Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lari Siang | Manfaat dan Tips Lari Siang

Lari Siang

Manfaat lari siang







Lari siang merupakan lari yang paling jarang dipilih sebagai menu latihan bagi banyak orang. Karena suhu yang tinggi dan kesibukan sehari-hari, banyak orang lebih memilih lari pagi dan lari malam untuk olahraga.



Apakah Baik Jogging di Siang Hari?

Tentu ada pro kontra terkait lari siang.

Ada yang berpendapat bahwa lari siang bagus untuk tubuh karena membakar lemak lebih banyak.

Mengapa kita tidak dianjurkan untuk berolahraga di siang hari?

Karena ada pula yang berpendapat lari siang itu susah karena suhu udara yang panas, dan kebanyakan orang cenderung sedang sibuk-sibuknya dengan aktivitas mereka.

Jadi jawabannya relatif. Joging atau lari siang bisa menjadi masalah atau manfaat untuk kita. Tinggal kitanya saja yang harus pintar mengatur waktu dan intensitas dari lari siang itu sendiri.


Baca juga Manfaat Olahraga Lari Berdasarkan Waktunya | Lari Pagi Siang Sore Malam.



11 Manfaat Lari Siang | Manfaat Lari Siang Setiap Hari

Apa dampak lari siang? Lari siang memiliki beberapa dampak atau manfaat yang sesuai dengan tingkat kesulitannya. Beberapa manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut.


Mengurangi masalah mental

Untuk orang yang sedang melewati masa-masa berat dalam hidup, pasti sempat mengalami masalah kecemasan dan bahkan serangan panik. Gejala serangan panik antara lain napas sesak, pikiran kalut, dan bahkan muncul tremor/getaran di tangan.

Para ilmuwan menggunakan uji karbon dioksida untuk menemukan hubungan antara rasa cemas dengan dan aktivitas fisik. 

Hasilnya, diketahui bahwa orang yang lebih aktif secara fisik cenderung lebih tahan terhadap rasa cemas dan memiliki kekuatan untuk tidak membiarkan diri mereka tenggelam dalam rasa panik tersebut. Perasaan yang sebenarnya hanya ada di dalam pikiran mereka.

Baca juga Manfaat Lari Untuk Penderita Stress Dan Depresi Serta Efeknya Untuk Kehidupan | Manfaat lari untuk stress, cemas, dan depresi.

 

Meningkatkan mood

Lari memiliki efek positif terhadap suasana hati atau mood kita. Lari secara umum dapat meningkatkan mood karena merangsang reseptor perasaan tenang dan bahagia.

Selain itu, lari juga memicu produksi endokannabinoid yang meningkatkan kebahagiaan dan fokus. Artinya, lari membuat kondisi emosional kita menjadi lebih positif dan menjaga tingkat kreativitas tetap tinggi.


Memperbaiki kerja organ tubuh

Lari siang, sore, dan pagi memiliki efek positif terhadap kesehatan dengan mengatur tekanan darah, sensitivitas insulin dalam mengatur kadar gula darah, dan mempercepat metabolisme selama 14 jam setelah berlari.

Kesemua ini akan sangat berdampak pada kesehatan dan kebugaran organ-organ penting di tubuh.


Membakar kalori

Apakah lari di siang hari bisa menurunkan berat badan? Lari membantu membakar banyak kalori, dan dengan afterburn effect, tubuh kita tidak berhenti membakar kalori bahkan setelah kita berhenti berlari. 

Lari siang membakar berapa kalori? Jika kita berlari dengan intensitas yang tinggi, tubuh akan tetap membakar 190 kalori selama 14 jam berikutnya setelah berlari.


Jadi inspirasi untuk orang lain

Tidak semua orang mau dan bisa lari siang. Kamu bisa jadi influencer yang berbagi rutinitas dan pencapaian harianmu untuk mendorong orang lain untuk memulai berlari.

Selain itu, ketika orang lain melihat ada perubahan positif dalam suasana hati dan bentuk tubuhmu, mereka akan tertarik untuk mulai berlari juga.


Mengurangi kebiasaan buruk

Berlari dapat membantu mengendalikan kebiasaan buruk atau kecanduan seperti obat, merokok, atau minum berlebihan.

Tentu kamu tidak akan langsung bisa menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut. Namun, hasrat untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut menjadi berkurang dan tidak sekuat sebelumnya.

Baca juga Cara membentuk kebiasaan habit berlari supaya tidak malas berlari butuh sekitar 6-8 minggu sampai akhirnya terbiasa berlari dan habit baru terbentuk. | Habit olahraga.


Meningkatkan kadar testosteron

Lari siang, sore, malam, dan pagi dapat secara signifikan meningkatkan kadar testosteron pada pria, terutama melalui latihan lari interval yang intensif. Selain itu, latihan fisik juga dapat memperbaiki jumlah sperma dan kerja organ reproduksi.


Meningkatkan kerja jantung

Rutin berlari dalam jarak 10-20km per minggu dapat menjaga kadar kolesterol sehingga tekanan darah sehat, dan mengurangi risiko peradangan.

Selain itu, elastisitas dan kesehatan pembuluh darah juga meningkat, sehingga mengurangi risiko serangan jantung, stroke, maupun komplikasi serius lainnya.


Menstabilkan kadar gula darah

Lari siang, sore, malam, dan pagi memiliki dampak positif bagi penderita diabetes, termasuk penurunan resiko diabetes hingga 20% dan kerusakan mata atau ginjal hingga 40%. 

Menggabungkan latihan aerobik seperti lari dengan latihan beban juga memberikan hasil lebih baik. Oleh karena itu, coba variasikan lari dengan olahraga lain seperti angkat beban.

Baca juga Manfaat Olahraga Lari Untuk Kadar Gula Darah Di Tubuh | Kadar gula darah.


Penampilan fisik membaik

Olahraga lari tidak hanya meningkatkan persepsi daya tarik kita, tetapi juga dapat memperbaiki penampilan fisik dengan mengembalikan bentuk tubuh, memperbaiki kondisi kulit wajah, mengurangi masalah jerawat, dan meningkatkan postur tubuh untuk tampil lebih menarik.


Manfaat lari siang untuk orang kurus

Lari memicu perubahan neuromuskular yang meningkatkan efisiensi berlari, sehingga kita bisa lari lebih jauh dengan konsumsi energi yang lebih sedikit. 

Selain itu, otot dan tendon akan beradaptasi dengan beban kerja tinggi, sehingga meningkatkan kekuatan dari otot itu sendiri. Berlari juga memperkuat otot-otot penting seperti paha, kuadrisep, dan hamstring, serta otot core (perut/punggung bawah) yang mendukung perut dan tulang belakang, sehingga postur tubuh tetap sehat dan tegak.

Walaupun memang, untuk meningkatkan massa otot dengan lebih menyeluruh, kita perlu latihan otot dengan latihan angkat beban.

Baca juga Jadwal Olahraga untuk orang kurus memiliki tips dan caranya sendiri. Pelajari lebih jauh di artikel ini tentang olahraga untuk orang kurus. | Olahraga untuk orang kurus.




Olahraga di Siang Hari

Olahraga di siang hari jam berapa?

Jam lari siang yang bagus untuk menurunkan berat badan sebenarnya tidak ada yang salah. Lari jam berapapun, jika dilakukan dengan benar dan terukur, maka bisa menurunkan berat badan.

Dalam konteks lari siang, kita bisa mulai lari dari jam 12 sebelum makan siang sampai jam 14 atau jam 2 siang.


Apakah lari jam 12 siang bagus?

Lari jam 12 siang bagus karena merupakan salah satu tujuan bagi orang yang ingin menjaga kebugaran fisik dan mentalnya. 

Walaupun dampak kelembapan saat berlari dalam suhu tinggi bisa membuat lari menjadi semakin sulit, lari di jam 12 siang sebenarnya tetap bisa kita lakukan.


Apakah lari jam 1 siang bagus?

Lari jam 1 siang cukup bagus dilakukan jika kamu memang punya cukup waktu luang. Pastikan saja kamu tidak makan kebanyakan saat makan siang karena akan sangat mengganggu kenyamanan ketika berlari.

Selain itu, hindari berlari selama jam-jam tengah hari yang terlalu panas. Kelembapan udara yang tinggi akan menyulitkan pernapasanmu saat berlari. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan selama 1-2 menit sebelum mulai berlari.

Baca juga Makan Sebelum Lari Pagi, Sore, Malam | Makanan sebelum lari bisa dibedakan menjadi makan sebelum lari pagi, sore, dan malam. Berikut hal yang perlu kamu tahu tentang makanan sebelum lari. | Makan sebelum lari.


Apakah lari jam 2 siang bagus?

Lari jam 2 siang saat hari sedang panas-panasnya bisa kita lakukan dengan memperhatikan asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh.

Sebaiknya, hindari minum air berlebihan setelah lari siang. Alih-alih air biasa, kita bisa memperbanyak minum air yang mengandung garam mineral, berelektrolit, serta gula dan glukosa untuk memulihkan tubuh. 

Meskipun lari di siang hari merupakan lari bersuhu tinggi, dengan persiapan dan hidrasi yang tepat, latihan seperti ini akan tetap bermanfaat.


Baca juga Waktu yang bagus untuk jogging sangat bergantung pada kebutuhan setiap pelari. Berikut pilihan waktu-waktu yang bagus untuk jogging. | Joging pagi, siang, sore, malam.



Tips Lari Siang

Biasakan tubuh dengan suhu udara siang

Untuk bisa lari siang dengan baik, penting untuk membuat tubuh kita terbiasa dengan udara yang panas. 

Ada orang yang tinggal dalam suhu 30 derajat Celsius dengan baik karena tubuh mereka sudah terbiasa dengan panas. Jika kamu selama ini belum terbiasa untuk beraktivitas dengan udara yang panas, sebaiknya tidak perlu langsung mencoba lari di siang hari.


Isi ulang cairan tubuh

Cairan tubuh yang hilang melalui keringat dan pernapasan, akan lebih banyak ketika kita lari di udara yang panas. Oleh karena itu, kita sebaiknya minum 1-2 gelas air 30 menit sebelum berolahraga dan ½ gelas-1 gelas air setiap 25 menit selama berolahraga.


Buat program latihan

Berolahraga dengan aman di luar ruangan saat suhu tinggi, membutuhkan perencanaan yang matang. 

Oleh karena itu, rencanakan lari siang yang akan kamu lakukan berdasarkan pada suhu udara saat itu. Jika suhu di siang itu sedang panas sekali, sebaiknya pilih durasi lari yang lebih singkat atau pilihlah jenis latihan yang kurang intens.


Lari di dalam ruangan

Jika kamu merasa fisikmu sedang tidak cukup baik untuk lari panas-panasan di luar ruangan, kamu bisa menggantinya menjadi lari di dalam ruangan. 

Kamu bisa lari di treadmill dengan mendaftar menjadi member gym lokal di sekitar tempat tinggalmu, atau beli sendiri mesin treadmill untuk digunakan di rumah.


Pilih pakaian yang sesuai

Pilihlah pakaian yang dapat membuat kita tetap sejuk saat berolahraga di cuaca panas. Pakaian untuk lari di siang hari sebaiknya tidak berwarna gelap atau berbahan katun karena dapat menyerap panas dan mengurangi kemampuan serap keringat.

Pilih juga pakaian yang memberikan ventilasi yang baik untuk menghindari rasa berat akibat penyerapan kelembaban, karena kita pasti akan berkeringat. 

Kita bisa memilih pakaian dengan bahan Dri-fit karena mampu menyerap kelembaban dan dirancang untuk menjaga kulit tetap kering. Inilah kenapa pakaian berbahan Dri-fit banyak digunakan untuk olahraga karena membuat tubuh dapat bernapas dengan baik saat berlatih di cuaca yang panas.


Waspada dengan gejala overheat

Tubuh kita akan mengalami gejala overheat, atau rasa panas berlebihan saat lari siang. Gejala tersebut antara lain meliputi rasa berat karena sulit bernapas, berkeringat berlebihan, dan kehilangan orientasi. 

Jika terjadi tanda-tanda ini, disarankan untuk mencari tempat teduh, mengompres leher dan ketiak dengan es, serta merendam tubuh dalam bak mandi dingin. Dan bila perlu, kamu sebaiknya mengakhiri lari lebih awal demi menjaga tubuh dari rasa panas berlebihan.


Pilih rute lari yang sepi

Saat berlari di tengah hari, pilihlah rute yang memiliki tingkat polusi yang lebih rendah. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan dan menghindari dampak buruk polusi udara saat berolahraga. 

Dengan memilih rute yang lebih bersih udaranya, kita dapat menikmati manfaat berlari tanpa harus khawatir tentang dampak polusi yang berlebihan terhadap sistem pernapasan.


Kurangi intensitas lari

Di kondisi udara yang lembap dan panas, kita tidak perlu berlari sekeras biasanya seperti saat kamu lari pagi atau lari sore. 

Kamu bisa saja untuk memilih berjalan cepat sebagai alternatif dari lari. Memang, kamu tidak akan mendapatkan rasa puas dengan hanya berjalan kaki. Namun kalau tujuan utamanya adalah menjaga kesehatan, jalan kaki di siang hari sebenarnya sudah bagus.


Pilih berenang saja

Berenang bisa jadi alternatid dari lari karena kedua olahraga ini sama-sama olahraga kardio yang melatih dan meningkatkan kinerja jantung.




Program Olahraga Lari Siang

manfaat lari di siang hari


Pastikan untuk melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah setiap sesi latihan. Sesuaikan program ini sesuai dengan kondisi tubuh dan tingkat kebugaranmu sendiri.. 




Kesimpulan

Lari siang memiliki manfaat kesehatan yang signifikan, seperti meningkatkan mood, membakar kalori, meningkatkan kesehatan jantung dan metabolisme, serta memperbaiki sensitivitas insulin. 

Namun, perlu diingat bahwa berlari saat cuaca panas memerlukan perencanaan, seperti memilih rute yang kurang terpapar polusi udara, memilih pakaian yang nyaman, dan waspada dengan tanda-tanda kelebihan panas.

Lari di tengah hari memang bisa kita lakukan dan ada manfaatnya, namun kita harus selalu mempersiapkan diri dengan efek samping yang mungkin terjadi.



Daftar Para Ahli di Artikel Ini

Chris Reistroffer, seorang pecandu olahraga yang suka tantangan latihan fisik yang keras.

David Behm, seorang profesor di School of Human Kinetics and Recreation di Memorial University.

Joel Gatchell, Pelatih Atletik Roper St. Francis Healthcare untuk program Trek & Lapangan/Lintas Alam Universitas Charleston Southern.

Alessio Camilli, seorang pelatih atletik.




sumber

excercising in the heat by cbc

excercise during summer by chstoday

excercising summer heat by ksat

running in high temperatures by breakinglatest

what running does by runrepeat




Artikel Lainnya Yang Setopik

Apa saja manfaat lari pagi? Ada 12 manfaat lari pagi yang harus kamu tau supaya kamu makin semangat untuk bangun pagi dan mulai rutin lari. | Manfaat lari pagi.

6 steps biar kamu terbiasa lari pagi. Lari pagi banyak banget manfaatnya namun tidak semua orang bisa lari pagi. Berikut cara biar bisa lari pagi. | Tips lari pagi.

Manfaat jogging sore ada banyak sekali. Berikut beberapa hal yang perlu kita tahu saat sedang lari sore dan berbagai manfaat jogging sore. | Manfaat joging sore.

Manfaat lari sore dengan cara lari sore yang benar penting untuk diketahui. Berikut cara lari sore yang benar beserta manfaat lari sore. | Cara lari sore.

Joging malam hari bisa kita lakukan dengan memperitmbangkan dampak negatif dan positif lari malam. Berikut manfaat dan tips lari malam hari. | Tips lari malam.




Demikian pembahasan untuk lari siang kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk.  

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Lari Siang | Manfaat dan Tips Lari Siang "

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan