Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Joging Malam Hari | Manfaat dan Tips Lari Malam

Joging Malam Hari

lari malam hari







Joging malam hari merupakan hal yang bisa kita lakukan. Walaupun pada umumnya kebanyakan pelari memilih lari pagi atau lari sore karena lebih sesuai dengan kesibukan sehari-hari mereka.

Jadi, apakah bagus olahraga di malam hari? Pada postingan kali ini kita akan membahas tips dan manfaat lari atau joging di malam hari.




Apakah Boleh Lari di Malam Hari?

Lari malam jam berapa?

Jogging malam yang baik jam berapa? Untuk pertanyaan ini pada dasarnya tidak ada jawaban yang salah atau benar. Joging atau lari malam bisa kita lakukan pada jam berapapun selama tidak bertabrakan dengan rutinitas harian dan tentu saja jam tidur kita.

Setiap orang berbeda-beda dan memiliki kesibukannya masing-masing. Oleh karena itu, jam joging malam hari yang ideal tidak bisa kita sama ratakan untuk semua pelari.

Baca juga Lari untuk orang yang sibuk difokuskan pada bagaimana lari dengan jarak dan durasi yang efisien sehingga bisa mudah dilakukan oleh pelari. | Program lari untuk orang sibuk.


Olah Raga habis magrib apakah boleh?

Olahraga setelah maghrib sekitar jam setengah 7 malam bisa kita lakukan, dan bisa dibilang di waktu-waktu tersebut adalah waktu yang paling ideal untuk lari malam. Ini karena kondisi jalan belum terlalu gelap dan suasananya masih belum terlalu sepi.


Apakah boleh olahraga jam 7 malam?

Olahraga jam 7 malam bisa kita lakukan dan relatif cocok untuk semua pelari. Apalagi untuk pekerja kantoran yang memang pulang bekerja.

Pastikan saja kamu tidak terlalu kelelahan sepulang kerja karena joging malam hari dengan fisik yang sudah terlalu lelah setelah seharian bekerja, bisa saja berbahaya untuk jantung.


Olahraga jam 8 malam apakah baik?

Olahraga jam 8 malam bisa kita lakukan. Apalagi untuk mereka yang jam tidurnya di jam 10 ke atas. Ini karena jarak antara waktu selesai lari dan jam tidur sebaiknya berada kisaran 90 menit.

Pastikan juga lari di jam 8 ke atas merupakan lari yang ringan dan santai. Lari dengan intensitas tinggi di waktu-waktu seperti ini akan menyebabkan kita susah tidur karena adrenaline dan efek afterburn akan masih sangat terasa di tubuh.


Apakah boleh olahraga di atas jam 10 malam?

Olahraga di jam 10 malam ke atas mungkin bukan waktu yang ideal untuk banyak pelari. Apalagi jika mereka harus berangkat pagi untuk bekerja keesokan harinya. 

Tapi kalau kamu memang tidak punya acara dan kesibukan di esok hari, kamu bisa lari joging malam hari di jam 10 malam. Asalkan kamu lari di treadmill atau lari di indoor. Ini karena lari di luar pada jam ini bisa jadi berbahaya. 


Bolehkah olahraga jam 11 malam?

Lari jam 11 malam tidak disarankan untuk pelari yang keesokan harinya harus bekerja. Lari di jam ini mungkin bisa dilakukan jika kamu memang punya kehidupan yang terbalik antara siang dan malam.

Tapi kembali lagi, sebaiknya berlarilah di dalam ruangan dengan treadmill agar tetap aman.


Olahraga jam 1 malam apakah boleh?

Olahraga di jam 1 malam sebenarnya tidak umum dilakukan. Apalagi di jam ini pada dasarnya tubuh manusia sudah harus tidur lelap.

Namun, jika kamu memang punya jam tidur yang berbeda dengan orang lain, mungkin kamu bisa lari malam di jam ini.


Bolehkah olahraga malam hari sebelum tidur?

Olahraga sebelum tidur bisa kita lakukan asalkan olahraga tersebut bersifat relaksasi.

Kamu bisa joging ringan atau jalan kaki di treadmill. Lalu stretching otot dengan foam rolling agar otot rileks dan membantumu tidur dengan lebih nyenyak.




Efek Olahraga Malam Hari

Apa efek olahraga di malam hari?

Kebiasaan makan lebih sehat

Berlari di malam hari membantu kita memilih keputusan makan yang lebih baik sepanjang hari. Berlari di malam hari memberikan kesadaran akan pentingnya pilihan makanan dan minuman yang sehat, sehingga berdampak positif pada gaya hidup kita secara keseluruhan.


Pencernaan lebih baik

Saat lari, kita bisa saja terlalu lapar atau terlalu kenyang untuk lari. Joging malam hari membuat kita memiliki cukup waktu untuk makan dan mencerna makanan sebelum berlari.

Baca juga Berlebihan saat makan setelah olahraga jadi masalah banyak pelari. Berikut solusi dari masalah berlebihan saat makan setelah olahraga. | Tips makan habis lari.


Punya waktu lebih banyak untuk olahraga

Banyak pelari batal lari pagi karena terlambat bangun dan harus langsung pergi kerja. Oleh karena itu, lari di malam hari menjadi pilihan yang lebih baik, jika kamu memiliki jadwal kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan. 


Kualitas tidur meningkat

Penelitian pada tahun 2019 menemukan bahwa berolahraga di malam hari berdampak positif pada tidur malam. Selain itu, mandi air panas setelah berlari dapat membantu tubuh dan pikiran lebih rileks sebelum tidur.

Baca juga Penyebab susah tidur setelah lari biasanya karena intensitas lari yang tinggi. Berikut solusi dari penyebab susah tidur setelah berolahraga lari. | Susah tidur habis lari.


Stres setelah kerja berkurang

Berlari di malam hari membantu mengurangi stres, ketegangan, dan frustrasi setelah seharian bekerja. Berlari mampu menurunkan tekanan darah, meredakan ketegangan otot, dan menciptakan perasaan tenang.


Tubuh jadi lebih siap berlari

Ketika lari pagi, kita biasanya butuh pemanasan yang lebih lama dan performa lari tidak bisa langsung meningkat. Namun, ketika lari sore atau malam, tubuh kita biasanya sudah lebih siap untuk berolahraga.




Manfaat Lari di Malam Hari

Membantu lari lebih konsisten

Saat berlari di malam hari, kita dapat lari tanpa menunda-nunda karena ada kesibukan lain yang harus dilakukan. Joging malam hari lebih mudah dibentuk menjadi rutinitas yang lebih konsisten, dan tidak akan terganggu oleh kesibukan harianmu.


Lari jadi lebih efektif

Berlari di malam hari lebih efektif dan otomatis karena mengandalkan sensor sentuhan tubuh setiap kali kaki kita menapak daripada penglihatan.  Dengan berlari lebih otomatis, kita dapat mengontrol setiap gerakan tubuh kita saat berlari dengan lebih baik.

Baca juga Cara mencegah cidera dan mampu lari lebih jauh, lebih lama, serta bebas cidera | Mencegah cedera dengan lari efektif.


Membantu mental lebih tenang

Joging di malam hari membuat kita berlari dengan suasana hati yang tenang, serta membuat kita mampu mendengarkan suara napas dan langkah kaki kita sendiri. Ini bisa menjadi kesempatan untuk menenangkan pikiran kita dari segala gangguan mental sehari-hari.

Baca juga Berikut manfaat berlari untuk mood dan kesehatan mental yang lebih baik. | Efek lari untuk kesehatan mental.


Cocok untuk bersosialisasi

Walaupun lari pagi dan sore juga bisa dilakukan dengan komunitas lari, kita bisa lari dengan lebih enjoy bersama teman-teman sekomunitas saat malam.

Ini karena saat malam, kebanyakan pelari sudah pulang kerja dan tidak memiliki kesibukan lain. Apalagi jika kamu tinggal di kota besar, karena biasanya banyak komunitas lari yang sering joging malam hari.


Bisa makan malam dengan lebih nikmat

Setelah lari malam, dietitians merekomendasikan kita untuk mengonsumsi kombinasi sedikit karbohidrat dan banyak protein dalam waktu satu jam setelah lari malam.


Bisa lari tanpa kepanasan

Dengan berlari di malam hari, kita dapat menghindari sinar matahari langsung sehingga tidak perlu menghadapi panas yang tinggi. Berlari setelah matahari terbenam juga menguntungkan karena paparan sinar ultraviolet berbahaya akan berkurang hingga nol.

Baca juga Pengertian Anhidrosis adalah kondisi dimana tubuh tidak mampu secara otomatis mendinginkan dirinya sendiri. | Anhidrosis karena lari.


Lebih bertenaga saat lari

Dengan berlari di malam hari, kita akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengisi tubuh dengan makanan sebelum berolahraga, sehingga memberikan energi yang cukup untuk berolahraga dengan lebih efektif dan nyaman. 

Pastikan kamu memberikan waktu jeda antara lari dan makan sebelum lari. Tapi kalau kamu makan malam setelah lari, sebaiknya makanan tersebut lebih dominan protein dibanding karbohidrat agar berat badan tidak meningkat drastis.


Lebih bertenaga saat pagi

Joging malam hari membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kualitas tidur. Ini pada akhirnya membuat kita lebih berenergi keesokan paginya. 

Kondisi tubuh yang lebih baik karena tidur yang berkualitas, akan membantu memberikan energi yang cukup untuk menghadapi kesibukanmu keesokan harinya.



Manfaat Lari Malam Untuk Diet

Apakah lari malam bisa menurunkan berat badan? Untuk menurunkan berat badan, kita perlu banyak bergerak dan mengurangi jumlah kalori yang masuk ke tubuh.

Lari bukan faktor yang akan langsung menurunkan berat badanmu. Ada berbagai aspek dan konsistensi yang diperlukan agar dietmu bisa berhasil.

Apakah olahraga malam bisa mengecilkan perut? Olahraga malam dapat membantu mengecilkan perut dengan membakar kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh. 

Namun, olahraga saja tidak cukup karena perlu diimbangi dengan pola makan yang sehat dan seimbang. Konsistensi dan disiplin dalam olahraga dan pola makan merupakan kunci dalam mengecilkan ukuran perut yang buncit.



Bahaya Lari Malam Hari | 4 Bahaya Lari Malam Hari

Harus pilih jenis lari untuk lari malam

Lari apa yang tidak bisa dilakukan malam hari? Saat lari malam, disarankan untuk lari dengan intensitas yang ringan dan santai.

Lari dengan intensitas yang tinggi saat malam hari, apalagi mendekati jam tidur akan sangat mengganggu jam tidur dan membuat rutinitas harianmu terganggu.


Bahaya olahraga malam bagi jantung

Lari malam saat tubuh sudah kelelahan setelah aktivitas tinggi akan sangat membebani jantung. Kita tidak pernah tahu kapan jantung mengalami masalah, apalagi jika secara fisik tubuh sudah terlalu lelah dari awal.

Baca juga Manfaat olahraga kardio seperti lari untuk jantung sudah terkenal. Olahraga kardio aerobik seperti lari punya efek baik meningkatkan kondisi jantung. | Manfaat kardio untuk jantung.


Keamanan yang rendah

Lari malam di Indonesia bisa jadi cukup berbahaya jika kamu lari sendirian. Agar lebih aman saat joging malam hari, pastikan kamu lari secara berkelompok dengan komunitas larimu.

Baca juga Olahraga lari sendiri punya banyak manfaat dibanding jika berlari dengan teman atau komunitas lari. Berikut manfaat dari pergi lari sendirian. | Lari sendirian.


Lalu lintas yang kacau

Kondisi lalu lintas yang kacau plus infrastruktur yang kurang memadai akan sangat beresiko untuk keselamatanmu. Sebaiknya selalu waspada dengan kendaraan dan cari rute lari yang cukup terang dengan lampu jalan.




Tips Lari Malam Hari

Pilih intensitas lari yang ringan

Lari berintensitas ringan akan membantu tubuh untuk rileks sehingga kamu bisa tidur dengan pulas. Lari dengan intensitas tinggi seperti Lari HIIT sedikit banyak akan mengganggu jam tidurmu.


Gunakan headlamp

Headlamp akan membantu kita melihat rute yang kita lewati sehingga kita bisa menghindari lubang atau rintangan apapaun di jalan.


Gunakan reflektor

Reflektor merupakan aksesoris yang bisa memantulkan cahaya dan bisa di pasang di topi, kaos, dan bahkan di sepatu lari, sehingga pakaianmu bisa terlihat karena cahaya memantul dari lampu kendaraan.


Cari rute yang terang

Lari di rute yang tidak ada lampu penerangan jalan akan cukup beresiko bagi keselamatanmu. Rute yang terang akan membuatmu lebih mudah terlihat oleh pengguna jalan lain.


Waspada dengan area sekitar

Hindari penggunaan headphone karena dapat menghalangi kemampuan untuk mendengar suara kendaraan, orang, atau binatang yang mendekat. Kita perlu selalu waspada saat joging malam hari untuk keselamatan saat berlari di malam hari.


Pilih rute yang kamu kenal dengan baik

Sebaiknya pilihlah rute yang sering dilewati orang, dengan pencahayaan yang cukup, serta banyak aktivitas ketika kamu jogging di malam hari. 


Beri tahu orang rumah saat kamu akan lari

Berikan informasi untuk anggota keluargamu kalau kamu akan lari malam. Selalu pastikan kamu bisa menghubungi keluargamu pada kondisi darurat yang mungkin terjadi.


Lari melawan arus jalan

Lari di pinggir jalan dan dengan melawan arus akan membuat kamu bisa melihat kendaraan yang menuju ke arahmu. Hindari lari mengikuti arus karena kamu tidak akan bisa melihat kendaraan yang menuju ke arahmu.



tips lari malam



Kesimpulan

Lari malam memiliki plus dan minusnya sendiri. Oleh karena itu, pikirkan lebih lanjut kelebihan dan kekurangan berlari di malam hari dan sesuaikan dengan kebutuhan tubuhmu. 

Buat rencana latihan dengan tujuan yang jelas dan terjangkau, lalu usahakan untuk tetap konsisten agar kamu mendapatkan hasil yang optimal. 

Selain itu, selalu evaluasi perkembangan larimu secara berkala dan dengarkan tubuhmu saat joging malam hari.




sumber:

running at night by healthline

benefits of night running by nighttechgear

jogging at night by drhealthbenefits



Artikel Lainnya Yang Setopik

Manfaat Olahraga Lari Berdasarkan Waktunya | Lari Pagi Siang Sore Malam | Berikut manfaat lari pagi, manfaat lari siang / sore, dan manfaat lari malam. | Manfaat lari.

Waktu Yang Bagus Untuk Jogging di Pagi, Siang, Sore, & Malam | Waktu yang bagus untuk jogging sangat bergantung pada kebutuhan setiap pelari. Berikut pilihan waktu-waktu yang bagus untuk jogging. | Waktu untuk joging.

Manfaat lari sore dengan cara lari sore yang benar penting untuk diketahui. Berikut cara lari sore yang benar beserta manfaat lari sore. | Manfaat lari sore.

12 Manfaat Yang Tubuhmu Dapatkan Karena Rutin Lari Pagi | Apa saja manfaat lari pagi? Ada 12 manfaat lari pagi yang harus kamu tau supaya kamu makin semangat untuk bangun pagi dan mulai rutin lari. | Manfaat lari pagi.

Manfaat jogging sore ada banyak sekali. Berikut beberapa hal yang perlu kita tahu saat sedang lari sore dan berbagai manfaat jogging sore. | Manfaat joging sore.



Demikian pembahasan untuk joging malam hari kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk.  

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Joging Malam Hari | Manfaat dan Tips Lari Malam"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan