Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Olahraga Lari Untuk Bakar Lemak

Manfaat Olahraga Lari

Bakar Lemak







Manfaat olahraga lari terkenal untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan memang terkenal. Namun apa yang membuat lari bagus untuk membakar lemak?



Apa Ciri ciri Lemak Terbakar Saat Olahraga?

Bagaimana cara mengetahui lemak terbakar? Lemak terbakar saat olahraga terdiri dari 3 hal, yaitu:


Kebutuhan oksigen meningkat

Oksigen merupakan senyawa penting untuk menghasilkan energi saat lari. Ini karena oksigen merupakan bahan bakar untuk membakar kalori dan lemak di tubuh. Jika pasokan oksigen sedikit, tubuh tidak bisa membakar kalori dengan baik. Oleh karena itu, semakin banyak oksigen yang kita hirup, maka semakin banyak pula kalori yang kita kita bakar saat lari.


Produksi keringat meningkat

Keringat merupakan cara tubuh mendinginkan suhu dan merupakan tanda penting bahwa sejumlah lemak sedang dibakar menjadi energi. Semakin banyak keringat, semakin banyak pula kalori yang kita bakar. Ini yang mungkin membuat manfaat olahraga lari terkenal dalam membakar lemak.


Baca juga Anhidrosis adalah kondisi dimana tubuh tidak mampu secara otomatis mendinginkan dirinya sendiri. | Pengertian anhidrosis.


Tubuh semakin enak dibawa lari

Di menit-menit awal olahraga, tubuh kita mungkin akan terasa sedikit kaku dan tidak nyaman untuk berlari. Namun, seiring otot semakin luwes saat lari, semakin baik juga tubuh kita bekerja pada performa terbaiknya. Ketika berada di performa terbaik, semakin baik pula tubuh membakar lemak saat olahraga.



Bagaimana Cara Tubuh Mengeluarkan Lemak?

Banyak yang menyangka bahwa lemak hanya diubah menjadi panas dan energi saat kita berolahraga. Apakah lemak diubah menjadi energi saat olahraga? Iya, namun tidak hanya itu.

Faktanya, menurut penelitian di Australia yang dipublish pada British Medical Journal tahun 2013 menunjukan bahwa, lemak keluar dari tubuh dengan lebih banyak diubah menjadi karbondioksida. Selain itu, lemak juga dibuang dalam bentuk cairan seperti keringat dan urin.

Penelitian itu menyatakan bahwa sekitar 10kg lemak di tubuh kita bisa diubah menjadi 8.4kg karbondioksida dan 1.6 kg cairan.

Artinya, lemak di tubuh tidak selalu diubah menjadi energi. Lemak yang ada di tubuh sebagian besar dikeluarkan dalam bentuk gas karbondioksida setiap kali kita bernapas dan cairan setiap kali kita kencing atau berkeringat. Sementara itu, olahraga mempercepat proses pengeluaran lemak. Inilah sebenarnya manfaat olahraga lari untuk membakar lemak di tubuh.


Baca juga Jika kamu memilih lari untuk membantu mencapai berat ideal, berikut 8 hal yang harus diketahui sebelum membakar kelebihan berat badan dengan berlari. | Bakar lemak.



Kapan Tubuh Membakar Lemak Saat Olahraga?

Ada 2 macam sumber energi tubuh, lemak dan glikogen.

Tubuh mulai membakar lemak sebagai sumber energi sejak awal latihan, terutama pada intensitas latihan rendah hingga sedang. Pada tingkat ini, lemak menjadi kontributor utama dalam memenuhi kebutuhan energi. 

Namun, ketika intensitas latihan meningkat, seperti dalam latihan HIIT, tubuh cenderung beralih menggunakan karbohidrat (glikogen) sebagai sumber energi utama karena dapat diserap lebih cepat. 

Selain itu, jika kita lari jarak jauh seperti long run atau marathon, tubuh akan menggunakan kombinasi lemak dan karbohidrat sebagai bahan bakar utama.

Intinya, selama tubuh kita masih aktif bergerak/berolahraga, selama itu pulalah tubuh akan terus membakar lemak.



Baca juga Olahraga apa yang bagus untuk orang gemuk? Olahraga untuk orang yang gemuk dan ingin menurunkan berat badan adalah latihan otot dan lari. | Olahraga untuk orang gemuk.



Olahraga Apa Yang Paling Cepat Membakar Lemak?

Olahraga yang membakar lemak paling banyak adalah olahraga yang dilakukan dengan bervariasi, baik dari intensitas maupun jenis olahraganya. 

Untuk bisa efektif membakar lemak, kita tidak bisa hanya olahraga ringan saja atau olahraga berat saja. Bukan hanya itu, kita  juga tidak bisa hanya melakukan 1 jenis olahraga saja.

Olahraga berintensitas ringan sampai sedang (low to moderate intensity) akan meningkatkan penggunaan lemak sebagai sumber energi secara lebih baik, dibanding olahraga berintensitas tinggi.

Namun, jumlah kalori yang dibakar sebenarnya lebih banyak terjadi saat kita melakukan olahraga berintensitas tinggi.

Selain itu, latihan pembentukan otot atau strength training akan membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan membakar lebih banyak lemak bahkan setelah kita selesai berolahraga.

Intinya, cara terbaik untuk mendapatkan manfaat olahraga lari agar berat badan kita menurun, adalah dengan melakukan variasi. Mulai dari intensitasnya maupun dari jenis olahraganya.


Baca juga Slow Run atau Fast Run, Mana Yang Lebih Baik Untuk Bakar Lemak? | Bakar lemak dengan slow run dan fast run ada caranya tersendiri. | Cara bakar lemak dengan slow run dan fast run.



Apakah Lari Bisa Membakar Lemak?

Seperti yang disebutkan di atas, lari bisa membakar lemak. Selama intensitasnya bervariasi dan kita tidak cuma olahraga lari saja, lari bisa menjadi cara yang baik untuk membakar lemak.

Namun, banyak orang yang terjebak dan menganggap bahwa lari saja sudah cukup untuk membakar lemak. Padahal, penurunan berat badan adalah hasil dari olahraga yang rutin, pengaturan nutrisi, dan istirahat yang cukup.

Jika kita hanya melakukan 1 dari ketiga hal tersebut, tubuh tidak akan mampu membakar lemak dengan efektif.

Inilah yang membuat banyak orang cepat putus asa saat tubuh mereka tidak menunjukan hasil yang diinginkan. Mereka kemudian menyerah, berhenti lari, dan kembali ke kebiasaan lama yang merusak kesehatan mereka.


Baca juga Target penurunan berat badan bisa saja gagal dan berhasil. Pelajari bagaimana agar tidak hilang motivasi dengan target penurunan berat badanmu. | Ketika berat badanmu gagal turun.



Apakah Sering Lari Bikin Kurus?

Apakah sering lari bisa kurus? Ya lari dengan jarak jauh dengan kecepatan yang stabil bisa membantu tubuh membakar kalori dan mengurangi ukuran lapisan lemak di tubuh.

Lari secara teratur dapat menjadi sarana yang efektif untuk menurunkan berat badan, karena aktivitas ini membakar kalori dan lemak. Efektivitas penurunan berat badan melalui lari dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti intensitas latihan, pola makan, dan kebugaran individu. 

Meskipun lari memiliki potensi untuk membuat kurus, penting untuk menggabungkannya dengan pola makan sehat dan latihan pembetuk otot. Ini agar kita bisa mencapai penurunan berat badan yang sehat dan stabil. 

Selain manfaat olahraga lari untuk penurunan berat badan, lari juga memberikan keuntungan kesehatan tambahan, termasuk peningkatan kekuatan jantung, stamina, dan kesehatan mental. 



Baca juga Cara mencapai berat badan ideal dengan olahraga lari | Berat badan ideal.



Berapa Lama Lari Untuk Membakar Lemak?

Semakin lama durasi olahraga yang kita lakukan, semakin banyak lemak yang dibakar menjadi energi.

Menurut Sports Medicine Journal yang terbit di Selandia Baru pada 2014, disebutkan bahwa pembakaran lemak meningkat 15 persen selama 30 menit berolahaga.


Baca juga Cara menghilangkan lemak di perut itu ada bermacam-macam. Namun Lari adalah cara menghilangkan lemak di perut yang paling aman, mudah, dan murah. | Lemak di perut.



Manfaat Olahraga Lari Untuk Bakar Lemak

Apa ciri ciri berat badan mulai turun? Ciri-ciri tersebut bisa terlihat pada 6 area tubuh berikut:

  • Pipi, rahang, dan dagu makin tirus karena metabolisme yang baik membuat lemak tidak disimpan tubuh.
  • Jika ditambah latihan beban, lemak di area lengan akan menyusut dan diganti dengan otot.
  • Jika ditambah dengan pola makan yang baik, perut akan makin kempes dan rata.
  • Lemak di bokong dan lingkar pinggang semakin mengecil.
  • Paha mengecil karena otot berkembang dan membakar kelebihan lemak diarea tersebut.
  • Betis terlihat berotot seiring jumlah lari yang kamu lakukan.


Berlari adalah latihan kardio yang sangat baik. Intensitas latihan dan pergerakan di hampir seluruh bagian tubuh, membuat kamu membakar lebih banyak kalori per menit dibandingkan latihan lainnya.

Penurunan berat badan terjadi ketika kamu menggunakan lebih banyak kalori untuk lari dibanding yang kamu konsumsi.

Oleh karena itu, berlari memang dapat membantu kamu menurunkan berat badan asalkan tidak makan berlebihan setelah berlari.

Kamu membutuhkan defisit kalori untuk menurunkan berat badan dan berlari bisa menjadi bantuan yang luar biasa untuk mencapai hal ini. Karena itu kamu harus disiplin dengan dirimu sendiri.

Setelah bisa mengontrol dirimu untuk menjaga pola makan, maka saatnya kamu serius berkomitmen dengan lari.

Untuk perubahan nyata dari manfaat olahraga lari, rutinitas larimu harus teratur – setidaknya 30 menit 3 kali seminggu.

Disarankan juga berjalan kaki/bersepeda untuk tambahan 1 hari perminggu serta latihan otot seperti angkat beban, plank, push up, sit up, lunges, dan squat sebanyak 1 hari perminggu.

Dengan tingkat komitmen ini, kamu akan mulai melihat perubahan kecil dalam 3 - 4 minggu dan perubahan besar dalam 2 - 3 bulan.


Baca juga Target penurunan berat badan bisa saja gagal dan berhasil. Pelajari bagaimana agar tidak hilang motivasi dengan target penurunan berat badanmu. | Target penurunan BB



Manfaat Olahraga Lari Untuk Bakar Lemak



Berapa Kali Lari Dalam Seminggu Untuk Menurunkan Berat Badan?

Untuk menurunkan berat badan melalui lari, disarankan untuk melakukan sekitar 3-5 sesi lari per minggu, dengan variasi antara latihan berintensitas tinggi, lari interval, atau latihan jarak jauh. 

Selain itu, frekuensi latihan harus disesuaikan dengan tingkat kebugaran individu, target berat badan yang mau kita capai, dan ketersediaan waktu. 

Coba berikan durasi latihan sekitar 30-60 menit per sesi, dan kombinasi dengan latihan kekuatan dapat meningkatkan efektivitas penurunan berat badan serta menjaga kebugaran secara keseluruhan. Penting untuk memperhatikan pola makan yang seimbang sebagai bagian integral dari upaya penurunan berat badan yang sehat. 


Baca juga Penyebab berat badan susah turun walaupun sudah olahraga dengan rutin ada beberapa faktor. Berikut penyebab susah turun berat badan dan solusinya. | Kenapa BB susah turun?



Jam Berapa Lari Untuk Menurunkan Berat Badan?

Tidak ada waktu yang benar-benar disarankan untuk lari agar berat badan bisa turun. Kita bisa lari pada pagi, siang, maupun malam hari untuk menurunkan berat badan.

Tentu, manfaat olahraga lari di siang hari akan lebih terasa masuk akal untuk membakar lemak karena suhu udara biasanya lebih panas. Namun, waktu spesifik sebenarnya tidak ada.

Akan tetapi, pastikan kita sudah cukup istirahat dan tidur sebelum lari. Lari dengan tubuh yang kurang tidur akan sangat buruk untuk kesehatan maupun performa lari kita.


Baca juga Cara ngecilin paha yang permanen ditentukan oleh banyak sekali faktor. Berikut solusi konkret jika kamu mau tahu cara ngecilin paha dengan berlari. | Cara ngecilin paha.



Kesimpulan

Olahraga lari hanya efektif untuk membakar lemak jika dilakukan dengan bervariasi. Baik dari segi intensitasnya maupun dari jenis olahraganya.

Tubuh tidak bisa membakar lemak dengan efektif jika hanya dilakukan dengan intesitas dan jenis olahraga yang monoton.

Kita tidak bisa hanya mengandalkan lari saja sebagai satu-satunya olahraga untuk membakar lemak. Sebaiknya variasikan jenis olahraga dan intensitas olahragamu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


sumber :

lovelifebefit.com

how long fat is burned by livestrong

where body fat ends up by sciencealert



Daftar Para Ahli di Artikel Ini

Ruben Meerman, fisikawan.

Len Kravitz, PhD, adalah seorang peneliti olahraga di University of New Mexico.



Artikel Lainnya Yang Setopik

Baca juga Cara agar berat badan naik terdiri dari 2 hal utama, makanan dan olahraga. Ayo pelajari cara agar berat badan naik secara alami di sini! | Cara menaikkan BB.

Menghitung pembakaran kalori bisa dengan kalkulator kalori terbakar. Namun, kamu juga bisa sendiri untuk menghitung pembakaran kalori dengan cara ini. | Cara hitung pembakaran kalori.

Metabolisme adalah serangkaian proses biokimia dalam tubuh yang mengubah makanan menjadi energi. Berikut efek lari pada metabolisme. | Cara menaikkan metabolisme.

Cara membakar lemak paling cepat adalah dengan lari, latihan otot, dan defisit kalori. Berikut cara-cara membakar lemak paling cepat. | Cara membakar lemak.

Olahraga kardio terbaik untuk membakar lemak adalah lari interval. Pelajari bagaimana cara membakar lemak dengan olahraga kardio terbaik di sini. | Olahraga kardio bakar lemak.

Olahraga yang cepat menurunkan berat badan perlu dipelajari lebih jauh sebagai pelari. Berikut panduan olah raga yg cepat menurunkan berat badan. | Olahraga cepat bakar lemak.





Demikian pembahasan untuk manfaat olahraga lari untuk bakar lemak kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk.  

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

last update : 10/11/23

Posting Komentar untuk "Manfaat Olahraga Lari Untuk Bakar Lemak"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan