Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Jika Kita Gagal Mencapai Target Penurunan Berat Badan?

Target Penurunan Berat Badan

target penurunan berat badan







Target penurunan berat badan sering sekali gagal dicapai oleh banyak orang.

Kalau kita punya target dan pengen banget target itu bisa kita capai, akan lebih baik jika kita mengubah target besar tersebut menjadi target-target kecil yang mudah dicapai.

Target yang kecil dan mudah dicapai akan terus membuat kita termotivasi. Rasanya jadi ingin terus berusaha dan ingin terus mencoba.

Jika kamu terus-terusan gagal mencapai target penurunan berat badan, mungkin artikel ini bisa memberikan perspektif berbeda untukmu.



Apa Penyebab Turunnya Berat Badan?

Turunnya berat badan disebabkan oleh 3 hal yang saling berkesinambungan. Ketiga hal itu adalah sistem metabolisme tubuh bisa bekerja dengan baik sebagai akibat dari olahraga yang rutin, pengaturan nutrisi yang disiplin, dan istirahat yang cukup.

Ketiga hal ini harus berjalan beriringan dan berkesinambungan. Jika kita hanya fokus pada satu aspek saja, maka penurunan berat badan akan terasa susah sekali dilakukan. Bahkan jika kamu berhasil menurunkan berat badan, penurunan yang terjadi itu tidak akan bertahan lama.

Mungkin kamu pernah merasakan sendiri betapa sulitnya menurunkan berat badan kan?


Baca juga Begini caranya membakar lebih banyak kalori dengan afterburn effect | Afterburn effect.



Langkah Awal Penurunan Berat Badan?

Langkah awal saat kita ingin menurunkan berat badan adalah menganalisa gaya hidup kita. Beberapa aspek dalam gaya hidup yang perlu kita analisa antara lain:

  • seperti seberapa aktif kita berolahraga, 
  • bagaimana pola makan kita, dan 
  • seberapa baik kita beristirahat dalam satu hari.

Setelah melakukan analisa tersebut, biasanya kita akan menemukan bahwa ada masalah pada 2 atau lebih aspek tadi.

Faktanya, berat badan kita sebagian besar ditentukan oleh gaya hidup dan kebiasaan kita sehari-hari. Tentu faktor genetik juga berperan, namun dalam jangka panjang, ketiga aspek itulah yang akan sangat berperan.


Baca juga Apakah olahraga lari bagus untuk orang gemuk? | Olahraga apa yang bagus untuk orang gemuk?



Berapa kg Ideal Turun Berat Badan?

Idealnya, target penurunan berat badan yang dianggap sehat dan bisa kita pertahankan berkisar antara 0,5 hingga 1 kg per minggu. Dengan penurunan berat badan yang realistis seperti ini, kita kemungkinan besar dapat kita dipertahankan dalam jangka panjang.

Jika kamu mau berat badanmu turun dengan efek yang lebih permanen, kita perlu melakukannya dengan bertahap dengan stabil. Penurunan berat badan yang terlalu drastis atau cepat, hanya akan membahayakan tubuhmu dan sulit untuk dipertahankan secara stabil.


Baca juga Cara mencapai berat badan ideal dengan olahraga lari. | Berat badan ideal.



Target Penurunan Berat Badan per Minggu 

Berapa normal turun BB per minggu?

Normalnya turun berat badan perminggu tergantung dari kondisi berat badan masing-masing orang.

Namun, untuk lebih amannya penurunan berat badan perminggu sebaiknya tidak lebih dari 1-3kg. Penurunan berat badan lebih dari itu sebenarnya tidak sehat dan bisa berefek buruk pada kesehatan kita.


Baca juga Jika kamu memilih lari untuk membantu mencapai berat ideal, berikut 8 hal yang harus diketahui sebelum membakar kelebihan berat badan dengan berlari. | Bakar kelebihan berat badan.



1 minggu turun 1 kg apakah normal?

Penurunan 1kg perminggu bisa dikatakan normal. Apalagi jika kita memang aktif berolahraga, mengontrol kebiasaan makan, dan istirahat dengan benar.


Bisakah turun 5kg dalam 1 minggu?

Turun 5kg dalam waktu sependek itu sebenarnya tidak disarankan. Karena bisa jadi itu merupakan tanda adanya masalah serius pada kesehatan kita.

Turun berat badan yang paling aman adalah dengan menurunkan berat badan secara bertahap 0,5kg-3kg per satu atau dua minggu.


Baca juga Slow Run atau Fast Run, Mana Yang Lebih Baik Untuk Bakar Lemak? | Bakar lemak dengan slow run dan fast run.



Target Penurunan Berat Badan per Bulan

Berapa kg normal turun BB per bulan?

Berapa normal turun BB per bulan? Dengan mengubah kebiasaan dan gaya hidup menjadi lebih baik, berat badan kita seharusnya bisa turun 4-5kg perbulan dengan aman.


Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan 20 kg?

Waktu rata-rata bagi seseorang untuk menurunkan 20kg berat badan bisa bervariasi mulai dari 8-12 bulan.

Akan tetapi, semua ini tergantung dari seberapa rutin olahraga yang kita lakukan, jenis olahraga yang kita lakukan, pengaturan pola dan kebiasaan makan, dan seberapa disiplin kita dengan jam istirahat.

Faktanya, kita tidak bisa menyamaratakan proses target penurunan berat badan untuk semua orang, karena ada banyak sekali faktor yang berperan.


Baca juga Cara menghilangkan lemak di perut itu ada bermacam-macam. Namun Lari adalah cara menghilangkan lemak di perut yang paling aman, mudah, dan murah. | Cara menghilangkan lemak di perut.



Apa Ciri ciri Berat Badan Mulai Turun?

Tanda-tanda bahwa berat badan mulai turun biasanya dimulai dengan pakaian yang terasa longgar. Selain itu lingkar pinggang menjadi lebih ramping, serta badan jadi lebih berenergi saat melakukan aktivitas kita sehari-hari.

Selain itu, tekanan darah biasanya menjadi lebih stabil dan resiko diabetespun menurun. Bukan hanya itu, penampilan tubuh kitapun menjadi lebih baik dengan wajah yang lebih tirus, perut semakin rata, dan bokong yang semakin kencang.

Semua tanda-tanda ini merupakan progres positif dari target penurunan berat badan yang dilakukan secara sehat dan bertahap.

Baca juga Jadwal / program olahraga untuk menurunkan berat badan selama 8 minggu. Berikut jadwal dan program olahraga untuk menurunkan berat badan dengan lari. | Program turun BB.



Manfaat Lari dan Jogging Untuk Menurunkan Berat Badan

Lari bisa mengecilkan apa saja?

Lari bisa mengecilkan area paha dan betis. Namun, ini tergantung lari seperti apa yang dilakukan dan bagaimana variasi dari olahraga yang dilakukan perminggunya.

Jika kita hanya lari saja, tanpa ada latihan otot seperti squat, lunges, atau plank


Apakah jogging bisa mengecilkan perut buncit?

Jogging bisa membakar kalori tubuh secara keseluruhan. Akan tetapi kita tidak bisa mentargetkan area tubuh tertentu dengan hanya joging saja.

Jika kamu ingin membakar lemak dengan mentargetkan bagian tubuh tertentu seperti misalnya perut, kamu bisa melakukan latihan otot/strength training yang memang berefek pada area tersebut.

Misalnya, karena kamu ingin mengecilkan perut buncit, maka latihan otot paling cocok untukmu adalah plank.


Baca juga Cara menghilangkan lemak di perut itu ada bermacam-macam. Namun Lari adalah cara menghilangkan lemak di perut yang paling aman, mudah, dan murah. | Cara menghilangkan lemak perut.



Bagaimana Jika Target Penurunan Berat Badan Gagal Dicapai?

Misalnya, kalau kita punya target turun 5kg dalam waktu 2 bulan.

Sedih ga sih kalau kita sudah berusaha sekuat tenaga untuk lari, latihan otot, dan diet. Tapi pas lihat timbangan, eh berat badannya cuma turun sedikit.

Benar-benar bikin motivasi down. 😭

Akhirnya yah kembali lagi ke kebiasaan lama, makan berlebihan dan malas olahraga.

Bagaimana ya biar tetap termotivasi walaupun gagal mencapai target berat badan yang kita inginkan?


Bagaimana Jika Target Penurunan Berat Badan Gagal Dicapai?

Tidak apa-apa, memang kenapa kalau gagal?

Misalnya, kalau kita punya target turun 5kg dalam waktu 2 bulan.

Tapi ternyata setelah 2 bulan berusaha, BB kita cuma turun 3,5kg, 

Iya sih kita memang gagal menurunkn BB sampai 5kg. 

Tapi bukankah itu berarti kita sudah berhasil turun 3,5kg dari BB awal kita? Bukankah ini juga adalah sebuah progres?

Iya sih targetnya gagal, tapi berat badanmu turun ga?

Turun dong.

Ya berarti kamu tidak gagal  😀



Atau misalnya kita ingin bisa lari 10km nonstop dalam waktu 2 bulan.

Daripada langsung mencoba lari 10km, kita bisa mulai lari 1km nonstop di minggu ini lalu naik menjadi 2km nonstop di minggu depan. 

Lalu 3km di minggu depannya.

Lalu 4km di minggu depannya lagi.

dst.


Tanpa sadar, kita sudah bisa lari 8km nonstop dalam waktu 2 bulan.

Bayangkan! Hanya dalam waktu 2 bulan, kita sudah 80% lebih dekat dengan target kita. Hanya dengan melakukan target-target kecil yang mudah dicapai.

Nah, sama dengan target berat badan tadi. Kita pasti akan kesulitan berusaha menurunkan BB selama 2 bulan.

Jadi, akan lebih baik jika kita mengubah target tersebut menjadi target yang lebih kecil, misalnya turun BB sebanyak 1-2 kg dalam waktu 2 minggu.

Dengan membagi target besar menjadi target-target kecil, kita mendapatkan rasa puas karena melihat dan merasakan sendiri bahwa ada progres yang jelas sedang terjadi.

Bahkan ketika kita tidak mampu mencapai target penurunan berat badan tersebut, kita tidak akan langsung down dan merasa segala hal yang sudah diusahakan adalah hal yang sia-sia.

Ini akan sangat berpengaruh pada kondisi mental dan motivasi kita.

Membentuk fisik yang ideal itu adalah sebuah perjalanan. Perut buncit kita tidak akan tiba-tiba menyusut dan jadi six pack dalam waktu semalam saja.

Yang bikin kita berhasil turun berat badan bukan seberapa keras olahraganya, tapi seberapa konsisten kita menjalaninya.


Jadi, tolong jangan menyerah.


Ini akan sangat berpengaruh pada kondisi mental dan motivasi kita.


Baca juga Jadwal Olahraga Lari 8 Minggu Untuk Menurunkan Berat Badan | Jadwal / program olahraga untuk menurunkan berat badan selama 8 minggu. | Program olahraga untuk menurunkan berat badan.




program penurunan berat badan




Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Berikut adalah beberapa cara untuk menurunkan berat badan secara alami dengan efek yang lebih permanen.

Pilih pola makan sehat dan seimbang. Fokuslah pada makanan alami, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, protein tanpa lemak berlebihan. Hindari makanan olahan, gula tambahan, dan makanan tinggi lemak jenuh. Selain itu, kendalikan porsi makan agar kamu tidak makan berlebihan. Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan dalam porsi yang terlalu besar.

Hindari makan terlalu cepat. Makan terlalu cepat dapat membuat kita makan lebih banyak dari yang sebenarnya tubuh kita butuhkan. Makan secara buru-buru tanpa benar-benar mengunyah makanan akan membuat tubuh makan lebih banyak sebelum perut akhirnya merasakan rasa kenyang.

Hindari konsumsi minuman manis berlebihan. Minuman bersoda dan minuman manis dengan kandungan gula yang tinggi akan memicu kadar gula berlebih dalam darah. Sebaiknya, minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Air membantu proses pencernaan dan menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Olahraga teratur. Melakukan aktivitas fisik secara teratur membantu membakar kalori, meningkatkan metabolisme, dan mempertahankan berat badan yang sehat. Target penurunan berat badan dimulai dengan memilih makanan yang sehat dan dilengkapi dengan olahraga yang teratur.

Tidur yang cukup. Pastikan kamu mendapatkan tidur malam yang cukup. Kurang tidur dapat mempengaruhi hormon yang mengontrol nafsu makan dan metabolisme. Orang yang kurang tidur cenderung akan makan lebih banyak. Bukan karena mereka butuh makanan, tapi hanya untuk mengisi waktu saat mereka sedang tidak bisa tidur.

Hindari stres berlebihan. Stres dapat menyebabkan penumpukan lemak di area perut. Bagi kebanyakan orang yang mengalami obesitas, makan adalah pelarian dari stres yang mereka rasakan. Oleh karena itu, hindari stres yang berlebihan.

Jaga konsistensi dan kesabaran. Penurunan berat badan adalah proses yang membutuhkan waktu. Jangan terburu-buru atau memaksakan diri untuk mendapatkan hasil yang terlalu cepat. Target penurunan berat badan sebaiknya diraih dengan bertahap dan terukur. Akan lebih mudah jika target itu kita pecah menjadi target-target kecil yang mudah dicapai.


Baca juga Bakar lemak dengan slow run dan fast run ada caranya tersendiri. Berikut cara bakar lemak dengan slow run dan fast run untuk pelari indonesia. | Bakar lemak.



Kesimpulan

Target penurunan berat badan bukan hanya soal menurunnya angka di timbangan berat badan yang kita lakukan. Usaha untuk menurunkan berat badan merupakan hasil dari berbagai macam aspek seperti olahraga, pola makan, dan istirahat yang cukup.

Kita sebaiknya tidak langsung down saat target tersebut tidak sepenuhnya tercapai. Menurunkan berat badan memang susah, dan oleh karena itu kita harus melihat kegagalan dari prespektif berbeda.



sumber : clevelandclinic



Daftar Para Ahli di Artikel Ini

Ben Kuharik, spesialis aktivitas olahraga fisik.



Artikel Lainnya Yang Setopik

Manfaat olahraga lari untuk bakar lemak memang terkenal. Namun, manfaat apa yang bisa olahraga lari berikan untuk proses pembakaran lemak? | Manfaat lari untuk bakar lemak.

Penyebab berat badan susah turun walaupun sudah olahraga dengan rutin ada beberapa faktor. Berikut penyebab susah turun berat badan dan solusinya. | Penyebab BB susah turun.

Cara ngecilin paha yang permanen ditentukan oleh banyak sekali faktor. Berikut solusi konkret jika kamu mau tahu cara ngecilin paha dengan berlari. | Cara mengecilkan paha.

Cara agar berat badan naik terdiri dari 2 hal utama, makanan dan olahraga. Ayo pelajari cara agar berat badan naik secara alami di sini! | Cara agar BB naik.

Menghitung pembakaran kalori bisa dengan kalkulator kalori terbakar. Namun, kamu juga bisa sendiri untuk menghitung pembakaran kalori dengan cara ini. | Cara menghitung pembakaran kalori.

Metabolisme adalah serangkaian proses biokimia dalam tubuh yang mengubah makanan menjadi energi. Berikut efek lari pada metabolisme. | Cara meningkatkan metabolisme tubuh.

Cara membakar lemak paling cepat adalah dengan lari, latihan otot, dan defisit kalori. Berikut cara-cara membakar lemak paling cepat. | Cara cepat bakar lemak.

Olahraga kardio terbaik untuk membakar lemak adalah lari interval. Pelajari bagaimana cara membakar lemak dengan olahraga kardio terbaik di sini. | Kardio untuk bakar lemak.

Olahraga yang cepat menurunkan berat badan perlu dipelajari lebih jauh sebagai pelari. Berikut panduan olah raga yg cepat menurunkan berat badan. | Olahraga untuk menurunkan BB.


Demikian pembahasan untuk target penurunan berat badan kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk.  

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

last update : 5/11/23

Posting Komentar untuk "Bagaimana Jika Kita Gagal Mencapai Target Penurunan Berat Badan?"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan