Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Manfaat Olahraga Rutin Buat Otak

Manfaat Olahraga Rutin Buat Otak

Manfaat lari untuk otak







Manfaat olahraga rutin buat otak sama besarnya dengan manfaat yang didapat oleh organ-organ penting lain di tubuh. Pada postingan kali ini, kita akan membahas apa saja yang bisa didapatkan oleh otak dari olahraga rutin yang kita lakukan.



Apa yang Membuat Otak Lemot?

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan otak menjadi lambat atau lemot, antara lain:


Kurang tidur atau tidur yang tidak berkualitas

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk menjaga kesehatan otak. Kurang tidur dapat menyebabkan otak kita menjadi lemot, sulit berkonsentrasi, dan sulit mengingat informasi yang masuk.


Kurang olahraga

Aliran darah ke otak sangat penting untuk memperbaiki koneksi antara sel-sel saraf. Kurang olahraga dapat menyebabkan otak menjadi lemot dan kurang responsif, karena kurangnya aliran darah yang masuk.


Gizi yang buruk

Manfaat olahraga rutin buat otak membantu mengurangi efek jelek dari asupan gizi yang buruk. Nutrisi yang tepat sangat penting untuk kesehatan otak. Kekurangan nutrisi seperti vitamin B, vitamin D, atau asam lemak omega-3 dapat menyebabkan otak menjadi lemot.


Terlalu banyak stres

Stres yang berlebihan dapat menyebabkan produksi hormon kortisol. Hormon ini dapat merusak sel-sel saraf dan mengurangi kemampuan otak untuk berpikir dan berfungsi dengan baik.


Kondisi medis tertentu

Beberapa kondisi medis seperti depresi, kecemasan, dan hipotiroidisme dapat menyebabkan otak menjadi lemot. Kondisi medis baik dari aspek fisik dan mental, sangat berpengaruh pada kesehatan kita secara keseluruhan.


Ketergantungan pada teknologi

Terlalu banyak menatap layar ponsel dan komputer dapat memengaruhi kinerja otak. Ini disebabkan karena kurangnya stimulasi yang diterima oleh otak.


Kurangnya stimulasi 

Otak membutuhkan stimulasi mental yang terus-menerus untuk terus berkembang dan tumbuh. Kurangnya stmulasi mental dapat menyebabkan otak menjadi lemot dan kurang responsif terhadap berbagai informasi yang masuk.


Baca juga Kenapa Resolusi Tahun Baru Sering Gagal? Cara Agar Konsisten Olahraga Lari | Cara agar konsisten olahraga lari.



Apa Saja Dampak Latihan Olahraga Terhadap Perkembangan Otak?

Manfaat olahraga rutin buat otak dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan otak kita. Berikut beberapa dampak positif dari latihan olahraga terhadap perkembangan otak kita.


Meningkatkan aliran darah ke otak

Latihan olahraga meningkatkan aliran darah ke otak. Semakin baik aliran darah ke otak, semakin banyak oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan otak untuk bisa berfungsi dengan optimal.


Meningkatkan produksi neurotrofin

Neurotrofin adalah protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan fungsi sel-sel saraf dalam otak. Latihan olahraga dapat meningkatkan produksi neurotrofin, sehingga meningkatkan koneksi sel-sel saraf dalam otak.


Meningkatkan plasticitas otak

Plasticitas otak adalah kemampuan otak untuk beradaptasi dan berubah sesuai dengan pengalaman baru. Latihan olahraga dapat meningkatkan plasticitas otak, sehingga meningkatkan kemampuan belajar, ingatan, dan kreativitas.


Meningkatkan zat kimia otak

Olahraga teratur bahkan meningkatkan produksi zat kimia otak yang penting untuk kesehatan otak kita. Temuan ini diperoleh dari 350.000 orang dan menjadi bukti paling kuat bahwa olahraga rutin dapat meningkatkan kognisi.


Baca juga Organ tubuh manusia bisa ditingkatkan kinerjanya dengan olahraga yang rutin. Berikut beberapa manfaat olahraga untuk organ tubuh manusia. | Manfaat olahraga untuk organ tubuh.




Olahraga Apa Yang Bagus Untuk Otak?

Berbagai macam jenis olahraga dapat memberikan manfaat bagi perkembangan dan kesehatan otak. Beberapa jenis olahraga berikut terbukti memberikan manfaat bagi otak kita.


Aerobik

Diantara berbagai macam olahraga, manfaat olahraga rutin buat otak bisa kita dapatkan dari olahraga aerobik. Olahraga aerobik seperti jogging, lari, bersepeda, atau berenang dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan kapasitas paru-paru sehingga meningkatkan oksigenasi seluruh tubuh, termasuk otak.


Latihan kekuatan

Olahraga kekuatan atau latihan otot seperti angkat beban dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang, meningkatkan keseimbangan tubuh, dan meningkatkan fungsi otak.


Yoga

Yoga merupakan olahraga yang menggabungkan gerakan, meditasi, dan pernapasan. Kombinasi ini dapat membantu memberikan manfaat olahraga rutin buat otak seperti mengurangi stres, meningkatkan keseimbangan tubuh, dan meningkatkan kemampuan kognitif.


Tai Chi

Tai Chi adalah olahraga yang menggabungkan gerakan-gerakan lambat dan meditasi. Tai Chi dapat meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan koordinasi, serta membantu mengurangi stres dan meningkatkan kemampuan kognitif.


Bermain tenis atau badminton

Bermain tenis dan badminton melibatkan gerakan cepat, strategi, dan keterampilan motorik halus di tubuh kita. Olahraga ini dapat meningkatkan kemampuan kognitif seperti memori, konsentrasi, dan pemrosesan informasi dengankecepatan yang signifikan.


Bermain catur

Bermain catur melibatkan keterampilan strategi, konsentrasi, dan analisis kita. Kombinasi ini seluruhnya dilakukan di otak sehingga membantu meningkatkan kemampuan kognitif, termasuk memori, kreativitas, dan pemrosesan informasi.



Baca juga Motivasi Lari : Jadi Pelari Itu Cuma Sementara | Sedikit motivasi untuk lari untuk pelari indonesia yang kehilangan motivasi lari. | Motivasi untuk olahraga lari.




Manfaat Olahraga Rutin Buat Otak

Olahraga rutin dapat memberikan manfaat bagi perkembangan dan kesehatan otak. Beberapa manfaat olahraga rutin bagi otak yang bisa kita dapatkan adalah sebagai berikut.


Meningkatkan aliran darah ke otak

Olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke otak, yang mana membuat otak menerima lebih banyak oksigen dan nutrisi sehingga mampu berfungsi dengan optimal.


Meningkatkan produksi neurotrofin

Neurotrofin adalah protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan fungsi sel-sel saraf dalam otak. Olahraga rutin dapat meningkatkan produksi neurotrofin, sehingga meningkatkan koneksi sel-sel saraf dalam otak kita.


Meningkatkan plasticitas di otak

Plasticitas otak adalah kemampuan otak untuk beradaptasi dengan pengalaman baru. Manfaat olahraga rutin buat otak dapat meningkatkan plasticitas otak, sehingga meningkatkan kemampuan belajar, ingatan, dan kreativitas kita.


Mengurangi stres

Olahraga rutin dapat membantu mengurangi stres. Ini karena stres dapat merusak sel-sel saraf dalam otak kita dan mengganggu kinerja otak jika dibiarkan tanpa perawatan yang menyeluruh.


Meningkatkan mood

Olahraga rutin dapat meningkatkan produksi hormon serotonin dan dopamin, yang dapat meningkatkan mood dan mengurangi risiko depresi. Orang yang jarang berolahraga cenderung memiliki mood yang tidak stabil dan sulit fokus. Olahraga secara rutin mampu memperbaiki kondisi mental tersebut.


Meningkatkan kemampuan kognitif

Jika kita berolahraga secara rutin, maka ini akan meningkatkan kemampuan kognitif seperti perhatian, fokus, dan pemrosesan informasi. Hal ini dapat membantu meningkatkan kinerja dalam pekerjaan atau aktivitas sehari-hari.


Meningkatkan pertumbuhan sel-sel saraf baru

Olahraga rutin dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel saraf baru dalam otak. Semakin banyak sel baru, semakin bagus pula koneksi sel-sel saraf sehingga kemampuan belajar dan ingatan kita jadi meningkat.


Mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif

Olahraga rutin dapat mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson. Ini karena manfaat olahraga rutin buat otak akan meningkatkan koneksi antar sel-sel saraf dan meningkatkan pertumbuhan sel-sel saraf baru, sehingga penyakit-penyakit tersebut dapat dicegah secara signifikan.


Meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan

Olahraga rutin dapat membantu meningkatkan kemampuan kita untuk mengambil keputusan. Ini karena olahraga bisa meningkatkan kemampuan kognitif dan kemampuan analitis seseorang terkait suatu masalah.


Meningkatkan kemampuan koordinasi tubuh

Olahraga rutin dapat meningkatkan kemampuan koordinasi tubuh kita. Ketika koordinasi tubuh baik, performa tubuh dalam kegiatan sehari-hari seperti menulis, mengetik, atau bermain alat musik bisa meningkat.


Meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah

Olahraga rutin dapat membantu meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah dengan meningkatkan keterampilan analitis dan kognitif kita. Ini membuat kita dapat meningkatkan kemampuan untuk menemukan solusi terhadap masalah yang dihadapi.



Manfaat olahraga untuk otak



Kesimpulan

Manfaat olahraga rutin buat otak dapat memberikan manfaat bagi perkembangan dan kesehatan otak. 

Beberapa manfaat olahraga rutin bagi otak antara lain meningkatkan aliran darah ke otak, meningkatkan produksi neurotrofin, meningkatkan plasticitas otak, mengurangi stres, meningkatkan mood, meningkatkan kemampuan kognitif, meningkatkan pertumbuhan sel-sel saraf baru, dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif. 

Oleh karena itu, disarankan untuk berolahraga secara teratur dan konsisten, minimal 30 menit setiap hari. Sebaiknya pilihlah olahraga yang bisa kita nikmati untuk memperoleh manfaat dari olahraga tersebut.



sumber : washingtonpost



Artikel Lainnya Yang Setopik

Manfaat Lari Untuk Penderita Stress Dan Depresi Serta Efeknya Untuk Kehidupan | Manfaat lari untuk stres.

Manfaat Berlari Untuk Mood Yang Lebih Baik dan Stabil | Manfaat berlari untuk mood.

5 Hal Yang Bikin Kamu Malas Olahraga Lari dan Solusinya | Solusi malas olahraga lari.

Kehilangan motivasi untuk berolahraga sering terjadi karena motivasi memang sering naik dan turun. Berikut solusi kehilangan motivasi untuk berlari. | Hilang motivasi untuk olahraga.


Demikian pembahasan untuk manfaat olahraga rutin buat otak kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk.  

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "11 Manfaat Olahraga Rutin Buat Otak"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan