Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebelet BAB Saat Lari | Penyebab dan Solusinya

Kebelet BAB

kebelet bab







Kebelet BAB saat lari memang menyusahkan dan membuat sesi lari jadi berantakan. Namun, hal ini sebenarnya bisa kita cegah dengan perencanaan yang tepat.

Pada postingan kali ini, kita akan membahas apa saja yang perlu diperhatikan sehingga perut kita tidak mules saat sedang berlari.




Mulas Tanda Apa?

Mulas/mules saat lari merupakan tanda bahwa pencernaanmu sedang sangat aktif dalam mencerna ataupun membuang sampah hasil pencernaan keluar dari tubuh.

Hal ini diperparah dengan gerakan tubuh saat lari. Ketika lari, organ-organ tubuh di dalam perut akan saling terhimpit dan berdesakan karena gerakan kita saat berlari.

Sistem pencernaan (dan juga sistem pembuangan) yang awalnya tidak aktif, bisa saja menjadi aktif saat berlari dan memicu rasa kebelet BAB yang kamu rasakan.



Efek Olahraga Untuk Pencernaan

Latihan fisik dapat meningkatkan aliran darah, mengatur berat badan, dan mengefektifkan sistem metabolisme tubuh. Semua ini akan berkontribusi pada sistem pencernaan yang lebih sehat dan berfungsi dengan baik. 


Apakah olahraga membuat pencernaan lancar?

Apakah olahraga bisa bikin BAB lancar? Berolahraga dapat meningkatkan aliran darah di saluran pencernaan, serta meredakan stres yang berpengaruh pada kinerja  sistem pencernaan kita.

Selain itu, aktivitas fisik seperti lari juga membantu mengontrol metabolisme dengan meningkatkan laju metabolisme tubuh dan pembakaran kalori selama berolahraga.

Kebelet BAB mungkin menjadi efek samping dari olahraga seperti lari, namun tidak bisa kita bantah bahwa sistem pencernaanpun akan mendapatkan manfaat dari olahraga ini.



Penyebab Kebelet BAB Saat Lari

Lebih dari pergerakan organ tubuh, sebenarnya ada penjelasan lebih jauh terkait hal ini.


Kenapa saat lari perut mules?

Sederhananya, olahraga lari membuat aliran darah dialihkan dari sistem pencernaan ke otot-otot di area kaki yang digunakan saat kita berlari. 

Karena kita sedang lari, otot-otot yang bekerja saat berlari akan mendapatkan lebih banyak aliran darah daripada saluran pencernaan. Hal ini kemudian menyebabkan penurunan aliran darah ke saluran pencernaan dan memicu perasaan mulas karena tubuh mencoba mengeluarkan isinya ke luar.


Berapa lama kebelet BAB?

Berapa lama mulas? Perasaan mulas ini biasanya bertahan selama beberapa menit, atau bahkan sampai kamu selesai berlari.

Apakah kamu memutuskan untuk langsung balik ke rumah atau berusaha untuk menahannya sampai selesai lari, semuanya kembali pada keputusanmu sendiri.


Apa jadinya kalau BAB ditahan?

Menahan BAB tentu saja akan mengganggu sesi larimu. Kamu jadi tidak bisa fokus dengan lari dan lebih khawatir dengan rasa sakit di perut.




Cara Menghindari Ingin BAB Saat Olahraga Lari

Bagaimana cara agar perut tidak sakit saat lari?

Beri jeda setelah makan

Jangan langsung lari setelah makan. Sebaiknya, hindari makanan berat tiga jam sebelum berlari. Jika kamu ingin makan cemilan seperti pisang atau buah, jeda yang kamu perlukan cukup selama 30-60 menit.

Baca juga Berapa Waktu Ideal Untuk Olahraga Lari Setelah Makan? | Olahraga setelah makan.


Hindari makanan penuh lemak, serat, dan manis

Makan makanan penuh lemak, serat, dan manis merupakan sulit dicerna dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan saat berlari. 

Sebaiknya, sebelum lari konsumsi karbohidrat tinggi, protein sedang, serta rendah serat sebelum berlari untuk menghindari masalah pencernaan.

Baca juga Makanan untuk pelari bisa dibagi menjadi beberapa kategori: makanan sebelum, saat, dan sesudah berlari. Berikut tips lengkap makanan untuk pelari. | Makanan untuk pelari.


Bangun lebih pagi

Jika kamu ingin lari pagi, akan lebih baik jika kamu mengatur jadwal berlari berdasarkan jadwal buang air besar yang alami, yaitu di pagi hari.

Untuk itu, akan lebih baik jika kamu bisa bangun lebih pagi sehingga kamu bisa sarapan, minum kopi, dan tentu saja, buang air besar sebelum lari.


Pilih rute lari yang ada toilet umum

Jika kamu sering kebelet BAB saat lari, akan lebih baik jika kamu mengatur rute lari yang melewati pom bensin. Ini karena pom bensin biasanya memiliki toilet umum dan bisa kamu gunakan saat sakit perut datang.


Hindari rasa tegang saat lari

Tegang saat lari umum terjadi. Apalagi jika kamu pertama kali mengikuti lomba lari. Terlalu cemas dan terlalu tegang dapat memicu masalah pencernaan, seperti dorongan buang air besar sebelum perlombaan. 


mengatasi perut mulas saat olahraga




Habis Olahraga | Kenapa Habis Olahraga Perut Mulas?

Kenapa setelah olahraga kebelet BAB?

Seperti yang tadi sudah disebutkan, pergerakan tubuh dan kurangnya aliran darah pada sistem pencernaan membuat sistem pembuangan tubuh menjadi aktif.


Kenapa setelah olahraga diare?

Secara umum, olahraga meningkatkan fungsi pencernaan, tetapi jika dilakukan secara berlebihan, dapat menyebabkan cedera usus dan peningkatan hormon stres. 

Selain itu, diare setelah olahraga juga bisa disebabkan oleh dehidrasi, makan berlebihan sebelum lari, dan lain-lain.

Oleh karena itu, berikan waktu istirahat satu hari dalam seminggu di program lari yang kamu punya, sehingga, tidak ada dampak negatif yang muncul di sistem pencernaanmu. 



Kesimpulan

Kebelet buang air besar (BAB) saat berlari bisa disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya karena berkurangnya aliran darah ke saluran pencernaan selama aktivitas fisik, jeda makanan yang tidak tepat sebelum berlari, dan reaksi individu terhadap olahraga. 

Sebaiknya hindari makanan berat, lemak, dan serat sebelum berlari. Lalu pelajari kapan tubuhmu biasanya buang air besar pribadi, dan pilih rute lari dengan akses toilet sehingga kamu bisa langsung buang air jika dibutuhkan.




sumber:

runners pooping by wellandgood

effect of excercise in the digestive system by livestrong



Daftar Refrensi & Para Ahli di Artikel Ini

The journal "PLoS One"

University of Gothenburg

Harvard Health Publishing

Alimentary Pharmacology and Therapeutics 

Alba Pllana, RDN | Alba Pllana adalah ahli gizi terdaftar (Registered Dietitian Nutritionist) serta pelatih lari untuk New York Road Runners.

Jordan Hill, RDN | Jordan Hill juga adalah ahli gizi terdaftar (Registered Dietitian Nutritionist) dan spesialis berlisensi dalam diet olahraga. 

Dr. Soyona Rafatjah  | Dr. Soyona Rafatjah adalah Direktur Medis Parsley Health di Kota New York. 



Artikel Lainnya Yang Setopik

5 Penyebab Sakit Kepala dan Cara Mengatasi Pusing Dan Mual Setelah Olahraga | Sakit kepala, pusing, dan mual setelah lari banyak penyebabnya. Berikut 5 penyebab dan cara mengatasi pusing dan mual setelah olahraga. | Sakit kepala dan mual habis lari.

Perut mual saat olahraga lari memang banyak penyebabnya. Artikel ini berisi penyebab dan solusi masalah perut mual ketika olahraga lari. | Perut mual saat olahraga.

Tersedak atau keselek saat olahtaga lari adalah hal yang umum terjadi. Berikut penyebab dan solusi tersedak dan keselek saat olahraga lari. | Keselek saat lari.


Demikian pembahasan untuk kebelet BAB saat olahraga kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk.  

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Kebelet BAB Saat Lari | Penyebab dan Solusinya"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan