Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Olahraga Setelah Sahur Untuk Pelari

Olahraga Setelah Sahur

TIPS OLAHRAGA SETELAH SAHUR








Olahraga setelah sahur memang menjadi pilihan banyak umat muslim untuk dilakukan. Mungkin karena pada waktu tersebut tubuh masih berenergi dan setelah olahraga tubuh jadi terasa segar.

Karena itu, pada postingan kali ini kita akan membahas apa saja yang perlu diperhatikan jika kita berolahraga setelah sahur.



Apakah Boleh Olahraga di Pagi Hari Saat Puasa?

Olahraga di pagi hari saat puasa boleh dilakukan karena saat itu level energi kita sedang tinggi setelah sahur. 

Yang paling penting adalah olahraga yang kita lakukan tidak terlalu berat dan malah mengganggu ibadah puasa kita.



Apakah Boleh Olahraga Setelah Sahur?

Olahraga setelah sahur boleh dilakukan dengan beberapa catatan. Yaitu jangan sahur sampai kekenyangan dan oahraga yang dilakukan sebaiknya merupakan olahraga yang ringan dan mudah dilakukan.



Olahraga Ringan Apa Yang Cocok Dilakukan Setelah Sahur?

Olahraga ringan seperti jalan kaki, lari 1-2km, strength training dengan berat badan kita sendiri (Calisthenic) adalah contoh olahraga ringan yang cocok dilakukan setelah sahur.



Apa Manfaat Olahraga Setelah Sahur?

Olahraga setelah sahur memberikan beberapa manfaat untuk tubuhmu. Beberapa manfaat itu antara lain seperti berikut.


Mencegah rasa kantuk

Memang sangat mudah untuk langsung tidur lagi setelah makan sahur. Namun, kebiasaan ini tidak baik karena bisa mengganggu pencernaan dan memperberat ibadah puasamu.


Menyegarkan tubuh sepanjang hari

Olahraga setelah sahur membuat sistem metabolisme tubuh menjadi aktif dan berefek pada kondisi tubuh kita sepanjang hari.


Menjaga kebugaran tubuh

Tentu kita bisa berhenti olahraga saat bulan puasa. Namun, ini akan berdampak pada kebugaran tubuhmu setelah bulan puasa nanti.

Jika kita berhenti berolahraga selama bulan puasa, kita mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama untuk kembali ke kondisi kebugaran kita seperti saat sebelum bulan puasa.



Tips Olahraga Setelah Sahur

Lari setelah sahur jadi pilihan karena tubuh masih segar dan udara juga masih bersih. Pokoknya enak lah buat berlari.

Lari setelah sahur adalah tentang efektivitas. Kamu harus memikirkan setiap hal yang kamu lakukan dan konsumsi. Karena kamu tidak bisa membuang-buang energi yang berharga saat sedang berpuasa. 

Berikut beberapa hal yang harus diingat, agar lari setelah sahur yang akan kamu lakukan bisa berjalan dengan baik.


Berapa jarak lari yang disarankan?

Lari setelah sahur punya sekitar 1 sampai 1,5 jam sebelum matahari terbit. Sebaiknya waktu itulah yang kamu gunakan untuk lari karena udara yang tidak begitu panas menjagamu dari dehidrasi.

Untuk jarak larinya sendiri sebaiknya disesuaikan dengan kondisi tubuhmu. Jika harus memilih, sebaiknya jarak lari maksimal yang bisa kita lakukan cukup sampai 3km.

Tapi pastikan lari pagi yang kamu lakukan tidak terlalu berat sehingga tidak mengganggu puasamu.

Karena bisa saja lari yang kamu lakukan malah jatuhnya jadi makruh atau haram, karena mengganggu ibadah wajib itu sendiri, yaitu puasa.


Rencanakan semuanya

Rencanakan di malam sebelumnya seberapa jauh kamu akan lari, berapa waktunya, dan lewat rute mana. Mempersiapkan semuanya bakalan membuatmu makin efektif untuk lari.

Lari saat pagi akan terasa jauh lebih baik jika semua sudah terencana dan kamu cuma tinggal lari saja.

Tapi pastikan juga sesi lari setelah sahur ini bukanlah sesi lari berintensitas tinggi. Lari saat sahur sebaiknya lari yang bersifat rekreasi, artinya lari yang tujuannya memberikan motivasi dan semangat bagi tubuh dan pikiran untuk beraktivitas hari itu.


Running gear ready!

Persiapkan baju larimu. Taruh pakaian lari disamping tempat tidur atau dimanapun yang mudah terlihat dan dijangkau. Kadang karena terlalu ngantuk dan pengen tidur lagi, kamu jadi lupa kalau pagi ini mau lari.

Persiapkan running gear mu sebaik mungkin supaya besok pagi tidak ada waktu terbuang cuma, hanya untuk ngubek-ngubek lemari buat nyari dimana kaos kaki lari mu.

Atau kalau mau simple, tidur malam dengan baju larimu dan taruh kaos kaki di sepatu lari. 

Pakai juga topi kalau kamu malas untuk menghabiskan 1-2 menit untuk menata rambut.


Minum yang cukup sebelum olahraga setelah sahur

Pastikan untuk selalu minum sepanjang malam. Hindari minum sebanyak-banyaknya saat sahur karena bisa mengakibatkan begah dan rasa tidak nyaman di perut. 

Misalnya pas buka puasa minum segelas air, sebelum tarawih segelas, selesai tarawih segelas, sebelum tidur segelas, bangun tidur segelas, sebelum sahur segelas, dan setelah sahur segelas.

Atau beli botol minum ukuran 2 Liter yang kamu isi penuh sebelum buka puasa. Lalu bikin rule kalau air di botol 2L itu harus diminum mulai dari buka puasa, sampai ketika sahur besok pagi. Dengan begini kamu tetap menjaga tercukupinya kadar air yang disarankan (2 Liter).

Hindari kopi saat sahur dan makanan yang terlalu asin karena bersifat diuretik (meningkatkan volume kandung kemih) dan mengikat terlalu banyak cairan dalam sel tubuh.


Jangan sahur kekenyangan 

Olahraga setelah sahur akan membutuhkan kondisi perut yang baik. Oleh karena itu, sebaiknya hindari untuk punya kebiasaan makan porsi kuli saat sahur. 

Ini karena kalau setelah sahur kamu pengen lari, perut yang terlalu kenyang benar-benar bisa jadi masalah besar.

Perut yang penuh makanan membuat pernapasan terganggu. Makanan tersebut bisa menekan diafragma dan membuatmu sulit bernapas saat lari.

Selain itu, perut kekenyangan meningkatkan resiko terjadinya kram perut saat lari.

Sudah lari nya berantakan, puasanya juga jadi terancam. Kalau sudah begitu, lari habis sahur buat apa? 

Karena itu, makanlah secukupnya saat sahur jika kamu mau olahraga setelah sahur.



olahraga setelah sahur



Kesimpulan

Olahraga setelah sahur bisa dilakukan selama intensitas yang dilakukan ringan dan mudah dilakukan.

Saat puasa tentu akan sangat susah berolahraga dengan intensitas seperti saat bulan puasa, oleh karena itu intensitasnya sebaiknya diturunkan saja.


sumber : verywell.fit



Artikel Lainnya Yang Setopik

Jadwal/Program Olahraga di Bulan Puasa | Olahraga di bulan puasa.

Manfaat Tetap Olahraga Saat Puasa | Olahraga saat puasa.

Lari Saat Puasa Sebulan Penuh Dengan Jadwal Ini! | Lari saat puasa.


Demikian pembahasan untuk olaraga setelah sahur kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee.

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

2 komentar untuk "Tips Olahraga Setelah Sahur Untuk Pelari"

  1. Min mau minta saran daerah saya tinggal ada di dataran tinggi, kalau mau main Pace sulit min gak pernah dapet, kalau main di jarak kadang2 saya tidak puas melihat Pace nya di atas 7 walaupun misalnya jaraknya jauh, sebagai pelari amatir saya juga tetap ingin bisa berlari dgn Pace yang lebih baik, jadi menurut Mimin latihan seperti apa yang harus saya lakukan dgn kondisi di daerah saya yang dataran nya seperti lagunya ninja Hatori 😁
    Terimakasih minπŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut kami, justru inilah kelebihanmu. Bisa rutin lari di jalan yang tidak rata dan cenderung menanjak tinggi akan melatih otot perut, paha, bokong, dan betis untuk lari dengan lebih cepat saat lari di jalan yang rata.

      Memang pace yang akan kita dapatkan dengan berlari di area seperti itu akan melambat. Tapi sebagai gantinya, tubuh kita akan lebih kuat saat lari di track yang rata seperti di jalan beraspal.

      Latihan seperti apa yang bisa kamu lakukan?

      Latihan interval
      Coba lari 50-100 meter secara berkali-kali. Lari 100 meter, lalu jalan kaki ke titik awal, lalu sprint lagi, lalu jalan lagi ke titik awal, dan seterusnya. Ulangi minimal 5x 100 meter, dan lakukan 1-2x setiap minggu.

      Latihan otot
      Coba rutin latihan otot dengan plank, sit up, squat, lunges, bridge. Sisihkan 1-2 hari seminggu yang khusus untuk latihan otot.

      Perbanyak jalan kaki
      Kalau bisa coba long run dengan pace yang santai. Kalau tidak bisa, coba perbanyak jalan kaki agar level aerobik dan stamina meningkat.

      Hapus
beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan