Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jaket Jogging dan Jaket Lari | Perlu Atau Tidak Sih?

Jaket Jogging

Jaket Jogging







Jaket jogging dan jaket lari pada dasarnya merupakan perlengkapan olahraga yang umum digunakan. Tapi, apa manfaat dan bahayanya? Apakah kita benar-benar perlu pakai jaket ketika jogging atau lari?



Apa Nama Jaket Untuk Lari?

Tidak ada nama khusus terkait jaket yang digunakan untuk lari. Ada yang menyebutnya jaket parasut, jaket windbreaker, atau hanya jaket lari saja.

Bahan untuk jaket yang dipakai untuk lari biasanya didominasi oleh 2 macam bahan, yaitu polyester dan nylon. Selain itu, ada tambahan bahan lain yang bergantung pada brand atau produsen dari jaket joging itu sendiri.



Apa Manfaat Lari Pakai Jaket?

Manfaat dari menggunakan jaket saat lari tergantung dengan kondisinya sendiri.

Misalnya, lari dengan jaket akan cukup bermanfaat saat kita berlari di cuaca dingin, hujan, atau berangin. Pastikan saja jaket lari yang kamu gunakan juga waterproof sehingga air tidak merembes ke baju.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan jaket jogging saat sedang pemanasan dan butuh menaikkan suhu tubuh dengan cepat. Namun, kamu perlu melepas jaket saat sudah benar-benar lari agar tubuhmu tidak overheat.

Baca juga Pengertian dan Cara Mengobati Anhidrosis Secara Alami | Pengertian Anhidrosis.



Apakah Lari Dengan Jaket Bisa Menurunkan Berat Badan?

Berlari dengan jaket dapat meningkatkan produksi keringat, dan mengakibatkan penurunan berat badan yang sementara karena kehilangan cairan tubuh.

Artinya, berat badan memang akan berkurang karena lari dengan jaket, tetapi ini tidak secara signifikan berkontribusi pada penurunan lemak.

Untuk penurunan berat badan yang lebih efektif, jauh lebih baik jika kita fokus pada latihan teratur, pola makan seimbang, dan gaya hidup yang aktif daripada hanya mengandalkan berlari dengan jaket. 

Baca juga Apakah Olahraga Lari Bagus Untuk Orang Gemuk? | Olahraga untuk orang gemuk.



Bahaya Lari Pakai Jaket

Bahaya yang paling utama dari memakai jaket saat lari adalah oveheating alias panas berlebihan.

Lari merupakan olahraga kardio yang melancarkan peredaran darah serta mengaktifkan otot. Semua ini pada akhirnya akan memicu terjadinya panas tubuh, dan tubuh akan mencoba mendinginkan suhu tubuh lewat keringat.

Memakai jaket jogging atau jaket lari pada dasarnya akan lebih berbahaya jika kita berlari di suhu yang tinggi. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk menggunakan jaket saat lari siang.



Apakah Boleh Memakai Jaket Saat Lari?

Dari semua hal yang sudah disebutkan, kita bisa mengetahui bahwa lari dengan menggunakan jaket bisa saja dilakukan.

Namun, pastikan kondisinya memang membutuhkan jaket lari, seperti misalnya ketika hujan, dingin, atau berangin.

Kebanyakan suhu di berbagai kota di Indonesia sebenarnya tidak memerlukan jaket ketika lari. Kebanyakan penggunaan jaket lari adalah di negara-negara yang suhu normalnya memang sudah dingin seperti di Eropa.

Selain itu, efeknya untuk proses penurunan berat badan memang ada. Tapi, akan jauh lebih aman jika kita menurunkan berat badan dengan mengatur dengan baik nutrisi yang masuk ke tubuh, serta rutin berolahraga.

Jika kamu memang serius ingin lari dengan menggunakan jaket, sebaiknya jaga tingkat hidrasi tubuh. Kamu sebaiknya membawa botol air, running belt, atau water vest untuk penyimpanan minuman agar cairan tubuh bisa cepat kamu ganti saat lari.




Rekomendasi Jaket Lari

GRACIOUSTYLE - Jaket Olahraga Parasut 




Dengan fitur Anti UV yang melindungi kulitmu dari sinar matahari, serta teknologi Waterproof ringan yang menjaga pakaian dari rembesan air hujan, jaket ini adalah pilihan bagus untuk kegiatan luar ruangan seperti lari, hiking, camping, dan olahraga outdoor lainnya.


Harga jaket parasut olahraga lari

Jaket untuk lari ini bisa kamu dapatkan dengan harga 65 ribuan di link Shopee berikut.






Ereste269 - Jaket Olahraga Pria



Terbuat dari bahan Parasut Nylon yang ringan dan tahan lama, jaket ini adalah kombinasi sempurna antara style keren dan fungsi yang sangat membantu kita sebagai pelari. 

Dengan tambahan Free Small Bag dan 3 kantong luar, kamu bisa membawa barang-barang pentingmu dengan mudah.


Harga jaket parasut olahraga lari

Jaket untuk lari ini bisa kamu dapatkan dengan harga 140 ribuan di link Shopee berikut.






Flexzone - Jaket Windbreaker



Dengan bobotnya yang ringan, hoodie yang stylish, dan kemampuan untuk dapat dikemas menjadi kantong kecil, jaket ini adalah peralatan serbaguna untuk segala cuaca. 

Selain itu, fitur UVProtect-nya akan menjaga kulitmu dari sinar matahari dan WaterResist-nya membuatmu tetap kering walaupun ada rintik-rintik hujan.

Terbuat dari bahan Polyester WR yang tahan lama, dan dengan fit level Regularfit yang pas di tubuhmu, "Flexzone - Jaket Windbreaker" adalah pilihan yang keren untuk lari atau hiking di gunung.


Harga jaket parasut olahraga lari

Jaket untuk lari ini bisa kamu dapatkan dengan harga 206 ribuan di link Shopee berikut.





Jaket Lari Sauna Tripadma



Cocok untuk aktivitas seperti lari jogging, zumba, dan berbagai olahraga lainnya yang membuat kamu berkeringat ekstra. 

Bukan hanya itu, bahan anti airnya akan memberimu sensasi sauna unik, di mana kamu akan mengalami peningkatan produksi keringat hingga 4 kali lipat.


Harga jaket parasut olahraga lari

Jaket untuk lari ini bisa kamu dapatkan dengan harga 135 ribuan di link Shopee berikut.





Wyloz Jaket Sport



Dibuat dengan cermat dari bahan parasut yang ringan namun kokoh, jaket ini menjadi pilihan jaket lari yang cocok untukmu. 

Desainnya yang unisex membuat jaket ini pas untuk pria atau wanita yang ingin tampil maksimal walau kondisi cuaca tidak mendukung. 

Bukan cuma itu, perlindungan sinar UV akan melindungi kulitmu dari gigitan sinar matahari langsung.


Harga jaket parasut olahraga lari

Jaket untuk lari ini bisa kamu dapatkan dengan harga 206 ribuan di link Shopee berikut.






Kesimpulan

Penggunaan jaket lari atau jaket jogging memang boleh, namun sebaiknya dihindari jika kondisi tidak memungkinkan (panas), dan kamu beresiko mengalami overheating. 

Selain itu, menjaga hidrasi sangat penting karena berlari dalam cuaca panas dapat membuat tubuh berkeringat secara intens. 

Kita sebaiknya membawa botol air, tas hidrasi, atau alat-alat lainnya selama berlari dalam kondisi cuaca panas.



sumber : wear jacket while running by roadtorunning




Artikel Lainnya Yang Setopik

Rekomendasi Sepatu Lari Lokal Di Bawah 500rb | Sepatu lari brand lokal indonesia dengan harga di bawah 500rban. | Sepatu lari murah.

Rekomendasi Celana Untuk Lari Pagi 50rban | Rekomendasi celana untuk lari dan celana training dengan harga sekitar 50rban dan di bawah 100rb. | Celana buat lari.

Jam tangan smartwatch adalah jam tangan yang biasa dipakai untuk olahraga. Berikut 9 jam tangan smartwatch terbaik yang bisa kamu beli. | Smartwatch untuk lari.





Demikian pembahasan untuk jaket jogging dan jaket lari kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk.  

Follow juga Tiktok kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Jaket Jogging dan Jaket Lari | Perlu Atau Tidak Sih?"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan