Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gatal Saat Olahraga | Cara Mengatasi Gatal di Badan, Perut, Paha, dan Kaki Saat Olahraga

Gatal Saat Olahraga

Kenapa tubuh terasa gatal saat olahraga?







Gatal saat olahraga seperti lari biasanya disebut sebagai "runner's itch". Gatal-gatal ini biasanya muncul di badan, paha, kaki atau perut, serta terkadang sangat mengganggu hingga kita tidak fokus saat berolahraga.

Namun, kondisi ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan secara serius. Kebanyakan runner's itch biasanya bersifat sementara dan bisa hilang dengan sendirinya setelah berolahraga.



Min mau tanya, kenapa ya saya setiap baru lari sebentar dibagian paha dan perut terasa gatal banget dan muncul merah-merah jadinya bikin berhenti berlari, begitu juga bersepeda jika tangan saya terkena getaran pada saat dijalan ga rata/gravel terasa gatal.




Penyebab Gatal Pada Saat Olahraga

Gatal saat olahraga di area paha, perut, atau tangan bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut.


Pembuluh darah melebar

Gatal saat berlari biasanya disebabkan oleh kondisi pembuluh darah yang melebar. Ketika kita olahraga kardio seperti lari, jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah dan oksigen ke otot-otot. 

Aliran darah yang deras ini kemudian mengisi kantung-kantung pembuluh darah berukuran sangat kecil yang disebut kapiler. Saat kapiler-kapiler melebar, syaraf di bawah kulit tertekan dan menstimulasi otak sehingga memicu rasa gatal muncul.

Rasa gatal ini biasanya muncul saat seseorang baru saja mulai rutin berlari. Pada orang yang selama ini jarang berolahraga, kapiler di area perut dan paha biasanya mengecil akibat berkurangnya pasokan darah di area-area tersebut.

Ketika mereka mulai aktif berolahraga lagi, maka pembuluh kapiler tersebut terisi lagi oleh darah sehingga memicu rasa gatal.

Baca juga Manfaat Lari Untuk Penyempitan Pembuluh Darah | Penyempitan pembuluh darah merupakan hal yang berbahaya untuk kesehatan kita. Berikut manfaat olahraga lari untuk penyempitan pembuluh darah. | Manfaat olahraga untuk pembuluh darah.


Pelepasan histamin

Histamin adalah senyawa yang dilepaskan tubuh saat berolahraga untuk melawan rasa lelah. Senyawa ini juga melebarkan pembuluh darah sehingga memicu rasa gatal.

Histamin juga biasanya dilepaskan tubuh saat kamu mengalami reaksi alergi, sehingga wajar senyawa ini bisa menyebabkan rasa gatal saat olahraga.


Alergi

Selain pelebaran pembuluh darah, rasa gatal juga bisa disebabkan oleh alergi. Mungkin selama ini kamu tidak menyadari kalau kamu memiliki alergi terhadap sesuatu. Bisa jadi saat olahraga, tubuhmu terpapar sesuatu yang memicu reaksi alergi.

Selain itu, jika rasa gatal terasa di area mata, hidung, tenggorokan, dan membuatmu sulit bernapas, bisa jadi kamu memang sedang mengalami alergi.

Segera periksa ke dokter agar kamu bisa mendapatkan perawatan yang lebih menyeluruh.


Pakaian yang tidak pas

Pakaian yang tidak sesuai atau tidak cocok bisa menyebabkan berbagai masalah kulit. Jika kamu bukan pelari pemula tapi tiba-tiba mengalami rasa gatal, bisa jadi ada yang salah pada pakaian olahragamu.

Sebaiknya, gunakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kondisi kulitmu. Disarankan juga untuk menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan yang dapat menyerap kelembapan seperti dri-fit.

Pakaian yang tidak dicuci dengan bersih, kemudian bercampur dengan keringat, bisa memicu iritasi yang menyebabkan gatal dan ruam pada kulit.


Kulit sensitif

Kulit yang sensitif juga bisa jadi penyebab rasa gatal ketika berolahraga. Jika kamu memiliki kulit sensitif, coba periksa apakah pakaianmu dicuci dengan baik atau periksa sabun mandimu.

Coba deterjen cucian atau sabun mandi yang paling cocok untukmu jika rasa gatal mulai muncul selama berolahraga. Selain itu, jaga agar kelembapan kulitmu tetap normal saat lari.


Kehilangan cairan tubuh

Walaupun jarang terjadi, kekurangan cairan tubuh alias dehidrasi bisa memicu rasa gatal. Ini karena kulit kering karena dehidrasi dapat menyebabkan rasa gatal saat dan setelah olahraga. Pastikan kamu cukup minum cairan selama lari.


Penggunaan obat-obatan baru

Gatal-gatal pada kulit mungkin juga merupakan respons alergi terhadap obat-obatan yang baru kamu konsumsi. Perhatikan label obat dan lihat apakah ada hubungan antara efek samping penggunaan obat itu dan munculnya gejala gatal pada kulit saat berlari.

Baca juga Rekomendasi Lengkap 25 Obat Penghilang Nyeri Otot Setelah Olahraga Lari | Obat penghilang nyeri otot setelah olahraga.




Cara Mengatasi Gatal Saat Olahraga Lari

Walaupun runners itch bisa sembuh sendiri,  ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk meredakan gatal-gatal setelah berlari.


Lakukan perawatan di rumah

Perawatan di rumah seperti mandi air hangat, menggunakan gel lidah buaya di area yang gatal, menggunakan kaos kaki kompresi, dan mengangkat kaki lebih tinggi dari jantung selama 15 menit, bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa gatal saat berolahraga.


Rutinkan olahraga

Selain perawatan di rumah, cobalah untuk semakin rutin berolahraga. Kebanyakan penyebab gatal itu sebenarnya adalah cara dari tubuh menyesuaikan dirinya dengan intensitas olahraga yang kamu lakukan.

Intinya, kemalasanmu untuk berolahraga adalah penyebab nomor 1, dari rasa gatal saat berlari yang kamu rasakan.

Baca juga 5 Hal Yang Bikin Kamu Malas Olahraga Lari dan Solusinya | Solusi malas olahraga.


Sesuaikan intensitas olahraga

Rasa gatal itu juga bisa berarti intensitas olahraga yang kamu lakukan sudah berlebihan untuk tubuhmu. Jika selama ini kamu tidak pernah olahraga, sebaiknya sesuaikan intensitas olahraganya. 

Lakukan olahraga yang ringan-ringan saja dulu, sebelum intensitasnya kamu naikkan secara bertahap dalam rentang waktu beberapa minggu.


Konsultasikan ke dokter

Namun, bila rasa gatal saat olahraga yang kamu alami berbarengan dengan rasa pusing, lemas, sulit bernapas, dan muncul ruam atau nyeri selama 10 menit, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Bisa jadi rasa gatal tersebut disebabkan oleh hal yang lebih serius.



gatal setelah olahraga




Kesimpulan

"Runner's itch" atau gatal-gatal yang terjadi di saat dan setelah berlari adalah gejala yang umum dan biasanya bersifat sementara. Gatal-gatal ini biasanya terjadi di kaki atau perut.

Gatal-gatal pada kulit saat berolahraga dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk pelebaran kapiler yang menyebabkan stimulasi saraf dan pelepasan histamin.

Untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit saat berlari, beberapa langkah yang dapat diambil meliputi menggunakan pakaian yang pas dan terbuat dari bahan yang menyerap kelembapan, mencoba deterjen atau sabun baru, menjaga kelembapan kulit, minum cairan yang cukup untuk menghindari dehidrasi, dll.

Namun, jika gatal-gatal pada kulit saat berolahraga lari disertai dengan gejala lain seperti pusing, kesulitan bernapas, atau ruam yang parah, sebaiknya berkonsultasi dengan tenaga medis untuk diagnosis dan penanganan yang tepat.



sumber :

runners itch by clevelandclinic

itching during excercise by verywellfit

runners itch by healthline



Artikel Lainnya Yang Setopik

Penyebab Muka Merah Saat Olahraga Lari | Muka merah saat olahraga lari disebabkan oleh pembuluh darah kapiler, warna kulit terang, dan gejala heatstroke. | Solusi muka merah saat lari.

Penyebab dan Solusi Perut Mual Saat Lari | Perut mual saat olahraga lari memang banyak penyebabnya. | Solusi masalah perut mual ketika olahraga lari.

Solusi Tersedak dan Keselek Ketika Olahraga Lari | Tersedak atau keselek saat olahtaga lari adalah hal yang umum terjadi. | Solusi tersedak dan keselek saat olahraga lari.

Solusi Kuku Kaki Hitam Karena Olahraga Lari | Kuku kaki hitam termasuk hal yang umum dialami oleh pelari. | Solusi kuku kaki hitam karena olahraga.

Apakah Lari Bisa Menghilangkan Varises? | Apakah lari bisa menghilangkan varises? Apakah aman lari dengan varises di kaki? | Varises pada pelari.




Demikian pembahasan untuk gatal saat olahraga kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk.  

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Gatal Saat Olahraga | Cara Mengatasi Gatal di Badan, Perut, Paha, dan Kaki Saat Olahraga"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan