Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Tersedak dan Keselek Ketika Olahraga Lari

Tersedak | Keselek

tersedak






Tersedak atau keselek saat lari memang umum terjadi. Saat lagi lari tiba-tiba kamu kesulitan bernapas karena sulit menelan air liur. Rasanya seperti kamu keselek ludahmu sendiri. 

Hal ini biasanya terjadi saat lari pagi dimana suhu udara masih dingin dan kering. 



Penyebab Keselek dan Tersedak Ketika Lari

Sensasi keselek/tersedak ini artinya tenggorokanmu sudah kering karena sibuk ambil dan buang napas lewat mulut. Sehingga menyusahkan saat menelan air liur dan timbulah sensasi tersedak itu. 

Sensasi tersedak ini sering muncul 10-15 menit di awal lari. Apalagi jika kamu berlari di udara yang kering.

Gejala tersedak ini akan lebih parah jika kamu memang memiliki riwayat asma. Tapi orang tanpa asma pun bisa mengalami masalah ini.

Pada kasus yang lebih parah, kamu mungkin akan mengalami gejala seperti, sesak di dada, napas pendek, dan batuk karena tenggorokan tiba-tiba gatal.



Kenapa Tersedak/Keselek Saat Lari Bisa Terjadi?

Ketika lari, tubuh akan membutuhkan pasokan oksigen yang besar. Oleh karena itu, tubuhmu mulai bernapas dengan mulut untuk menghirup udara sebanyak-banyaknya.

Namun, karena udara yang dihirup terlalu banyak dan terlalu cepat, otot leher, paru-paru, dan otot jantung menjadi tegang. Efeknya, kamu jadi sulit bernapas dan merasakan sensasi keselek/tersedak ketika lari.



Penyebab Lain Tersedak/Keselek Ketika Lari

Selain penyebab di atas, ada beberapa hal lain yang bisa menjadi penyebab lain, seperti:


Salah cara bernapas

Ketika lari, usahakan selalu bernapas dengan menarik napas yang dalam sampai rongga di bawah perutmu (diafragma) mengembang.

Memang susah bernapas dengan dalam seperti itu, apalagi saat sudah kelelahan saat lari. Namun, kalau bisa terbiasa bernapas dengan dalam, resiko tersedak saat olahraga bisa mengecil. Plus, performa larimu akan jauh lebih baik.


Baca juga 3 Hal Penting Tentang Cara Bernapas Saat Olahraga Lari (Cara Mengatur Napas, Hidung vs Mulut, & Cara Memanjangkan Nafas) | Cara bernapas saat olahraga lari.



Sedang stress

Orang yang sedang stres memang perlu untuk berolahraga agar efek buruk dari stres tersebut bisa diminimalisir. Terkadang, orang yang stres menjadikan olahraga yang intens sebagai pelampiasan dari amarah dan frustasi yang sedang dirasakan.

Rasa frustasi ini berefek pada kondisi psikologis dan pada kasus yang parah bisa memicu kondisi lain seperti kesulitan bernapas, sakit kepala, sakit perut, kesulitan menelan, gemetar, dll.

Semua kondisi di atas tadi, ditambah dengan olahraga yang dilakukan dengan intens dan sembarangan, akhirnya mengakibatkan munculnya sensasi tersedak/keselek saat lari.


Sedang dalam kondisi fitness yang buruk

Orang yang kondisi kebugaran fisiknya buruk juga mengalami masalah tersedak saat olahraga ini. Pada kebanyakan kasus, ini terjadi karena tubuh belum terbiasa dengan intensitas olahraga lari yang dilakukan.

Namun, seiring tubuh yang semakin rutin olahraga, masalah tersedak/keselek saat lari inipun akan menghilang dengan sendirinya.



cara menghilangkan tersedak



Apa Bedanya Tersedak/Keselek Dengan Asma Saat Lari?

Tentu, ada juga orang yang mengaitkan masalah tersedak/keselek ini dengan gejala asma saat lari. Memang, gejala yang ditemukan pada kedua masalah ini hampir sama, dan bagi orang awam mungkin tidak ada bedanya.

Pada penderita asma, jalan udara atau jalur bronkitis menegang dan menyempit sehingga menyulitkan udara untuk masuk. Sementara pada pelari yang sering tersedak/keselek, pita suara merekalah yang menegang sehingga menyulitkan pernapasan. 

Selain itu, kebanyakan gejala asma merupakan respon alergi dari sistem imun. Sementara tersedak atau keselek bukan merupakan respon dari sistem imun.



Pertolongan Pertama Tersedak Atau Keselek Saat Lari

Coba minum sedikit biar tenggorokan tidak kering

Tenggorokanmu mungkin sedang kering dan dingin akibat menghirup udara pagi. Ditambah volume udara dingin & kering yang kamu hirup sangat banyak karena intensitas larimu yang tinggi.


Sebisa mungkin bernapas lewat hidung

Ini agar udara kering yang terhirup bisa di samakan suhunya dengan suhu tubuh. Coba bernapas dengan dalam sampai ke rongga perut.


Pelankan larimu atau jalan kaki dulu

Lari yang cepat membuatmu menghirup udara yang banyak. Inilah pemicu sensasi tersedak itu.

Atur napas dengan baik sampai kamu tidak ngos-ngosan lalu lari lagi. Ini akan membasahkan kembali tenggorokan sehingga sensasi tersedak itu tidak terjadi lagi.

Jika kamu menderita asma atau punya alergi, coba konsultasi pada dokter. Ini karena pertolongan pertama tadi mungkin tidak cukup membantu masalah ini.




Kapan Kita Perlu Memeriksakan Diri Ke Dokter?

Walaupun tersedak atau keselek ketika olahraga lari terlihat sepele, namun pada beberapa kasus berikut, akan lebih baik jika kita memeriksakan diri ke dokter.


Punya masalah alergi

Orang yang memiliki alergi akan sangat rentan terhadap masalah pernapasan. Jika saat lari kamu tersedak diikuti oleh sesak, batuk, pusing, mual, dan kamu punya masalah alergi, mungkin akan lebih baik utntuk segera memeriksakan diri ke dokter.


Punya masalah jantung

Pelari yang sering tersedak atau keselek saat lari, diikuti napas sesak, napas pendek, keringat dingin, sakit pada dada, lengan, rahang, leher, dan sakit punggung sebaiknya berhati-hati. Bisa jadi, ini merupakan gejala penyakit jantung.




Kesimpulan

Sensasi keselek/tersedak saat berlari artinya tenggorokanmu sudah kering karena sibuk ambil dan buang napas lewat mulut. Sehingga menyusahkan saat menelan air liur dan timbulah sensasi tersedak itu. 

Selain penyebab di atas, ada penyebab lain seperti salah cara bernapas, sedang stress, atau sedang dalam kondisi fitness yang buruk.

Namun, seiring tubuh yang semakin rutin olahraga, masalah tersedak/keselek saat lari inipun akan menghilang dengan sendirinya.


sumber

acaai.org

throat tightens during excercise by livestrong

throat closure by womensrunning



Artikel Lainnya Yang Setopik

Pengertian dan Cara Mengobati Anhidrosis Secara Alami | Pengertian Anhidrosis.

Penyebab Muka Merah Saat Olahraga Lari | Muka merah saat olahraga lari.

10 Cara Mengatasi Fase Plateau Pada Pelari | Plateau atau running.


Demikian pembahasan untuk tersedak/keselek saat lari kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Solusi Tersedak dan Keselek Ketika Olahraga Lari"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan