Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

105 Istilah Dalam Lari | Kamus Lengkap Istilah Dalam Olahraga Lari

Istilah Dalam Lari 

istilah  olahraga lari







Istilah dalam lari ada banyak sekali. Ada istilah-istilah teknis dan butuh penjelasan lebih lanjut. Ada pula istilah-istilah remeh dan tidak perlu kamu dalami.

Pada postingan kali ini, kita akan membahas berbagai macam istilah yang akan kamu temui sebagai pelari.



Istilah Dalam Lari

Aid Station

Di hampir semua event lari, terutama di event half marathon ke atas, ada penempatan sebuah meja di sepanjang jalur balapan (race course) yang berisi air, minuman olahraga, dan kadang-kadang buah-buahan atau makanan ringan lainnya. 

Tujuan dari meja tersebut adalah untuk memberikan kesempatan kepada peserta lomba lari untuk mengisi ulang energi selama balapan. Kita bisa berhentidi sini untuk minum atau sekedar lewat saja sambil meraih gelas air yang disodorkan oleh petugasnya.



Aqua Jogging

Istilah Aqua jogging juga biasa dikenal sebagai "pool running" atau "deep water running". Dalam latihan ini, kita diharuskan untuk berlari di dalam kolam renang atau perairan dalam dengan menggunakan alat bantu untuk menjaga tubuh mengapung dan kaki tidak menyentuh dasar. 

Pool running ini cocok bagi pelari yang ingin berlatih tanpa memberikan beban yang berat pada sendi dan otot. Biasanya dilakukan oleh orang yang sedang recovery dari cedera.


Baca juga Manfaat & Tips Aman Lari di Pasir Pantai | Lari di pantai bisa kita lakukan sesekali untuk melatih kecepatan dan recovery setelah cedera. Berikut beberapa manfaat dan tips dari lari di pantai. | Lari di pantai.



Anaerobic Threshold

Anaerobic treshold pada dasarnya adalah titik rasa lelahmu. Anaerobik treshold merupakan kondisi dimana latihan lari akan terasa lebih sulit karena sudah terjadi penumpukan asam laktat di dalam otot dan darah. 

Ambang anaerobik ini bisa dianggap sebagai titik ketika lari yang sebelumnya terasa nyaman dan mudah, menjadi sulit untuk dilakukan karena tubuh beralih dari sistem aerobik ke sistem anaerobik.



Bandit

Istilah dalam lari selanjutnya adalah Bandit. Istilah bandit adalah sebutan untuk orang yang berlari dalam suatu lomba tanpa mendaftar terlebih dahulu. Biasanya, mereka ikut lomba dengan mencuri tempat dari peserta resmi. 



Barefoot Runners  

Barefoot runners adalah sebutan untuk pelari yang berlari tanpa sepatu. Lari tanpa menggunakan sepatu dikatakan memiliki berbagai manfaat. Namun, sebaiknya coba sendiri terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk serius berlari tanpa sepatu.



Base Mileage

Base mileage merupakan jarak rata-rata dari total jarak lari kita setiap minggu. Kita perlu informasi tentang total jarak lari sebelum memulai latihan lari yang  intensif. 

Dengan mengetahui rata-rata jarak yang sudah ditempuh setiap minggunya, kita dapat merencanakan program latihan yang sesuai dengan kemampuan fisik kita.



Base Layer

Base layer atau manset untuk pelari adalah pakaian lapisan pertama yang dikenakan di bawah pakaian utama saat berlari. Tujuannya adalah untuk menjaga tubuh tetap kering dan nyaman dengan mengatur kelembapan dan suhu tubuh. 

Selain itu, base layer juga melindungi kulit dari sinar matahari. Kamu bisa mendapatkan base layer untuk melindungi kulitmu saat berlari di sini.



Bib

"Bib Number" adalah nomor dada yang dipakai oleh peserta lomba lari. Nomor bib ini biasanya diberikan saat kita mendaftar, dan digunakan sebagai identifikasi peserta lomba lari.

Nomor dada ini biasanya diikat di bagian depan pakaian peserta menggunakan pin agar mudah terlihat. Selain itu, Bib juga berguna untuk membantu panitia dalam pencatatan waktu.

Selain itu, Bib ini juga biasanya menjadi kenang-kenangan dari event lari yang kita ikuti, selain tentu saja medali.



Black Toenails         

Salah satu masalah umum yang dialami oleh para pelari, adalah kuku kaki yang menghitam. Penyebab utamanya adalah pemakaian sepatu yang tidak pas dan terlalu kekecilan sehingga kuku banyak bergesekan dengan kaos kaki dan bagian dalam sepatu.

Baca juga Kuku kaki hitam termasuk hal yang umum dialami oleh pelari. Pelajari apa saja solusi yang bisa dilakukan untuk masalah kuku kaki hitam berikut. | Black toenail.



Bonk Running

Bonk running adalah kondisi dimana tubuh mencapai batas pasokan glikogen, yang merupakan bahan bakar utama di tubuh selain lemak. Nah, ketika glikogen habis, tubuh kita akan mulai menggunakan lemak sebagai sumber energi. 

Bagi pelari kompetitif, kondisi ini adalah masalah yang besar karena tubuh mereka biasanya memiliki sedikit lemak sebagai sumber energi cadangan. Walaupun memang kondisi ini menguntungkan bagi pelari yang berlari untuk menurunkan berat badan.



BPM

BPM (Beats Per Minute) adalah istilah dalam liri yang merujuk pada detak jantung per menit. Sebagian besar pelari memiliki target BPM yang ingin mereka capai selama latihan. 

Cara menentukan BPM adalah dengan mencari denyut nadi pada leher atau pergelangan tangan, dan menghitung berapa kali denyut itu terjadi dalam satu menit.



BQ

"BQ" merupakan kependekan dari "Boston Qualifier". Istilah ini disematkan pada pelari yang telah memenuhi syarat atau berhasil lolos untuk mengikuti event lari bergengsi di dunia, Boston Marathon. 

Untuk mencapai status "Boston Qualifier," kita harus mencapai waktu kualifikasi yang berbeda-beda berdasarkan usia dan jenis kelamin. 

Pelari pria harus berlari dalam rentang waktu 3 jam 5 menit hingga 4 jam 55 menit, sedangkan wanita harus berlari dalam rentang waktu 3 jam 35 menit hingga 5 jam 25 menit. 



Breath Control

Sebagai pelari, kita perlu memiliki teknik untuk pernapasan saat berlari alias breath control. Namun, kita perlu menghabiskan waktu untuk melatih teknik pernapasan yang khusus dipakai saat lari.



Bucket List   

Setiap pelari mungkin memiliki keinginan yang ingin mereka capai. Misalnya ingin ikut event lari tertentu, atau ingin bisa lari dengan pace dan jarak tertentu. Keinginan inilah yang disebut sebagai bucket list.



C25K

Istilah dalam lari selanjutnya adalah "Couch to 5k" atau C25K. Istilah ini merupakan sebuah program pelatihan yang sangat populer karena bisa membantu orang yang sebelumnya tidak pernah lari, menjadi siap untuk mengikuti lomba 5 kilometer (5k).

Baca juga 11 Tips dan Program Latihan Lari 5km Untuk Pemula | Lari 5km.



Cadence

Cadence merupakan istilah untuk menentukan jumlah langkah kaki per menit saat berlari. Walaupun setiap pelari bebas mencari cadence yang ideal untuk mereka sendiri, namun cadence yang dianggap ideal dalam lari berada pada rentang 170-180 langkah per menit.

Cadence dalam lari juga sering disebut sebagai "ritme lari", "turnover", atau "step rate." Mengatur cadence dan stride yang tepat dalam lari sangat penting untuk meningkatkan efisiensi gerakan, mengurangi risiko cedera, dan meningkatkan kecepatan. 



Carb Loading

Carb loading merupakan istilah dalam lari dimana kita perlu memakan banyak karbohidrat setidaknya 1 hari sebelum lomba lari seperti lari maraton.

Tujuan dari Carb Loading adalah untuk memaksimalkan cadangan glikogen dalam tubuh sambil mengurangi tingkat latihan fisik, untuk memastikan mereka memiliki cadangan glikogen yang cukup untuk race day nanti.


Baca juga Makan Sebelum Lari Pagi, Sore, Malam | Makanan sebelum lari bisa dibedakan menjadi makan sebelum lari pagi, sore, dan malam. Berikut hal yang perlu kamu tahu tentang makanan sebelum lari. | Makanan sebelum lari.



Chafing

Saat berlari, kulit kita akan mengalami banyak sekali gesekan yang menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan saat berlari. Bahkan sampai muncul iritasi yang perih dan membuat iritasi. Inilah yang disebut sebagai chafing.

Chafing terjadi ketika keringat dan kain menggosok kulit, terutama di bagian dalam paha dan area puting di dada. Untuk mencegah chafing, kita bisa menggunakan Vaseline di area yang rawan terkena gesekan.

Jika kamu perlu krim pencegah chafing sehingga kamu bisa lari dengan lebih nyaman, kamu bisa beli di sini.



Clock Time

"Clock time" adalah waktu yang diukur dari saat pistol start ditembakkan, hingga pelari melewati garis finish. Namun, "clock time" tidak memperhitungkan waktu saat peserta melewati garis start resmi karena antrian di garis start, yang dapat menyebabkan penundaan beberapa detik hingga menit. 



Chip Time

Berbanding terbalik dengan clock time tadi, "chip time" merupakan waktu sebenarnya yang dihabiskan peserta lomba lari dari garis start hingga garis finish.

Ketika pelari melewati garis start, waktu mereka secara otomatis diukur oleh chip waktu elektronik yang terpasang di nomor dada peserta. Chip ini akan terus merekam sampai sang pelari melewati garis finish. Oleh karena itu, chip time ini lebih akurat dan adil untuk menilai performa peserta lomba lari. 



Compression Socks

Kaus kaki kompresi dirancang untuk mengompresi area di sekitar kaki untuk menjaga aliran darah dan mencegah kelelahan maupun pembengkakan selama lari. 

Selain itu, compression socks juga diyakini bisa meredakan ketegangan otot dan mencegah kram. Meskipun manfaatnya belum sepenuhnya dibuktikan secara ilmiah.

Jika kamu butuh kaus kaki kompresi yang nyaman dan akan sangat membantu sesi larimu, kamu bisa beli di sini.



Cool Down  

Cool down atau pendinginan setelah olahraga akan mengembalikan tekanan darah dan detak jantung ke kondisi normal. "Cool Down" itu sendiri biasanya terdiri dari jalan kaki, stretching, dan benapas dengan dalam serta perlahan.

Baca juga Alasan kenapa tidak boleh langsung duduk setelah lari adalah agar tubuh bisa melewati proses pendinginan dan mengirimkan darah kembali ke jantung. | Jangan langsung duduk habis lari.



Corral

Saat kita mengikuti sebuah lomba lari, kita biasanya akan dikelompokkan dalam beberapa bagian-bagian di belakang garis start. Pengelompokan ini biasanya disebut sebagai "corrals" dan kita disesuaikan dengan kecepatan lari kita.

Peserta dengan perkiraan waktu selesai yang lebih cepat ditempatkan di bagian depan, sedangkan peserta dengan perkiraan waktu selesai yang lebih lambat ditempatkan di bagian belakang.



CR      

"Course Record" atau CR dalam lomba lari adalah waktu tercepat yang pernah dicapai oleh seorang pelari dalam lomba pada suatu lintasan atau rute tertentu. Intinya, course record itu adalah catatan sejarah waktu tercepat dari suatu lomba lari.

Setiap lomba lari memiliki CR untuk setiap jarak atau rute yang berbeda. Jika kita bisa lari lebih cepat dari CR, maka ini merupakan prestasi luar biasa, dan catatan waktu lari kita diakui secara resmi oleh penyelenggara lomba untuk digunakan sebagai acuan dalam mengukur performa peserta lomba di masa depan.



Cross-Training        

Cross-Training adalah istilah dalam lari dimana kita melakukan olahraga fisik di luar lari. Cross training ini bertujuan untuk menguatkan area tubuh yang mungkin tidak terlatih saat kita berlari. 



DFL    

DFL atau dead f***ing last adalah sebutan untuk peserta terakhir yang menyelesaikan perlombaan, artinya pelari yang finish paling terakhir dalam sebuah event lari. 

Bagi banyak pelari di luar negeri, gelar "DFL" adalah prestasi yang menunjukkan tekad dan semangat tak kenal menyerah, sehingga walaupun finish terakhir, mereka tetap bangga dengan hal tersebut.



DNF

"Did Not Finish" DNF adalah sebutan untuk orang yang gagal menyelesaikan lomba lari. DNF bukanlah tanda kegagalan, tetapi bagian dari proses pembelajaran sebagai seorang pelari.

Yang terpenting adalah kita belajar dari pengalaman tersebut untuk tumbuh dan berkembang sebagai pelari yang lebih baik di masa depan.



DNS

Apa itu DNS dalam lari? Did not start adalah sebutan untuk pelari yang tidak mampu untuk berlari pada hari perlombaan (race day) meskipun telah mendaftar dan melakukan persiapan penuh. Intinya, DNS itu terjadi ketika kita tidak jadi ikut lomba lari di hari H perlombaan.

Baca juga Lomba lari 5km apalagi saat race day membutuhkan persiapan. Berikut hal-hal apa saja yang perlu kita persiapkan untuk lomba lari 5km. | Persiapan race day 5k.



DOMS

DOMS (Delayed Onset Muscle Soreness) adalah rasa sakit otot yang muncul karena olahraga. Rasa sakit ini biasanya muncul secara tertunda, misalnya ketika bangun pagi setelah kemarin olahraga. Hal ini normal terjadi dan merupakan bagian dari proses pemulihan tubuh setelah berlari.

Baca juga Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS) | Badan sakit setelah olahraga disebabkan oleh DOMS, dan membuat rasa sakit dan pegal muncul saat bangun tidur keesokan harinya.| Doms.



Drafting

Saat mengikuti sebuah lomba lari, ada teknik bernama drafting dimana kita secara sengaja berlari di belakang pelari lain untuk melindungi diri kita sendiri dari angin. 

Teknik ini merupakan teknik aerodinamik untuk mempermudah pergerakan tubuh kita. Saat drafting, pelari di depan kita berfungsi sebagai pembelah aliran udara sehingga kita bisa menghemat sedikit energi saat berlari.



Dreadmill

Istilah dreadmill muncul ketika seorang pelari harus berlari dengan treadmill walaupun mereka sebenarnya tidak ingin lari dengan mesin tersebut.

Walaupun lari di treadmill memiliki manfaat yang besar untuk pelari, terkadang ada saja pelari yang membenci lari di treadmill.



Drop the Hammer / Kick

Seorang pelari harus tahu kapan memberikan seluruh tenaga alias "drop the hammer" (ada juga yang menyebubnya "kick") saat berlari.

Istilah dalam lari ini maksudnya adalah kita berlari dengan kecepatan penuh di menit-menit terakhir sebuah race. Drop the hammer ini menjadi semacam usaha penghabisan, ketika tubuh kita sudah sangat lelah mendekati garis finish.



Dynamic Stretching

Dynamic stretching atau peregangan/pemanasan dinamis biasanya dilakukan sebagai pemanasan sebelum berlari. 

Peregangan dinamis biasanya berupa gerakan seperti lunge, side lunge, dan high knees. Metode ini dianggap lebih efektif dalam memanaskan otot dan persiapan tubuh sebelum berlari. 



Easy Run      

Lari easy atau easy run merupakan lari yang dilakukan dengan kecepatan (pace) yang nyaman sehingga bisa kita pertahankan sejauh mungkin. 

Lari santai ini sering dilakukan untuk recovery dan memberikan waktu istirahat bagi tubuh setelah latihan yang lebih intensif.



Elite   

Pelari elit adalah pelari yang mampu berlari sekitar 160 kilometer atau lebih, dalam waktu seminggu. Pelari-pelari ini biasanya sudah dikenal luas oleh berbagai komunitas lari dan memiliki sponsor sepatu lari.

Mereka juga rutin mengikuti berbagai event lari dan menjadi panutan bagi banyak pelari.



Endurance   

Endurance atau daya tahan merupakan istilah dalam lari untuk mengacu pada kemampuan tubuh bertahan dari rasa lelah. 

Orang dengan tingkat endurance yang baik, biasanya mampu untuk bertahan dari rasa lelah tanpa mengalami penurunan performa secara signifikan.



Even Splits

Split dalam dunia lari merupakan sub jarak dari suatu jarak keseluruhan. Misalnya, kamu akan lari dengan jarak 10km. Lalu jarak 10 km itu kamu bagi menjadi 5 bagian dengan setiap bagian adalah sejauh 2km.

Nah, jarak 2km ini adalah sub jarak alias split-nya.

Even splits adalah metode dimana kita berlari dengan kecepatan yang merata di setiap splits.

Lari dengan split seperti ini akan sangat membantu kita merencanakan strategi lari dan mencapai performa yang konsisten serta efektif.



Fartlek

Fartlek adalah istilah dalam bahasa Swedia yang berarti "permainan kecepatan." Fartlek adalah jenis lari di mana pelari menambahkan sprint singkat dengan kecepatan bervariasi ke dalam lari rutin mereka. 

Fartlek merupakan salah satu lari berintensitas tinggi alias HIIT dan sebaiknya rutin dilakukan setidaknya 1 kali seminggu.



Foam Roller

Foam roller merupakan alat untuk membantu meningkatkan aliran darah, fleksibilitas, dan mempercepat pemulihan setelah berlari. Foam roller pada dasarnya adalah cara kita untuk memijat area tubuh agar otot-otot yang tegang atau lelah setelah berlari bisa rileks.

Jika kamu tertarik, kamu bisa beli foam roller untuk membantu kamu mencegah pegal dan sakit setelah lari di sini.



FOMO

Fear of Missing Out alias FOMO merupakan kondisi psikologis ketika kita merasa takut kalau kita ketinggalan suatu hal yang sedang trend atau hype. Walaupun memang istilah dalam lari ini sebenarnya bukan khusus berasal dari olahraga lari. 

Banyak pelari pemula yang menjadi pelari karena melihat lingkaran pertemanan mereka mulai suka berlari, dan memposting aktivitas lari di sosial media.



Foot Strike

Foot strike merupakan istilah saat kaki mendarat di tanah saat berlari. Idealnya, kita harus mendaratkan kaki kita pada bagian tengah telapak kaki. 

Foot strike untuk setiap pelari itu berbeda-beda tergantung preferensi, gaya lari, dan bentuk kaki mereka. Ada yang senang mendarat dengan bagian tengah telapak kaki, dan ada pula yang senang mendarat dengan bagian tumit.

Oleh karena itu, setiap pelari disarankan untuk mencari sendiri cara mendaratkan kaki yang paling sesuai dengan mereka.

Baca juga Langkah kaki saat berlari perlu diatur agar performa lari meningkat dan kita bebas dari cedera. | Berikut yang perlu pelari tahu tentang langkah kaki dan pendaratan kaki saat lari.



Form

Sederhananya, Form adalah istilah dalam lari yang merujuk pada postur tubuh saat berlari. Form lari yang tepat sifatnya relatif dan tergantung oleh tipe tubuh masing-masing pelari.

Namun, secara garis besar, form saat lari yang baik adalah jika mata menghadap ke depan, bahu rileks, tulang belakang tegak, dan lengan berada pada sudut 90 derajat sambil mengayun ke depan-belakang.



Front Runner

Istilah ini merujuk pada pelari yang berada di jajaran depan saat race berlangsung. Walaupun memang, menjadi Front Runner bukan jaminan kalau kamu akan memenangi race tersebut. 

Banyak pelari lebih memilih untuk drafting dan drop the hammer di kilometer terakhir, daripada memimpin perlombaan sejak awal race.



Fuel

Fuel merupakan istilah untuk makanan atau minuman untuk energi kita saat berlari. Jenis bahan bakar atau fuel yang paling efektif berbeda-beda untuk setiap pelari. 

Jika kamu butuh fuel atau energy bar yang bisa kamu makan saat lari sehingga energimu tetap cukup sampai garis finish, kamu bisa beli di sini.



Fuel Belt / Running Belt

Fuel Belt atau running belt merupakan atau sabuk lari yang dirancang khusus untuk membawa fuel, air, dan berbagai macam hal selama lari jarak jauh. Sabuk ini biasanya memiliki ukuran yang cukup besar untuk menampung makanan, gel energi, handphone, dan berbagai perlengkapan lain yang kita perlukan.

Jika kamu membutuhkan fuel belt atau rinning belt untuk membawa barang-barangmu saat lari, kamu bisa langsung beli di sini.



Gels Energy

Gel energy atau energi gel merupakan produk nutrisi olahraga kaya karbohidrat dan dibutuhkan oleh pelari saat lari intens dan berjarak jauh. 

Energy gel ini berguna mengisi ulang  glikogen dalam otot dan mencegah kehabisan energi atau "bonking". 

Jika kamu tidak mau kehilangan energi saat berlari, kamu bisa membeli energy gel di sini.



Glycogen

Glycogen atau glikogen adalah bentuk zat karbohidrat yang disimpan oleh tubuh, dan digunakan sebagai sumber utama bahan bakar saat berlari dengan intensitas tinggi. 

Intinya, glikogen merupakan sumber energi utama tubuh saat berlari. Begitu glikogen habis, maka tubuh memindahkan sumber energi dari glikogen ke lemak.



Half Marathon

Half marathon adalah lomba lari jarak jauh seperti maraton, tetapi hanya setengah dari panjang maraton. Jika jarak lari marathon adalah 42,2 kilometer, maka setengah maraton memiliki panjang jarak sekitar 21.1 kilometer. 



Hill Sprints   

Hill Sprints merupakan lari cepat di jalur yang menanjak seperti jalan aspal menanjak, tangga dengan puluhan anak tangga, bukit, atau gunung. Lari seperti ini cocok untuk meningkatkan daya tahan, membakar lemak, dan membangun otot.

Baca juga Manfaat Latihan Lari ke Tempat Yang Tinggi Seperti di Tanjakan, Bukit, & Gunung | Manfaat lari di tanjakan ada banyak seperti melatih otot, pace, cadence, & minim resiko cedera. Berikut cara lari di tanjakan untuk pelari indonesia. | Lari menanjak.



Hitting the Wall

Hitting the wall merupakan kondisi dimana pelari mengalami kelelahan fisik yang signifikan karena kehabisan glikogen dalam tubuh. Hal ini menyebabkan pelari merasa sangat lelah, tubuh terasa berat, dan sulit bernapas. 

Kelelahan ekstrim di tengah-tengah lari seperti ini kemudian mempengaruhi aspek mental, sehingga membuat pelari kesulitan untuk fokus menyelesaikan lomba.

Ketika ini terjadi, banyak pelari yang menyerah dan DNF karena mereka merasa tidak ada gunanya untuk terus lanjut berlari.

Baca juga Latihan mental untuk lari marathon bisa kita latih dengan beberapa strategi. Berikut cara latihan mental untuk lari marathon. | Latihan mental untuk pelari.



Hypoxia

Hypoksia merupakan kondisi saat tubuh kita tidak memiliki cukup oksigen untuk menjaga keseimbangan kinerja tubuh. Ini terjadi ketika paru-paru tidak dapat menyediakan cukup oksigen untuk dipakai tubuh berlari.

Pelari pemula biasanya menjadi yang paling sering mengalami hal ini. Mereka biasanya berlari terlalu intens melebihi kemampuan tubuh sehingga kadar oksigen di dalam tubuh berkurang drastis.



Interval Training

Latihan interval merupakan latihan berintensitas tinggi yang sering dilakukan untuk meningkatkan pace lari. Latihan seperti ini merupakan bentuk latihan yang paling populer diantara latihan High Intensity Interval Training lainnya.



Ironman Triathlon

Ironman Triathlon merupakan level selanjutnya dari kompetisi intens untuk seorang pelari. Kompetisi ini biasanya terdiri dari renang sejauh 6,4km, bersepeda sejauh 196km, dan lari sejauh 35km.

Ironman merupakan kompetisi yang sangat berat dan hanya boleh diikuti oleh para peserta yang telah menjalani persiapan latihan yang serius.



ITB Syndrome

Sindrom ITB merupakan cedera yang terjadi pada jaringan ikat dari pinggul sampai lutut.

Cedera ini dapat terjadi jika seseorang berlatih terlalu keras, tidak melakukan peregangan, dan kurang melatih otot pinggul yang lemah.



Junk Miles

Junk miles atau junk kilometers adalah istilah dalam lari dimana kita menambah jarak lari sembarangan dan hanya berdasarkan keinginan.

Junk miles ini membuat kita melenceng dari rencana latihan dan menambahkan tekanan pada tubuh. Semua ini membuat tubuh kita menjadi rentan terhadap cedera.

Baca juga Cara Menghindari Junk Run | Junk run adalah olahraga/latihan lari yang dilakukan secara berlebihan, melebihi yang dibutuhkan tubuh mereka. | Junk run.



LSD

"LSD" merupakan singkatan dari "Long, Slow Distance run" atau lari pelan jarak jauh, yang merujuk pada latihan lari jarak jauh yang berlangsung selama 2-3 jam.

Lari pelan dengan jarak yang jauh ini bertujuan untuk membangun daya tahan dan kekuatan kita saat lari maraton.

Baca juga 10 Manfaat Long Run | Manfaat Lari Jarak Jauh Untuk Seorang Pelari | Manfaat long run.



Marathon

Lari marathon atau full marathon adalah lari jarak jauh yang dilakukan dengan jarak 42,2km. Persiapan untuk lari maraton bisa memakan waktu berbulan-bulan, dan pastinya bukan untuk pelari pemula.

Baca juga Jadwal Latihan Lari Marathon Selama 20 Minggu Untuk Pelari Maraton Pemula | Lari maraton.



Maximalist Shoes

Sepatu lari maximal merupakan sepatu dengan sol yang memiliki bantalan yang signifikan untuk menyerap impak saat berlari. Hoka One One adalah salah satu produsen sepatu yang terkenal dengan jenis sepatu lari Maximalist ini.

Baca juga 9 Sepatu Lari Hoka Terbaik Tahun ini! | Sepatu Hoka merupakan sepatu lari yang bagus. Ayo cek sepatu Hoka terbaik di sini! | Sepatu lari Hoka.



Minimalist Shoes

Minimalist Shoes merupakan kebalikan dari sepatu maximalist.  Sepatu ringan ini dirancang agar kita mampu berlari dengan langkah kaki yang natural. Sepatu minimalist juga memiliki lebih sedikit bantalan yang melindungi kaki dari impak dengan tanah. 

Baca juga Macam-macam Jenis Sepatu Lari | Daftar 10 macam-macam jenis sepatu lari beserta rekomendasi macam macam jenis sepatu lari. | Jenis-jenis sepatu lari.



Moisture-Wicking Clothing

Moisture-wicking clothing merupakan bahan kain non-katun yang mampu menarik keringat dan menguapkan keringat tersebut. Bahan pakaian ini akan mencegah pakaian menjadi basah kuyup karena keringat sehingga tubuh tetap kering dan nyaman selama berlari.

Jika kamu butuh kaos lari dengan fitur canggih ini, kamu bisa beli di sini.



Negative Splits

Negative splits adalah istilah dalam lari dimana kita berlari dengan kecepatan yang lebih lambat di paruh pertama jarak lari kita.

Misalnya, kamu akan lari sejauh 10km. Maka, di 5km pertama, kita lari lebih lambat dibanding saat 5km ke dua.

Tujuan dari Negative Splits adalah untuk menghemat energi saat sedang mengikuti lomba lari.



Newbie

Istilah "newbie" merupakan seseorang yang baru mengenal olahraga lari atau baru mulai rutin berlari. 

Baca juga Olahraga lari semakin banyak peminatnya. Kalau kamu pelari pemula, berikut pedoman olahraga lari yang perlu kamu ketahui. | Pedoman lengkap sebelum jadi pelari.



NR

NR atau national record/rekor nasional, adalah catatan waktu tercepat untuk berbagai jenis lari dalam satu negara. Indonesia pun seharusnya punya catatan rekor nasional seperti ini.

Baca juga Standar Waktu Finish Lari 5k | Rekor lari 5 km terus berhasil dipecahkan sepanjang sejarah. Berikut standar waktu finish lari 5k dan rekor lari 5 km. | Rekor lari 5k.



Out and Back

Sebutan atau istilah out and back adalah saat kamu berlari ke satu titik tertentu, lalu setelah sampai di titik tersebut, kamu berlari ke titik awal.



Overpronation

Overpronation merupakan istilah ketika kaki lebih dominan mendarat dengan bagian luar tumit saat berlari. Overpronasi akan mengakibatkan tekanan berlebih pada jari dan engkel sehingga membuat kaki lebih rentan terhadap cedera.



Overtraining

Overtraining merupakan istilah untuk latihan berlebihan. Masalah ini dapat menyebabkan cedera dan nyeri otot yang berkepanjangan.



Pace

Pace merupakan istilah dalam lari untuk menentukan kecepatan kita saat berlari. Pace biasanya dihitung dengan waktu yang kita habiskan untuk lari 1km.

Misalnya, ketika ada yang bilang "saya lari dengan pace 5". Itu berarti dia menghabiskan waktu 5 menit untuk lari 1km.



Pacer

Apa itu Pacer dalam lari? Pacer, atau Pacemaker, adalah pelari yang ditunjuk oleh panitia lomba, untuk membantu peserta lomba mencapai target waktu atau kecepatan tertentu. 

Tugas utama seorang pacer adalah menjadi panduan pace untuk peserta lomba lari. Kita bisa mengikuti kecepatan lari dari pacer agar kecepatan lari kita konsisten saat mengikuti sebuah event lari.



PB

Apa itu PB dalam running? PB merupakan singkatan dari "Personal Best", atau pencapaian terbaik pribadi seorang pelari. Setiap jenis perlombaan dan rute berlari memiliki PB yang berbeda. 

Istilah "PB" sering digunakan di Inggris. Kanada dan di Indonesia. Sementara di Amerika Serikat istilah yang dipakai adalah "PR" (Personal Record).



Pickups / Surge

"Pickups" atau "Surge" adalah kondisi saat kamu memaksa tubuh untuk mempercepat lari ketika tubuhmu sudah lelah. Hal ini bertujuan untuk memberikan tantangan fisik dan juga untuk menguji mental saat lari. 

Ini biasanya dilakukan saat kamu sedang latihan menjelang lomba lari seperti half marathon dan full marathon.



Point-to-Point

Kebalikan dari out and back dimana kita berlari tanpa kembali ke titik awal.



Quad Buster

Quad buster adalah bentuk latihan dimana kita lari menuruni bukit dengan durasi yang lama. Latihan ini akan melatih paha depan dan juga otot bokong sehingga lebih kuat saat dibawa berlari.



Rabbit

Rabbit di dalam dunia lari ada 2 makna. Pertama, rabbit itu adalah pelari yang memimpin pelari elit di depan peserta lainnya dalam perlombaan.

Kedua, "rabbit" juga merujuk pada pelari yang memulai lomba dengan kecepatan tinggi, tetapi mereka malah kehabisan energi dengan cepat. Biasanya rabbit yang ini adalah pelari pemula yang terlalu bersemangat saat mengikuti sebuah event lari.



Recovery Run

Recovery Run atau lari untuk pemulihan tubuh biasanya dilakukan dengan kecepatan dan jarak yang lebih ringan.

Recovery Run membantu dalam pemulihan fisik setelah kamu berolahraga dengan intensitas tinggi atau baru saja selesai mengikuti perlombaan besar seperti lari marathon.



Rest Days

Rest days atau hari untuk istirahat sama pentingnya dengan latihan yang kamu lakukan.

Rest days akan membantu mencegah cedera, oleh karena itu coba sisipkan 1-2 hari perminggu yang fokus kamu gunakan untuk istirahat tanpa olahraga apapun.

Baca juga Manfaat Istirahat dan Berhenti Sejenak Dari Olahraga Lari | Istirahat.



Road Race

Road Race adalah lomba lari yang diadakan di jalan raya yang sebenarnya. Banyak event lari besar di dalam dan luar negri merupakan road race.

Jalan raya beraspal yang menjadi rute lomba ini biasanya ditutup untuk lalu lintas kendaraan, sehingga peserta lomba tidak perlu khawatir dengan kendaraan bermotor.



Roadkill

Roadkill merupakan istilah lain untuk pelari yang DNF alias gagal finish. Penyebab gagal finish ini bervariasi antara lain karena cedera atau karena memang sudah tidak kuat lagi.



Runcation

Lari sambil liburan, atau liburan sambil lari. Kamu perlu membawa juga sepatu lari ke tempat liburan agar bisa runcation.



Runner’s High

Rasa senang, euforia, atau kebahagiaan yang intens di saat dan setelah berlari. Perasaan senang luar biasa ini bisa jadi dipicu oleh pelepasan endorfin, senyawa di otak yang menimbulkan rasa senang.



Runner’s Knee

Runner's knee merupakan cedera ketika seseorang merasakan nyeri di atau sekitar tulang lutut, terutama di bagian yang terhubung dengan bagian bawah femur (tulang paha).



Running Hat

Topi lari memiliki sifat penyerap kelembaban dan sangat ringan sehingga tidak menambah berat tambahan. Selain itu, topi lari juga berguna untuk mencegah keringat mengalir turun ke matamu.

Jika kamu tertarik dengan topi lari, kamu bisa membeli topi untuk lari di sini.



Running Splits

Split dalam dunia lari merupakan sub jarak dari suatu jarak keseluruhan. Misalnya, kamu akan lari dengan jarak 10km. Lalu jarak 10 km itu kamu bagi menjadi 5 bagian dengan setiap bagian adalah sejauh 2km.

Nah, jarak 2km ini adalah sub jarak alias running split-nya.



Running Sunglasses

Kacamata lari adalah kacamata yang didesain untuk aktivitas olahraga outdoor. Kacamata seperti ini biasanya berlensa khusus anti sinar UV untuk mencegah paparan sinar berlebihan saat lari di luar ruangan.

Kamu bisa mendapatkan kacamata keren untuk lari di sini.



Sandbagger

Istilah dalam lari ini adalah seseorang yang berbohong tentang kemampuan lari mereka yang sebenarnya. 

Orang-orang yang sandbagging sengaja mengatakan pada pelari lain bahwa mereka tidak siap untuk mengikuti perlombaan. Padahal mereka sudah latihan dan mempersiapkan diri dengan baik.



Shin Splints

Shin splints atau nyeri pada tulang kering adalah cedera lari yang umum terjadi. Satu-satunya penanganan yang dapat dilakukan adalah dengan kompres es dan istirahat.



Singletrack Trail

Jalur lintas alam (trails) bisa berupa satu jalur yang begitu sempit sehingga hanya cukup untuk dilewati oleh satu orang pelari. 

Pada jenis jalur SingleTrack ini, salah satu pelari harus  mengalah untuk memberi jalan kepada pelari yang berpapasan.



Speedwork

Speedwork adalah istilah dalam lari yang mencakup berbagai macam latihan lari cepat seperti interval, sprint, tempo, pickups, dan lari di tanjakan (hill sprints).



Static Stretching

Static Stretching atau pemanasan statis adalah pemanasan yang meregangkan kelompok otot besar hingga batas maksimum dan kemudian menahan posisi tersebut. 

Apakah kamu masih ingat pemanasan yang dicontohkan oleh guru olahragamu saat sekolah dulu? Kebanyakan pemanasan yang mereka lakukan adalah static stretching.



Streaker

Ini adalah istilah dalam olahraga lari dimana seorang pelari terus berlari setiap hari. Streak ini biasanya bertahan sampai 1-2 minggu, sampai mereka bosan atau ada cedera yang muncul.



Strength Training

Stregth training adalah latihan kekuatan otot untuk meningkatkan kemampuan otot untuk lari dan bertahan dari cedera.

Kamu boleh berlari sesuka hati, tetapi pastikan kamu meluangkan setidaknya 1 hari seminggu untuk fokus strength training seperti plank, lunges, squat, dan angkat beban.



Stride

Stride bisa berarti 2 hal, pertama, stride adalah panjang langkah kaki saat berlari. 

Lalu yang kedua adalah stride run yang merupakan lari sprint di kilometer terakhir lari jarak jauh.

Untuk belajar lebih jauh tentang stride, kamu bisa baca beberapa artikel berikut.

Panjang Langkah Kaki Saat Berlari | Stride / panjang langkah kaki saat berlari merupakan salah satu faktor yang menentukan kecepatan lari. Pelajari lebih lanjut di sini tentang stride. | Stride length.

Manfaat Stride Run Setelah Lari | Stride run adalah lari yang cepat dengan menaikkan kecepatan secara bertahap. Berikut manfaat dan langkah-langkah run stride / stride run untukmu. | Stride run.



SWAG

SWAG merupakan istilah dalam lari yang bearti Stuff We All Get atau barang-barang yang kita dapatkan. Kebanyakan event lomba lari biasanya memberikan semacam cindera mata untuk peserta lomba. Medali dan bib bisa kita kategorikan ke dalam SWAG ini.



Taper

Tapering pada dasarnya adalah situasi dimana kita mengurangi intensitas latihan beberapa minggu menjelang hari balapan atau race day. Setelah latihan yang intens selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan, kita perlu menurunkan intensitas latihan beberapa minggu sebelum hari perlombaan.



Tempo

Tempo Run adalah jenis latihan kecepatan di mana kita berlari dengan kecepatan lari yang tidak terlalu susah tapi juga tidak terlalu mudah. Tujuannya adalah berlari mendekati batas rasa lelah dan melatih daya tahan mental secara keseluruhan. 



Threshold Run

Threshold Runs adalah jenis latihan lari yang lebih pendek dari "Tempo Runs," tetapi kita harus berlari dengan jauh lebih cepat. 



Trail Run

Trail Running adalah lari di jalur atau rute yang melewati alam bebas, bukan di jalan raya atau treadmill. Trail run juga membutuhkan sepatu lari yang khusus didesain untuk lari di alam bebas.



Treadmill Run

Lari treadmill adalah istilah dalam lari dimana kita berlari dengan mesin treadmill. Lari seperti ini biasanya dibutuhkan sebagai lari setelah pulih dari cedera atau untuk pemula yang tidak percaya diri lari di luar.



Triathlon

Triathlon merupakan gabungan dari 3 jenis olahraga seperti bersepeda, berenang, dan berlari. Ada beberapa jenis format Triathlon yang berbeda, namun Triathlon untuk Olimpiade biasanya tersusun dari adalah 1,5 km berenang, 40 km bersepeda, dan 10 km berlari.



Triathlete

Triathlete adalah orang yang mengikuti event Triathlon.



Ultramarathon

Ultramarathon adalah jenis perlombaan lari yang lebih panjang dari maraton, (jaraknya 50 kilometer atau lebih).



Ultramarathoner

Ultramarathoner adalah orang yang berlari dengan jarak di atas marathon. Mulai dari 42, 50, bahkan sampai 100km.



VO2 Max

VO2 Max adalah satuan hitung untuk menghitung penyerapan oksigen oleh tubuhmu. Ini karena semakin baik kadar oksigen dalam tubuh, semakin baik pula stamina kita saat berlari.



Warmup

Warm up atau pemanasan adalah aktivitas yang perlu kita lakukan sebelum melakukan olahraga. Entah olahraga itu berintensitas rendah atau berat, kita tetap perlu pemanasan.



Water Station

Water station merupakan istilah lain dari Aid Station.



WR

WR merupakan kependekan dari world record, alias rekor dunia. Ada banyak rekor dunia di dalam olahraga lari.




Kesimpulan

Ada banyak sekali istilah dalam lari yang sebenarnya tidak perlu kita tahu. Lari itu sendiri sebenarnya sederhana dan tidak perlu terlalu banyak berpikir.

Semakin lama kita rutin lari, dan semakin banyak event lari yang kita ikuti, semakin banyak pula istilah-istilah yang akan kamu temui.

Tidak perlu hafal semua istilah-istilah ini. Pahami saja yang penting untukmu dan move on.





sumber:

running terms by marathonhandbook

running words by runnersathletics




Demikian pembahasan untuk istilah dalam lari kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk.  

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "105 Istilah Dalam Lari | Kamus Lengkap Istilah Dalam Olahraga Lari"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan