Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-macam Latihan Fisik (Pentingnya Variasi Cross Training)

Macam macam Latihan Fisik

macam macam latihan fisik







Macam-macam latihan fisik perlu dilakukan sebagai seorang pelari. Artinya, perlu ada variasi cross training yang melatih berbagai macam otot yang tidak terlatih saat kita berlari.

Macam macam latihan fisik atau cross training akan sangat bermanfaat untuk berbagai aspek pada tubuh kita. 

Jika kamu bingung apa itu cross training, sederhananya cross training adalah variasi latihan fisik selain olahraga utamamu.

Karena website ini adalah website untuk pelari, maka olahraga selain lari kita masukan ke dalam cross training alias olahraga fisik selain berlari.



Manfaat Latihan Fisik

Manfaat latihan fisik yang bermacam-macam adalah untuk melatih keseluruhan otot tubuh, meningkatkan performa, dan melindungi tubuh dari cedera.

Jika selama ini kita hanya melakukan satu macam olahraga/latihan fisik, besar kemungkinan performa tubuh akan berhenti berkembang dan resiko cedera semakin membesar.

Bahkan dengan rutin jalan kaki dan aktif bergerak sepanjang hari, kita bisa meningkatkan performa dan melindungi tubuh dari cedera dengan lebih baik.



Jenis Latihan Fisik

Ada berbagai macam latihan fisik, namun secara umum kita bisa membagi semua itu menjadi dua jenis, latihan kardio dan latihan otot.

Latihan kardio akan sangat penting untuk meningkatkan aliran darah ke otot. Semakin baik otot mendapatkan aliran darah, semakin baik pula stamina tubuh kita saat berlari.

Latihan otot akan meningkatkan produksi energi dan kekuatan saat lari. Selain itu, semakin kuat otot kita, semakin aman tubuh dari resiko cedera.

Kedua jenis latihan fisik tersebut perlu kita latih secara berkesinambungan. Jika kita hanya melakukan satu macam jenis latihan fisik saja, maka manfaat dari latihan yang kita lakukan tidak akan maksimal.



Latihan Fisik yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Contoh latihan fisik di rumah | Macam macam training

Latihan fisik di rumah bisa dilakukan dengan menggunakan beban tubuh kita sendiri. Misalnya, plank, push up, burpee, lunges, squat, bridge, hill hike, skipping, dan berbagai macam gerakan lainnya.

Semua gerakan-gerakan tersebut memiliki 3-5 variasi sehingga dalam waktu 1 jam, kita bisa berlatih dengan total sekitar 20-30 gerakan berbeda. Bahkan jika kita tidak punya akses ke Gym, kita bisa latihan macam macam latihan fisik di rumah dengan sangat baik.


Latihan fisik di rumah tanpa alat

Gerakan-gerakan seperti plank, push up, burpee, squat, lunges, bridge, dan hill hike merupakan contoh latihan fisik di rumah tanpa alat.

Sebaiknya, mulai berbagai macam latihan fisik tersebut dengan jadwal atau program yang jelas setiap minggunya. Pastikan di dalam program latihan mingguanmu, selalu ada 1 hari yang khusus digunakan untuk latihan fisik.


Latihan fisik di sekitar rumah

Sebagai seorang pelari, memberikan variasi pada menu latihan mingguan sangat penting jika kita ingin performa lari meningkat dan terhindar dari cedera. 

Oleh karena itu, kita bisa mencoba beberapa variasi cross training atau macam-macam latihan fisik yang umum dipakai banyak pelari seperti bersepeda, berenang, jalan kaki, dan strength training/latihan otot.

Pertama, tentukan yang mana di antara keempat variasi tersebut yang akan lebih dominan. Misalnya, karena tidak mau ribet kita pilih jalan kaki sebagai cross training yang dominan.

Jika jadwal cross training perminggu adalah sebanyak 2x, maka dalam sebulan kita akan cross training sebanyak 8x kan?

Nah, coba habiskan 5x jadwal cross training dengan jalan kaki. Sementara sisa 3x cross training bisa kamu isi dengan bersepeda, berenang, atau latihan otot.



Tabel Program Latihan Fisik

Program latihan fisik sebaiknya dibuat bervariasi dan penuh dengan berbagai macam macam latihan fisik. Namun, pastikan hanya mengubah program latihanmu setiap 2-4 minggu sekali seperti tabel program latihan fisik di bawah.


program latihan fisik




Macam-macam Latihan Fisik Bukanlah Olahraga Utama

Sebagai seorang pelari, cross training sifatnya hanyalah variasi dari olahraga utama kita yaitu berlari. Oleh karena itu jangan sampai kita melakukan cross training sampai kelelahan.

Pastikan intensitas cross training tetap moderat, tidak terlalu ringan tapi tidak juga terlalu berat.

Durasi yang disarankanpun cukup 1 jam untuk setiap cross training.

Cross training adalah latihan yang seharusnya menunjang performa lari kita. Bukannya malah menggeser lari sebagai olahraga utama kita.

Kalau setelah cross training kamu merasa capek banget, sebaiknya kosongkan jadwal lari selanjutnya untuk dipakai istirahat saja.



Kesimpulan

Macam macam latihan fisik sangat diperlukan untuk membangun performa lari dan melindungi tubuh dari cedera.

Ada banyak latihan fisik yang bisa kita lakukan. Mulai dari squat, lunges, burpee, plank, skipping, bersepeda, berenang, dll.

Semua variasi cross training tersebut akan membantu melatih otot yang tidak berkembang dengan lari. Selain itu, latihan-latihan fisik yang bervariasi akan melindungi tubuh dari cedera akibat berlari.



sumber : cross training by runnersworldmag



Artikel Lainnya Yang Setopik

Cross training adalah 2 atau lebih latihan atau olahraga yang menunjang olahraga utama dari seseorang. Berikut pengertian dan contoh cross training. | Pengertian cross training.

21 Macam-macam Olahraga Yang Bisa Dilakukan di Sekitar Rumah | Macam macam olahraga.

Variasi lari memiliki banyak manfaat untuk performa seorang pelari. Berikut hal-hal yang perlu pelari tahu tentang variasi lari. | Macam-macam variasi lari.


Demikian pembahasan untuk macam macam latihan fisik kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Macam-macam Latihan Fisik (Pentingnya Variasi Cross Training)"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan