Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Olahraga Lari Untuk 5 Organ Tubuh Manusia

Organ Tubuh Manusia








Organ tubuh manusia bisa dipelihata dengan makan makanan bergizi seimbang dan olahraga yang cukup. Bicara soal olahraga, kita bisa menjaga kesehatan organ-organ kita dengan olahraga lari.



Apa Tujuan Kita Melakukan Olahraga?

Olahraga bertujuan meningkatkan keefektifan kerja berbagai organ tubuh dan memelihara kesehatannya. Faktanya, tubuh manusia dengan segala anatominya, memang didesain untuk banyak bergerak.

Ketika tubuh terlalu sering statis dan tidak banyak bergerak, sistem metabolisme tubuh terganggu dan menimbulkan berbagai masalah kesehatan.



Apakah Olahraga Penting Untuk Menjaga Kesehatan Organ?

Olahraga penting untuk menjaga kesehatan organ-organ tubuh. Ini karena semakin rutin kita berolahraga, semakin baik tubuh dalam menetralisir dan membuang racun yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman.

Selain karena kebiasaan hidup yang tidak sehat, racun dan kalori berlebih merupakan faktor yang membuat kesehatan organ tubuh manusia menjadi terganggu. 

Semakin lama kita membiarkan tubuh tetap dalam kondisi yang tidak aktif berolahraga, semakin besar resiko munculnya penyakit-penyakit berat dan mengancam nyawa seperti penyakit jantung maupun diabetes.



Bagian Tubuh dan Organ Manakah Yang Sangat Dirasakan Manfaatnya Saat Kita Melakukan Jogging Atau Lari?

Bisa dibilang semua bagian tubuh dan organ akan merasakan manfaat dari jogging atau lari yang kita lakukan.

Ini karena lari mampu mengaktifkan otot, melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh sehingga membantu tubuh memelihara kondisinya.

Pertama, otot menjadi semakin kencang dan mampu membakar lemak di bawah kulit dengan efektif, saat bekerja menghasilkan energi. Ini akan membuat lapisan lemak mengecil dan menstabilkan berat badan.

Kedua, sistem metabolisme tubuh meningkat. Sistem metabolisme merupakan sistem dimana tubuh membakar kalori / lemak menjadi energi. Semakin baik sistem metabolisme tubuh kita, semakin baik pula sistem produksi energi pada tubuh.

Ketiga, secara mental olahraga kardio seperti joging dan lari merupakan cara menurunkan stress dan depresi. Orang yang jarang berolahraga, cenderung mudah lemas, lesu, tidak bertenaga, dan seperti kehilangan gairah dalam hidup. Ini semua akan berdampak pada kerja organ tubuh manusia yang kita miliki.



Manfaat Lari Untuk Jantung

Apakah lari baik untuk kesehatan jantung?

Lari baik untuk kesehatan jantung karena mampu menstabilkan tekanan darah maupun level kolesterol, menjaga berat badan ideal, mencegah obesitas, menguatkan otot jantung, dll. Jantung butuh dilatih dengan membuatnya berdetak dengan irama yang stabil dan cepat. Semakin rutin kita melatih heart rate atau detak jantung, semakin baik pula kinerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh.


Mengapa lari dapat menyehatkan jantung?

Ada beberapa manfaat lari yang dapat menyehatkan organ tubuh manusia terutama jantung, seperti.

Mentabilkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Rutin lari 30 menit mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (low density lipoportein) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (high density lipoprotein).

Menjaga berat badan ideal dan mencegah obesitas. Orang dengan masalah berat badan berlebih biasanya memiliki resiko penyakit jantung yang lebih besar. Biasanya, semakin berlemak tubuh seseorang, semakin berat kerja jantung memompa darah ke seluruh organ tubuh manusia tersebut.

Memperkuat otot jantung. Jantung merupakan organ yang penuh dengan otot, dan otot bisa diperkuat dengan olahraga. Oleh karena itu, semakin rutin kita berlari, semakin kuat otot jantung kita. Otot jantung yang kuat akan membantu peredaran darah di dalam tubuh.

Meringankan kerja jantung dan mengurangi resiko penyakit jantung. Jantung yang baik adalah jantung yang bisa bekerja dengan efisien sehingga detaknya stabil. Lari bisa membuat kebugaran fisik meningkat sehingga kerja jantung menjadi ringan. Jika semua ini rutin dilakukan, kita bisa mengurangi resiko penyakit jantung sebanyak 35-55%.



Manfaat Lari Untuk Ginjal

Bagaimana cara menyehatkan ginjal? 

Ginjal sebenarnya sama dengan organ tubuh manusia lainnya, mereka perlu istirahat yang cukup, nutrisi yang baik, dan olahraga yang rutin.

Dengan kebiasaan hidup yang baik, berbagai organ tubuh kita akan sehat dan termasuk juga ginjal. Faktanya, berbagai masalah terjadi pada tubuh karena ada banyak kebiasaan kita yang tidak sehat.


Olahraga apa yang baik untuk ginjal?

Olahraga yang baik untuk ginjal adalah olahraga yang membuat tubuh kita aktif bergerak seperti misalnya lari. Berlari membantu tubuh membakar kalori, menstabilkan detak jantung, memperlancar aliran darah, dan memperbaiki sistem pembuangan sampah serta racun dari tubuh. Semua manfaat ini akan berdampak pada kondisi ginjal kita.


Apakah lari bisa menyehatkan ginjal? 

Manfaat jogging untuk ginjal membantu menjaga kebugaran tubuh dan kinerja berbagai organ tubuh manusia.

Lari tentu bisa menyehatkan ginjal karena lari merupakan olahraga yang membuat tubuh aktif bergerak. Olahraga seperti ini akan menjaga keseimbangan kadar garam, kalsium, dan mineral pada tubuh.

Pada tubuh yang normal, kelebihan berbagai zat tersebut akan disaring ginjal dan dibuang melalui urin sehingga pengendapan yang merusak tubuh bisa dihindari.


Bagaimana agar fungsi ginjal kembali normal?

Fungsi ginjal bisa kembali normal dengan rutin berlari. Lari akan meningkatkan peredaran darah ke berbagai organ termasuk ginjal. Ketika ginjal mendapatkan pasokan darah yang cukup, kerja ginjal dalam menyaring racun dan zat sampah lain menjadi lebih baik.


Apakah penyakit ginjal dapat dicegah?

Penyakit ginjal yang paling umum adalah terbentuknya batu ginjal, yang merupakan pengkristalan dari berbagai sampah dan seharusnya keluar dari tubuh bersama urin.

Ketika kita rutin lari, kadar berbagai zat berlebih dan sampah yang berpotensi mengkristal dalam ginjal bisa dibuang dengan lebih baik.




Manfaat Olahraga Lari Untuk Organ Pencernaan

Olahraga apa yang baik untuk usus?

Olahraga seperti lari akan menstabilkan sekitar 100 trilyun bakteri pada usus yang berguna dalam proses pencernaan makanan dan melindungi sistem imun. Selain itu, olahraga yang aktif dilakukan juga mengurangi tumbuhnya bakteri jahat yang bisa mengganggu pencernaan seperti diare, begah, mual, dan kembung.


Apakah olahraga bisa memperlancar pencernaan?

Mengapa olah raga secara teratur bermanfaat bagi organ pencernaan? Ini karena olahraga secara umum membuat berbagai area di tubuh aktif bergerak. Terutama di area perut dimana berbagai organ tubuh manusia khususnya organ pencernaan berada.

Olahraga membuat makanan mudah bergerak dan dicerna karena gerakan peristalsis (gerakan pada otot usus) bergerak mendorong makanan yang masuk.


Apakah lari melancarkan BAB?

Apakah olahraga bisa menyembuhkan sembelit? Tentu olahraga bisa melancarkan buang air besar. 

Ini karena olahraga mencegah terjadinya masalah pencernaan seperti kembung dan konstipasi. Olahraga seperti lari akan menstimulasi usus, meningkatkan aliran darah ke usus, sehingga proses pencernaan sampai pembuangan menjadi lebih mudah dilakukan.


Manfaat olahraga untuk asam lambung

Olahraga terbukti mengurangi stress yang bisa berbahaya untuk orang yang memiliki masalah irritable bowel syndrome (IBS). Orang dengan lambung bermasalah biasanya memiliki masalah IBS ini, dan menurut American Journal Gastoenterology, olahraga akan mengurangi gejala dari IBS tersebut.




Manfaat Olahraga Lari Untuk Otak

Apakah olahraga baik untuk otak?

Olahraga baik untuk otak karena mampu meningkatkan sirkulasi darah ke berbagai organ tubuh manusia, salah satunya ke otak kita.

Otak kita membutuhkan pasokan darah berisi oksigen dan nutrisi untuk bisa menunjang aktivitas kita sehari-hari. Semakin baik pasokan darah ke otak, maka akan semakin baik pula kerja otak.


Apakah olahraga mencerdaskan otak?

Olahraga, terutama olahraga kardio seperti berlari, akan meningkatkan kondisi sistem kardiovaskular pada tubuh kita.

Sistem kardiovaskular yang baik akan meningkatkan daya pikir serta IQ kita. Bahkan, diketahui bahwa level kardiovaskular yang baik akan meningkatkan kecerdasan verbal sampai 50%.

Ini karena sistem kardio seringkali dikaitkan pada kemampuan kognitif (berbicara/berpikir) seseorang.


Apakah olahraga dapat melatih mental?

Olahraga seperti berlari akan melatih mental karena lari merupakan olahraga melawan diri sendiri.

Semakin jauh jarak larinya, semakin besar pula tantangan yang harus dilewati seorang pelari. Perasaan sakit, lelah,  dan ingin menyerah di sepanjang jarak lari akan melatih mental kita untuk menjadi lebih kuat.

Banyak pelari pemula yang mencoba-coba lari, dan ketika lari terasa capek dan menyakitkan, mereka menyerah dan berhenti lari. Namun, bagi mereka yang mampu melewati semua itu, mental mereka akan terbentuk, tangguh, dan bahkan menyukai segala kesulitan maupun tantangan yang dihadapi.


Baca juga Cara Agar Kuat Lari Dengan Membangun Stamina, Makan Sebelum Lari, dan Mengatur Pikiran | Cara agar kuat berlari.



Manfaat Lari Untuk Organ Reproduksi

Apa manfaat olahraga bagi alat reproduksi?

Olahraga memiliki manfaat untuk organ reproduksi. Diketahui bahwa latihan yang intens mampu meningkatkan kesuburan dan membantu ovulasi.

Akan tetapi, olahraga yang tidak dimonitor dan dilakukan sembarangan justru akan memberikan negatif efek pada kesuburan pasangan. Pastikan kita selalu rutin olahraga dan menjaga berat badan ideal sehingga kesehatan sistem reproduksi selalu terjaga.


Apa kaitan antara rajin berolahraga dengan kesehatan organ reproduksi?

Olahraga secara rutin mampu meningkatkan jumlah ovulasi yang mana membuat siklus menstruasi jadi rutin dan membantu kesuburan.


Apa hubungan exercise dengan kesehatan reproduksi wanita?

Olahraga rutin selama 30-60 menit membantu mengurangi masalah kesuburan pada wanita.

Akan tetapi, olahraga yang dilakukan sebaiknya tidak terlalu ringan dan juga tidak terlalu berat. Tanpa perencanaan program olahraga yang baik, maka olahraga yang kita lakukan cenderung terlalu berat dan malah mengganggu tingkat kesuburan pada wanita.






Kesimpulan

Organ tubuh manusia ada banyak macam dan memiliki fungsinya masing-masing. Namun, semua organ tersebut punya satu kesamaan, yaitu butuh olahraga untuk menjaga dan meningkatkan kondisinya.

Organ yang bisa dijaga dengan rutin olahraga antara lain jantung, paru, ginjal, otak, organ pencernaan, dan organ reproduksi.

Tentu masih ada banyak sekali manfaat lari untuk berbagai organ tubuh manusia, namun 5 organ tubuh penting di atas seharusnya sudah cukup mewakili.


sumber:

Excercise benefits reproductive health by pandiahealth

Boost your IQ by INC

Exercise for your digestive system by healthspan

Does exercise help kidney function by healthykidneyclub

Running improves your heart health by bronsonhealth



Artikel Lainnya Yang Setopik

Manfaat Olahraga Kardio Seperti Berlari Untuk Kesehatan Jantung | Manfaat olahraga kardio.

Manfaat Lari Untuk Penderita Stress Dan Depresi Serta Efeknya Untuk Kehidupan | Manfaat lari untuk mengurangi stress.

Manfaat Olahraga | Alasan Kenapa Seorang Pelari Jarang Jatuh Sakit | Manfaat olahraga untuk sistem imun.


Demikian pembahasan untuk manfaat olahraga untuk organ tubuh manusia kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk.  

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Manfaat Olahraga Lari Untuk 5 Organ Tubuh Manusia"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan