Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Efek Makanan Pedas Untuk Pelari

Efek Makanan Pedas

efek makan sambal







Efek makanan pedas untuk pelari sudah menjadi pro kontra sejak lama. Makanan pedas pada dasarnya memiliki manfaat dan efek samping untuk orang yang aktif seperti pelari. Namun, semuanya tergantung kita sendiri bagaimana mengatur porsi dan kapan makanan pedas boleh dimakan.



Manfaat Makan Pedas

Mengandung berbagai vitamin

Mungkin banyak yang tidak tahu, namun cabai ternyata mengandung tujuh kali lebih banyak vitamin C daripada jeruk. Bukan hanya itu, cabai juga merupakan sumber vitamin A, vitamin E, beta-karoten, asam folat, dan kalium. Semua nutrisi ini membuat cabai menjadi bahan makanan yang bagus untuk tubuh kita.

Selain itu, kandungan pada cabai membantu melawan penyumbatan sinus, melancarkan pencernaan, meredakan sakit kepala sebelah, dan mengurangi nyeri otot, sendi, serta saraf yang berguna untuk proses recovery tubuh.


Membantu bakar kalori

Terdapat senyawa antioksidan dalam cabai bernama Capsaicin yang dapat meningkatkan produksi panas tubuh dan membantu membakar tambahan 10 hingga 50 kalori per hari. Inilah kenapa kita selalu berkeringat ketika kepedesan saat makan makanan pedas.


Membantu recovery otot

Karena kandungan nutrisinya, Cabai memiliki fungsi anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan membantu proses pemulihan otot setelah olahraga atau cedera.

Baca juga Recovery run bermanfaat memelihara kondisi tubuh setelah lari yang intens. Berikut cara dan panduan lengkap tentang recovery run. | Recovery run.


Meningkatkan metabolisme dan sistem imun

Efek makanan pedas seperti cabai dapat meningkatkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitaminnya. Sehingga, pembakaran kalori menjadi energi semakin efisien dan kita jadi jarang jatuh sakit.


Baca juga Berapa Waktu Ideal Untuk Olahraga Lari Setelah Makan? | Olahraga setelah makan.



Cara Aman Makan Makanan Pedas

Berapa kali boleh makan pedas?

Kenali terlebih dahulu seberapa kuat kemampuan perutmu menerima makanan pedas. Sebaiknya konsumsi makanan pedas dalam batas toleransi tubuhmu.

Jika kamu dari kecil sudah sering makan pedas sebelum beraktivitas fisik, mungkin tubuhmu memang sudah memiliki kemampuan untuk itu.

Kamu bisa makan pedas mungkin 2-3 kali seminggu. Selain itu, makanan pedas yang dikonsumsi sebaiknya dalam tingkat kepedasan yang ringan hingga sedang. Tidak perlu sampai menantang diri sendiri untuk makan makanan pedas yang tingkat kepedasannya berlebihan sekali.


Kapan waktu yang tepat makan pedas?

Hindari makanan pedas sebelum sesi lari atau sebelum race. Kita sebaiknya tidak mengonsumsi makanan pedas selama 24 jam sebelum lari, baik lari biasa maupun race. 

Misalnya, jika hari rabu kamu ada jadwal untuk lomba lari, sebaiknya jangan makan makanan pedas di hari selasa untuk meminimalisir kemungkinan efek makanan pedas.


Apakah boleh makan pedas sebelum lari?

Makan makanan pedas sebenarnya tidak langsung mempengaruhi performa kita saat berlari. Namun, rasa pedas tersebut bisa saja memicu gangguan pencernaan dan mempengaruhi jalannya sesi lari. 

Boleh-boleh saja sebenarnya untuk makan pedas sebelum lari. Beberapa orang bisa makan pedas dan tidak ada masalah saat lari. Namun bagi sebagian pelari lainnya, makanan pedas dapat menimbulkan gangguan pencernaan seperti sakit maag, tinja encer, sendawa terus menerus, dll.

Entah kamu mudah terkena efek makanan pedas atau tidak, sebaiknya hindari konsumsi makanan pedas setidaknya satu malam sebelum berlari. 

Jangan takabur dan berpikir bahwa tubuhmu kuat bertahan dari efek samping makanan pedas tersebut. Kita tidak pernah tahu bagaimana respon tubuh terhadap makanan pedas.


Apakah boleh setelah olahraga langsung makan pedas?

Setelah olahraga, kita bisa makan pedas setelah 30 menit sampai 1 jam.

Yang harus kamu lakukan setelah olahraga adalah pendinginan agar otot yang tegang bisa kembali rileks, serta detak jantung kembali ke detak normal. Nah, setelah itu, silahkan makan makanan yang mengandung protein dan sedikit karbohidrat.


Baca juga 6 Tips Agar Tidak Makan Berlebihan Setelah Olahraga | Berlebihan saat makan.



Efek Makanan Pedas Pada Pelari

Apa efek samping makan makanan pedas?

Makanan pedas cenderung bertahan lebih lama di perut sehingga kamu lebih beresiko mengalami refluks gastroesofagus. Ini adalah kondisi dimana makanan kembali naik ke tenggorokan dan menyebabkan sensasi terbakar.

Kamu pasti pernah kan sendawa, dan habis sendawa tenggorokan rasanya panas dan pedih?


Apakah makan pedas mempengaruhi lari?

Efek makanan pedas pada dasarnya tidak mengurangi stamina atau kemampuan kita saat berlari.

Performa lari kita lebih bergantung pada level stamina dan kekuatan otot kaki, sementara makanan pedas hanya akan berpengaruh pada sistem pencernaan kita.

Namun, makanan pedas dapat menyebabkan masalah pada perut dan mengacaukan sesi lari yang kita lakukan. Apalagi jika kamu memiliki riwayat masalah pencernaan.

Oleh karena itu, untuk lebih amannya, sebaiknya hindari makanan pedas 1 hari sebelum lari agar tidak ada masalah pencernaan yang mungkin muncul.


Apakah atlet tidak boleh makan pedas?

Bukannya tidak boleh makan pedas, tapi makanan itu sendiri merupakan bagian penting dalam rutinitas seorang pelari. Kita harus bisa memilih makanan yang tepat pada waktu yang tepat, karena ini sangat krusial bagi performa lari kita.

Oleh karena itu, hindari efek makanan pedas dengan tidak makan pedas setidaknya 1 hari sebelum lari. Makanan pedas seperti sambel memang membuat makan jadi lebih enak. Namun, jika itu mengganggu persiapan lari, satu-satunya orang yang akan rugi adalah dirimu sendiri.


Baca juga Susu coklat adalah minuman terbaik untuk diminum oleh pelari agar proses isi ulang energi dan recovery bisa berjalan baik setelah berlari. | Minuman habis olahraga.



efek samping makan makanan pedas




Penyakit Akibat Terlalu Sering Makan Pedas

Akibat makan pedas setiap hari, kita bisa saja mengalami gangguan dan perasaan tidak nyaman di perut.

Kenapa perut terasa perih saat makan pedas? Di balik manfaatnya untuk pelari, makanan pedas juga akan menyebabkan masalah jika dimakan berlebihan. Walaupun makanan pedas tidak menyebabkan luka pada lambung, namun bisa memicu nyeri perut pada beberapa orang. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan pedas secara rutin dapat memicu gejala saluran pencernaan atas pada beberapa orang dengan dispepsia, terutama bagi penderita sindrom usus iritabel (IBS).

Pada orang dengan penyakit radang usus, makanan pedas juga dapat memicu gejala sakit.

Intinya,  makanan pedas akan lebih berdampak pada orang yang memang memiliki masalah pada organ pencernaan mereka. Oleh karena itu, disarankan untuk membatasi konsumsi makanan pedas agar gejala tidak memburuk.


Baca juga Perut mual saat olahraga lari memang banyak penyebabnya. Artikel ini berisi penyebab dan solusi masalah perut mual ketika olahraga lari. | Perut mual saat lari.



Larangan Setelah Makan Pedas

Setelah makan makanan pedas, akan lebih baik jika kita tidak terlalu banyak begerak terlebih dahulu, sehingga pencernaan tidak terganggu saat bekerja.

Jangan pula berbaring karena akan menyusahkan pergerakan usus dalam mendorong serta memproses makanan yang sudah masuk.

Sebaiknya perbanyak duduk dengan tenang dan bernapas yang dalam agar kadar oksigen dalam darah tetap mencukupi di dalam tubuh.

Dalam konteks olahraga lari, sebaiknya hindari makan pedas 1 hari sebelum lari agar tidak ada masalah pencernaan yang mungkin mengganggu sesi lari.



Kesimpulan

Efek makanan pedas untuk pelari tidak terlalu berpengaruh pada performa lari, tapi lebih kepada kondisi / kenyamanan selama berlari.

Seorang pelari yang suka makanan pedas, sebaiknya mengatahui dimana batas toleransi tubuh mereka terhadap rasa pedas.

Sebaiknya hindari makanan pedas 1 hari sebelum lari untuk menghindari masalah yang mungkin timbul akibat konsumsi makanan pedas.



sumber

spicy food and running by justrunlah

avoid spicy food by happyspicyhour




Artikel Lainnya Yang Setopik

Makanan agar kuat lari 12 menit merupakan faktor yang penting sebelum mengikuti tesnya. Berikut daftar makanan agar kuat lari 12 menit. | Makanan lari 12 menit.

Makanan sebelum lari bisa dibedakan menjadi makan sebelum lari pagi, sore, dan malam. Berikut hal yang perlu kamu tahu tentang makanan sebelum lari. | Makanan sebelum lari.

Makanan penambah stamina ada banyak sekali. Ayo pelajari makanan dan minuman apa saja yang bisa kita pilih sebagai makanan penambah stamina. | Makanan penambah stamina.

Makanan untuk pelari bisa dibagi menjadi beberapa kategori: makanan sebelum, saat, dan sesudah berlari. Berikut tips lengkap makanan untuk pelari. | Makanan untuk pelari.



Demikian pembahasan untuk efek makanan pedas kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk.  

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Efek Makanan Pedas Untuk Pelari"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan