Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sepatu Lari Untuk Kaki Lebar 2023 | Tips & Rekomendasi

Sepatu Lari Untuk Kaki Lebar

sepatu running untuk kaki lebar









Sepatu lari untuk kaki lebar memang dibutuhkan untuk beberapa orang yang secara natural memang memiliki bentuk pangkal jari kaki lebar.

Pada postingan kali ini, kita akan membahas berbagai aspek dari kaki lebar dan rekomendasi sepatu lari yang cocok untuk pemilik kaki lebar.



Apa Penyebab Kaki Lebar?

Kenapa telapak kaki saya lebar? Kaki lebar biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti berikut.

Bengkak

Kaki yang bengkak akan meningkatkan ukuran kaki kita. Tapi tentu saja kaki yang bengkak biasanya tidak permanen, dan akan kembali ke ukuran semula.


Sepatu tidak pas

Sepatu yang tidak pas akan merubah ukuran kaki kita. Apalagi jika ukuran sepatu sehari-hari yang kita gunakan memang dari awal tidak cocok dengan ukuran asli kaki kita.


Genetik

Beberapa orang memang terlahir dengan kaki lebar. Terkadang orang dengan kaki lebar juga memiliki telapak kaki yang rata.


Hamil

Saat hamil, ukuran kaki bisa saja mengalami kenaikkan karena disebabkan oleh hormon relaxin. Hormon ini membuat ligamen dan sendi disekitar telapak kaki menjadi membesar.


Umur

Semakin bertambah umur kita, semakin meningkat pula ukuran sepatu kita sehingga kita butuh sepatu lari untuk kaki lebar. 


Obesitas

Orang dengan berat badan berlebih biasanya memiliki ukuran kaki yang besar dan lebar. Hal ini bisanya disebabkan oleh kaki yang berubah untuk mengimbangi beban dari berat badan.




Apa Tanda Kalau Kaki Saya Lebar?

Kaki lebar bisa kita rasakan sendiri saat kita memakai sepatu lari. Ketika pangkal jari kaki atau area jari kaki (toe box) kita terasa sesak di kedua sisi, jelas sepatu tersebut terlalu kecil untuk kaki kita.

Sepatu lari untuk kaki lebar biasanya memiliki panjang yang sama seperti sepatu lari pada umumnya. Namun ukuran pada area toe box tentunya lebih lebar.




Apakah Kaki Lebar Boleh Lari?

Apakah kaki yang lebar itu sehat? Orang dengan kaki yang lebar biasanya tidak memiliki masalah apapun dengan kaki mereka, kecuali jika memang mereka memiliki masalah medis terkait kaki.

Sementara itu, pemilik kaki lebar boleh saja berlari. Yang pasti mereka perlu memilih sepatu lari untuk kaki lebar yang memang pas untuk mereka.




Sepatu Lari Seperti Apa Yang Cocok Untuk Kaki Lebar?

Karakteristik utama dari sepatu lari untuk kaki lebar adalah memiliki bentuk toe box (area jari kaki) yang lebar.

Sepatu lari biasa mungkin juga akan bisa digunakan untuk pelari yang memiliki bentuk kaki yang lebar, namun untuk aspek kenyamanan dan keamanan saat lari, kita sebaiknya menggunakan sepatu yang khusus didesain untuk kaki lebar.




Apakah Sepatu Lari Untuk Kaki Lebar Bisa Membantu?

Lari dengan sepatu yang terlalu sempit akan menyebabkan berbagai masalah pada kakimu. Selain itu, pergerakan tubuh dan teknik lari akan sangat terganggu sehingga performa lari kita jadi sulit meningkat.

Selain itu, berbagai masalah juga akan muncul pada kaki seperti:


  • Kaki kebas dan kram
  • Terjadi kapalan pada kaki
  • Memar
  • Cedera



Tips Untuk Pelari Dengan Kaki Lebar

  • Jangan beli sepatu lari berdasarkan ukuran sepatu lamamu. Sebaiknya ukurlah kakimu sebelum membeli sepatu lari. Bisa saja ukuran kakimu yang sekarang berbeda dengan ukuran kakimu yang lama.
  • Ukur kakimu saat sore atau malam karena disaat itulah ukuran kakimu yang sebenarnya. Setelah seharian beraktivitas, ukuran kaki akan mengembang ke ukuran sebenarnya.
  • Terkadang ukuran kakimu bisa saja berbeda antara satu kaki dengan kaki lainnya. Jika ada satu kakimu lebih besar dari kaki lainnya, sebaiknya beli sepatu lari sesuai ukuran kaki yang besar tersebut.
  • Jangan berharap sepatu lari yang kamu beli akan melar sehingga akan cocok untuk kakimu nantinya. Jika memang dari awal sudah tidak cocok dan kekecilan, ya jangan dibeli.
  • Jika kamu beli sepatu lari untuk kaki lebar di toko sepatu, sebaiknya coba jalan kaki dan lari pendek agar kamu bisa yakin bahwa ukurannya cocok untukmu.
  • Jika kamu beli online, sebaiknya beli dengan ukuran yang 1/2 sampai 1x lebih besar dari ukuran kakimu.
  • Kalau misalnya kamu tidak bisa menemukan sepatu lari untuk kaki lebar yang cocok untuk kaki dan dompetmu, beli saja sepatu lari yang murah namun memiliki area jari kaki (toe box) atau area depan sepatu yang lebar.
  • Selama sepatu tersebut memiliki area toe box atau area depan sepatu yang lebar, seharusnya sepatu tersebut akan cocok untuk bentuk kakimu.




Sepatu Lari Yang Cocok Untuk Kaki Lebar 

Ada berbagai macam merk sepatu lari untuk kaki lebar di luar sana. Semua punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika kamus sedang mencari sepatu, berikut beberapa rekomendasi sepatu lari untuk kaki lebar.


New Balance Fresh Foam X 1080v12

sepatu running kaki lebar


Sepatu lari ini dirancang untuk memberikan ruang ekstra di toe box atau are jari kaki.

Sepatu ini dirancang untuk memberikan landasan yang empuk dengan bantalan di sepanjang kaki. Walaupun memang sepatu ini memiliki sol yang agak tebal, sehingga mungkin tidak estetis menarik bagi beberapa orang.

Kamu bisa langsung mendapatkan sepatu lari ini seharga Rp. 1,53 juta di link Shopee berikut.






Hoka Clifton 9 

Sepatu Lari Untuk Kaki Lebar


Pelari dengan kaki yang lebar akan langsung merasakan area toebox yang luas dan bantalan busa yang lembut saat memakai sepatu ini.

Area toe box tersebut memiliki banyak ruang untuk jari-jari kaki. Sementara itu, sol sepatu yang tahan gesekan bisa dibawa berlari di jalanan yang sulit sehingga menambah daya tahan sepatu.

Jika kamu pelari yang sedang butuh sepatu lari untuk kaki lebar, dan sedang mencari sepatu ringan untuk berlari. Kamu bisa mendapatkan sepatu ini seharga Rp. 2,5 juta di link Shopee berikut.






Asics GT-2000 11 WIDE

sepatu running kaki lebar


Bantalan gel pada tumit sepatu ini memberikan kenyamanan ekstra saat menyerap impak ketika berlari. Sepatu ini terasa nyaman dan responsif, dengan ruang untuk jari kaki yang cukup lega.

Sepatu GT-2000 11 ini mungkin akan terasa kaku pada awalnya. Namun sepatu ini akan menyesuaikan dengan bentuk kaki karena upper Mesh yang fleksibel. Secara keseluruhan, sepatu ini merupakan pilihan yang bagus bagi pelari, saat membutuhkan sepatu lari untuk kaki lebar yang nyaman.

Kamu bisa langsung mendapatkan sepatu Asics GT-2000 11 ini seharga Rp. 2,2 juta di link Shopee berikut.







Asics Gel-Nimbus 25

Sepatu Lari Untuk Kaki Lebar


Sepatu ini dibuat dengan material fiber sintetik dan setidaknya 75% material uppernya dibuat dengan bahan-bahan recycle.

Selain itu, bantalan yang ada di sepatu ini merupakan yang terbanyak dihadirkan pada seri ini.

Bagian depan area jari kaki terlihat lebar sehingga cocok untuk mereka yang membutuhkan sepatu lari lebar.

Jika kamu membutuhkan sepatu seperti ini, kamu bisa langsung dapatkan dengan harga Rp. 2,4 juta di link Shopee berikut.






Brooks Adrenaline GTS 22

sepatu lari buat kaki lebar


Brooks Adrenaline GTS 22 yang merupakan pilihan yang sangat baik jika kamu membutuhkan sepatu lari dengan lebar. 

Sepatu dengan toe box lebar ini membantu pelari yang overpronasi untuk berlari dengan stabil dan lancar.

Walaupun begitu, Adrenaline GTS 22 terkesan agak lebih berat karena bantalannya yang besar. Namun, sepatu ini menawarkan stabilitas dan kenyamanan ekstra bagi pelari yang overpronasi.

Jika kamu tertarik, kamu bisa langsung mendapatkan sepatu ini seharga Rp. 2,6 juta di link Shopee berikut.






ASICS Men Gel-Kayano 29

sepatu lari untuk kaki lebar


Asics berhasil mengurangi berat sepatu ini sebesar 4% dan memberikan karet dan busa berkepadatan tinggi di area lengkungan kaki.

Selain itu, Asics Gel-Kayano 29 memiliki bantalan FF Blast sehingga mampu memantul lebih kuat saat berlari. Ini membuat penggunaan energi menjadi lebih sedikit, tanpa mengorbankan kenyamanan jari kaki.

Kamu bisa langsung mendapatkan sepatu lari ini seharga Rp. 2,05 juta di link Shopee berikut.







Kenapa Sulit Mencari Sepatu Lari Untuk Kaki Lebar?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa terkadang sulit untuk menemukan sepatu lari yang lebar.


Permintaan pasar

Permintaan untuk sepatu yang lebar relatif lebih rendah dibandingkan dengan permintaan untuk sepatu berukuran standar. Akibatnya, jumlah pilihan untuk sepatu lari lebar tidak banyak di pasaran.


Keterbatasan ketersediaan

Karena permintaan yang rendah, maka stok pun terbatas. Toko sepatu akhirnya memiliki stok yang terbatas untuk sepatu lari untuk kaki lebar. 


Pengetahuan konsumen

Banyak orang dengan kaki yang lebar bahkan tidak sadar kalau mereka membutuhkan sepatu dengan area toe box yang lebar. Atau mereka sebenarnya sudah memiliki sepatu lari yang area toe boxnya lebar namun tidak sadar dengan hal tersebut.


Kesulitan dalam produksi

Membuat sepatu dengan toe box yang lebih lebar juga dapat lebih sulit dan mahal. Ini karena produksinya membutuhkan penyesuaian pola dan bahan yang berbeda, bahkan dari proses desain sudah beda dengan sepatu lari biasa.




Kesimpulan

Orang dengan kaki yang lebar biasanya tidak memiliki masalah apapun dengan kaki mereka, kecuali jika memang mereka memiliki masalah medis terkait kaki.

Karakteristik utama dari sepatu lari untuk kaki lebar adalah memiliki bentuk toe box (area jari kaki) yang lebar.

Kalau misalnya kamu tidak bisa menemukan sepatu lari untuk kaki lebar yang cocok untuk kaki dan dompetmu, beli saja sepatu lari yang murah namun memiliki area jari kaki (toe box) atau area depan sepatu yang lebar.




sumber:

toebox running shoes by runnersworld

shoes for wide feet by verywellfit

wide or narrow by feetfirstclinic

if you have wide feet by runaddiction



Artikel Lainnya Yang Setopik

Rekomendasi Sepatu Lari Lokal Di Bawah 500rb | Sepatu lari brand lokal indonesia dengan harga di bawah 500rban. | Sepatu lari lokal.

Review Sepatu Lari Spotec Thunder | Sepatu Lari Lokal Yang Ngga Mahal | Review sepatu lari Spotec Thunder | Review spotec thunder.

Selain Bikin Awet, Ini Dia Beberapa Manfaat Rotasi Sepatu Lari | Sepatu lari untuk rotasi.

Macam-macam Jenis Sepatu Lari | Daftar 10 macam-macam jenis sepatu lari beserta rekomendasi macam macam jenis sepatu lari. | Macam-macam sepatu lari.

15 Tips memilih sepatu lari agar uangmu tidak terbuang sia-sia untuk sepatu lari yang tidak akan pernah kamu pakai. | Tips Memilih Sepatu Lari.

Daftar 7 Sepatu Lari Mills Rekomendasi Untuk Tahun 2023 | Sepatu lari Mills.

Sepatu Lari Carbon Plate | Plus dan Minus Sepatu Carbon Plate | Sepatu lari carbon plate.

9 Sepatu Lari Hoka Terbaik 2023 | Sepatu Hoka merupakan sepatu lari yang bagus. Ayo cek sepatu Hoka terbaik di sini! | Sepatu Hoka.



Demikian pembahasan untuk sepatu lari untuk kaki lebar kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk.  

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Sepatu Lari Untuk Kaki Lebar 2023 | Tips & Rekomendasi"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan