Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadwal Olahraga Untuk Orang Kurus

Olahraga Untuk Orang Kurus

jadwal olahraga untuk orang kurus







Olahraga untuk orang kurus perlu penanganan yang hampir sama dengan orang yang gemuk. Bedanya, olahraga pada orang yang kurus lebih didominasi oleh latihan otot dibanding latihan kardio seperti berlari.

Tentu, ada pelari yang takut tambah kurus karena lari, dan ada pelari yang ingin kurus dengan lari.

Jadi, secara garis besar kita mau tahu bagaimana sih cara latihan sebagai seorang pelari yang bisa membakar lemak, tapi juga tidak menurunkan massa otot. Ya kan?



Penyebab Otot Menyusut

Ada banyak penyebab kenapa otot menyusut. Beberapa hal tersebut antara lain:


Tipe tubuh Ectomorph

Kebanyakan pelari yang takut massa otot mereka menghilang, biasanya merupakan orang dengan tipe tubuh Ectomorph. Tipe tubuh ini memang sulit meningkatkan massa otot dan cenderung terlihat kurus.


Lama tidak aktif olahraga

Tubuh dari orang yang jarang olahraga akan mengurangi jumlah massa otot. Ini karena, otot akan mengkonsumsi energi yang besar dari tubuh. 

Dan karena otot jarang dipakai (jarang berolahraga), akhirnya tubuh mengurangi jumlah massa otot untuk menghemat energi. Inilah kenapa olahraga untuk orang kurus juga perlu dilakukan.


Penuaan, diet tidak seimbang, dan stress

Orang yang bukan ectomorph pun akan mengalami kehilangan massa otot jika mengalami ketiga hal ini. Saat mengalami penuaan, diet tidak seimbang, dan stress, tubuh mengalami gangguan fungsi dan tidak mampu bekerja dengan normal.


Menu latihan tidak seimbang

Jika orang dengan tipe tubuh Ectomorph hanya lari saja tanpa latihan otot, maka massa otot akan menyusut. Ini karena lari adalah olahraga kardio yang meningkatkan stamina. Sementara latihan pembentuk otot berfokus pada penguatan massa otot di berbagai area tubuh.


Baca juga Cara Mencapai Berat Badan Ideal Dengan Olahraga Lari | Berat badan ideal.



Apakah Orang Kurus Bisa Olahraga?

Orang kurus tentu bisa olahraga, bahkan salah kalau mereka tidak olahraga. Olahraga akan membangun jumlah dan massa otot sehingga berat badan mereka bertambah dan tidak terlihat terlalu kurus.

Tapi, olahraga apa sih yang cocok untuk orang kurus?


Baca juga Latihan kekuatan otot untuk lari bermanfaat meningkatkan performa lari. Berikut yang harus diketahui pelari saat latihan kekuatan otot. | Latihan kekuatan otot.



Olahraga Yang Cocok Untuk Orang Kurus

Olahraga untuk orang kurus yang paling disarankan adalah latihan pembentuk otot seperti angkat beban, push up, plank, squat, lunges, dll.

Selain itu, orang yang kurus juga butuh latihan kardio seperti berlari. Ini agar level stamina mereka bisa meningkat dan mampu olahraga pembentuk otot dengan lebih baik.


Baca juga Kenapa pelari butuh otot yang kuat untuk lari? Berikut jawaban kenapa pelari butuh otot yang kuat untuk lari. | Otot untuk pelari.



Apakah Lari Cocok Untuk Orang Kurus?

Lari memang cocok untuk orang kurus. Namun, olahraga lari itu sebaiknya tidak lebih dominan dibanding latihan pembentuk otot.

Orang yang kurus sebaiknya lebih fokus pada latihan pembentuk otot agar massa otot meningkat. Selain itu, berlari juga bisa dilakukan hanya untuk melatih stamina dan bukan sebagai olahraga utama.


Baca juga Manfaat plank untuk meningkatkan kekuatan otot ada banyak sekali. Berikut beberapa hal yang bisa kamu dapatkan jika rutin latihan gerakan plank. | Latihan plank.



Apakah Lari Bisa Menambah Berat Badan

Lari bisa menambah berat badan, asalkan lari yang dilakukan adalah lari berintensitas tinggi seperti Interval, Fartlek, Tempo, dan Stride.

Sebaiknya hindari terlalu sering lari jarak jauh dengan pace (kecepatan lari) yang monoton karena bisa menurunkan massa otot. Inilah kenapa lari seperti ini tidak disarankan sebagai olahraga untuk orang kurus.


Baca juga Lunges adalah latihan otot yang bagus dilakukan oleh pelari. Berikut cara latihan lunges untuk pelari. | Latihan lunges.



Apakah Lari Sore Cocok Untuk Orang Kurus?

Lari sore sebenarnya cocok dengan orang bertipe tubuh apapun. Bagi orang kurus, selama olahraganya didominasi oleh latihan pembentuk otot dan lari yang intens, maka massa otot dan berat badannya bisa meningkat.

Bagi orang kurus, yang menentukan apakah berat badan bisa naik adalah tipe olahraga yang dilakukan, istirahat yang cukup, dan pengaturan gizi yang baik. Kapan waktu lari sebenarnya tidak ada hubungan dengan kecocokannya untuk orang kurus.


Baca juga Latihan otot lengan akan meningkatkan efisiensi gerakan tubuh saat lari. Berikut beberapa gerakan yang bisa kamu lakukan sebagai latihan otot lengan. | Latihan otot lengan.



Apakah Olahraga Malam Bisa Menaikkan Berat Badan?

Seperti yang sudah disebutkan tadi, hampir tidak ada hubungannya kapan waktu olahraga dengan keberhasilan menaikkan berat badan.

Yang paling menentukan dari usaha untuk menaikkan berat badan adalah tipe olahraga yang dilakukan, istirahat yang cukup, dan pengaturan gizi yang baik.


Baca juga Latihan core adalah latihan otot di bagian inti tubuh dan sangat bermanfaat untuk seorang pelari. Berikut beberapa contoh gerakan untuk latihan core. | Latihan core.



Bagaimana Cara Agar Badan Berisi?

Sebenarnya, ada 3 hal yang perlu dipahami setiap orang yang ingin badannya berisi.

Untuk membakar lemak tanpa kehilangan massa otot, kuncinya adalah dengan memberikan variasi latihan + mengatur makanan sesuai dengan latihan yang dilakukan + disiplin dengan jam tidur.


Variasi latihan

Sesi larimu dalam seminggu setidaknya perlu ada 3 macam latihan dan diurutkan dari yang paling penting seperti berikut: latihan pembentuk otot, lari jarak pendek berintensitas tinggi, dan lari jarak jauh berintensintas rendah.

Ini akan membuat tubuh mengalami berbagai macam intensitas latihan, membakar lebih banyak lemak, sambil juga mempertahankan dan membentuk otot baru di tubuh. Inilah bentuk paling ideal dari olahraga untuk orang kurus.


Mengatur gizi makanan

Mengatur makanan sebaiknya disesuaikan dengan jenis latihan yang kamu lakukan pada hari itu. Misalnya,


Jika Hari Itu Kamu Lari Intensitas Tinggi

Makan makanan tinggi protein dan tinggi karbobidrat


Jika Hari Itu Kamu Lari Intensitas Rendah

Makan makanan tinggi protein dan hindari karbobidrat


Jika Hari Itu Kamu Latihan Otot

Makan makanan tinggi protein dan karbobidrat secukupnya.



Disiplin dengan jam tidur

Tidur adalah saat dimana otot-otot di tubuh terbentuk. Jika selama ini jam tidurmu berantakan maka wajar kondisi keseluruhan tubuhmu juga ikut memburuk.


Membakar lemak sambil menjaga massa otot adalah hal yang butuh proses. Dan karena dipengaruhi oleh banyak faktor, tidak semua orang akan berhasil.

Kamu mungkin akan mengalami banyak trial error sampai kamu menemukan sendiri formula yang cocok untuk tubuhmu.

Namun secara garis besar, 3 hal tadilah yang perlu kamu pahami agar kamu mampu membakar lemak tanpa kehilangan massa otot karena lari.


Baca juga Otot betis perlu dilatih agar performa olahraga lari kita bisa meningkat. Berikut cara latihan bagi pelari untuk memperkuat kondisi otot betis. | Latihan otot betis.



Minum Apa Agar Cepat Gemuk?

Minuman penambah berat badan agar cepat gemuk adalah minuman yang tinggi kalori dan merupakan cara yang lebih gampang dilakukan, dibanding kalau kita harus makan makanan berkalori tinggi.

Minuman penambah berat badan biasanya berbentuk smoothies, protein shakes, dan weight gain shakes. Jika kamu ingin menambah berat badan namun tidak suka makan atau punya masalah pencernaan, maka minum minuman seperti ini bisa kamu lakukan.

Di bawah ini, ada beberapa minuman yang bisa membantumu membentuk massa otot sehingga tubuhmu lebih berisi setelah olahraga untuk orang kurus.


L - Men Gain Mass


L-Men Gain Mass merupakan minuman untuk membantu peningkatan massa otot dan bukan massa lemak tubuh. Artinya, minuman ini tidak meningkatkan berat badan dengan lemak, tapi dengan membantu pembentukan massa otot baru.

Minuman ini bahkan digadang-gadang mampu meningkatkan massa otot hingga 1 kg dalam 1 minggu. Ini karena L-men mengandung kalori yang lebih tinggi dan berasal dari kandungan proteinnya.

Kamu bisa langsung mendapatkan minuman ini di link Shopee berikut dengan harga 147 ribu.




Evomass Evolene



Evomass kaya protein yang siap membantumu meraih berat badan ideal dan massa otot yang diinginkan. Dengan kandungan tinggi protein, rendah lemak, dan tinggi kalori, Evomass menjadi solusi yang tepat untuk membentuk tubuh berisi tanpa perut buncit. 

Dapatkan langsung minuman ini dengan harga 250 ribu di link Shopee berikut.




Muscle First Pro Creatine


Pro Creatine dari Muscle First dirancang untuk meningkatkan kekuatan, daya tahan otot, dan volume otot secara optimal. Ini adalah satu-satunya suplemen creatine di Indonesia yang telah diuji oleh Labdoor dengan Skor A+ dan tersertifikasi oleh GMP, Halal MUI, BPOM, HACCP, dan ISO 22000.

Kamu bisa langsung mendapatkan suplemen otot ini di link Shopee berikut dengan harga 40 ribu.






Berapa Kali Sehari Olahraga Untuk Menambah Berat Badan?

Ada 2 poin tentang olahraga untuk menambah berat badan yang perlu kita tahu. Poin pertama adalah olahraganya perlu di dominasi latihan otot, dan yang kedua adalah olahraga tidak dilakukan setiap hari.

Setelah tahu kedua poin itu, jadi berapa kali sehari olahraga yang diperlukan untuk menambah berat badan?

Sekali dalam sehari dengan olahraga yang beragam, dan tidak dilakukan setiap hari.


Baca juga Latihan otot paha di rumah merupakan hal penting untuk pelari agar bisa lari lebih cepat & aman. Berikut cara latihan otot paha di rumah untuk pelari. | Latihan otot paha.



Jadwal Olahraga Untuk Orang Kurus

Olahraga untuk orang kurus membutuhkan program dan jadwal latihan yang sedikit berbeda. Alih-alih berlari, kita sebaiknya menitikberatkan latihan kita pada latihan pembentukan otot.


olahraga yang cocok untuk orang kurus

Gerakan pembentuk otot di atas memiliki berbagai macam variasi. Lakukan juga variasi gerakan-gerakan tersebut agar perkembangan massa otot bisa lebih sempurna.


Baca juga Latihan otot perut merupakan hal yang penting untuk seorang pelari. Kenapa? Berikut alasan dan cara latihan otot perut untuk pelari. | Latihan otot perut.



Cara Agar Otot Tidak Menyusut Setelah Latihan

Otot yang menyusut setelah latihan sebenarnya bukan benar-benar menyusut. Otot hanya menyusut saat kita jarang berolahraga atau ada masalah medis lain yang membuat tubuhmu tidak mampu meningkatkan massa otot.

Otot yang menyusut sebenarnya merupakan "the pump". The pump adalah istilah saat ukuran otot meningkat ketika berolahraga.

Ukuran otot yang meningkat ini terjadi karena ada aliran darah yang besar pada otot saat tubuh kita sedang berolahraga. Kemudian, ukuran otot akan kembali ke ukuran semula setelah 12 jam seiring aliran darah di otot yang kembali normal.

Jadi, otot bukannya menyusut setelah latihan, tapi ukuran otot menyusut karena aliran darah di otot kembali normal 12 jam setelah olahraga.



Kesimpulan

Olahraga untuk orang kurus sebaiknya lebih didominasi oleh latihan otot dibanding latihan kardio seperti berlari.

Lari bisa menambah berat badan, asalkan lari yang dilakukan adalah lari berintensitas tinggi seperti Interval, Fartlek, Tempo, dan Stride.

Untuk memiliki badan yang berisi, kuncinya adalah dengan memberikan variasi latihan + mengatur makanan sesuai dengan latihan yang dilakukan + disiplin dengan jam tidur.


sumber

right way to muscle by issaonline

do ectomorph lose musce by ectomorphing

best high calorie drinks by enu-nutrition

muscles to shrink after a workout by fitness.stackexchange



Daftar Para Ahli di Artikel Ini

Christian Thibodaux, bodybuilder and strength coach 




Artikel Lainnya Yang Setopik

Cara Mencapai Berat Badan Ideal Dengan Olahraga Lari | Cara mendapatkan berat badan ideal.

Kenapa Pelari Marathon Badannya Kurus? | Penyebab pelari marathon berbadan kurus.

Rahasia Membentuk Perut Six-pack Dengan Berlari, Latihan Kekuatan, dan Diet Plan | Apakah berlari bisa membentuk Abs?

Bisakah Olahraga Lari Membentuk Jaringan Otot Perut, Lengan, dan Dada Pada Tubuh? | Jaringan otot.

Strength Training | Contoh, Fungsi, dan Cara Latihannya | Strength training.

Latihan otot kaki penting dilakukan sebagai seorang pelari. Berikut apa saja hal yang perlu kamu tahu tentang pentingnya latihan otot kaki. | Latihan otot kaki.

Isometrik adalah latihan otot tanpa gerakan-gerakan berlebihan yang cocok dilakukan untuk pelari. Berikut ini adalah beberapa gerakan isometrik. | Latihan isometrik.

Plyometrics adalah latihan otot intensitas tinggi yang berguna untuk pelari agar bisa lari lebih cepat. Berikut beberapa gerakan latihan plyometrics. | Latihan plyometric.



Demikian pembahasan untuk olahraga untuk orang kurus kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk.  

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!


last update : 8/11/23

2 komentar untuk "Jadwal Olahraga Untuk Orang Kurus"

  1. Sebenarnya olahraga lari setiap hari itu bagus gx sih, biasanya saya kalo lagi hujan fokus ke otot misalnya push up,pul up tapi biasanya skiping juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Olahraga lari setiap hari tidak disarankan. Malah bagus gitu, kalau lagi hujan latihan otot atau istirahat saja. Sebaiknya ada 1-2 hari dalam seminggu utk khusus dipakai istirahat.

      Hapus
beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan