Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Engkel Yang Keseleo Atau Terkilir Karena Berlari

Keseleo








Penyebab Keseleo

Keseleo adalah cedera yang terjadi ketika kita secara tidak sengaja memutar/melipat sendi ke arah yang tidak seharusnya.

Hal ini menyebabkan terjadinya kerusakan pada ligamen yang menghubungkan antara tulang di sendi tersebut.

Padahal, ligamen bertugas menstabilkan sendi dan gerakan ligamen ini terbatas pada gerakan melipat atau berputar.

Keseleo merupakan kondisi ketika ligamen ini rusak karena dipaksa bergerak melebihi gerakan yang seharusnya.

Contoh sendi yang paling sering mengalami keseleo adalah sendi pergelangan tangan dan sendi engkel.



Apakah Terkilir Dan Keseleo Itu Sama?

Secara umum sebenarnya sama.

Akan tetapi, terkilir lebih banyak kita dengar jika digunakan saat pergelangan kaki atau engkel kita mengalami masalah ini.

Sementara itu, keseleo sifatnya lebih umum. Kita biasa mendengar kata ini ketika area yang sakit berupa tangan, kaki, atau bahkan leher.



Apakah Keseleo Itu Berbahaya?

Keseleo tidak berbahaya sampai pada taraf mengancam nyawa.

Akan tetapi, keseleo merupakan masalah yang akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari karena membuat pergerakan tubuh kita terbatas.

Sangat disarankan untuk tidak terlalu sering menggerakan area yang sakit.



Keseleo Apakah Boleh Dipijat?

Dibanding dipijat, akan lebih baik kalau kita mem-bebat area yang sakit.

Bebat adalah mengkompres area yang sakit dengan kain yang digulung secara ketat.

Metode bebat ini berfungsi mengurangi pergerakan yang mungkin terjadi pada area yang sakit, sehingga proses recovery dari cedera ini bisa semakin cepat.



Apakah Keseleo Bisa Sembuh Dengan Sendirinya?

Keseleo bisa sembuh sendiri tergantung pada tingkat keparahannya.

Jika rasa sakit yang dirasakan hanya berupa nyeri / kaku, dan pergerakan di area tersebut masih bisa dilakukan dengan baik, 

maka cukup kompres es area yang sakit, minum obat pereda sakit, dan istirahat beberapa hari.

Akan tetapi, jika rasa sakit yang dirasakan ternyata semakin bertambah parah dan membuat kita tidak bisa bergerak dengan bebas, maka segera periksakan ke dokter.



Berapa Lama Sembuh Dari Keseleo?

Keseleo bisa sembuh dalam jangka waktu beberapa hari sampai beberapa minggu.

Jika gejala yang kamu rasakan bertambah parah dan tidak kunjung menghilang bisa jadi ada kerusakan serius pada ligamen di area tersebut.

Segera periksakan ke dokter karena kamu mungkin membutuhkan penanganan medis lebih lanjut.


keseleo cedera engkel engkel terkilir kaki terkilir cedera engkel kaki pergelangan kaki terkilir kaki keseleo keseleo adalah cara mengobati kaki keseleo keseleo kaki terkilir adalah cara mengatasi kaki keseleo cara menyembuhkan kaki keseleo engkel adalah cara mengobati kaki keseleo agar cepat sembuh kaki keseleo memar cara mengobati keseleo cara mengobati keseleo yang sudah lama cara mengobati kaki bengkak karena keseleo cara mengobati kaki terkilir cara mengatasi keseleo cara menyembuhkan keseleo kaki keseleo bengkak cara alami mengobati kaki bengkak karena keseleo cara mengobati kaki keseleo dan bengkak cara mengatasi keseleo pada kaki cara mengatasi kaki terkilir penanganan keseleo cara mengobati keseleo pada kaki pertolongan pertama keseleo kaki engkel cara menangani keseleo cara menyembuhkan cedera engkel cara mengatasi cedera engkel mengatasi kaki keseleo pertolongan pertama kaki terkilir kaki terkilir dan bengkak cara menyembuhkan keseleo di kaki cara menyembuhkan kaki terkilir perawatan pergelangan kaki terkilir mengatasi keseleo cara mengatasi kaki keseleo dan bengkak cara mengobati cedera engkel yang sudah lama cara mengobati kaki yang keseleo cara mengobati cedera engkel tulang engkel pertolongan pertama pada keseleo sakit engkel urut kaki keseleo pertolongan pertama saat keseleo kaki bengkak karena keseleo cara mengatasi kaki bengkak karena keseleo dislokasi ankle cara menyembuhkan kaki yang keseleo mengatasi kaki bengkak karena keseleo terkilir kaki cara menangani kaki keseleo cara urut kaki keseleo cara menghilangkan keseleo di kaki bagian engkel kaki otot terkilir penanganan kaki keseleo cara mengatasi keseleo pada pergelangan kaki kompres kaki keseleo keseleo bengkak cara mengatasi kaki yang keseleo kaki keseleo di perban keceklik adalah cedera ankle adalah pertolongan pertama kaki keseleo kaki terkilir obatnya cedera engkel adalah engkel kaki adalah cedera kaki engkel kaki keseleo dan bengkak mengobati kaki terkilir cara menghilangkan keseleo cara menyembuhkan cedera engkel kambuhan mengatasi kaki terkilir cara penanganan keseleo cara mengobati terkilir dengan perban cara mengobati terkilir mengobati kaki bengkak karena keseleo pengobatan keseleo cara obati kaki keseleo bengkak karena keseleo cara mengatasi keseleo kaki cara mengobati kaki yang terkilir cara menyembuhkan kaki keseleo dan bengkak cara menyembuhkan kaki bengkak karena keseleo cara meredakan keseleo cara mengatasi terkilir penyembuhan cedera engkel cara meredakan kaki keseleo cara sembuhkan kaki keseleo mengobati keseleo kaki pertolongan pertama pada kaki terkilir keseleo di pergelangan kaki




Cara Mengobati Kaki Keseleo Agar Cepat Sembuh / Cara Merawat Cedera Engkel

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan saat mengalami cedera / keseleo pada area engkel. Mulai dari saat pertama kali mengalaminya, sampai saat kita harus kembali berolahraga.


Pertolongan Pertama

Pertolongan pertama saat cedera engkel adalah dengan metode istirahat, kompres es, bebat, dan naikan kaki lebih tinggi dari jantung.

Ini agar bengkak pada engkel yang keseleo bisa berkurang 24-48 jam setelah terjadinya cedera. Metode ini juga mempercepat proses penyembuhannya.



Perbaiki Pergerakan Engkel

Setelah sakit mereda dan kamu bisa berdiri tanpa rasa sakit, coba latih pergerakan engkel dengan memutar-mutar area dari mata kaki-kebawah.

Coba tulis alpabet di udara dengan menggerakan engkelmu sesuai bentuk alfabet. Ini untuk melatih kelenturan dan pergerakan engkel pasca cedera.



Latihan Tanpa Membebani Engkel

Untuk 1-2 minggu pasca cedera, fokuskan latihanmu pada gerakan yang tidak terlalu membebani engkel.

Latihan seperti plank, push up, atau berenang bisa kamu lakukan.

Latihan tadi juga sebaiknya dilakukan dengan intens namun dengan waktu yang singkat.

Ini agar kamu tetap mendapatkan efek endophin dan sistem metabolisme tetap terjaga. Sehingga ketika lari lagi, staminamu tidak terlalu kedodoran.



Memperkuat Engkel

Setelah pergerakan engkel sudah dilatih dan sudah kuat menopang berat badan, sekarang saatnya untuk melatih kekuatan di area engkel yang mengalami keseleo.

Kamu bisa latihan isotonic dengan memberikan pressure pada area engkel (mata kaki - kebawah).

Untuk latihan ini, kamu bisa pakai resistance band untuk melatih kekuatan engkel. 

Lakukan latihan isotonic dengan resistance band setidaknya 3 - 4x seminggu.



Tanda Keseleo Mau Sembuh

Tanda keseleo mau sembuh antara lain;

  • Jika area tersebut ditekan, sudah tidak sakit
  • Rasa nyeri hilang
  • Area yang mengalami keseleo bisa digerakan
  • Jika terjadi di engkel, kamu bisa berdiri tanpa masalah



Kembali Lari Secara Bertahap

Setelah rutin memperkuat area engkel dengan latihan-latihan tadi, dan rasa sakit karena keseleo sudah sepenuhnya hilang, kamu bisa menggunakan lagi engkel untuk olahraga.

Namun pastikan itu adalah olahraga yang low impact untuk area engkel, seperti misalnya gowes sepeda dan berenang.

Setelah seminggu dan benar-benar tidak ada masalah yang muncul, kembali lah berlari dengan metode walk run terlebih dulu.

Misalnya jalan kaki 1 menit, lalu lari pace ringan 1 menit. Ulangi pola itu selama 30 menit.

Jika oke, barulah kamu bisa benar-benar kembali lari dengan pace dan jarak yang dinaikkan secara bertahap.



Kesimpulan

Keseleo pada engkel merupakan kondisi ketika ligamen di area tersebut rusak karena dipaksa bergerak melebihi kemampuannya.

Pertolongan pertama saat cedera engkel adalah dengan metode istirahat, kompres es, bebat, dan naikan kaki lebih tinggi dari jantung.

Setelah keseleo pada engkel sudah sembuh, kita sebaiknya melatih pergerakan engkel agar kuat menopang berat badan.

Ketika sudah bisa menopang badan tanpa masalah, baru kita mulai kembali berlari secara perlahan dan bertahap.

Kunci untuk mulai lari lagi setelah keseleo atau cedera engkel adalah dengan mulai secara pelan dan perlahan.

Bahkan sebaiknya kamu mulai lari lagi setelah kekuatan dan kelenturan engkel sudah kembali seperti biasa.

Cedera engkel membutuhkan waktu untuk kembali pulih, terutama untuk proses pemulihan pergerakan dan kekuatannya. 

Engkel adalah titik dimana impak saat lari dan tumpuan berat tubuh bertemu. Karena itu, berikan waktu sebanyak mungkin bagi engkel untuk pulih.

Sangat tidak disarankan untuk kembali lari sementara engkel masih sakit dan tegang. Karena hanya akan memperparah kondisi dan membuatmu sulit sembuh dari cedera ini.


sumber:

Returned after sprained ankle by runnersworldmag

Sprained ankle by mayoclinic



Artikel Lainnya Yang Setopik

Cara Mencegah Cidera Lari Dengan Berlari Lebih Efektif | Cara mencegah cidera.

90% Cedera Saat Olahraga Lari Disebabkan Oleh 6 Hal Ini | Penyebab cedera lari.

Tips & Cara Rehabilitasi Cedera Biar Aman Kembali Berolahraga | Cara rehabilitasi setelah cedera.



Demikian pembahasan untuk keseleo kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee.

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Engkel Yang Keseleo Atau Terkilir Karena Berlari"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan