Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lari 800 Meter | Materi Lari 800 Meter Lengkap

Lari 800 Meter

lari jarak 800m









Lari 800 meter merupakan lari jarak menengah yang paling pendek jaraknya. Lari dengan jarak ini merupakan lari di cabang olahraga atletik dan sering dilombakan di berbagai event nasional maupun internasional.



Pengertian Lari 800 Meter

Lari 800 meter berapa kali putaran? Lari 800m adalah lari dengan jarak 2 kali putaran track. Karena 1 kali putaran di track lari tersebut adalah sejauh 400m, maka 2 kali putaran adalah 800m. Oleh karena itu, lari dengan jarak ini sering juga disebut sebagai lari sprint 2 putaran.

Lari jarak menengah seperti ini tidak bisa dimenangkan hanya dengan saling adu stamina atau speed. Lari seperti ini biasanya butuh taktik dan strategi agar kita mampu memenangkan lombanya.



Apakah 800 Meter Lari Jarak Pendek?

Lari 800 meter termasuk lari jarak apa? Lari 800 meter termasuk lari jarak menengah. Lari jarak pendek biasanya memiliki jarak 50-400 meter, artinya lari 800m bukanlah termasuk jarak lari pendek.

Lari jarak 800m juga bukan lari jarak pendek karena cara startnya berbeda. Lari jarak ini start dengan cara berdiri, sementara lari jarak pendek biasanya dimulai dengan start jongkok.



Apa Manfaat Lari 800 Meter?

Lari 800 meter adalah latihan lari intensitas tinggi yang dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat dari lari 800 meter.


Meningkatkan Kondisi Kardiorespirasi

Lari 800 meter adalah latihan yang intens dan melibatkan kerja aerobik yang berat, sehingga dapat membantu meningkatkan kapasitas tubuh dalam menyerap oksigen. Ini berarti, dengan lari seperti ini kita dapat memperkuat jantung dan paru-paru untuk bekerja lebih efisien.


Meningkatkan Kecepatan dan Daya Tahan

Lari dengan jarak ini dapat membantu meningkatkan kecepatan (pace) dan daya tahan tubuh. Latihan ini melibatkan kerja otot kaki, otot core (area perut), dan otot-otot tubuh lainnya.


Meningkatkan Kesehatan Tulang

Lari 2 putaran track ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang. Latihan fisik apapun yang dilakukan dengan rutin dan teratur dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.


Menurunkan Berat Badan

Lari adalah olahraga kardio yang efektif dan dapat membantu membakar kalori. Jika dilakukan secara rutin dalam jangka panjang, latihan ini dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaga berat badan ideal yang sehat.


Meningkatkan Mood dan Mengurangi Stres

Lari dapat membantu meningkatkan mood dan mengurangi stres. Latihan fisik telah terbukti dapat membantu melepaskan hormon endorfin di otak. Hormon ini diketahui dapat membantu meningkatkan suasana hati, menjaga kestabilan mood, serta mengurangi stres.




Aturan Lari Jarak 800 Meter

Ada beberapa aturan untuk lari jarak 800m yang wajib diketahui oleh setiap peserta lomba. Aturan-aturan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.


  • Setiap peserta wajib berdiri 1 meter dari garis start sebelum lomba dimulai.
  • Ketika panitia meniupkan peluit, berjalanlah menuju garis start. Jangan berhenti atau berdiri di atas maupun di depan garis start.
  • Kemudian, panitia akan meneriakkan kata "set!". Pada titik ini, kamu tidak boleh bergerak sedikitpun. 
  • Jika kamu bergerak, kamu dinyatakan melakukan pelanggaran. 2 kali melakukan pelanggaran, maka kamu akan di diskualifikasi.
  • Ketika semua pelari sudah berada dalam posisi "set!" yang benar, panitia akan menembakkan pistol aba-aba dan saat itulah kamu boleh berlari.
  • Di awal lomba, setiap pelari harus tetap berada pada jalur mereka masing-masing. Nantinya, setelah menyelesaikan lari di tikungan pertama, barulah mereka boleh berpindah jalur (break line) sesuai keinginan mereka masing-masing.
  • Berpindah jalur (break line) ini pun harus dilakukan dengan hati-hati. Tidak dibolehkan berpindah jalur jika itu bisa membahayakan atau menghalangi pelari lain.
  • Setiap pelari harus tetap berada di track lari sepanjang lomba. Jika ada pelari yang keluar dari track, dia akan langsung didiskualifikasi.




Start lari 800 meter

Lari 800 meter menggunakan start berdiri. Berbeda dengan lari jarak pendek yang menggunakan start jongkok. Start berdiri inipun ada cara dan langkah-langkahnya sendiri.


Bagaimana aba aba start berdiri?

  • Berikut adalah langkah-langkah dalam posisi start berdiri pada lari 800 meter:
  • Berdiri di garis start dengan kaki selebar bahu.
  • Letakkan satu kaki di depan dan satu kaki di belakang. Jangan injak garis start.
  • Berat tubuhmu harus ditopang oleh kaki belakang, dan kaki depan harus tetap santai dengan jari-jari kaki menyentuh tanah.
  • Pastikan tubuh tegak dan lutut sedikit ditekuk.
  • Fokus pada garis start dan tetap tenang serta rileks.
  • Ketika starter memberikan aba-aba "Siap", kamu harus siap untuk berlari. 


Garis Breakline

Garis breakline pada lari 800 m adalah garis di mana setiap pelari boleh keluar dari jalur awal mereka, untuk berlari di jalur yang mereka inginkan.

Garis breakline ini merupakan area dimana pelari boleh berpindah jalur dari jalur awal mereka saat start. Berbeda dengan lari jarak pendek dimana pelari tidak boleh berpindah jalur, pada lari jarak menengah pelari boleh berpindah jalur setelah melewati garis breakline ini.

Garis ini juga bisa sekaligus menjadi garis start. Ini biasanya terjadi jika start yang digunakan adalah start waterfall. Pada start ini, pelari boleh mengganti jalur lari mereka sesaat setelah melewati garis start.


Garis breakline berapa meter?

Karena garis breakline ada di akhir tikungan pertama, maka garis breakline ada di meter ke 150an. Garis breakline juga sepertinya memanjang melintang di track lari tersebut.

Garis ini merupakan garis di mana setiap pelari menjalankan strategi mereka masing-masing. Ada pelari yang langsung ngebut begitu melewati garis ini. Ada juga pelari yang sengaja melambat untuk menyimpan tenaga.



Standar Waktu Lari 800 Meter

Berapa menit lari 800 meter?

Harus seberapa cepat lari 800 meter? Kecepatan yang dibutuhkan untuk race 800 meter dapat bervariasi tergantung pada kemampuan dan level kebugaran masing-masing orang. 

Pelari yang berkompetisi dalam level kompetisi yang lebih tinggi akan cenderung menyelesaikan perlombaan 800 meter dalam waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan atlet yang berada di level yang lebih rendah.

Pada level atletik profesional, waktu rata-rata untuk menyelesaikan perlombaan 800 meter untuk pria adalah sekitar 1 menit 44 detik, sementara untuk wanita rata-rata sekitar 2 menit. Di level kompetisi amatir, waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan perlombaan 800 meter akan bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, dan level kebugaran individu.

Namun, penting untuk diingat bahwa kecepatan dalam lari jarak jauh seperti 800 meter harus dikombinasikan dengan strategi dan taktik yang tepat untuk memaksimalkan kinerja. Ini termasuk memulai dengan kecepatan yang tepat, mengeksekusi taktik balap yang efektif, dan mempertahankan kecepatan selama perlombaan.




Latihan Lari 800 Meter

Latian untuk lari 800m merupakan latihan yang perlu perencanaan serius dan terukur. Latihan untuk jarak ini biasanya berupa latihan fisik, penyusunan taktik, teknik, maupun strategi.


Latih teknik untuk lari 800m

Lari dengan jarak ini membutuhkan kombinasi tepat antara kecepatan dan daya tahan/stamina. Lari di jarak ini itu seperti lari sprint 100m tapi jaraknya pakai jarak lari marathon. Berat banget kan? Ya itulah beban untuk lari di jarak ini.


Bagi jarak 800m

Menurut pelatih dari UK Athletic (federasi atletik united kingdom), Brian MacKenzie, kita sebaiknya membagi jarak lari menjadi beberapa fase. 

Saat latihan untuk lari di jarak ini, coba bagi jarak lari tersebut menjadi beberapa fase. Misalnya, seperti berikut.


200 meter ke 1: Lari secepat pelari lain

200 meter ke 2: Lambatkan lari, simpan tenaga

200 meter ke 3: Lari menngikuti pemimpin race

200 meter ke 4: push speed ke garis finish


Bangun stamina dan kekuatan otot

Saat berlatih untuk lari di jarak 800m, coba buat program latihan yang berisi 3 minggu latihan intens, dan 1 minggu latihan ringan. Ulangi terus pola ini sampai tubuh mampu mencapai puncak performanya.

Lakukan juga latihan beban yang disesuaikan menurut kemampuan tubuhmu sendiri. Misalnya 3 hari latihan angkat beban, dan 3 hari lari berintensitas sedang-berat selama 1 jam.


Latih kecepatan

Selain membangun stamina, latihan untuk kecepatan saat lari juga penting. Coba latih kecepatanmu dengan berlari di atas pace race (target kecepatan lari).

Coba bagi sesi latihanmu menjadi 3 sesi dengan pola sebagai berikut.


Sesi 1

Lari sprint 300 meter 3-4 kali dengan pace (kecepatan lari) yang sedikit lebih cepat dari pace race. Di sela-sela lari 300 meter itu, coba jalan kaki 5-10 menit sebagai istirahat.


Sesi 2

Di sesi kedua, coba lari sejauh 600 meter dengan pace race sebanyak 3-4 kali pengulangan. Di sela-sela lari 600 meter itu, coba jalan kaki 2-3 menit sebagai istirahat.


Sesi 3

Di sesi ketiga, coba lari sejauh 1200 meter dengan pace yang lebih lambat dari pace race sebanyak 3-4 kali pengulangan. Di sela-sela lari 600 meter itu, coba jalan kaki 30-90 detik sebagai istirahat.




Cara Lari 800 Meter

Cara untuk Berlari 800 Meter bisa kita bahas menjadi beberapa poin seperti berikut.


Hindari terkena boxed in

Boxed in adalah situasi dimana kamu terjebak di belakang dan di samping kiri lawan-lawanmu. Kondisi ini membuat kamu tidak mampu melewati lawan sampai garis finish.

Oleh karena itu, usahakan untuk lari lebih cepat dari lawan-lawanmu di lap pertama (400 meter pertama). Baru kemudian stabilkan pace di 400 terakhir.

 

Gunakan negative split

Jika kamu pemula, sebaiknya gunakan negative split agar kamu bisa lari dengan lebih banyak tenaga di sisa jarak lomba.

Negative split adalah lari dengan menyimpan tenaga di paruh pertama lomba. Jadi, berlarilah dengan menghemat tenaga di 400m pertama, sebelum nanti di 400m kedua, kamu menggunakan seluruh tenaga yang tadi disimpan.

Banyak rekor lari 800m yang dicetak dengan menggunakan negative split ini. Jadi cara ini patut kamu coba.


Start dengan baik

Start yang baik pada lomba lari 800 meter sangat penting untuk mencapai hasil yang baik. Start yang buruk dapat mengganggu strategi lomba dan memengaruhi hasil akhir.

Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan start dan posisi saat start. Jika kita ingin memecahkan rekor trek atau pribadi, atau ingin berada di posisi terdepan, maka kita harus memastikan posisi start yang baik. 

Oleh karena itu, kita perlu mempercepat pace pada 20-30 meter pertama agar dapat mencapai kecepatan yang diinginkan, dan memastikan posisi yang aman dari boxed in di antara pelari lainnya.


Teknik merebut lintasan lari 800m

Bagaimanakah teknik berebut lintasan pada lari 800 m?

Untuk merebut lintasan, kita biasanya menggunakan Break Line. "Break line" pada perlombaan lari 800 meter adalah garis di mana atlet boleh berpindah jalur (memotong ke dalam dan meninggalkan jalurnya,  untuk menghindari jarak yang lebih panjang dalam lintasan). 

Posisi break line pada lomba 800 meter tergantung pada ukuran trek dan keinginan pejabat pertandingan dalam menjalankan lomba, apakah menggunakan satu tikungan atau dua tikungan dalam start. 

Namun, meskipun break line biasanya terletak setelah tikungan pertama atau kedua, peserta perlombaan harus siap untuk perlombaan 800 meter dengan start waterfall.

Start waterfall pada perlombaan 800 meter dapat digunakan baik dalam trek indoor maupun outdoor. Dalam jenis start waterfall ini, peserta lomba bisa langsung memotong ke dalam setelah suara tembakan pistol start. 

Hal ini karena garis start pada start waterfall, juga sekaligus menjadi garis break line.

Inilah kenapa peserta lomba diizinkan untuk memotong ke dalam (berpindah jalur) sejak awal lomba dimulai.

Penting untuk diingat bahwa saat memotong ke dalam, kita  harus memperhatikan situasi di sekitar. Hal ini penting untuk menghindari gangguan dan risiko cedera yang mungkin terjadi. 


Pintar cari posisi

Jangan takut untuk melewati peserta lain pada awal perlombaan. Ini karena dalam sebuah race, kita bisa tanpa sadar berada pada posisi yang tidak menguntungkan.

Kita perlu pintar menemukan posisi yang baik saat lari 800m, agar tehindar dari boxed in atau terhalang oleh pelari lain di depan kita.


Jangan simpan energi untuk 100m terakhir

Banyak pelari muda dan tidak berpengalaman dalam lomba atletik berlari dengan sangat cepat di 100m terakhir. 

Sebaiknya bagi energi secara merata sepanjang race dan bukan hanya menyisakan energi untuk dihabiskan pada 100m terakhir saja. 


Jangan lengah

Jangan melambat atau berhenti sebelum garis finish pada saat race tersebut mendekati akhir. 

Banyak pelari yang terlalu congkak dan merasa sudah memimpin jauh lomba, namun pada akhirnya kalah karena ditikung di 100m terakhir.


lari 800m



Kesimpulan

Lari 800 meter adalah salah satu cabang olahraga atletik yang membutuhkan kekuatan, daya tahan, dan teknik lari yang baik.

Ada standar waktu lari 800 meter yang dapat dijadikan panduan, namun setiap individu memiliki kemampuan dan kondisi fisik yang berbeda, sehingga perlu menetapkan target yang realistis dan memantau kemajuan secara teratur.

Dalam lari 800 meter, terdapat beberapa strategi yang dapat diterapkan, seperti strategi breakaway yang dilakukan pada separuh jarak lomba. Namun, strategi yang tepat akan bergantung pada kondisi fisik dan teknik lari yang dimiliki oleh masing-masing pelari.

Untuk mencapai performa terbaik dalam lari 800 meter, penting untuk melakukan latihan yang teratur dan konsisten.



sumber:

800 meters by worldathletics

rules for 800m sprint by sports.answers

technique running 800 meters by sportsrec

how to run the 800m by trackstarusa



Artikel Lainnya Yang Setopik

Lari jarak pendek adalah lari dengan jarak di bawah 400 meter. Lari seperti ini sering di pertandingkan dan populer sebagai lari jarak pendek. | Lari jarak pendek.

Lari 100 meter adalah lari yang membutuhkan teknik dan latihan yang baik. Pelajari semua tentang lari 100 meter di artikel ini. | Lari 100m.

Lari 200 meter merupakan salah satu lari jarak pendek. Berikut materi lari 200 meter yang lengkap dengan strategi, tips, dan cara latihan lari 200m. | Lari 200m.

Lari 400 meter merupakan lari jarak pendek yang umum dilombakan. Berikut panduan lengkap terkait cara dan teknik lari 400 meter. | Lari 400m.

Lari jarak menengah adalah lari yang sering dijadikan kompetisi nasional maupun internasional. Pelajari cara lari jarak menengah yang lengkap di sini! | Lari jarak menengah.


Demikian pembahasan untuk lari 800 meter kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Lari 800 Meter | Materi Lari 800 Meter Lengkap"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan