Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Lari Untuk Penderita Stress Dan Depresi Serta Efeknya Untuk Kehidupan

Manfaat Lari

MANFAAT LARI







Apakah Jogging Bisa Meningkatkan Imun Tubuh?

Bisa, ini karena manfaat lari yang paling bisa dirasakan adalah bagaimana sistem kardio dan metabolismemu meningkat saat rutin olahraga lari.

Sistem kardio yang bagus akan membuat peredaran darah lancar sehingga berbagai organ tubuh yang penting seperti otak, jantung, paru, dan lainnya mendapatkan asupan darah yang baik, sehingga mampu bekerja dengan optimal.

Hal ini membuat berbagai sistem perlindungan tubuh (imun) meningkat sehingga kamu menjadi jarang sakit, dan selalu merasa fit/bugar.

Selain itu, sistem metabolisme (pembakaran lemak kalori menjadi energi) pada tubuh juga meningkat seiring semakin rutinnya kamu berlari. 

Sistem metabolisme yang baik akan menghambat penumpukan lemak berlebih dan memicu sistem imun bekerja lebih optimal.

Ini karena organ pencernaan yang berfungsi menyaring racun seperti ginjal dan hati, mampu bekerja lebih baik dalam menyaring zat-zat yang bisa memicu penyakit dari makanan atau minuman yang kamu konsumsi. 



Apakah Jogging Bisa Mengurangi Stress?

Seperti yang sudah disebutkan, manfaat jogging atau lari adalah mampu mengurangi stress yang dirasakan seseorang

Ketika berlari, ada senyawa yang dilepaskan ke tubuh yang bernama endorphin dan serotonin. Senyawa ini diketahui mampu meningkatkan mood dan mengurangi resiko stress.

Jogging santai atau lari dengan pace (kecepatan) yang ringan juga mampu mengurangi masalah susah tidur (insomnia), sehingga kesehatan fisik dan mentalmu tetap baik dan resiko stress bisa diminimalisir.



Apakah Olahraga Bisa Mengurangi Kecemasan?

Ya bisa, ini karena olahraga terutama olahraga kardio seperti lari mampu melepaskan senyawa endocannabinoids

Senyawa ini memiliki efek yang hampir sama seperti ganja dan mampu menyebar lewat aliran darah dan masuk ke otak.

Senyawa ini mampu memberikan perasaan tenang sehingga mengurangi perasaan cemas dan khawatir yang mengganggu aktivitas sehari-hari.



Apa Yang Harus Kita Lakukan Ketika Depresi?

Orang yang depresi biasanya memiliki pola tidur yang berantakan. Ketika mengalami depresi akan sangat baik jika kamu memperbaiki pola tidurmu dahulu. 

Hindari begadang dan pastikan kamu sudah tidur jam 9-11 malam. Ini karena pola tidur yang baik akan sangat berperan pada kesehatan mental seseorang.

Untuk memperbaiki pola tidur, kamu bisa coba mulai aktif bergerak dengan olahraga lari

Seperti yang sudah disebutkan, lari mampu melepaskan senyawa alami di tubuh yang memiliki efek seperti penenang.

Manfaat lari seperti ini akan sangat membantu pencegahan dan pengobatan pada tahap awal depresi. 

Sehingga kamu tidak akan jatuh terlalu dalam pada masalah kesehatan mental tersebut.



Apakah Olahraga Bisa Menyembuhkan Depresi?

Mungkin tidak, karena olahraga seperti lari lebih bersifat untuk mengurangi dampak depresi pada kehidupan sehari-hari. 

Depresi bisa saja terus kamu alami sampai berbulan-bulan sampai kamu tahu apa penyebab depresi itu dan bagaimana solusinya. 

Manfaat lari adalah mengurangi efek buruk dari depresi tersebut dan setidaknya mencegah dirimu jatuh kedalam tingkat depresi yang lebih parah.

Olahraga kardio seperti jogging dan lari melatih otak untuk merespon setiap situasi yang penuh stres, sehingga stres tersebut tidak berubah menjadi depresi.

Oleh karena itu, bisa kita simpulkan bahwa olahraga bukan penyembuh depresi, namun setiap orang yang bisa bangkit dari depresi pastilah punya kebiasaan untuk berolahraga.


Manfaat Lari  manfaat lari pagi manfaat jogging manfaat lari sore manfaat jogging pagi manfaat berlari manfaat olahraga lari manfaat lari siang



Bagaimana Kebugaran Jasmani Dapat Mengatasi Depresi?

Orang yang jarang bergerak memiliki kebugaran jasmani / level fitness yang buruk cenderung sering merasa tegang dan kaku pada tubuh mereka. 

Hal ini akan merembet pada kondisi psikis dan mental sehingga membuatmu sering merasa galau, kosong, dan tidak bersemangat melakukan apapun.

Tubuh manusia dan peredaran darah didalamnya didesain untuk aktif bergerak. 

Karena tanpa aktivitas fisik yang cukup, maka peredaran darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke organ-organ penting seperti otak menjadi terganggu.

Apa yang terjadi jika otak kekurangan darah, oksigen, dan nutrisi? 

Maka masalah mental akan mulai muncul. Faktanya, perasaan depresi, stress, khawatir, dan segala masalah mental berawal dari otak.

Perasaan depresi tersebut muncul karena otak tidak mampu merespon dengan benar segala macam stress dan kesedihan yang kamu hadapi

Otak bereaksi dengan lambat dan cenderung tidak aktif saat dihadapkan pada situasi yang sulit, sehingga pada akhirnya muncullah stress dan depresi tersebut.

Oleh karena itu, disarankan untuk para penderita depresi untuk mulai aktif berlari agar peredaran darah dari dan ke otak mampu lebih aktif, sehingga memicu otak bekerja melawan stress dengan lebih baik dan manfaat lari bisa lebih banyak kamu dapatkan.



Apakah Aktivitas Fisik dan Olahraga Dapat Membantu Meregenerasi Sel-sel Otak?

Ya bisa. Manfaat olahraga lari untuk otak adalah membantu produksi sel otak baru dengan melewati sebuah proses yang disebut neurogenesis

Olahraga kardio seperti berlari membuat pembuluh darah baru di otak sehingga ada asupan oksigen dan nutrisi yang masuk ke otak.

Selain itu, volume hippocampus pada orang yang rutin olahraga juga meningkat. 

Hippocampus adalah area dimana proses belajar dan penyimpanan memori disimpan. Ini artinya dengan berolahraga kamu meningkatkan kemampuan otak untuk belajar.



Manfaat Lari Berdasarkan Waktunya

Walaupun manfaat lari yang bisa kita dapatkan tidak berbeda jauh, namun ada beberapa aspek yang cukup berbeda antara lari pagi, siang, dan malam

Berikut berbagai macam manfaat yang bisa kamu dapat dari berlari dengan waktu yang berbeda-beda.


Manfaat Lari Pagi

Lari pagi bermanfaat sebagai penanda awal hari yang bagus untuk aktivitas harianmu. 

Lari pagi memberikan semangat sekaligus juga waktu bagi dirimu, untuk merencanakan setiap kegiatan yang ingin kamu lakukan hari itu.


Manfaat Lari Siang

Lari di siang hari bermanfaat untuk membakar lemak

Tentu lari di jam berapapun bisa membakar kalori, namun suhu yang lebih tinggi di siang hari rasanya tentu akan lebih berefek pada proses pembakaran lemak di tubuhmu.


Manfaat Lari Sore/Malam

Lari malam berguna sebagai pelepas lelah dan penat setelah berbagai macam aktivitas harianmu. 

Setelah sibuk seharian dengan berbagai macam problematikanya, lari di malam hari memberikan waktu bagimu untuk berpikir, merenung, dan menikmati waktu bersama dirimu sendiri.

Namun lari sore atau malam sebaiknya dilakukan dengan intensitas yang ringan dan santai. Ini agar kamu tidak sulit tidur karena lari yang intens.




Manfaat Lari Untuk Kehidupan dan Perkembangan Karakter

Lari sedikit banyak sangat berpengaruh pada kehidupanmu sehari-hari. 

Depresi yang kamu alami bisa saja karena kehidupanmu yang seakan tidak terkontrol, rusak, atau berjalan tidak tentu arah kan?

Berlari, memang tidak akan langsung merubah hidup, namun banyak hal yang mampu merubah hidupmu bisa kamu pelajari pada olahraga lari ini. 

Jadi, apa saja yang bisa kamu dapat dari lari agar kamu berkembang sebagai individu?


Punya Goals

Orang bilang punya rencana itu 50% keberhasilan. Pelari juga begitu, mau lari dimana, memakai baju apa, pace lari berapa, jarak lari berapa, semuanya dipikirkan & direncanakan.

Lari mengajari kita bagaimana memiliki goal atau tujuan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan itu.


Percaya Proses

Menjadi pelari itu selalu tentang proses. Tidak ada yang instan kecuali kopi dan mie. 

Kamu yang awalnya lari 3km selalu ngos-ngosan dan gampang capek, setelah berproses berbulan-bulan dengan tekun akhirnya sekarang lari 10km rasanya seperti hanya sedang berjalan kaki.

Berlari bisa mengajarkan kita untuk tekun dengan sebuah proses. 

Bahkan ketika sebuah tujuan terasa sulit dan tidak mungkin, selangkah demi selangkah kamu pada akhirnya pasti sampai ke tujuan/targetmu.


Komitmen

Bisa lari berkilo-kilo dengan gerakan yang itu-itu saja membutuhkan komitmen dan kedisiplinan yang tinggi. 

Apalagi untuk pelari yang mau ikut marathon, lari 10km, 5km, half marathon, ultra marathon atau sejenisnya. Berlari kadang bisa terasa bosan, capek, dan jenuh. 

Hanya bermodalkan niat kadang tidak cukup. Butuh banyak pengorbanan dan usaha yang jauh lebih besar.

Berlari bermanfaat untuk melatih komitmen kita pada sesuatu, yang menurut kita penting dan layak diperjuangkan. 


Sabar

Ada begitu banyak hal tidak enak yang bisa terjadi saat lari. Jalanan becek, motor dan mobil yang menyebalkan, tiba-tiba muncul sakit/cedera di area tubuh, tatapan sini tetangga, wah pokoknya macam-macam lah. 

Bisa sabar dan fokus dengan progres dari dirimu sendiri adalah cara kamu naik kelas secara kepribadian & karakter. 

Ada berbagai hal yang bisa membuat kita takut, capek, lalu menyerah. 

Namun jika kita sabar dan percaya hal yang kita lakukan adalah benar, maka apa yang kita perjuangkan akan dapat diraih.


Punya Banyak Relasi

Manfaat lari selanjutnya adalah berlari membuat kita memiliki jaringan pertemanan baru. 

Banyak pelari yang mendapatkan teman baru, relasi bisnis, atau bahkan jodoh. Berlari memberikan kesempatan untuk lebih meluaskan lagi networkmu.

Didunia dimana segala hal terkoneksi di dunia maya, sangat penting untuk juga meluaskan relasi melalui pertemuan langsung. 

Lari sendirian juga menyenangkan, namun bila kamu bisa mendapatkan teman baru, kenapa tidak?


Budgetting

Berlari membutuhkan banyak perlengkapan. Sepatu, baju, celana, kaos kaki, dll. 

Ini membuat seorang pelari akan berusaha menabung/membuat alokasi anggaran untuk membeli perlengkapan tersebut dengan tanpa mengganggu alokasi budget untuk hal lain. 

Belajar budgetting sangat berguna untuk masa depan. Karena mulai dari lahir sampai meninggal, semua itu butuh perencanaan keuangan yang baik.


Cek Perlengkapan Lari Rekomendasi Kami di Shopee



Sadar Kalau Gagal Itu Sementara

Setiap orang pernah gagal dalam hidup. Yang membedakan adalah orang sukses hanya memandang kegagalan sebagai sesuatu yang sifatnya hanya sementara.

Ini adalah manfaat lari yang tidak kalah pentingnya. Seorang pelari melihat kegagalan sebagai sesuatu yang sifatnya sementara. 

Memang ada pelari yang ketika gagal mencapai target atau terus-terusan cedera, akhirnya berhenti lari sama sekali.

Tapi jauh lebih banyak pelari yang ketika ada masalah dan kegagalan, mereka mencari penyebab dan solusinya. Sehingga sesi lari selanjutnya mereka bisa lari dengan baik dan nyaman.

Berlari mengajarkan bahwa akan selalu ada kesempatan lari selanjutnya. Cedera atau penurunan performa yang sedang dirasakan pasti akan berlalu. 

Gagal hari ini masih bisa diperbaiki untuk lari besok. Cepat atau lambat, selama kita masih punya keinginan untuk "bergerak", kita pasti bisa mencapai tujuan dan "garis finish".




Jadwal dan Program Olahraga Untuk Penderita Depresi/Stress

Mungkin kamu pelari pemula yang sedang menderita depresi dan ingin mulai lari namun tidak tahu harus mulai darimana. 

Berikut jadwal lari dan tips yang bisa kamu terapkan mulai sekarang agar kondisi kesehatan mentalmu bisa membaik.


Olahraga Minimal 30 Menit

Kamu tidak perlu mulai olahraga lari dengan jarak yang jauh atau pace yang cepat. 

Lari atau jogging yang santai selama 30 menit sudah cukup memberikan banyak manfaat baik dari segi fisik maupun mental.


Olahraga 3-5x Perminggu

Berlari santai maksimal 3 kali sampai 5 kali perminggu didesain agar kamu tetap merasa termotivasi untuk rutin berlari. 

Sesuaikan dulu jadwal larimu dengan kesibukanmu sehari-hari. Jangan sampai rutinitas larimu malah membebani dan jadi sumber stres baru.


Lari Sendiri Atau Cari Teman

Lari sendiri membuatmu bebas menentukan seberapa cepat kamu berlari dan rute mana yang mau kamu lewati. 

Sedangkan lari bersama teman atau komunitas lari membuatmu selalu mendapatkan motivasi ekstra ketika sedang malas lari.

Pilih mana yang terbaik untukmu. Semua itu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yang penting kamu tetap rutin berlari perminggunya.


Membuat Olahraga Menjadi Kebiasaan

Banyak pelari pemula yang mulai lari dengan mindset yang salah. 

Alih-alih mulai dengan ringan sehingga lari bisa menjadi kebiasaan (habit), mereka malah lebih fokus soal pace dan jarak lari.

Berlari adalah olahraga yang butuh komitmen untuk mendapatkan manfaat lari yang sebesar-besarnya. 

Dan komitmen hanya bisa kamu lakukan jika lari sudah menjadi kebiasaan yang tidak bisa kamu tinggalkan.

Mulailah lari dengan santai dan ringan. Kunci dari memulai rutinitas lari adalah bagaimana kamu bisa merasa nyaman dan menikmati setiap sesi lari yang kamu lakukan. 

Jika kamu pelari pemula, carilah kesenangan dari lari terlebih dahulu, baru kemudian pikirkan pace dan jarak larimu.


Baca Juga 5 Kesalahan Pelari Saat Mulai Rutin Berlari | Kesalahan pelari pemula.



Berikan Batasan Untuk Lari

Ketika kamu sudah mengerti betapa enaknya bisa rutin berlari, bisa jadi kamu malah mau lari setiap hari. Namun, lari setiap hari sebenarnya tidak baik untuk tubuhmu.

Tubuh kita butuh waktu recovery yang cukup dari segala aktivitas olahraga yang dilakukan. 

Menganggap remeh proses recovery setelah lari hanya akan membuat tubuhmu rentan terhadap cedera dan menimbulkan stres baru. 

Lari belebihan malah akan memberikan beban pada mentalmu yang sudah lemah karena stres dan depresi yang kamu derita. 

Ini akan sangat kontra produktif dengan tujuan dari olahraga yang kamu lakukan.

Oleh karena itu, berikan 1 hari full dalam seminggu dimana kamu benar-benar istriahat dari olahraga apapun.


Manfaat Lari  manfaat lari pagi manfaat jogging manfaat lari sore manfaat jogging pagi manfaat berlari manfaat olahraga lari manfaat lari siang



Kesimpulan

Manfaat lari atau joging pada manusia tidak hanya ada di aspek fisik, namun juga ada pada aspek mental seseorang. 

Lari bisa mengurangi stress dan depresi yang diderita dan memberikan pelajaran dalam kehidupan sehari-hari. 

Namun, olahraga lari bukanlah penyembuh depresi. Olahraga hanya mengurangi efek buruk dari depresi yang bisa membuat hidup semakin terasa sulit.

Lari untuk mengurangi stress, kecemasan, dan depresi cukup dilakukan dengan intensitas yang ringan dan rutin dilakukan maksimal 3-5 kali perminggu.



Artikel Lainnya Yang Setopik

Manfaat Berlari Untuk Mood Yang Lebih Baik dan Stabil | Manfaat berlari untuk mood.


sumber 

11 reason why runners more successful by lifehack

Mental health benefits of running by webmd

The truth behind ‘Runner’s High’ by hopkinsmedicine


Demikian pembahasan untuk manfaat lari kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk " Manfaat Lari Untuk Penderita Stress Dan Depresi Serta Efeknya Untuk Kehidupan"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan