Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Kuku Kaki Hitam Karena Olahraga Lari

Kuku Kaki Hitam

Kuku kaki hitam karena lari







Kuku kaki hitam karena lari sering dialami seorang pelari. Apa sebenarnya penyebab dari masalah ini? Bagaimana solusi terbaik yang bisa kita lakukan?



Kenapa Ada Hitam hitam di Kuku Jempol Kaki?

Kuku kaki hitam tanda apa? Kuku kaki hitam merupakan tanda kalau ada trauma berulang yang terjadi saat lari. Durasi lari dan jarak lari yang jauh juga membuat masalah ini menjadi semakin terlihat pada kuku kaki.

Ada banyak faktor penyebab dari menghitamnya kuku kaki, namun masalah awal biasanya terjadi karena gaya lari dari pelari itu sendiri.

Ketika lari, jempol dan jari kaki kita akan bergesekan dengan rongga sepatu sebanyak beberapa kali dalam 1 detik. Bahkan ketika bahan dari sepatu serta kaos kaki yang kita gunakan merupakan bahan yang paling bagus, masalah ini masih sangat mungkin terjadi.



Kuku Kaki Hitam Apakah Bahaya?

Selain karena trauma, kuku kaki yang menghitam juga bisa terjadi karena ada kapalan, atau ada pembuluh darah yang pecah dan bisa menimbulkan infeksi. 

Pernah kan kamu merasa ada darah beku yang muncul di bawah kuku? Jika kuku kaki hitam yang kamu alami juga menimbulkan rasa sakit, bisa jadi ada pendarahan yang kamu alami.

Rasa sakit yang muncul sebenarnya bisa dikurangi dengan mengeringkan darah dari area tersebut. Namun pastikan hanya tenaga medis profesional yang melakukannya.

Mencoba memperbaiki masalah tersebut dengan caramu sendiri malah akan menyebabkan infeksi dan merusak bentuk kuku baru yang mungkin akan tumbuh nanti.



Apakah Kuku Kaki Hitam Bisa Sembuh Sendiri?

Kuku kaki yang menghitam memang bisa sembuh sendiri. Selama trauma yang terjadi tidak terlalu parah. Bagian hitam pada kondisi ini biasanya akan tumbuh mengikuti kuku. Kemudian nantinya bisa kita potong ketika sudah cukup panjang untuk dipotong.




Cara Merawat Kuku Kaki Yang Hitam

Waspadai infeksi

Jika kuku tersebut menghitam karena trauma dan juga mengalami pendarahan, sebaiknya kita waspadai kemungkinan terjadinya infeksi. Ketika kuku kaki sudah beberapa hari terasa sakit dan bengkak, kemungkinan infeksi sudah terjadi pada jari kakimu. 

Tanda-tanda infeksi antara lain seperti muncul bau, nyeri, ngilu, bengkak, dan tiba-tiba muncul demam. Jika gejala-gejala tersebut muncul, segeralah periksakan dirimu ke dokter.


Jangan cat kuku kaki

Ketika kuku kaki menghitam namun tidak ada pendarahan/rasa sakit, banyak pelari yang mengecat kuku kaki agar warna hitam itu bisa tertutupi.

Namun, kuku kaki yang di cat cenderung lama proses recoverynya dan bisa saja membuat kondisi kuku menjadi lebih buruk.



Bagaimana Cara Menghilangkan Kuku Kaki Hitam?

Setidaknya ada 2 hal yang bisa kita lakukan pada masalah ini. 2 solusi tersebut antara lain:

Biarkan sembuh sendiri

Selama kuku tersebut tidak sakit, artinya tidak ada infeksi yang terjadi. Bila demikian, hal yang perlu kita lakukan hanyalah membiarkan kuku hitam tersebut tumbuh sehingga bisa kita potong.

Kuku kaki yang baru tidak mungkin tetap hitam ketika tumbuh. Inilah cara paling mudah dan alami untuk menghilangkan kuku kaki yang hitam.


Bawa ke dokter

Ketika muncul rasa sakit pada kuku hitam, bisa jadi ada masalah yang muncul. Dokter akan membersihkan area yang sakit dan bila perlu membuang darah dari area terinfeksi. Selain itu bisa saja dokter akan melepas kuku hitam tersebut agar proses penyembuhan bisa dimulai.

Pada fase ini, kemungkinan kamu tidak dibolehkan untuk kembali berlari sampai kuku benar-benar sembuh.



Bagaimana Cara Mencegah Kuku Kaki Hitam?

Pilih sepatu yang lapang untuk jari kaki

Sepatu yang pas di kaki artinya adalah sepatu yang mencegah gerakan berlebihan dari kaki saat berlari. Namun, tidak semua sepatu lari yang pas memiliki ruang yang cukup lapang untuk jari kaki.

Pastikan untuk membeli sepatu yang tidak hanya pas di kaki, tapi juga memberikan ruang yang cukup pada jari kakimu. 


Pakai perban separator

Untuk mencegah kuku kaki hitam, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah dengan mengurangi gesekan antara jari kaki dengan kaos kaki maupun sepatu kita.

Untuk itu, kita bisa menggunakan perban separator agar gesekan tersebut bisa diminimalisir. Kamu bisa membeli perban ini di link shopee berikut.


Beli sepatu di toko khusus sepatu lari

Walaupun beli sepatu dengan cara online sangat nyaman dan membuat kita tidak terlalu pusing, namun membeli langsung di toko khusus sepatu lari akan memberikanmu informasi berharga terkait sepatu, kondisi kaki, dan gaya larimu.

Kesemua hal tersebut akan sangat penting jika kamu mau mengurangi kemungkinan terjadinya masalah kuku hitam di jari kaki.


Rutin potong kuku

Kuku yang terlalu panjang akan meningkatkan resiko terjadinya kuku hitam. Apalagi jika sepatu yang kamu gunakan termasuk yang sempit di area jari kakinya.


Ikat tali sepatu dengan baik

Hal remeh seperti tali sepatu juga bisa membuat masalah jika tidak dilakukan dengan benar. Pastikan tali sepatumu terikat dengan baik sehingga mengurangi pergerakan berlebihan di dalam sepatu lari.


Gunakan kaos kaki berbahan bagus

Kelembapan karena keringat di kaki membuat resiko kuku menghitam semakin besar. Kondisi kaki yang terlalu lembab di dalam sepatu lari akan merusak kulit dan tentu saja kuku kaki.

Pastikan kita memilih kaos kaki yang baik saat berlari sehingga kerusakan pada kulit dan juga kuku kaki bisa kita kurangi. Jika kamu tidak tahu mau beli kaos kaki yang bagus di mana, kamu bisa beli di shopee di sini.


Jangan naikkan intensitas lari sembarangan

Selain menyebabkan cedera, intensitas yang tiba-tiba naik membuat jari kaki bergesekan dengan intensitas yang lebih tinggi dari yang biasanya terjadi. Sebisa mungkin naikkan intensitas lari secara bertahap.


Perbaiki cara kaki mendarat

Pendaratan kaki saat lari berperan besar pada kondisi kuku kaki hitam yang terjadi. Coba perbanyak slow run dengan langkah kaki yang pendek sehingga cara kaki mendarat bisa kita perbaiki. Walaupun memang, ini bisa saja memakan waktu.


Baca juga Langkah kaki saat berlari perlu diatur agar performa lari meningkat dan kita bebas dari cedera. Berikut yang perlu pelari tahu tentang langkah kaki. | Cara mendaratkan kaki saat lari.



kuku kaki menghitam



Kesimpulan

Kuku kaki yang menghitam merupakan akibat dari trauma benturan antara jari dan sepatu. Selain itu bisa juga karena ada pendarahan yang muncul dan mempengaruhi kesehatan jari kaki.

Tentu ada kemungkinan lain yang lebih serius dan menjadi penyebab dari menghitamnya kuku kaki. Namun sebagai pelari, kebanyakan kasus dari masalah ini adalah hal minor dan hanya butuh waktu untuk selesai sendiri.


sumber:

Black toenail by runtothefinish

Black toenails by halfmarathonforbeginners

Protect toenails by clevelandclinic



Artikel Lainnya Yang Setopik

Tersedak atau keselek saat olahtaga lari adalah hal yang umum terjadi. Berikut penyebab dan solusi tersedak dan keselek saat olahraga lari. | Keselek saat olahraga.

Muka merah saat olahraga lari disebabkan oleh pembuluh darah kapiler, warna kulit terang, dan gejala heatstroke. Berikut solusi muka merah saat lari. | Muka merah habis lari.


Demikian pembahasan untuk kuku kaki hitam kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk.  

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Solusi Kuku Kaki Hitam Karena Olahraga Lari"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan