Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kacamata Lari | 8 Tips Memilih Kacamata Lari

Kacamata Lari

Kacamata lari







Kacamata lari semakin menjadi hal yang wajib dibawa saat lari. Selain melindungi mata dari sinar matahari, kacamata ini juga menunjang penampilan dari pelari.

Pada postingan kali ini, kita akan membahas tips memilih kacamata lari plus rekomendasi lengkap kacamata lari yang bisa kamu dapatkan.




Kenapa Kacamata Lari Itu Perlu?

Pasti banyak yang bertanya, memang fungsi kacamata itu apa sih selain cuma buat gaya-gayaan doang?


Menghalau radiasi

Kacamata khusus untuk olahraga memiliki peran penting dalam melindungi mata dari sinar UV dan UVB. Selain itu, cahaya matahari yang dipantulkan oleh objek dan permukaan tanah dapat berpotensi merusak mata. 

Kalau kamu sering lari jarak jauh atau lari siang di luar, kacamata menjadi hal yang wajib dibawa.


Mencegah silau

Sinar matahari yang terpantul dari berbagai objek di jalan akan mengganggu pemandangan saat lari. Apalagi, silau dari sinar matahari yang intens tersebut dapat merusak mata.

Kacamata akan melindungi matamu dari semua gangguan tersebut dan membuatmu tetap lari dengan nyaman.


Melindungi mata dari serangga

Lagi enak-enak lari tiba-tiba mata kelilipan serangga? Wah pasti kamu sering mengalaminya kan?

Dengan menggunakan kacamata khusus olahraga outdoor, kita dapat menjaga mata dari serangga masuk ke mata. Selain itu, kita dapat mencegah kemungkinan infeksi mata akibat serangga.


Melindungi mata dari hujan, debu, dan polusi

Kacamata lari akan melindungi mata kita dari air hujan, debu, dan polusi. Ketika lari dengan cuaca berangin, hujan, dan di dekat jalan raya, mata kita menjadi rentan terhadap objek asing yang dapat mengganggu sesi lari.

Bukannya fokus untuk lari, kita malah lebih sibuk ngucek-ngucek mata.


Baca juga Sepatu lari Mills merupakan sepatu lari brand lokal yang bisa menjadi pilihan untukmu. Berikut daftar lengkap sepatu lari mills yang bagus. | Sepatu lari Mills.



Tips Memilih Kacamata Lari

Memilih kacamata lari sebenarnya susah-susah gampang. Untuk memudahkan kamu, berikut beberapa faktor yang bisa jadi pertimbangan sebelum membeli kacamata untuk lari.


Pilih warna lensa

Lensa pada kacamata olahraga outdoor ada bermacam-macam jenis dan fungsinya. Contohnya antara lain:

Lensa hitam

Pilihan warna lensa kacamata hitam memiliki kemampuan untuk menghadang sinar matahari langsung maupun sinar pantulan dari objek di jalan. Lensa seperti ini bagus dipakai saat lari jarak jauh di pagi sampai sore hari.


Lensa warna gelap

Lensa dengan warna gelap seperti biru/abu-abu/hijau/dark brown cocok untuk kondisi terang dan cerah. Hampir sama seperti lensa hitam, hanya saja lensa ini terlihat lebih keren.


Lensa warna terang

Warna terang seperti kuning, emas, dan cokelat kemerahan lebih baik untuk kondisi cahaya rendah. Ini karena lensa berwarna terang mampu menyaring spektrum cahaya biru dan memudahkan kita untuk melihat permukaan tanah yang tidak rata.


Lensa polarized

Kacamata lari dengan lensa polarized/photochromic cocok untuk kondisi sangat terang karena mengurangi silau dari sinar matahari. Lensa seperti ini biasanya ada di kacamata yang dipakai saat kita lari di pantai.

Namun, warna dasar lensanya cenderung lebih gelap daripada lensa normal. Sehingga, bisa terlalu gelap untuk digunakan ketika mendekati sunset. 


Lensa cermin

Lensa berlapis cermin cocok untuk pelari dengan mata yang sensitif terhadap cahaya. Ini karena lensa mirrored mampu meningkatkan efektivitas lensa berwarna dengan memantulkan sinar matahari yang memantul dari tanah. Sehingga mata terlindungi dari sinar yang menyilaukan.


Lensa bening 

Kacamata outdoor dengan lensa bening biasanya digunakan dalam kondisi gelap atau berangin. Lensa ini bagus untuk melindungi mata dari angin atau partikel-partikel debu yang terbang ke mata. Walaupun memang tidak digunakan saat matahari sedang terik-teriknya.



Ringan

Syarat penting untuk sebuah kacamata outdoor adalah beratnya harus cukup ringan dibawa bergerak. Bingkai yang terbuat dari plastik bisa menjadi pilihan yang baik untuk kacamata untuk lari. 


Cakupan yang baik

Pastikan kacamata outdoor yang kamu pilih memberikan cakupan yang cukup melindungi mata dan tidak menghalangi penglihatan mata.


Tidak mudah bergeser

Kacamata outdoor seharusnya tidak mudah bergeser dan tidak licin karena keringat. Kacamata yang kamu pilih seharusnya tidak melorot dari posisinya ketika dibawa berlari.


Peningkatan kontras

Lensa kacamata lari sebaiknya dapat meningkatkan kontras, sehingga membuat gundukan atau lubang di depanmu terlihat jelas.


Melindungi dari sinar UV

Paparan sinar UV yang berlebihan dalam waktu singkat dapat menyebabkan fotokeratitis, yang pada dasarnya adalah luka bakar mata akibat sinar matahari. 

Paparan sinar UV dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan permanen, jadi pastikan kacamata olahragamu bisa melindungi mata. 


Tidak mudah berkabut

Saat lari di kondisi lembap, hujan, dan berkeringat, kacamata bisa mudah berkabut sehingga mengganggu jarak pandang. Pilih bingkai yang menjaga lensa menjauh dari wajah sehingga udara dapat mengalir dengan bebas.


Dibuat dari bahan kuat

Lensa dari bahan yang tahan pecah, seperti polikarbon akan melindungi lensa dari resiko pecah dan retak. Pertimbangkan juga bahan bingkai yang fleksibel, sehingga walaupun jatuh atau terjepit, kacamata tidak rusak di dalam tas.


Baca juga Sepatu Hoka merupakan sepatu lari yang bagus dan terkenal di antara pelari di dalam dan luar negeri. Ayo cek sepatu Hoka terbaik di sini! | Sepatu lari Hoka.



Rekomendasi Kacamata Lari Lengkap

AIELBRO Kacamata Hitam Polarized 




Lensa berkualitas tinggi yang tahan angin, hujan, dan debu akan menjaga matamu tetap nyaman dalam segala kondisi. Selain itu, desain ergonomis yang pas dengan wajah menghadirkan kenyamanan tanpa tekanan ekstra di kulit muka. 

Cocok untuk aktivitas luar ruangan seperti olahraga lari, bersepeda, hiking, hingga mengendarai motor.

Kamu bisa langsung mendapatkan kacamata ini di link Shopee berikut dengan harga 52 ribuan.






Grey Jack Polarized Sport



Dengan ukuran yang pas dan desain yang presisi, kacamata ini bukan hanya tentang gaya, tapi juga kenyamanan. Terbuat dari bahan TR90 yang ringan, lentur, dan tahan patah, kacamata ini menjadi running gear wajib saat berolahraga. 

Dilengkapi dengan aksesori seperti hard case kulit Grey Jack, lap microfiber, dan kartu tes polarized, ini adalah paket lengkap untuk kamu yang sedang mencari kacamata pertamamu. 

Lensa polarized-nya tidak hanya menambahkan gaya, tetapi juga melindungi mata dari pantulan cahaya berlebihan. 

Kamu bisa langsung dapatkan kacamata keren ini di link Shopee berikut dengan harga 160 ribuan.






JIUERBA Vintage Klasik Sport



Tampil dengan sentuhan vintage yang klasik, "JIUERBA Vintage Klasik Sport" adalah kacamata yang tak hanya melindungi mata, tapi juga menghadirkan style retro yang selalu keren.

Dengan lensa UV protection yang menjaga mata dari sinar matahari yang berlebihan, dan bingkai plastik semi rimless yang memberikan sentuhan moderen pada kesan klasik. 

Kacamata lari ini bisa dipakai pria dan wanita sehingga cocok untuk siapa saja. Langsung dapatkan kacamata ini di link Shopee berikut dengan harga 20ribuan.





Louiswill Kacamata Polarized Uv400


Lensa polarized mampu memblokir cahaya yang mengganggu, mengurangi kilauan yang menyilaukan, dan memperjelas pandanganmu tanpa gangguan saat lari. 

Perlindungan UV400-nya juga penting untuk menjaga kesehatan matamu saat beraktivitas di luar ruangan, terutama saat mengemudi atau melakukan kegiatan outdoor. 

Desain ergonomis membuatnya nyaman digunakan dalam jangka waktu lama, dan detail non-slip pada area telinga mencegah kacamata ini melorot akibat keringat saat berolahraga.

Langsung dapatkan kacamata seharga 80 ribuan ini di link Shopee berikut.





Baca juga Rekomendasi Lengkap Sepatu Lari Nineten | Sepatu 910 merupakan sepatu lari lokal yang sudah menjadi andalan untuk jutaan pelari Indonesia. Berikut rekomendasi sepatu 910 untukmu. | Sepatu lari 910.




T5 Fashion Polarized


Lensa berlapis UV400 memberikan perlindungan total terhadap sinar UVA dan UVB, dan juga menghadirkan warna dan kontras yang tajam. 

Didesain dengan bingkai polikarbonat tahan pecah dan engsel logam premium, kacamata ini adalah kombinasi sempurna antara gaya dan endurance.

Cocok digunakan dalam berbagai aktivitas luar ruangan seperti lari, bersepeda, hiking, olahraga, dan banyak lagi. Langsung dapatkan kacamata lari seharga 40 ribuan ini di link Shopee berikut.





Kapvoe Brooklyn 1 



Dengan desain yang trendy dan ukuran lensa yang pas dengan tinggi 44mm serta lebar 145mm, kacamata ini adalah pilihan sempurna untuk aktivitasmu. 

Terbuat dari bahan polikarbonat dan frame TR-90 yang tahan lama, "Kapvoe Brooklyn 1" cocok digunakan oleh siapapun.

Langsung dapatkan kacamata seharga 135 ribu ini di link Shopee berikut.





Goodr Blackout Series


Dengan jaminan NO SLIP dan NO BOUNCE, serta kelebihan ALL POLARIZED, kacamata ini tak hanya memberikan gaya yang stylish, tapi juga kenyamanan dan kejernihan pandangan.

Tak perlu khawatir soal letak kacamata saat berlari, kamu akan tetap fokus dan pemandangan tetap cerah. Dari lari hingga aktivitas sehari-hari, pilihan warna yang trendy akan selalu matching dengan outfitmu.

Langsung dapatkan Goodr series ini seharga 650 ribuan di link Shopee berikut.





Goodr Polarized Mirror 




Desain ringan yang pas menghindarkan goncangan saat berlari atau berolahraga. Bahan plastik dengan lapisan anti slip saat berkeringat memastikan kamu tetap fokus pada prestasimu. 

Dengan perlindungan dari sinar UV dan teknologi anti silau (polarized), kamu tak hanya mendapatkan kenyamanan, tapi juga perlindungan total dari matahari. 

Dirancang oleh pelari untuk pelari, ketajaman pandangan dengan lensa polarized akan mencegah sinar UVA dan UVB berbahaya. 

Langsung dapatkan kacamata lari seharga 500 ribuan ini di link Shopee berikut.





Baca juga Rekomendasi Lengkap Sepatu Running Adidas Terbaik ( 30+ Sepatu Lari Adidas) | Sepatu running Adidas.



Duberyy



Dengan gaya persegi yang menarik, kacamata ini bukan hanya sekadar aksesori, tapi running gear wajib untuk lari. 

Lensa dengan atribut UV400, cermin, dan anti-reflektif menjaga mata dari sinar berbahaya sambil memberikan pandangan yang jelas. Dengan bingkai plastik yang stylish, kacamata ini menghadirkan gaya tanpa usaha yang tetap menonjol. 

Langsung dapatkan kacamata ini di link Shopee berikut seharga 67 ribuan.





Shimano Polarized



Cocok untuk berbagai kesempatan, dari memancing, lari, hingga bersepeda, "Shimano Polarized" menghadirkan pandangan yang jernih dan tajam.

Dengan perlindungan UV400 dan bingkai yang kokoh, kacamata ini memberikan fungsi optimal dan keindahan dalam satu paket. Jadikan setiap momen lebih menarik dan nyaman dengan "Shimano Polarized".

Kamu bisa langsung mendapatkan kacamata seharga 35 ribuan ini di link Shopee berikut.






Shimano Polarized 2



Tersedia dalam 6 warna menarik, "Shimano Polarized" cocok digunakan oleh semua jenis kelamin. Lensa AC dan bingkai PC menjadikan kacamata ini ringan dan nyaman dipakai. 

Dengan atribut lensa UV400, kamu tak hanya bergaya, tapi juga melindungi mata dari sinar berbahaya. Dengan ukuran yang pas, lebar lensa 55mm, tinggi lensa 44mm, dan berat hanya 15,6 gram, "Shimano Polarized" adalah kombinasi sempurna antara mode dan kenyamanan. 

Langsung dapatkan kacamata lari seharga 30 ribuan ini di link Shopee berikut.





Bitzen Polarized 



Terbuat dari bahan berkualitas tinggi seperti PC + Aluminium dan lensa resin, kacamata ini bukan hanya aksesori, tapi juga perlindungan untuk matamu. 

Dengan lensa terpolarisasi, anti-reflektif, dan UV400, kamu tak hanya terlihat trendi, tapi juga merasa nyaman dan aman saat beraktivitas. 

Desain yang kuat, tahan panas, dan tidak membuat hidung sakit saat digunakan, membuat "Bitzen Polarized" menjadi pilihan yang tepat untuk pria, wanita, atau siapapun. 

Melindungi mata dari sinar matahari langsung dan mengurangi silau lampu kendaraan, kacamata ini menjadikan pandanganmu lebih jelas dan lebih aman. 

Langsung dapatkan sekarang juga di link Shopee berikut dengan harga 50 ribuan.





Baca juga 7 Sepatu Lari Untuk Lari 5km | Sepatu lari untuk lari 5km bisa kita dapatkan dengan mudah. Berikut sepatu apa saja yang bisa kamu dapatkan saat mencari sepatu lari untuk lari 5 km. | Sepatu lari 5km.



Kacamata  NIKE 108



Kacamata lari ini memiliki lensa polarized yang tahan terhadap benturan, melindungi mata dari cahaya silau matahari dan silau saat berkendara. 

Dengan desain yang sporty, cocok untuk segala aktivitasmu, baik indoor maupun outdoor, seperti berlari, bersepeda, memancing, dan berkendara. Tersedia berbagai jenis lensa sesuai kebutuhanmu. 

Dibuat dengan bingkai polycarbonate dan lensa polarized, serta perlindungan anti UV 400, kacamata ini adalah pilihan cerdas untuk gaya hidup aktifmu.

Langsung dapatkan kacamata keren ini di link Shopee berikut seharga 175 ribuan.





Kesimpulan

Kacamata lari khusus akan melindungi mata dari radiasi UV dan UVB, serangga, silau, serta elemen cuaca yang beragam. Pilihan lensa dengan berbagai warna dan fitur, seperti peningkatan kontras, perlindungan UV, dan ventilasi yang baik, membantu menjaga kenyamanan dan kinerja saat berlari dalam kondisi yang berbeda. 

Selain itu, bahan dan desain yang ringan serta pas yang nyaman juga menjadi pertimbangan penting dalam memilih kacamata hitam berlari yang ideal. 

Bisa dibilang, kacamata untuk lari bukan hanya sekadar perlengkapan mode. Melainkan merupakan bagian integral dari peralatan seorang pelari, untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan mata saat berlari di berbagai kondisi.



sumber:

choosing running sunglasses by racingtheplanet

sunglass guide/running sunglasses by lensmartonline



Artikel Lainnya Yang Setopik

Rekomendasi Sepatu Lari Lokal Di Bawah 500rb | Sepatu lari brand lokal indonesia dengan harga di bawah 500rban. | Sepatu lari 500 ribuan.

Rekomendasi celana untuk lari dan celana training dengan harga sekitar 50rban dan di bawah 100rb. | Celana untuk lari pagi.

Jam tangan smartwatch adalah jam tangan yang biasa dipakai untuk olahraga. Berikut 9 jam tangan smartwatch terbaik yang bisa kamu beli. | Smartwatch untuk lari.

Jaket jogging dan jaket lari sering dipakai untuk lari di luar ruangan. Sebenarnya apa boleh kita berlari  menggunakan jaket jogging & jaket lari? | Jaket lari.



Demikian pembahasan untuk kacamata lari kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk

Follow juga Tiktok kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Kacamata Lari | 8 Tips Memilih Kacamata Lari"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan