Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

23 Manfaat Jalan Kaki Secara Rutin

Manfaat Jalan Kaki

Apa manfaat dari jalan kaki?







Manfaat jalan kaki memang tidak terlihat seperti lari atau olahraga fisik lainnya. Namun, tidak bisa dipungkiri kalau jalan kaki itu bagian penting untuk kesehatan seorang pelari. Jadi, apa saja yang perlu kita tahu tentang manfaat jalan kaki?



23 Manfaat Jalan Kaki Secara Rutin

Meringankan pergerakan sendi

Kebanyakan pergerakan tubuh akan membuat sendi di tubuh lentur dan mudah di gerakkan. Apa gerakan tubuh yang ringan dan mampu menggerakan hampir semua sendi di tubuh? Ya jalan kaki. Apalagi jalan kaki tidak membebani sendi tubuhmu dengan beban seperti saat lari.


Mengurangi sakit pada sendi

Berjalan kaki rutin setiap hari dengan santai mengurangi rasa sakit pada sendi. Penyakit sendi atau arthritis bisa kita kurangi efeknya karena terjadi pelumasan dan terserapnya oksigen di area sendi, terutama pada sendi lutut sehingga inflamasi berkurang.


Menormalkan kadar gula darah

Manfaat jalan kaki lainnya adalah membantu mengefektifkan kadar insulin. Insulin adalah senyawa yang berguna membantu tubuh menyerap gula dalam darah. Semakin baik insulin bekerja, semakin rendah pula resiko tubuh menderita penyakit gula.


Membantu meringankan Diabetes tipe 2

Dengan kadar gula yang normal dalam darah, maka kita bisa terhindar dari penyakit diabetes yang sangat mematikan. Diabetes kadang tidak menunjukan gejala apapun pada tubuh sampai semuanya terlambat.


Membakar kalori

Walaupun hanya sedikit membakar kalori, yang namanya aktivitas fisik pastilah membakar kalori. Begitu juga dengan jalan kaki. Aktivitas fisik yang rutin akan meningkatkan kemampuan tubuh membakar kalori. Tidak peduli sekecil apa aktivitas itu, selama membuat tubuh aktif begerak, maka tubuh kita akan tetap membakar kalori.


Menurunkan berat badan

Berjalan kaki membantu menurunkan berat badan berlebih karena membakar kalori yang disimpan tubuh sebagai lemak. Tentu tidak akan sebesar lari atau bahkan latihan beban, namun tetap saja ini bagus untuk mendapatkan berat badan ideal.


Baca juga Cara Mencapai Berat Badan Ideal Dengan Olahraga Lari | Berat badan ideal.



Mengurangi resiko penyakit kardiovaskular

Masalah kardiovaskular pada tubuh kita bisa dikurangi dengan menjaga tubuh kita untuk tetap aktif bergerak. Sistem kardiovaskular yang bagus akan membuat peredaran tubuh lebih baik dan mencegah terjadinya penyumbatan darah.


Tubuh jadi lebih bugar

Kebugaran atau fitness tubuh bisa kita tingkatkan dengan manfaat jalan kaki. Jika selama ini tubuhmu terlalu lama dibiarkan tanpa aktivitas fisik yang rutin, maka wajar jika kamu sering lemas dan gampang capek.


Mengurangi resiko kanker

Komunitas kanker Amerika menyatakan bahwa resiko kanker menurun sebanyak 14% pada wanita yang rutin olahraga, bahkan jika olahraga itu hanya berjalan kaki.


Meningkatkan kesehatan mental

Manfaat jalan kaki selanjutnya adalah tentang efek jalan kaki untuk kesehatan mental kita. Jalan kaki diketahui mampu mengurangi depresi dan rasa cemas. Berjalan kaki, apalagi saat pagi dan di area yang sunyi mampu membuat pikiran rileks untuk sejenak.


Menstabilkan tekanan darah

Tekanan darah tidak stabil sering menjadi masalah pada orang yang sudah dewasa. Entah karena terlalu tinggi, atau juga terlalu rendah, tekanan darah yang tidak stabil akan menimbulkan penyakit yang berbahaya. Rutin jalan kaki akan menstabilkan tekanan darah kita sehari-hari.


Memperkuat tulang

Sel di dalam tulang kita bisa diperkuat dengan jalan kaki. Rutin jalan kaki akan mengaktifkan osteoblast (sel di dalam tulang) dan mengembangkan kekuatan dan kepadatan tulang.


Memperbaiki jam tidur

Orang yang tubuhnya cenderung statis dan jarang bergerak biasanya mengalami masalah tidur atau insomnia. Ini jika dibiarkan akan mengubah jam tidur kita, misalnya malam jadi siang, siang jadi malam. Jalan kaki membantu tubuh rileks apalagi jika dilakukan secara singkat beberapa jam sebelum tidur malam.


Meningkatkan sistem imun

Tubuh yang sering demam, batuk, dan pilek biasanya karena sistem imun mereka menurun dan tidak mampu melawan virus bakteri yang masuk ke tubuh. Mulai rutin berjalan kaki akan memperbaiki sistem imun sehingga kita semakin jarang jatuh sakit.


Baca juga Manfaat Olahraga | Alasan Kenapa Seorang Pelari Jarang Jatuh Sakit | Manfaat olahraga untuk sistem imun.



Membantu melancarkan pikiran

Rutin jalan kaki membuat pikiran kita seakan ikut "berjalan" seiring langkah kaki. Orang yang bekerja di bidang kreatif, disarankan untuk rutin berjalan kaki agar mampu memikirkan solusi dan terobosan baru untuk pekerjaan mereka.


Memperbaiki mood

Depresi dan kesedihan sudah menjadi kondisi mental yang umum dialami setiap orang di saat ini. Hidup yang semakin susah, hubungan sosial yang palsu, dan rasa kesepian serta hampa yang kadang menusuk membuat jalan kaki menjadi hal yang seharusnya wajib dilakukan untuk mengurangi masalah-masalah mental tersebut.


Menghilangkan lesu

Kamu sering merasa lesu dan hanya ingin rebahan terus? Manfaat jalan kaki lainnya adalah mampu meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Selain kadar oksigen, berjalan kaki juga meningkatkan hormon penting peningkat energi seperti kortisol, epinephrine, dan lain-lain.


Memperpanjang umur

Penduduk Jepang dan Korea memiliki angka harapan hidup yang tinggi. Ini sebagian besar disebabkan karena kebiasaan hidup mereka yang baik, salah satunya ya dengan rutin berjalan kaki dalam aktivitas mereka sehari-hari.


Melancarkan pencernaan

Selain makan makanan yang bergizi seimbang, aktivitas fisik juga diperlukan agar sistem penceraan kita juga bisa bekerja dengan baik. Coba mulai rutin jalan kaki jika kamu mengalami masalah susah buang air besar.


Membangun otot kaki

Manfaat jalan kaki lainnya adalah bagaimana aktivitas fisik sederhana seperti ini mampu membangun otot kaki. Jika kamu tinggal di dekan bukit atau gunung, kamu bisa membangun otot kakimu dengan rutin jalan kaki di area yang menanjak tersebut. Beban dari tubuh dan gravitasi akan jadi latihan yang bagus untuk kekuatan otot kakimu.


Baca juga Cara Latihan Otot Kaki Untuk Mencegah Cedera | Latihan otot kaki.



Recovery pasca cedera

Sebagai pelari yang mengalami cedera, tidak disarankan untuk langsung kembali lari dengan intensitas yang sama seperti saat sebelum cedera terjadi. Akan sangat bijak jika kita melakukan metode walk run sebagai bagian dari recovery pasca cedera agar cedera tersebut tidak kambuh kembali.


Sebagai pemanasan sebelum lari

Jalan kaki bisa menjadi bagian dari pemanasan sebelum lari. Setelah melakukan gerakan-gerakan pemanasan dinamis, sebaiknya kita jalan kaki 3-5 menit sebelum jogging selama 5-10 menit. Baru setelah itu kita bisa lari dengan intensitas pace yang kita inginkan.


Mempersiapkan jantung sebelum lari

Selain mempersiapkan otot, sendi, dan tendon sebelum lari, pemanasan juga berguna mempersiapkan detak jantung agar mampu berdetak mengimbangi intensitas dari aktivitas fisik yang kita lakukan. Jalan kaki mempersiapkan jantung untuk siap joging, dan joging mempersiapkan jantung untuk siap lari dengan intensitas yang lebih berat lagi.



manfaat jalan kaki



Kapan Waktu Yang Baik Untuk Berjalan Kaki?

Menentukan kapan waktu terbaik untuk jalan kaki sebenarnya susah-susah gampang. Kira-kira apa saja yang perlu kita tahu?


Waktu ideal jalan kaki

Tidak ada waktu ideal untuk jalan kaki. Selama kamu memiliki waktu luang untuk berjalan kaki, maka biasakanlah untuk berjalan kaki.

Jika tidak, kamu bisa jalan kaki saat pagi maupun saat sore, sebelum maupun setelah semua aktivitas harianmu selesai kamu lakukan.


Jalan jalan pagi jam berapa?

Untuk jalan pagi, kita bisa memulai jalan kaki mulai setelah subuh jam 5 sampai jam 7 saat matahari sudah bersinar penuh dan jalanan sudah dipenuhi kendaraan bermotor.

Tidak ada yang melarangmu untuk jalan kaki lebih lama. Jika kamu ingin lebih lama dari itu dan ingin mendapatkan manfaat jalan kaki lebih banyak, ya silahkan saja.


Jalan kaki sore sebaiknya jam berapa?

Tergantung dari cuacanya, kita bisa mulai jalan kaki sore jam setengah 5 sampai beberapa saat sebelum maghrib. 

Jalan kaki sore biasanya sangat bergantung pada cuaca di hari itu. Kalau kita mulai terlalu cepat, suhunya masih terlalu panas. Tapi kalau terlalu lambat, takutnya malah sudah terlalu gelap untuk jalan kaki sore.




Berapa Minimal Jalan Kaki per Hari?

Tidak ada batas pasti berapa minimal jalan kaki per hari yang bisa kita lakukan. 

Mungkin karena, jarang yang jalan kaki dan jalan kaki bukan bagian dari kebiasaan masyarakat kita sehari-hari. Minimal 15 -30 menit seharusnya sudah cukup untuk memberikan manfaat untuk kesehatan kita.


Berapa lama jalan pagi yang baik?

Berapa lama jalan kaki yang sehat? Jalan kaki di atas 15 menit sudah bisa memberikan berbagai manfaat untuk tubuh kita. Semakin lama dan semakin rutin kita bisa jalan kaki, semakin baik pula manfaatnya.


Bolehkah olahraga jalan kaki setiap hari?

Jalan kaki boleh dilakukan setiap hari. Bisa sebagai jalan kaki biasa, sebagai recovery pasca cedera, sebagai pemanasan sebelum lari dan pendinginan setelah lari, dsb.

Semakin rutin kita bisa jalan kaki, semakin banyak pula manfaat jalan kaki yang bisa kita dapatkan setiap hari.



Kesimpulan

Jalan kaki adalah bagian penting untuk kesehatan seorang pelari. Semakin rutin kita lari, semakin kita mengerti betapa banyak manfaat yang bisa kita dapatkan.

23 daftar di atas bisa jadi hanya sebagian saja dari yang kita ketahui saat ini. Mungkin dan bisa jadi kita akan mengetahui lebih banyak lagi tentang berjalan kaki di masa depan.



sumber

going for just walk by bodyandsoul

benefits of walking by insightoflife



Artikel Lainnya Yang Setopik

Apakah Berjalan Kaki Termasuk Sebagai Cara Latihan Kardio? | Cara berlatih kardio dengan berjalan kaki.

Cara Menggunakan Metode Walk Run Untuk Pelari Pemula | Metode lari walk run.


Demikian pembahasan untuk manfaat jalan kaki kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk.  

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "23 Manfaat Jalan Kaki Secara Rutin"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan