Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Energy Gel Untuk Lari | Rekomendasi Sumber Energi Darurat Saat Lari

Energy Gel

energy gel







Energy gel menjadi salah satu cara untuk mendukung pemulihan energi saat lari. Namun, tidak semua lari butuh energi gel.

Pada postingan kali ini, kita akan membahas plus minus dari energy gel, dan apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan.



Apa Itu Energy Gel?

Energy gel adalah konsentrat karbohidrat yang cepat diserap tubuh karena dibuat dalam bentuk cairan dan disimpan dalam sachet. Suplemen ini digunakan oleh pelari, karena praktis  dibawa dan dikonsumsi di tengah-tengah lari.

Ketika dikonsumsi, suplemen ini akan melepaskan kadar gula sederhana yang cepat diserap ke dalam darah. Darah kemudian akan mengirimkan gula yang sudah diserap tadi ke otot, sehingga otot bisa tetap bekerja memproduksi energi.



Apa Manfaat Energy Gel?

Merupakan sumber energi yang cepat

Ketika sudah belari dalam jarak yang jauh dan lebih dari 60 menit, tubuh kita akan mengalami penurunan energi yang signifikan. Oleh karena itu, tubuh kita membutuhkan sumber energi tambahan yang bisa memberikan efek yang cepat dan mudah dikonsumsi.

Gel energi seperti ini dirancang agar mudah dicerna dan mengandung karbohidrat yang dapat dengan cepat diubah menjadi glukosa oleh tubuh. Sehingga, otot tetap mendapatkan bahan bakar yang dibutuhkan untuk menghasilkan tenaga saat lari. 

Baca juga Kenapa pelari butuh otot yang kuat untuk lari? Berikut jawaban kenapa pelari butuh otot yang kuat untuk lari. | Fungsi otot untuk lari.


Sangat praktis

Selain itu, faktor utama kenapa produk seperti ini cocok digunakan untuk pelari adalah kepraktisannya. Jel energi biasanya dikemas dalam bentuk sachet siap minum sehingga bisa dikonsumsi bahkan sambil lari. Sehingga, seorang pelari bisa tetap berlari dan tidak kehilangan waktu.


Mencegah dehidasi 

Beberapa jel energi juga mengandung elektrolit serta kafein sehingga bagus untuk mencegah cedera dan booster energi. Berkurangnya cairan tubuh dan energi akan sangat berpengaruh pada performa lari kita.


Baca juga Olahraga setelah makan tergantung pada seberapa banyak makanan dan seberapa intens lari yang akan dilakukan. Berikut tips olahraga setelah makan. | Olahraga setelah makan.



Kapan Minum Energy Gel?

Banyak merek produk energi gel yang mengandung 30 gram karbohidrat di setiap sachetnya. Produk-produk ini juga menyarankan untuk mengkonsumsi energi gel setiap 45 menit di tengah-tengah lari.

Namun, konsumsi energy gel adalah hal yang sangat tergantung pada kebutuhan enrgi setiap pelari dan jenis lari yang mereka lakukan. Kita tidak bisa menyamaratakan dosis pemakaian antara 1 pelari dengan pelari lainnya. 


Konsumsi energi gel berdasarkan jenis lari

Setiap orang memiliki tingkat penyerapan gula / karbohidrat yang berbeda-beda. Namun, jika kamu sedang latihan atau lari marathon atau half marathon, disarankan mengkonsumsi 30-60 gram (1-2 sachet) per jam.

Jika kamu sedang lari 5-10 km, suplemen seperti energy gel sebenarnya tidak perlu digunakan. Ini karena kadar energi di tubuh, sebenarnya cukup untuk lari yang tidak lebih dari 60 menit.

Selain itu, kita juga bisa mengkonsumsi energy gel di awal race untuk mencegah performa tubuh menurun di tengah-tengah lari. 


Baca juga Berlebihan saat makan setelah olahraga jadi masalah banyak pelari. Berikut solusi dari masalah berlebihan saat makan setelah olahraga. | Makanan habis olahraga.



Energy Gel Untuk Lari | Macam-macam Energy Gel

Jel energi pada dasarnya akan memberikan efek yang berbeda-beda untuk setiap pelari. Selain itu, ada beberapa macam jel energi yang beredar di pasaran.


Energi gel biasa

Memiliki kandungan karbohidrat sederhana yang cepat diserap tubuh sehingga, memberikan dorongan energi dengan cepat. Teksturnya biasanya lebih padat dan sebaiknya dikonsumsi dengan air untuk membantu penyerapan.


Isotonic gel

Isotonic gel mengandung campuran antara air dan elektrolit untuk membantu produksi energi sekaligus mencegah dehidrasi. Selain itu, gel energi seperti ini juga bagus untuk mencegah gejala kram.


Electrolyte gel

Elektrolit gel menambahkan lebih banyak elektrolit untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.


Kafein gel

Energy gel ini mengandung kafein untuk meningkatkan energi. Mungkin kalau kamu memiliki perut yang reaktif dan tidak kuat dengan kopi, sebaiknya hindari jel energi seperti ini.

Baca juga Minum kopi sebelum olahraga lari memang memiliki manfaat namun juga efek samping. Berikut manfaat dan plus minus minum kopi sebelum olahraga lari. | Minum kopi sebelum lari.




Energy Gel Terbaik

Jika mau jujur, sebenarnya tidak ada jel energi terbaik yang secara pasti mampu meningkatkan energi saat lari.

Seperti yang sudah disebutkan tadi, suplemen energi seperti ini sangat tergantung pada masing-masing pelari.

Oleh karena itu, kamu perlu mencoba berbagai macam jel energi sebelum memutuskan untuk memakai satu jenis jel energi terbaik.


Baca juga Makanan agar kuat lari 12 menit merupakan faktor yang penting sebelum mengikuti tesnya. Berikut daftar makanan agar kuat lari 12 menit. | Makanan lari 12 menit.



Energy Gel Yang Bagus

EJ sport gel




Extra joss sport gel bisa menjadi pilihan pertama jika kamu menginginkan tambahan stamina saat berolahraga.


Manfaat EJ energy gel

Diformulasikan untuk meningkatkan energi dengan dosis 1-2 tube per hari, produk ini mudah diminum sebelum atau saat berolahraga. 

Dengan kemasan praktis dalam tube dan keunggulan desain sporty, sehingga memudahkan kamu untuk mendapatkan tambahan stamina di tengah-tengah lari.


Energy gel beli dimana?

Kamu bisa mendapatkan jel energi ini di link Shopee di bawah dengan harga berkisar antara 24 ribu - 127 ribu.





Strive energy gel




Manfaat Strive energy gel

Diformulasikan khusus untuk olahraga intens, gel energi ini memberikan pasokan tenaga ekstra agar kamu tak pernah kehabisan bahan bakar saat berlari ataupun bersepeda jarak jauh. 

Dengan kandungan 90 Kalori yang tepat, serta bahan-bahan unggulan seperti Maltodekstrin, Ekstrak Kurma, Jahe, dan Asam Amino, STRIVE Energy Gel adalah jel energi yang bagus untuk dibawa


Energy gel beli dimana

Kamu bisa mendapatkan jel energi ini di link Shopee di bawah dengan harga berkisar 75 ribu.





SIS Go energy gel




Manfaat SIS Go energy gel

Dengan isi 60 ML yang power-packed, gel ini memiliki keunggulan rendah kalori namun tinggi elektrolit, menjaga tubuhmu terhidrasi dengan sempurna tanpa rasa kembung. 

Tak hanya itu, kandungan yang sudah terjamin BPOM membuatmu tak perlu ragu untuk membawa jel energi ini setiap kali olahraga berintensitas tinggi. 

Kamu bisa mengkonsumsi 1 SIS gel sebelum latihan dan 1 SIS setelah 45 menit latihan, dan rasakan energimu terpacu tanpa henti.


Energy gel beli dimana

Kamu bisa mendapatkan jel energi ini di link Shopee di bawah dengan harga berkisar antara 35 ribu - 50 ribu.





Baca juga Makanan sebelum lari bisa dibedakan menjadi makan sebelum lari pagi, sore, dan malam. Berikut hal yang perlu kamu tahu tentang makanan sebelum lari. | Makanan sebelum lari.



Kesimpulan

Energy gel merupakan sumber cepat energi dalam latihan daya tahan seperti lari jarak jauh baik half marathon, full marathon, atau jarak yang lebih jauh lagi. 

Ada berbagai macam jel energi di pasaran seperti misalnya energi gel yang mengandung elektrolit, kafein, atau karbohidrat sederhana.

Walaupun begitu, tidak semua jel energi akan cocok untuk tubuhmu. Sebaiknya uji coba dulu semua energi jel sebelum memutuskan mana produk yang paling baik untukmu.



Sumber: how to use energy gel by runnersworld




Daftar Para Ahli di Artikel Ini

Angie Asche, seorang ahli gizi olahraga dan owner dari Eleat Sports Nutrition. 

Melanie Wilkinson, seorang ahli gizi terdaftar dan ilmuwan olahraga di The Body Lab.



Artikel Lainnya Yang Setopik

Susu coklat adalah minuman terbaik untuk diminum oleh pelari agar proses isi ulang energi dan recovery bisa berjalan baik setelah berlari. | Minuman habis lari.

Makanan penambah stamina ada banyak sekali. Ayo pelajari makanan dan minuman apa saja yang bisa kita pilih sebagai makanan penambah stamina. | Makanan untuk stamina.

Makanan untuk pelari bisa dibagi menjadi beberapa kategori: makanan sebelum, saat, dan sesudah berlari. Berikut tips lengkap makanan untuk pelari. | Makanan untuk pelari.

Efek makanan pedas untuk pelari ada positif dan negatif. Ayo pelajari manfaat apa yang bisa kita dapatkan dan harus hindari dari efek makanan pedas. | Makanan pedas sebelum olahraga.

Carbo loading merupakan metode untuk meningkatkan energi sebelum lomba lari. Berikut cara mempersiapkan diri untuk lomba lari dengan carbo loading. | Cara carbo loading.



Demikian pembahasan untuk energy gel kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk.  

Follow juga Tiktok kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

2 komentar untuk "Energy Gel Untuk Lari | Rekomendasi Sumber Energi Darurat Saat Lari"

  1. apa dampak efek sampingnya
    mohon dijawab...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampir tidak ada jika dikonsumsi sesuai kebutuhan. Kalau lari 5km sebaiknya tidak perlu makan energy gel karena energi alami dari makanan di tubuh sudah cukup.

      Hapus
beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan