jika dalam hidup ini kamu hanya menjalaninya secara apa adanya, mungkin sekarang saatnya untuk menjadikan olahraga sebagai prioritas di hidupmu.

Dengan menjadikan olahraga sebagai prioritas, kita akan bisa membentuk mentalitas yang membentuk konsistensi dalam berolahraga.


Cari motivasi dari luar

Konsistensi biasanya diinsipirasi dengan motivasi. Coba cari apa sih motivasi terbesarmu untuk olahraga.

Mungkin kamu mau daftar polisi atau TNI. Mungkin kamu bosan dikatain gendut. Mungkin kamu sudah kena gejala penyakit dan tidak ingin penyakit itu makin parah.

Intinya, motivasi yang jelas dan dekat dengan kehidupanmu, biasanya merupakan motivasi yang bisa kamu gunakan sebagai pendorong untuk mulai olahraga rutin dari sekarang.


Pantau perkembanganmu

Memang selalu menyenangkan kalau kita tahu bagaimana perkembangan kita saat olahraga.

Dari yang awalnya lari 1km ngos-ngosan sekarang sudah bisa lari 10km non stop. Dari yang awalnya ngangkat barbel 5kg langsung pegal, sekarang ngangkat 15kg biasa-biasa saja.

Coba catat perkembanganmu selama rutin berolahraga. Ini karena dengan melihat perkembangan yang dicapai, dapat memberikan dorongan motivasi untuk tetap konsisten berolahraga.




Bagaimana cara memulai olahraga setelah lama tidak berolahraga?

Mulai pelan-pelan

Memang ketika mulai kembali lari lagi setelah lama tidak lari, semangat kita akan menggebu-gebu. Entah kenapa tubuh kita akan terasa enak sekali kalau dibawa sprint, dan lari dengan pace yang cepat.

Namun, sebaiknya mulai dengan intensitas rendah dan durasi singkat. Ini akan jauh lebih membantu tubuh beradaptasi dengan intensitas latihan, sehingga kamu bisa menghindari cedera.


Tentukan target yang realistis

Baru mulai olahraga tapi sudah ingin langsung lari 10km dan angkat beban 20kg? Lebih baik jangan, apalagi jika kamu sudah lama tidak olahraga rutin.

Saat baru mulai olahraga lagi, sebaiknya buat target yang realistis dan terukur. Tidak apa-apa targetnya kecil dan mudah dicapai. Ini justru akan sangat membantu tubuhmu kembali ke kondisi fisik yang lebih baik.


Baca juga 5 Hal Yang Bikin Kamu Malas Olahraga Lari dan Solusinya | Solusi malas olahraga lari.


Jadwalkan latihan dengan bijak

Olahraga rutin memang penting, tapi bukan berarti hidupmu hanya untuk olahraga. Sebaiknya buatlah jadwal olahraga yang realistis dan bisa kamu lakukan tanpa mengorbankan aktivitasmu yang lain. 

Jika kamu berhasil mengatur waktu yang ideal, ini akan sangat membantu dalam membangun konsistensi olahraga tanpa merasa terlalu terbebani.

Baca juga Cara Manajemen Waktu dan Jadwal Lari Untuk Orang Yang Sibuk | Jadwal lari untuk orang yang sibuk.


Berikan tubuh waktu untuk istirahat

Selalu pastikan kalau kamu punya cukup waktu untuk recovery, alias beristirahat. Olahraga bisa saja sangat melelahkan, apalagi jika ditambah dengan tanggung jawabmu yang lain seperti keluarga dan pekerjaan.

Sebaiknya berikan 1-2 hari seminggu yang khusus kamu gunakan untuk istirahat tanpa melakukan olahraga rutin apapun.

Baca juga Recovery run bermanfaat memelihara kondisi tubuh setelah lari yang intens. Berikut cara dan panduan lengkap tentang recovery run. | Recovery run.




Frekuensi Olahraga Yang Baik

Berapa kali olahraga dalam 1 hari?

Sederhananya, untuk orang yang sedang  berlatih untuk ikut sebuah event olahraga seperti marathon, mereka mungkin akan latihan 2 kali dalam sehari

Namun, untuk olahraga kasual yang hanya bertujuan untuk menjaga kesehatan, olahraga 1 kali dalam 1 hari sebenarnya sudah cukup.

Intinya, seberapa banyak kita berolahraga rutin dalam 1 hari akan sangat bergantung pada tujuan dan tingkat kebugaran masing-masing. Tidak ada yang salah ataupun benar.


Berapa kali dalam seminggu untuk olahraga?

Dalam waktu satu minggu, akan sangat baik jika minimal kamu bisa berolahraga dengan total durasi 150 menit. Artinya jika dalam 1 hari kamu olahraga selama 30 menit, maka kamu bisa 5 kali olahraga dalam seminggu.

Bentuk dari olahraganya pun sebaiknya dibuat bermacam-macam. Mulai dari olahraga intens seperti lari interval, sampai olahraga ringan seperti jalan kaki.

Baca juga Program olahraga lari untuk 1 minggu khusus bagi orang yang sibuk dan tidak tahu bagaimana membuat variasi progam olahraga lari. | Jadwal lari untuk 1 minggu.


Olahraga yang baik itu jam berapa?

Pagi hari sering dianggap sebagai waktu yang baik untuk olahraga karena dapat membantu meningkatkan energi dan membantu menjaga konsistensi.

Namun, waktu terbaik untuk olahraga sebenarnya bersifat relatif. Misalnya, orang kantoran yang sibuk dan baru bisa olahraga setelah pulang kerja, maka waktu olahraga terbaik mereka biasanya ada di saat malam hari.

Intinya, waktu yang baik untuk olahraga rutin bisa berbeda untuk setiap orang. Ini semua tergantung pada jadwal dan kesibukan aktivitas dari masing-masing orang.


Apakah boleh olahraga terus menerus?

Jangan olahraga terus menerus tanpa istirahat yang cukup. Terus menerus olahraga tanpa 1-2 hari untuk istirahat dapat menyebabkan overtraining.

Overtraining justru akan berdampak negatif pada performa tubuhmu saat olahraga, dan membuat semua usahamu jadi sia-sia. Oleh karena itu, berikan 1-2 hari seminggu yang benar-benar kamu gunakan untuk beristirahat.


Apakah olahraga setiap hari itu baik?

Olahraga setiap hari memang memungkinkan untuk dilakukan. Namun, tentu saja olahraga tersebut hanya bermanfaat jika dilakukan dengan bijak.

Olahraga rutin setiap hari tanpa memberikan variasi jenis latihan dan waktu yang cukup untuk pulih, hanya akan menyebabkan kelelahan dan cedera akibat aktivitas berlebihan.

Baca juga 5 Tips Untuk Pelari Yang Senang Olahraga Lari Setiap Hari | Lari setiap hari.


Apakah lari setiap hari itu baik?

Berlari setiap hari memang dapat memberikan manfaat kesehatan jantung, daya tahan, dan kondisi mental yang lebih baik. Namun, melakukan rutinitas yang sama setiap hari pastilah akan membuatmu bosan.

Bahkan bukan hanya itu, jika kamu dari awal punya riwayat masalah cedera, lari setiap hari malah akan menjadi beban dan membuat kamu tidak mau lari lagi.


Apakah push up setiap hari itu baik?

Tidak. Push up adalah latihan otot yang sebaiknya paling banyak dilakukan 3-5 kali seminggu. Ini karena otot membutuhkan waktu untuk memperbaiki dirinya sendiri. 

Ketika selesai dilatih, otot kita akan memperbaiki kerusakan-kerusakan mikro di jaringan otot sambil memperkuat otot itu sendiri.

Kalau kita push up setiap hari, kapan otot-otot itu bisa memperbaiki kerusakan tersebut? Kapan otot-otot itu bisa menjadi lebih kuat?



olahraga rutin




Aspek Psikologis dan Motivasi Agar Bisa Olahraga Rutin

Apa yang menyebabkan orang malas untuk berolahraga?

Orang bisa menjadi malas untuk berolahraga karena terlalu lama di zona nyaman, kurangnya motivasi atau tujuan yang kuat, kesibukan dan hanya punya waktu terbatas karena kesibukan sehari-hari.

Selain itu, banyak orang yang minder dan tidak nyaman dengan lingkungan olahraga seperti di Gym.

Bukan hanya itu, banyak pula orang yang malas olahraga rutin karena tidak melihat hasil dari olahraga yang dilakukan. Banyak yang tidak sabar dengan proses dan lebih memilih untuk kembali ke kebiasaan lama mereka, tidur dan makan berlebihan.

Baca juga Motivasi olahraga untuk orang yang malas berolahraga. Berikut 4 cara biar bisa punya motivasi olahraga untuk diri sendiri. | Motivasi saat malas olahraga.


Bagaimana cara menyukai olahraga?

Untuk bisa menyukai olahraga, kita perlu punya pengalaman berolahraga yang lebih menyenangkan dan memotivasi. 

Untuk itu, coba buat tujuan realistis dari olahraga yang kamu lakukan. Dengan memiliki tujuan yang realistis, artinya target tersebut cukup mudah dicapai.

Ini pada akhirnya akan membuatmu lebih menyukai olahraga rutin karena ada pencapaian-pencapaian yang berhasil kamu dapatkan.


Bagaimana cara mengatasi orang yang malas berolahraga?

Setiap orang bertanggung jawab dengan kehidupan mereka sendiri. Kita tidak bisa memaksa seseorang untuk mulai rutin olahraga, kalau merekanya sendiri tidak mau olahraga. 

Satu-satunya hal yang bisa kita lakukan adalah memberikan contoh yang baik. Kalau orang itu melihat hidupmu menjadi lebih baik karena olahraga rutin, kemungkinan besar mereka akan mulai olahraga.



Kesimpulan

Kurangnya olahraga dapat memengaruhi kualitas hidup secara keseluruhan. Efek buruknya akan terasa mulai dari fisik dan psikologis.

Untuk bisa rutin berolahraga, kita perlu mulai semua dengan olahraga yang sederhana intensitasnya, dan dengan frekuensi yang sering.

Selain itu, kita juga perlu sabar bila hasil dari olahraga tidak sesuai dengan apa yang kita mau. Konsistensi memang berat, tapi hasilnya di akhir akan sepadan dengan usaha keras kita.



Artikel Lainnya Yang Setopik

Kehilangan motivasi untuk berolahraga sering terjadi karena motivasi memang sering naik dan turun. Berikut solusi kehilangan motivasi untuk berlari. | Sesi lari gagal dan berantakan.

Motivasi Lari : Jadi Pelari Itu Cuma Sementara | Sedikit motivasi untuk lari untuk pelari indonesia yang kehilangan motivasi lari. | Motivasi untuk pelari.

Alasan kenapa harus lari ada berbagai macam tergantung setiap orang. Berikut 7 alasan kenapa kita harus mulai rutin olahraga lari. | Kenapa kita harus rutin olahraga?

Kenapa Resolusi Tahun Baru Sering Gagal? Cara Agar Konsisten Olahraga Lari | Cara agar konsisten olahraga lari.

Semangat olahraga memang bisa naik turun. Berikut cara agar bisa konsisten semangat olahraga. | Semangat olahraga.




Demikian pembahasan untuk olahraga rutin kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk.  

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Tips Olahraga Rutin Untuk Orang Yang Malas Olahraga"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan