Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Olahraga | Alasan Kenapa Seorang Pelari Jarang Jatuh Sakit

Manfaat Olahraga

manfaat olahraga manfaatolahraga manfaat lari manfaat olahraga secara teratur adalah untuk manfaat lari pagi manfaat jogging olahraga yang teratur memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya olahraga lari membuat otot kaki menjadi manfaat berolahraga manfaat olahraga bagi tubuh manfaat lari sore manfaat jogging pagi 10 manfaat olahraga manfaat aktivitas fisik tujuan olahraga manfaat berlari manfaat olahraga lari sebutkan manfaat olahraga bagi tulang dan sendi sebutkan manfaat olahraga dalam kesehatan jantung olahraga harus dilakukan secara manfaat jalan cepat manfaat lari siang lari jogging bermanfaat untuk manfaat olahraga secara teratur adalah olahraga membuat badan menjadi sebutkan manfaat olahraga sebutkan manfaat olahraga dalam pencegahan penyakit kanker manfaat olahraga adalah tujuan melakukan olahraga adalah manfaat lari zig zag manfaat workout manfaat olahraga pagi sebutkan manfaat jogging jelaskan dan berikan contoh manfaat dari berolahraga olahraga yang teratur bagi kesehatan tubuh salah satu diantaranya adalah manfaat olahraga malam hari manfaat lari di tempat sebutkan manfaat berolahraga fungsi olahraga olahraga membuat tubuh menjadi manfaat berolahraga adalah manfaat olahraga secara teratur manfaat gym manfaat olahraga secara rutin pentingnya olahraga jelaskan pentingnya olahraga bagi kesehatan organ peredaran darah terutama jantung manfaat bermain bola manfaat dari olahraga manfaat melakukan olahraga ketika kita berolahraga secara rutin tubuh kita menjadi sebutkan manfaat melakukan olahraga manfaat olahraga bagi kesehatan jantung berolahraga membuat badan menjadi sebutkan manfaat olahraga bagi tubuh manfaat lari pagi setiap hari manfaat aktivitas fisik teratur tubuh yang bergerak secara rutin akan terjaga tujuan kita berolahraga adalah pengertian lari dan manfaatnya manfaat lari malam bolehkah olahraga setiap hari sebutkan manfaat dari berolahraga olahraga jalan kaki bermanfaat untuk manfaat olahraga kardio manfaat olahraga jalan kaki manfaat lari sprint manfaat olahraga malam manfaat aktivitas fisik secara teratur salah satu manfaat olahraga adalah olahraga lari sangat bermanfaat untuk kesehatan 3 manfaat olahraga 25 manfaat olahraga efek olahraga setiap hari manfaat lari pagi untuk diet lari pagi bermanfaat untuk manfaat lari cepat manfaat atletik manfaat olahraga sore sebutkan manfaat dari olahraga manfaat olahraga jalan cepat manfaat olahraga secara teratur ialah untuk manfaat olahraga bagi tubuh adalah manfaat fitnes manfaat workout untuk wanita manfaat berolahraga bagi tubuh tujuan berolahraga manfaat olahraga di pagi hari sebutkan manfaat berlari manfaat olahraga bagi tulang dan sendi manfaat lari zigzag tuliskan 3 manfaat berolahraga manfaat cardio manfaat bermain hula hoop manfaat olahraga bagi kesehatan manfaat gerak lari manfaat workout setiap hari olahraga membuat badan kita menjadi tujuan jogging manfaat nge gym jelaskan manfaat olahraga







Manfaat olahraga memang banyak sekali untuk tubuh, apalagi untuk manfaat bagi kesehatan kita. Sadarkah kamu kalau pelari banyak yang jarang sakit?


Apa Manfaat Olahraga Bagi Kita?

Manfaat olahraga ada banyak sekali. Namun bila dikelompokan menurut efeknya ke dalam sistem tubuh, maka ada 2 sistem yang mendapatkan manfaat terbesar dari olahraga. Kedua sistem tersebut adalah sistem kardio dan sistem metabolisme.

Manfaat olahraga untuk sistem kardio adalah bagaimana olahraga mampu meningkatkan kinerja tubuh dalam menyerap oksigen dan mengalirkannya ke seluruh tubuh.

Hampir seluruh bagian tubuh kita membutuhkan aliran darah dan oksigen agar bisa terus bekerja dengan baik. Tanpa oksigen, sel-sel pada organ tubuh yang vital bisa mati dan menyebabkan kerusakan permanen.

Kemudian manfaat olahraga pada sistem metabolisme tubuh adalah bagaimana olahraga mampu meningkatkan pembakaran kalori dan lemak menjadi energi.

Tubuh kita secara otomatis akan selalu membakar kalori menjadi energi saat lari. Namun ketika ada sisa kalori yang tidak terbakar menjadi energi, kalori tersebut akan disimpan sebagai lemak di dalam tubuh.

Oleh karena itu, manfaat olahraga adalah meningkatkan proses pembakaran kalori sehingga semakin sedikit lemak yang bisa disimpan oleh tubuh.



Manfaat Olahraga Bagi Mental

Selain manfaat untuk kedua sistem tubuh tadi, olahraga juga memberikan manfaat untuk kesehatan mental kita.

Saat berolahraga, otak akan melepaskan senyawa endorphin dan endocannabinoids yang berguna memicu perasaan tenang dan relaks.

Selain itu, aliran darah dari dan ke otak menjadi lebih lancar sehingga kamu jadi tidak sering bengong, susah fokus, dan hilang konsentrasi.

Tidak heran ada banyak orang senang berolahraga setiap pagi. Ini karena olahraga pagi bisa menjadi semacam persiapan sebelum beraktivitas sepanjang hari.



Apa Yang Terjadi Jika Kita Tidak Pernah Berolahraga?

Efek yang terjadi jika kita tidak pernah berolahraga biasanya terlihat pada 2 aspek, yaitu aspek fisik dan juga mental.

Aspek Fisik

Pada aspek fisik, kurangnya aktivitas olahraga membuat otot, sendi, dan tendon menjadi kaku dan rentan cedera. Bahkan jika kamu terpaksa harus bergerak dengan intens, maka bisa dipastikan kamu akan merasa pegal dan tegang setelahnya.

Belum lagi penyakit-penyakit berbahaya yang selalu menyerang orang yang tidak pernah berolahraga seperti penyakit jantung dan diabetes. Penyakit-penyakit ini dikenal sebagai penyakit yang paling sering membunuh secara tiba-tiba dan tanpa gejala.


Aspek Mental

Pada aspek mental, kurang aktivitas olahraga akan membuat seseorang merasa lemas, tidak bersemangat, dan cenderung lebih suka berdiam diri.

Tentu, tidak semua orang yang jarang olahraga akan mengalami hal-hal tersebut, namun jauh lebih banyak yang mengalami kemunduran kemampuan otak dan perubahan mood karena tidak olahraga.



Kenapa Orang Yang Rutin Berlari Biasanya Jarang Jatuh Sakit?

Ini karena berlari dengan intensitas ringan atau sedang yang dilakukan secara rutin, mampu meningkatkan sistem kekebalan alami tubuh kita. 

Orang yang rutin berlari mendapatkan manfaat olahraga yang lebih, ini karena tubuhnya lebih aktif mengedarkan sel pelindung ke seluruh tubuh dengan lebih cepat. 

Sel imun ini berguna untuk menyerang dan membasmi bakteri, virus, dan jamur yang masuk ke tubuh. 

Penyebab lain kenapa pelari jarang sakit, adalah karena berlari menaikkan produksi sel baik pelindung infeksi. 

Sel seperti Makrofag, imunoglobin, sel darah putih, dan antibodi lainnya, diproduksi di sumsum tulang, paru-paru, limpa, dan memiliki efek pembersihan pada organisme asing.

Selain itu, ada juga pendapat bahwa kenaikan suhu tubuh saat kita berlari dapat menghambat pertumbuhan bakteri, sehingga mengurangi kerusakan sel-sel sehat di dalam tubuh.

Berlari secara teratur juga memberikan manfaat olahraga lainnya, yaitu membantu membersihkan paru-paru dari bakteri dan virus di udara yang menyebabkan Infeksi Saluran Pernapasan atau ISPA. 

Ini dikarenakan hilangnya karsinogen atau zat/organisme berbahaya, melalui peningkatan produksi keringat dan urin.



Kenapa Terlalu Sering Berlari Tidak Baik Untuk Kesehatan?

Bagaimanapun berlari bisa menjadi pedang bermata dua. Latihan berlebihan dan terlalu memforsir tenaga malah dapat menekan fungsi imun tubuh yang normal, jadi pastikan ada keseimbangan yang tepat antara frekuensi, intensitas, dan durasi lari ya runners! 

Seorang pelari jarang sakit karena rutin berlari, namun terlalu sering berlari juga lambat laun akan membuat lari jadi tidak seru lagi.

Bahkan bisa jadi malah membuatmu merasa terbebani dengan lari yang terus menerus dan monoton. Karena itu, untuk tetap mendapatkan manfaat olahraga, disarankan untuk membuat jadwal lari sendiri yang berisi setidaknya 3 jenis latihan.


Slow Run

Dalam 1 minggu, sebaiknya ada 1 - 2 hari dimana kamu berlari dengan jarak yang jauh dan pace (kecepatan) yang ringan agar tidak kelelahan. 

Slow run yang dilakukan dengan jarak lari yang jauh sangat berguna membakar lemak, melatih stamina, dan memperbaiki postur tubuhmu saat berlari.

Untuk slow run biasa dengan jarak yang tidak terlalu jauh, direkomendasikan lari hanya 3-5 hari / minggu, dengan Heart Rate 55% -65% dari detak jantung maksimal, dengan durasi selama 20-60 menit.


Fast Run

Lari seperti interval run, progressive run, fartlek, dan lari sejenisnya sangat berguna melatih kecepatan larimu. Selain itu, fast run berguna melatih jantung untuk bekerja dengan heart rate yang tinggi dan membakar lemak lebih banyak. 

Apalagi ada manfaat olahraga bernama afterburn efect, dimana tubuh akan tetap membakar lemak bahkan setelah kamu selesai berlari.


Latihan Pembentuk Otot

Untuk mendapatkan kemampuan yang baik sebagai pelari, tidak cukup hanya dengan lari saja. Kamu juga perlu latihan pembentuk otot agar tubuh tahan terhadap cedera saat lari. 

Resiko cedera lari bisa diminimalisir jika kamu rutin melatih otot-otot tubuhmu. Gerakan seperti plank, squat, lunges, bridge, dan varian lainnya bisa kamu gunakan untuk melatih otot larimu.


Dengan jadwal lari yang lebih variatif, performa lari dan kemampuan tubuh akan meningkat secara merata serta manfaat olahraga bisa lebih banyak kamu dapatkan. 

Ini akan jauh lebih aman karena intensitas dan energi yang kamu habiskan tidak terpaku pada satu macam latihan saja. Sehingga performa larimu bisa meningkat dan kamu sebagai pelari juga jarang sakit.


manfaat olahraga manfaatolahraga manfaat lari manfaat olahraga secara teratur adalah untuk manfaat lari pagi manfaat jogging olahraga yang teratur memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya olahraga lari membuat otot kaki menjadi manfaat berolahraga manfaat olahraga bagi tubuh manfaat lari sore manfaat jogging pagi 10 manfaat olahraga manfaat aktivitas fisik tujuan olahraga manfaat berlari manfaat olahraga lari sebutkan manfaat olahraga bagi tulang dan sendi sebutkan manfaat olahraga dalam kesehatan jantung olahraga harus dilakukan secara manfaat jalan cepat manfaat lari siang lari jogging bermanfaat untuk manfaat olahraga secara teratur adalah olahraga membuat badan menjadi sebutkan manfaat olahraga sebutkan manfaat olahraga dalam pencegahan penyakit kanker manfaat olahraga adalah tujuan melakukan olahraga adalah manfaat lari zig zag manfaat workout manfaat olahraga pagi sebutkan manfaat jogging jelaskan dan berikan contoh manfaat dari berolahraga olahraga yang teratur bagi kesehatan tubuh salah satu diantaranya adalah manfaat olahraga malam hari manfaat lari di tempat sebutkan manfaat berolahraga fungsi olahraga olahraga membuat tubuh menjadi manfaat berolahraga adalah manfaat olahraga secara teratur manfaat gym manfaat olahraga secara rutin pentingnya olahraga jelaskan pentingnya olahraga bagi kesehatan organ peredaran darah terutama jantung manfaat bermain bola manfaat dari olahraga manfaat melakukan olahraga ketika kita berolahraga secara rutin tubuh kita menjadi sebutkan manfaat melakukan olahraga manfaat olahraga bagi kesehatan jantung berolahraga membuat badan menjadi sebutkan manfaat olahraga bagi tubuh manfaat lari pagi setiap hari manfaat aktivitas fisik teratur tubuh yang bergerak secara rutin akan terjaga tujuan kita berolahraga adalah pengertian lari dan manfaatnya manfaat lari malam bolehkah olahraga setiap hari sebutkan manfaat dari berolahraga olahraga jalan kaki bermanfaat untuk manfaat olahraga kardio manfaat olahraga jalan kaki manfaat lari sprint manfaat olahraga malam manfaat aktivitas fisik secara teratur salah satu manfaat olahraga adalah olahraga lari sangat bermanfaat untuk kesehatan 3 manfaat olahraga 25 manfaat olahraga efek olahraga setiap hari manfaat lari pagi untuk diet lari pagi bermanfaat untuk manfaat lari cepat manfaat atletik manfaat olahraga sore sebutkan manfaat dari olahraga manfaat olahraga jalan cepat manfaat olahraga secara teratur ialah untuk manfaat olahraga bagi tubuh adalah manfaat fitnes manfaat workout untuk wanita manfaat berolahraga bagi tubuh tujuan berolahraga manfaat olahraga di pagi hari sebutkan manfaat berlari manfaat olahraga bagi tulang dan sendi manfaat lari zigzag tuliskan 3 manfaat berolahraga manfaat cardio manfaat bermain hula hoop manfaat olahraga bagi kesehatan manfaat gerak lari manfaat workout setiap hari olahraga membuat badan kita menjadi tujuan jogging manfaat nge gym jelaskan manfaat olahraga



Kesimpulan

Ada 2 sistem yang mendapatkan manfaat terbesar dari olahraga. Kedua sistem tersebut adalah sistem kardio dan sistem metabolisme.

Efek yang terjadi jika kita tidak pernah berolahraga biasanya terlihat pada 2 aspek, yaitu aspek fisik dan juga mental.

Kenapa Orang Yang Rutin Berlari Biasanya Jarang Jatuh Sakit? Ini karena berlari dengan intensitas ringan atau sedang yang dilakukan secara rutin, mampu meningkatkan sistem kekebalan alami tubuh kita. 

Latihan berlebihan dan terlalu memforsir tenaga malah dapat menekan fungsi imun tubuh yang normal, jadi pastikan ada keseimbangan yang tepat antara frekuensi, intensitas, dan durasi olahraga yang kamu lakukan.


sumber : Roy Stevenson 



Artikel Lainnya Yang Setopik

Manfaat Berlari Untuk Mood Yang Lebih Baik dan Stabil | Manfaat berlari untuk mood.

Manfaat Olahraga Lari Berdasarkan Waktunya, Lari Pagi Siang Sore Malam | Manfaat olahraga lari.

Manfaat Lari Untuk Penderita Stress Dan Depresi Serta Efeknya Untuk Kehidupan | Manfaat lari untuk kesehatan  jiwa.


Demikian pembahasan untuk manfaat olahraga kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Manfaat Olahraga | Alasan Kenapa Seorang Pelari Jarang Jatuh Sakit"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan