Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Lari Untuk Penyempitan Pembuluh Darah

Penyempitan Pembuluh Darah

penyumbatan pembuluh darah







Penyempitan pembuluh darah merupakan hal yang umum terjadi pada saat ini. Ketika banyak pekerjaan bisa dilakukan dalam posisi statis dan fisik yang jarang diajak bergerak, resiko terjadinya masalah pada pembuluh darah menjadi semakin besar.

Pada postingan kali ini, kita akan membahas apa manfaat olahraga lari untuk meminimalisir terjadinya masalah pada peredaran darah. Jadi, apakah lari bisa menjadi alternatif penyembuhan penyempitan pembuluh darah (collesterol, gula, lemak, nikotin, dll)?



Penyebab Penyempitan Pembuluh Darah

Penyempitan pembuluh darah atau aterosklerosis disebabkan oleh penumpukan plak di dinding pembuluh darah. Plak ini sendiri biasanya terdiri dari lemak, kolesterol, sel-sel darah, dan zat-zat lain yang menempel pada dinding pembuluh darah.

Kenapa ada plank yang bisa menempel di pembuluh darah? Penyebab utamanya adalah karena gaya hidup yang tidak sehat. Jadi, apakah beberapa hal di bawah ini sering kamu lakukan setiap hari?


Merokok

Asap rokok berpengaruh dalam kerusakan dinding pembuluh darah. Zat senyawa yang terkandung dalam setiap tarikan rokok ke dalam paru-paru akan memperburuk kondisi dinding pembuluh darah.


Kolesterol

Kolesterol sangat dipengaruhi oleh makanan dan pola makan kita. Banyak makanan pada saat ini semakin enak, tapi juga semakin tidak sehat untuk tubuh.


Kurang olahraga

Setelah kecanduan merokok dan makan sembarangan, akan sangat buruk bagi tubuh jika kita juga jarang berolahraga. Secara anatomi, tubuh manusia didesain untuk sering bergerak. Ketika tubuh jarang bergerak, maka penyakit akan lebih mungkin muncul.


Stress berlebihan

Selain dirusak dari luat, pembuluh darah juga bisa dirusak dari dalam dengan kadar stress yang berlebihan. Ini karena ketika sedang stress, tubuh kita akan melepas hormon yang bisa menyempitkan pembuluh darah.


Riwayat keluarga

Selain karena kebiasaan sehari-hari yang tidak sehat, masalah pada pembuluh darah bisa juga diturunkan dari keluarga dekat seperti misalnya orang tua. 

Jika kamu memiliki keluarga yang pernah mengalami masalah pada pembuluh darah, sebaiknya periksakan diri ke dokter dan jadilah lebih aktif berolahraga sebagai tindak pencegahan.


Semakin tua

Penyebab alami seperti penuaan juga bisa menyebabkan masalah. Ini karena semakin tua, semakin sulit bagi tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Jika kamu masih muda, akan sangat baik untuk memulai kebiasaan sehat sejak sekarang agar ketika sudah tua nanti kesehatan tubuh jadi jauh lebih baik.


Baca juga Tips Memulai Kebiasaan Olahraga Lari di Usia 40 an Beserta Jadwal Larinya | Tips mulai olahraga lari untuk orang usia 40 tahun keatas.



Apa Bahaya Pembuluh Darah Menyempit?

Penyempitan pembuluh darah merupakan bom waktu yang bisa secara tiba-tiba memunculkan masalah pada tubuh kita. Berikut beberapa masalah yang bisa dipicu oleh pembuluh darah yang tidak sehat.


Masalah pada jantung

Penyakit jantung adalah salah satu bahaya utama dari pembuluh darah yang menyempit. Jika arteri koroner yang menyuplai darah ke jantung menyempit, bisa menyebabkan serangan jantung.


Stroke

Selain masalah pada jantung, otak juga bisa mengalami masalah pembuluh darah ini. Stroke merupakan bahaya utama pada otak yang kekurangan oksigen akibat adanya masalah pada pembuluh darah.

Seperti yang kita tahu, berbagai macam organ di tubuh manusia memerlukan pasokan darah berisi oksigen untuk bisa bekerja dengan baik. Ketika pasokan oksigen ini terputus, maka akan terjadi kerusakan parah pada organ tersebut.


Gangguan penglihatan

Selain dapat menyebabkan stroke, pembuluh darah yang menyempit juga bisa mempengaruhi kemampuan visual seseorang. Jika ada masalah pada pembuluh darah di area mata, besar kemungkinan akan muncul gangguan pada penglihatan dan bahkan kebutaan.


Gagal ginjal

Ginjal membutuhkan pasokan darah yang besar saat menyaring racun dari tubuh. Ketika pasokan darah berkurang akibat penyempitan, maka resiko terjadinya kerusakan ginjal bisa semakin besar.

Ada banyak masalah lain yang bisa terjadi jika peredaran darah pada tubuh kita terganggu, namun beberapa hal di atas adalah yang paling sering terjadi pada orang yang memiliki masalah penyempitan pembuluh darah.



Apa Gejala-gejala Penyempitan Pembuluh Darah?

Seringkali masalah pada peredaran darah tidak menunjukan gejala yang jelas, sampai semuanya terlambat. Namun, ada beberapa hal yang selalu terjadi sebelum penyakit utama muncul pada tubuh.


Sakit di area dada

Arteri koroner merupakan arteri penting pada area dada. Ketika ada masalah pada arteri ini, maka akan muncul rasa sakit atau nyeri di area dada.


Sesak napas

Aliran darah yang terganggu pada paru-paru bisa membuat napas menjadi sesak. Ketika napas mudah sekali sesak, bahkan saat kamu sedang tidak berolahraga, bisa jadi ada masalah pada aliran darah ke paru-paru.


Kram dan kebas pada tubuh

Nyeri, kram, dan kebas di berbagai area tubuh bisa saja merupakan tanda ada pembuluh darah yang terganggu dan tidak mampu mengalirkan darah dengan baik.


Penglihatan menurun

Kemampuan melihat tiba-tiba kabur, menyempit, atau terbatas bisa juga merupakan tanda kalau ada peredaran darah yang terganggu.


Sakit kepala

Jika pembuluh darah yang menyempit terjadi di leher atau kepala, kamu mungkin akan mengalami sakit kepala atau pusing.


Baca juga Sakit kepala, pusing, dan mual setelah lari banyak penyebabnya. Berikut 5 penyebab dan cara mengatasi pusing dan mual setelah olahraga. | Sakit kepala habis lari.



Apakah Penyempitan Pembuluh Darah Bisa Disembuhkan?

Bagaimana cara mengatasi pembuluh darah menyempit?

Penyempitan pembuluh darah dapat diatasi dengan berbagai cara tergantung pada penyebab dan tingkat keparahannya. 

Cara mengatasi masalah pada pembuluh darah antara lain:


Mengubah gaya hidup

Menerapkan pola hidup sehat seperti berhenti merokok, mengonsumsi makanan sehat, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu mengatasi penyempitan pembuluh darah.


Mengonsumsi obat-obatan

Ada beberapa obat-obatan yang dapat membantu mengatasi penyempitan pembuluh darah, seperti obat-obatan untuk menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan gula darah.


Tindakan pembedahan

Jika penyempitan pembuluh darah sudah sangat parah dan mengancam jiwa penderitanya, tindakan pembedahan mungkin diperlukan, seperti angioplasti atau bypass jantung.


Terapi vaskular, fisik, dan relaksasi

Terapi ini dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah dan meningkatkan aliran darah ke organ tubuh yang terkena.

Selain itu, teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan sirkulasi darah.

Bukan cuma itu, terapi fisik seperti latihan fisik, pijat atau akupunktur dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat otot-otot.




Apakah Olahraga Bisa Melebarkan Pembuluh Darah?

Olahraga mampu melebarkan pembuluh darah karena saat berolahraga, terutama olahraga kardio seperti lari, detak jantung dan peredaran darah akan meningkat.

Selain itu, olahraga juga dapat membantu meningkatkan elastisitas dinding pembuluh darah, sehingga menjadi lebih fleksibel saat dialiri oleh darah. 

Ini akan melebarkan pembuluh darah di seluruh tubuh, terutama pembuluh darah di area yang penting seperti otak dan jantung.

Olahraga juga membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, yang dapat membantu mencegah penyempitan pembuluh darah.


Baca juga Manfaat olahraga kardio seperti lari untuk jantung sudah terkenal. Olahraga kardio aerobik seperti lari punya efek baik meningkatkan kondisi jantung. | Manfaat olahraga untuk jantung.



Apa Yang Terjadi Pada Pembuluh Darah Saat Berolahraga?

Saat berolahraga, terjadi beberapa perubahan yang bermanfaat untuk pembuluh darah. Beberapa perubahan tersebut antara lain:


Ukuran pembuluh darah melebar

Saat berolahraga, pembuluh darah akan melebar untuk meningkatkan aliran darah seiring kebutuhan akan darah berisi oksigen yang dibutuhkan oleh otot. Hal ini membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.


Heart rate meningkat

Selama berolahraga, heart rate atau detak jantung akan meningkat untuk memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh. Semakin baik pasokan darah saat kita sedang berolahraga, semakin baik pula performa lari kita.


Kekuatan pembuluh darah meningkat

Pada kasus dimana terjadi penyempitan pembuluh darah, dinding dari pembuluh darah menjadi tidak kuat dan rentan terjadi kerusakan.

Dengan rutin berolahraga, terjadi peningkatan kekuatan dan elastisitas dinding pembuluh darah. Hal ini membantu mengurangi risiko kerusakan atau robeknya pembuluh darah.


Tekanan darah menjadi stabil

Orang dengan tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah sama-sama memiliki masalah pada peredaran darah mereka.

Olahraga kardio seperti berlari akan membantu mengurangi resistensi aliran darah dan membuat jantung bekerja lebih efisien. Ini pada akhirnya membuat tekanan darah menjadi lebih stabil.


Pembuluh darah



Olahraga Apa Saja Yang Dapat Melancarkan Peredaran Darah?

Olahraga yang dapat melancarkan peredaran darah umumnya adalah olahraga kardio. Olahraga seperti itu antara lain adalah seperti berikut.


Berjalan kaki

Rutin jalan kaki membantu melancarkan peredaran darah, bahkan jika kita hanya jalan kaki selama 30 menit. Untuk membaca lebih jauh terkait manfaat jalan kaki, silahkan baca artikel berikut.

Manfaat jalan kaki ada banyak sekali, apalagi untuk seorang pelari. Berikut beberapa manfaat jalan kaki yang perlu kita tahu. | 23 manfaat jalan kaki.


Gowes sepeda

Bersepeda membuat otot kaki aktif memompa darah dari dan ke jantung, tanpa menimbulkan impak berlebih ke kaki. Setidaknya coba bersepeda 1 kali dalam seminggu.


Berenang

Berenang bukan cuma memperlancar aliran darah, tapi juga bagus untuk relaksasi otot-otot yang mungkin selama ini terus-terusan tegang. Jika kamu punya akses ke kolam renang, coba setidaknya berenang 1 kali dalam seminggu.


Lari

Apakah Lari Bisa Melancarkan Peredaran Darah? Lari atau jogging dapat membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke otak dan jantung. 

Coba lari dengan program latihan yang tersusun baik sehingga manfaat dari lari untuk penyempitan pembuluh darah bisa kamu dapatkan dengan maksimal.



Kesimpulan

Penyempitan pembuluh darah dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, stroke, dan gangguan sirkulasi darah. 

Olahraga secara umum dapat membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah, melalui efek seperti melebarnya pembuluh darah, peningkatan detak jantung, peningkatan kekuatan pembuluh darah, dan menjaga kestabilan tekanan darah.

Namun, sebelum memulai program olahraga baru, penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Terutama jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu yang mempengaruhi pembuluh darah.



Artikel Lainnya Yang Setopik

Manfaat Lari Untuk Penderita Stress Dan Depresi Serta Efeknya Untuk Kehidupan | Manfaat lari untuk mengurangi stress.

Manfaat berlari untuk mood manusia memang semakin terbukti. Berikut manfaat berlari untuk mood dan kesehatan mental yang lebih baik. | Manfaat lari untuk kestabilan mood.

Manfaat Olahraga Lari Berdasarkan Waktunya (Lari Pagi Siang Sore Malam) | Manfaat olahraga lari bisa berbeda-beda tergantung waktu pelaksanaannya.| Manfaat lari menurut waktunya.

Manfaat olahraga membuat sistem imun dan kondisi organ tubuh menjadi jauh lebih baik karena rutin berlari. Berikut ulasan tentang manfaat olahraga. | Manfaat lari untuk sistem imun.

Rutin olahraga lari dalam semingggu memberikan banyak manfaat untuk fisik & mental. Berikut manfaat lari dalam seminggu & jadwal lari untuk 1 minggu. | Lari 1 minggu.

7 Manfaat Olahraga Lari Selama 30 Menit | Manfaat lari 30 menit adalah mampu meningkatkan level aerobik. Berikut daftar 7 manfaat olahraga lari 30 menit. | Lari 30 menit.

7 Alasan Kenapa Harus Mulai Rutin Olahraga Lari | Alasan kenapa harus lari ada berbagai macam tergantung setiap orang. Berikut 7 alasan kenapa kita harus mulai rutin olahraga lari. | Alasan buat rutin olahraga.



Demikian pembahasan untuk penyempitan pembuluh darah kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk.  

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Manfaat Lari Untuk Penyempitan Pembuluh Darah"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan