Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Tips Memilih Sepatu Lari

Tips Memilih Sepatu Lari

TIPS BELI SEPATU LARI







Tips memilih sepatu lari bisa memaksimalkan biaya yang kamu punya dan memenuhi kebutuhan kakimu akan sepatu lari. Namun,sebelum itu ada beberapa pertanyaan yang perlu kita jawab tentang sepatu lari.



Apa Itu Running Shoes?

Running shoes adalah sepatu yang didesain khusus untuk menunjang performa lari dan melindungi kaki dari impak antara kaki dan tanah.

Running shoes biasanya didesain ergonomis dan tidak mengenyampingkan aspek kenyamanan. Bahkan kebanyakan sepatu lari yang beredar sekarang akan terasa jauh lebih nyaman dibanding sepatu yang biasa kita gunakan sehari-hari.



Sepatu Lari Itu Seperti Apa?

Sepatu lari itu seperti sepatu sporty kebanyakan, namun memiliki fitur-fitur seperti :

motion control, 

cushion untuk meredam impak dari tanah,

traction untuk berlari di jalan raya dan di jalan berbukit, torsional stability agar sepatu kokoh menunjang kaki, breathability agar sepatu tidak panas, dan 

nightime reflectivity untuk keamanan lari saat malam.

Semua fitur itu memberikan support yang tubuhmu butuhkan untuk lari dengan pace yang cepat dan jarak yang jauh. Selain itu, sepatu lari memberikan perlindungan ke seluruh bagian kaki mulai dari telapak kaki, engkel, betis, lutut, paha, dan pinggul.



Apa Fungsi Sepatu Saat Berlari?

Sepatu lari berfungsi melindungi kaki dari impak dan tekanan yang terjadi saat kita berlari. Selain juga meningkatkan ke-efektifan langkah kaki kita saat lari, sehingga performa lari meningkat.

Faktanya, setiap kali kita melangkah, kaki kita harus menahan beban 2-3 kali berat badan. Inilah yang membuat seorang pelari dengan sepatu lari yang tidak baik akan mengalami berbagai macam cedera.



Apa Beda Sepatu Training dan Running?

Walaupun sama-sama bisa dipakai untuk olahraga lari, namun ada perbedaan mendasar dari sepatu training dan sepatu running. Perbedaan mendasar dari kedua sepatu ini adalah dari daya tahannya.

Sepatu training cenderung lebih ringkas dan lebih cocok dipakai untuk olahraga ringan maupun olahraga indoor seperti di Gym.

Sementara itu, sepatu running memiliki berbagai macam fitur yang bisa melindungi kaki, dan meningkatkan performa lari saat sedang race yang sebenarnya.

Sepatu lari juga didesain agar mampu bertahan untuk dipakai berlari hingga ratusan kilometer.



Berapa Lama Sepatu Lari Bertahan?

Rata-rata sepatu lari original bisa bertahan 400-800 km pemakaian.

Namun, ini juga tergantung intensitas lari, kuantitas lari yang dilakukan, dan metode penyimpanan sepatunya itu sendiri.

Kalau setelah lari berintensitas berat kita cuma menggeletakkan sepatu lari begitu saja di rak sepatu, maka umur pemakaian sepatu lari bisa jadi lebih pendek lagi.



Kapan Sepatu Lari Harus Diganti?

Selain umur pemakaian sepatu di atas, kondisi sepatu lari juga bisa menjadi penanda kapan sepatu lari harus diganti.


Sepatu sudah terlalu lentur

Sepatu lari yang terlalu lentur kemungkinan besar sudah tidak kokoh dan melindungi kakimu dari cedera. Misalnya ketika kamu menekuk ujung depan kaki dan ukung belakang sepatu lari ke arah yang sama, kemudian sepatu lari itu tidak cepat kembalike bentuk semula.


Sole sudah terlalu aus

Sole yang sudah terlalu aus bisa membahayakan dirimu saat lari, apalagi jika kamu laridi track yang licin atau berlumpur. Jika kamu melihat sole atau bagian telapak kaki di sepatumu sudah aus, sebaiknya segera ganti sepatu larimu.



15 Tips Memilih Sepatu Lari

Memilih sepatu lari bisa menghabiskan banyak waktu dan penuh dengan berbagai pertimbangan. Berikut beberapa tips memilih sepatu lari yang bisa jadi pedoman untukmu sebelum memilih sepatu lari.


Pahami jenis-jenis sepatu lari

Setidaknya ada 3 jenis sepatu lari yang paling umum di luaran sana. Sepatu lari seperti stability, neutral, dan cushioned memiliki fungsi dan cirinya masing-masing. Dengan memahami plus minus dari ketiga jenis lari ini, kita akan bisa menentukan jenis sepatu lari yang paling cocok untuk kita.


Trial dan eror itu wajar

Memilih sepatu lari yang benar-benar cocok dengan kaki kita memang sulit. Kita bisa saja menghabiskan 2-3 sepatu sebelum menemukan sepatu yang terasa pas, nyaman, dan mampu meningkatkan performa lari.


Jangan beli cuma karena kelihatan keren

Tentu yang pertama kali kita lihat dari sebuah sepatu lari adalah penampakannya. Tampilan sepatu yang keren tentu saja memberikan motivasi lari yang lebih untuk kita. Namun, pada akhirnya yang paling penting adalah bagaimana sepatu tersebut mampu meningkatkan performa lari dan melindungi kaki kita dari cedera.


Beli sepatu yang didesain untuk lari

Sepatu lari adalah sepatu yang benar-benar didesain untuk lari. Sepatu seperti ini akan melindungi kaki dan meningkatkan performa lari dengan berbagai macam fitur-fitur yang khas ada di sepatu lari. Jika kamu ingin lari lebih dari 2-3x seminggu, akan sangat bijak untuk memakai sepatu yang benar-benar sepatu lari.


Ketahui bentuk telapak kaki

Telapak kaki dan bentuk kaki setiap orang berbeda-beda. Ada kaki yang lebar, panjang, telapak kaki normal, telapak kaki rata, dll. Hal ini akan menentukan bagaimana insole dan outsole sepatu yang paling sesuai untuk sepatu larimu. Sebaiknya ketahui dulu bentuk kakimu.


Ketahui bagaimana cara kaki mendarat

Cara kaki mendarat untuk setiap pelari juga berbeda-beda. Ada pelari yang overstride, ada pelari yang mengalami supinasi, dan ada pelari yang mendarat dengan normal. Semua ini juga mempengaruhi sepatu seperti apa yang cocok untukmu.


Tentukan dimana kamu akan sering berlari

Tips memilih sepatu lari selanjutnya adalah dengan mengetahui dimana kamu akan sering berlari. Sepatu yang akan digunakan untuk berlari di jalan raya, berbeda dengan sepatu yang akan dipakai untuk lari di jalur berbukit. Setiap sepatu lari, punya spesialisasinya masing-masing.


Tentukan jenis lari yang akan kamu lakukan

Rata-rata sepatu lari bisa digunakan untuk lari apapun. Namun, adakalanya suatu jenis lari akan lebih cocok dilakukan dengan jenis sepatu yang lebih spesifik. 

Misalnya sepatu marathon akan cocok dilakukan dengan sepatu yang kokoh dan memiliki sole tebal dan kuat. Atau sepatu untuk sprint, biasanya berbeda dengan sepatu untuk marathon.


Kunjungi toko khusus sepatu lari

Toko khusus sepatu lari akan mengukur kaki dan menganalisa gaya larimu. Kemudian, berdasarkan data yang terkumpul, mereka akan merekomendasikan sepatu lari yang paling cocok untukmu.


Beli sepatu saat sore

Saat sore hari, ukuran kaki kita merupakan ukuran sebenarnya karena sudah dibawa beraktivitas dan menahan berat sepanjang hari. Tips memilih sepatu lari ini tidak cuma berguna untuk memilih sepatu lari, tapi juga untuk sepatu yang kita gunakan sehari-hari.


Sepatu lari apakah harus pas?

Pilih sepatu longgar atau pas? Saat membeli sepatu lari, akan lebih baik jika kita membeli sepatu lari yang ukurannya setengah sampai 1x lebih besar daripada sepatu yang kita pakai untuk aktivitas sehari-hari.

Jadi misalnya sepatu kita sehari-hari berukuran 43, maka kita bisa membeli sepatu lari ukuran 43,5 atau 44.

Ini karena saat lari, kaki kita akan melar karena impak yang besar antara kaki dan tanah sepanjang jarak lari yang akan kita lakukan.

Ini juga akan menjamin kenyamanan pada kaki saat kita lari jarak jauh. Tips memilih sepatu lari seperti ini sering dilupakan orang yang mau membeli sepatu lari.


Beli ukuran yang pas untuk sprint

Kalau kamu ingin membeli sepatu lari yang khusus kamu pakai untuk sprint atau lari fast pace, sebaiknya beli sepatu yang benar-benar pas dengan ukuran kaki. Sepatu yang benar-benar pas akan membantu akselerasi dan mobilitas tubuh saat lari dengan kecepatan tinggi.

Intinya, kalau untuk lari jarak jauh gunakan sepatu yang ukurannya setengah sampai 1x lebih besar. Namun kalau untuk lari cepat, gunakan sepatu yang benar-benar pas dengan ukuran kaki.


Beli sepatu lari diatas 300rb

Sepatu lari original keluaran sebuah brand biasanya tidak ada yang seharga 100-200 ribu. Tentu kamu bisa membeli sepatu murah di harga di bawah 300 ribu namun sepatu seperti ini cenderung tidak tahan lama.

Bila sedang tidak ada budget, kamu bisa membeli sepatu lari original brand lokal seperti Spotec yang biasanya menjual sepatu lari di bawah 500 ribuan.


Miliki lebih dari 1 pasang sepatu untuk rotasi

Memiliki sepatu lari lebih dari 1 pasang akan sangat bermanfaat untuk kaki dan juga untuk sepatumu. Informasi lebih mendetail soal ini bisa kamu baca di artikel berikut.


Baca juga Selain Bikin Awet, Ini Dia Beberapa Manfaat Rotasi Sepatu Lari | Manfaat rotasi sepatu.


Beli insole custom

Insole custom akan sangat membantu jika kamu merupakan orang dengan gejala overstride atau supinasi. Coba tanyakan dulu ke toko sepatu lari untuk merekomendasikan insole custom yang cocok untuk sepatu lari dan juga kondisi telapak kakimu.



cara memilih sepatu lari




Apakah Sepatu Running Bisa Untuk Jalan Jalan?

Ya tentu saja sepatu lari bisa untuk jalan-jalan. Apalagi jika kamu sedang cedera atau sedang dalam proses recovery pasca cedera.

Saat baru sembuh dari cedera, kita memang disarankan untuk mulai kembali aktif berolahraga dengan memperbanyak jalan kaki terlebih dahulu sebelum mulai lari lagi.

Kita bisa menggunakan metode walk run agar otot, tendon, dan sendi kembali aktif bekerja tanpa harus menghadapi resiko cedera kambuh kembali.



Kesimpulan

Tips memilih sepatu lari ini hanya memberikan gambaran besar terkait apa saja yang perlu ada di sepatu larimu. Karena sepatu lari benar-benar tergantung pada pelari yang menggunakannya.

Ada pelari yang hanya cocok pada model tertentu dari brand tertentu. Ada pelari yang bisa cocok dengan berbagai macam sepatu lari. 

Untuk bisa mendapatkan sepatu lari yang benar-benar cocok, akan lebih baik jika kita pergi ke toko yang khusus menjual sepatu lari.

Di toko khusus sepatu lari, kaki dan cara lari kita akan diukur dengan lebih spesifik sehingga kita bisa mendapatkan sepatu lari yang benar-benar cocok dengan kebutuhan kita.


sumber : running shoe guide by active



Artikel Lainnya Yang Setopik

Rekomendasi Sepatu Lari Lokal Di Bawah 500rb | Sepatu lari brand lokal indonesia dengan harga di bawah 500rban. | Sepatu lari 500rb.

Review Sepatu Lari Spotec Thunder | Sepatu Lari Lokal Yang Ngga Mahal | Review sepatu lari Spotec Thunder.

Selain Bikin Awet, Ini Dia Beberapa Manfaat Rotasi Sepatu Lari | Manfaat rotasi sepatu lari.

Daftar 10 macam-macam jenis sepatu lari beserta rekomendasi macam macam jenis sepatu lari. | Macam-macam jenis sepatu lari.


Demikian pembahasan untuk tips memilih sepatu lari kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk.  

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

1 komentar untuk "15 Tips Memilih Sepatu Lari"

  1. Mantap beut artikelnya, rapi, gabanyak iklan, malah gaada

    BalasHapus
beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan