Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Olahraga Lari Untuk Kadar Gula Darah Di Tubuh

Kadar Gula Darah

kadar gula darah gula darah normal kadar gula darah normal normalnya gula darah gula darah rendah gula darah normal wanita gds normal gula darah puasa normal penyakit gula darah normal gula darah wanita gula darah normal pria gula darah sewaktu normal penyebab gula darah rendah gula darah puasa pertolongan pertama gula darah rendah gula darah sewaktu glukosa normal kadar normal gula darah ciri2 gula darah tinggi ukuran normal gula darah cara menaikkan gula darah kadar gula normal wanita kadar glukosa normal gula puasa normal glukosa sewaktu adalah gula darah normal laki laki kurang gula darah normal gula darah pria batasan gula darah normal normalnya gula darah puasa cara mengatasi gula darah rendah gula darah adalah makanan penyebab gula darah tinggi gula dalam darah gula darah normal dewasa kadar gula normal kadar gula darah gula darah setelah makan gula darah sewaktu adalah glukosa puasa adalah gula darah acak normal gula darah puasa adalah akibat gula darah rendah kadar gula rendah makanan penambah gula darah kadar gula dalam darah glukosa darah tekanan gula darah normal penyebab gula darah gula darah 2 jam setelah makan angka gula darah normal glukosa puasa gula dalam darah normal glukosa darah normal ciri2 gula darah rendah gd2pp adalah kadar gula darah rendah gula normal untuk wanita gula darah yang normal kadar gula darah sewaktu normal gula darah normal ibu hamil glukosa darah sewaktu adalah normal nya gula darah gds normal menurut who glukosa sewaktu cara meningkatkan gula darah angka normal gula darah normalnya gula darah untuk wanita gula darah 170 penyebab penyakit gula darah normal gula darah laki laki glukosa darah adalah tensi gula darah normal kadar gula normal pria kadar gula darah puasa gula sewaktu normal kadar glukosa darah normal ukuran gula darah normal wanita dewasa normal gula darah orang dewasa gula darah 2 jam pp gula normal wanita gula darah turun gula darah diabetes normal gula darah perempuan normal gula darah lansia cara mengatasi gula rendah cara mengatasi kadar gula rendah penyakit kurang gula penyebab kadar gula rendah gula darah puasa normal wanita penyakit gula darah rendah makanan untuk menaikkan gula darah glukosa darah puasa adalah gula darah acak normal gula darah dewasa gula normal lansia glukosa puasa normal gula darah sebelum makan kadar gula tinggi menyebabkan glukosa 2 jam pp







Sebagai pelari, kita perlu mengerti apa itu kadar gula darah di dalam tubuh. 

Ini karena kadar gula darah sangat berpengaruh pada performa lari kita, apalagi jika kita ingin mengikuti lari jarak jauh seperti half marathon atau full marathon.

Berikut apa saja yang perlu kita tahu tentang kadar gula darah di dalam tubuh, sehingga kita bisa mempersiapkan lebih baik lagi dalam mempersiapkan fisik kita sebelum lari jarak jauh.



Pengertian Gula Darah

Gula darah atau yang biasa disebut sebagai glukosa adalah sumber energi yang besar untuk tubuh.

Gula darah merupakan hasil penguraian dari karbohidrat yang kita makan, dan hanya bisa digunakan dengan bantuan hormon bernama insulin.

Tanpa insulin, gula darah akan terus menumpuk pada aliran darah dan tidak bisa disalurkan ke sel-sel tubuh.

Pada orang yang sehat, insulin akan diproduksi ketika kadar gula darah meningkat di dalam tubuh.

Lalu Insulin akan menstimulasi hati dan juga otot untuk menyerap sejumlah kelebihan gula darah tersebut, sehingga kadar gula darah perlahan mulai menurun.

Kemudian, ketika kadar gula darah sudah menurun, produksi insulin akan ikut menurun sehingga tidak terjadi yang namanya hypoglycemia atau gula darah rendah. 

Sementara itu, pada orang yang memiliki masalah diabetes, insulin tidak bekerja sebagaimana mestinya dan membuat tubuh tidak mampu menyerap kadar gula dari aliran darah.



Manfaat Olahraga Untuk Mengatur Kadar Gula Darah

Aktivitas fisik seperti olahraga bermanfaat untuk membantu memperlancar proses penyerapan gula darah ke dalam sel-sel tubuh.

Proses penyerapan gula darah yang lancar ini bisa terjadi karena dengan berolahraga, tubuh (otot dan hati) menjadi lebih sensitif terhadap hormon insulin.

Inilah yang menyebabkan kadar gula darah pada orang yang rutin berolahraga cenderung stabil dan sehat.

  • Tubuh mereka mampu memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang tepat, 
  • Otot dan hati mampu menyerap kelebihan gula darah dengan baik, 
  • dan ketika selesai menyerap gula darah, tubuh menurunkan produksi hormon insulin sehingga tidak terjadi Hypoglycemia atau kondisi dimana kadar gula darah terlalu rendah.

Seperti inilah pengaruh olahraga pada kadar gula darah di tubuh orang yang sehat.



Apakah Olahraga Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah?

Iya bisa. Saat kita berlari atau olahraga fisik lainnya, kadar gula darah akan menurun selama 24-48 jam.

Selain itu ketika sedang olahraga, kadar insulin menjadi lebih tinggi sehingga membuat hati dan otot menyerap banyak glukosa (gula darah).

Ini karena, ketika sedang berolahraga tubuh kita membutuhkan sumber energi ekstra untuk memproduksi energi.

Itulah sebabnya ketika sedang berolahraga tubuh kita akan menyerap lebih banyak glukosa dari aliran darah. Ini otomatis akan menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.



Bagaimana Tubuh Menggunakan Kadar Gula Darah Saat Olahraga Lari?

Saat kita lari dengan intensitas yang tinggi dan jarak yang pendek, kadar gula darah/glukosa yang ada di hati dan otot biasanya sudah mencukupi untuk kebutuhan.

Namun ketika kita lari dengan intensitas yang sedang dan jarak yang jauh, kadar gula darah/glukosa kita bisa habis lebih cepat.

Ini karena lari dengan durasi yang lama membuat tubuh melepaskan hormon stress yang memicu kenaikan kadar gula darah.

Kenaikan kadar gula darah ini dilakukan oleh tubuh agar otot tidak kekurangan kadar gula darah, dan mampu memproduksi energi sepanjang jarak lari yang dilakukan.

Inilah kenapa pelari marathon membutuhkan energy bar, energy gel, dan minuman energi saat lari maraton.



Apakah Gula Darah Naik Setelah Olahraga?

Benar, seperti yang sudah dijelaskan di atas, gula darah bisa naik setelah olahraga.

Kadar gula darah memang bisa naik setelah olahraga, namun hanya ketika olahraga yang kita lakukan merupakan olahraga yang intens dan memiliki durasi yang lama.



Makan Sebelum Olahraga

Jika kamu berniat untuk lari dengan durasi lebih dari 60 menit, disarankan untuk makan carbohidrat sebanyak 1-4g/kg berat badan.

Jadi kalau misalnya berat badanmu 75kg, maka kamu butuh 75-300 gram karbohidrat. Ini setara beberapa lembar roti tawar atau 1 piring kecil nasi putih.

Setelah makan, pastikan untuk memberikan jeda 1-4 jam sebelum mulai olahraga lari.

Selain itu, agar saat lari jarak jauh nanti kadar gula darahmu tidak turun terlalu jauh, pastikan asupan gizimu sudah teratur dengan baik. 

Untuk memiliki kadar gula yang baik, disarankan untuk rutin makan makanan seimbang 3x sehari yang terdiri dari karbohidrat, lemak, dan protein.

Selain itu, jangan tinggalkan kebiasaan untuk berolahraga. Ingat, olahraga fisik membuat hormon insulin bisa bekerja dengan baik di dalam tubuhmu.


Baca juga Berapa Waktu Ideal Untuk Olahraga Lari Setelah Makan? | Olahraga setelah makan



Bagaimana Agar Kadar Gula Darah Kembali Normal?

Jika kamu sedang lari jarak jauh seperti half marathon atau full marathon, kamu mungkin akan mengalami Hypoglycemia atau kondisi dimana kadar gula darah menurun drastis.

Ini terjadi karena tubuh sudah menyerap habis glukosa/gula darah, sementara produksi energi masih harus dilanjutkan karena kita masih berlari.

Apalagi jika ditambah dengan dehidrasi, maka gejala Hypoglycemia ini akan semakin terasa dan mengganggu performa lari. 

Makanya tidak heran kita sering melihat orang yang sedang marathon jatuh kolaps saat sedang lari.


Gejala dari Hypoglycemia antara lain;

  • badan bergetar
  • pusing
  • lapar
  • pandangan kabur
  • lelah luar biasa

Untuk itu, selalu bawa energy bar, minuman energi, atau makanan/minuman yang mengandung gula dan karbohidrat instan sehingga cepat diserap tubuh.


kadar gula darah gula darah normal kadar gula darah normal normalnya gula darah gula darah rendah gula darah normal wanita gds normal gula darah puasa normal penyakit gula darah normal gula darah wanita gula darah normal pria gula darah sewaktu normal penyebab gula darah rendah gula darah puasa pertolongan pertama gula darah rendah gula darah sewaktu glukosa normal kadar normal gula darah ciri2 gula darah tinggi ukuran normal gula darah cara menaikkan gula darah kadar gula normal wanita kadar glukosa normal gula puasa normal glukosa sewaktu adalah gula darah normal laki laki kurang gula darah normal gula darah pria batasan gula darah normal normalnya gula darah puasa cara mengatasi gula darah rendah gula darah adalah makanan penyebab gula darah tinggi gula dalam darah gula darah normal dewasa kadar gula normal kadar gula darah gula darah setelah makan gula darah sewaktu adalah glukosa puasa adalah gula darah acak normal gula darah puasa adalah akibat gula darah rendah kadar gula rendah makanan penambah gula darah kadar gula dalam darah glukosa darah tekanan gula darah normal penyebab gula darah gula darah 2 jam setelah makan angka gula darah normal glukosa puasa gula dalam darah normal glukosa darah normal ciri2 gula darah rendah gd2pp adalah kadar gula darah rendah gula normal untuk wanita gula darah yang normal kadar gula darah sewaktu normal gula darah normal ibu hamil glukosa darah sewaktu adalah normal nya gula darah gds normal menurut who glukosa sewaktu cara meningkatkan gula darah angka normal gula darah normalnya gula darah untuk wanita gula darah 170 penyebab penyakit gula darah normal gula darah laki laki glukosa darah adalah tensi gula darah normal kadar gula normal pria kadar gula darah puasa gula sewaktu normal kadar glukosa darah normal ukuran gula darah normal wanita dewasa normal gula darah orang dewasa gula darah 2 jam pp gula normal wanita gula darah turun gula darah diabetes normal gula darah perempuan normal gula darah lansia cara mengatasi gula rendah cara mengatasi kadar gula rendah penyakit kurang gula penyebab kadar gula rendah gula darah puasa normal wanita penyakit gula darah rendah makanan untuk menaikkan gula darah glukosa darah puasa adalah gula darah acak normal gula darah dewasa gula normal lansia glukosa puasa normal gula darah sebelum makan kadar gula tinggi menyebabkan glukosa 2 jam pp



Kesimpulan

Gula darah merupakan hasil penguraian dari karbohidrat yang kita makan, dan hanya bisa digunakan tubuh dengan bantuan hormon bernama insulin.

Aktivitas fisik seperti olahraga bermanfaat untuk membantu memperlancar proses penyerapan gula darah ke dalam sel-sel tubuh. 

Jika kamu sedang lari jarak jauh seperti half marathon atau full marathon, kamu mungkin akan mengalami Hypoglycemia atau kondisi dimana kadar gula darah menurun drastis.

Pastikan untuk selalu membawa energy bar, energy gel, dan minuman berenergi saat lari di atas 60 menit.


sumber

Running With Diabetes by runnersworld

Long Distance Running & Low Blood Sugar by healthfully

The Impact of Running on Blood Sugar by runnerclick



Demikian pembahasan untuk kadar gula darah kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee.

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Manfaat Olahraga Lari Untuk Kadar Gula Darah Di Tubuh"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan