Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Kehilangan Motivasi Karena Bad Run Saat Berlari

Motivasi Saat Lari

kehilangan motivasi hilang semangat hilang motivasi cara mengembalikan semangat yang hilang kehilangan motivasi belajar cara mengembalikan semangat hidup yang hilang kembalikan semangat yang hilang hilang motivasi hidup semangat olahraga semangat berolahraga cara agar semangat olahraga tidak semangat penyebab tidak semangat hidup tidak semangat, Motivasi untuk berlari







Motivasi saat lari sering hilang dan masalah ini dialami banyak orang. Biasanya, pengalaman tidak enak saat berolahragalah yang membuat banyak orang berhenti berolahraga. Apa yang bisa kita lakukan agar motivasi tidak hilang?


Kenapa Motivasi Dibutuhkan Dalam Kita Berolahraga?

Saat melakukan suatu olahraga, kita semua pasti punya tujuan atau target yang ingin dicapai.

Misalnya orang yang ingin menurunkan berat badan, mereka mulai rutin olahraga pasti karena ingin membakar lemak di tubuh.

Namun, banyak orang yang tidak sabar dengan prosesnya. Banyak yang kemudian kehilangan motivasi dan berhenti di tengah jalan karena tidak kunjung melihat hasil dari olahraga yang dilakukan.

Inilah kenapa motivasi dibutuhkan dalam berolahraga. Motivasilah yang akan membuat kita tetap konsisten berolahraga, walaupun hasil dari segala usaha itu belum terlihat hasilnya.



Bagaimana Caranya Konsisten Untuk Olahraga?

Konsistensi bisa muncul jika kita mampu mencapai target atau tujuan jangka pendek.

Ini karena secara psikologis, kita perlu merasa puas atas sesuatu yang kita lakukan.

Inilah kenapa jika kita ingin konsisten untuk berolahraga, kita perlu target atau tujuan-tujuan kecil yang mudah dicapai.

Kebanyakan orang yang kehilangan motivasi untuk berolahraga, biasanya merasa kalau segala hal yang mereka lakukan itu sia-sia. Target dan tujuan yang mereka harapkan tidak kunjung mereka dapatkan.

Padahal bisa jadi, target-target tersebut terlampau tinggi dan butuh konsistensi dan kebiasaan yang bisa memakan waktu berbulan-bulan sampai tahunan.

Oleh karena itu, coba buat target kecil yang mudah dicapai agar kamu bisa konsisten berolahraga. 

Terus naikkan target-target tersebut dalam batas yang masih masuk akal dan kamu yakin bisa dicapai dalam waktu yang sesingkat-seingkatnya.




5 Hal Yang Harus Disadari Saat Kehilangan Motivasi Untuk Olahraga

Kalau kamu adalah seorang pelari yang sudah rutin bertahun-tahun lari, pasti pernah merasakan bad run. 

Dimana performa lari ngedrop tanpa sebab yang jelas. Kira-kira bagaimana ya menghadapinya? Bagaimana untuk tetap punya motivasi saat lari?


Not Every Run Will Be Easy

Setiap pelari pasti pernah mengalami suatu hari dimana tubuh benar-benar tidak bisa diajak lari. 

Misalnya kamu adalah pelari rutin yang biasanya bisa lari 5k nonstop tanpa merasa capek. 

Namun, ada satu hari yang, entah kenapa, kamu bahkan sudah ngos-ngosan di kilometer ke 3. 

Atau yang biasanya kamu bisa lari keliling lapangan bola 5 kali, entah kenapa di putaran ke 4 tubuh sudah capek dan kaki kram walau sudah pemanasan

Bahkan ada pelari yang merasa saking kepayahan di suatu sesi lari, sampai harus mengakhiri lari saat itu dan pulang dengan jalan kaki secara perlahan. Kehilangan motivasi untuk berolahraga bisa jadi terjadi pada fase ini.

Hal ini lah yang biasanya disebut bad run. Suatu sesi lari dimana segala hal terasa buruk, capek, dan gagal saat kamu berlari. Apakah ini normal? Tentu saja! Karena tidak semua lari selalu berakhir bahagia..


Masalahnya Cuma Dipikiran Saja

Kadang seorang pelari merasakan bahwa dia sedang mengalami bad run. Perut tiba-tiba kram, betis terasa nyeri, kepala pusing dsb. Namun ketika didiamkan sebentar semua masalah itu tiba-tiba lenyap.

Tahukah kamu kenapa?

Karena bad run biasanya lebih berdampak pada psikologis dibanding fisik seorang pelari. Bad run membuat segala hal "terasa" sulit. 

Padahal secara fisik, kamu tidak punya masalah apapun. Disinilah kamu diuji soal motivasimu saat berlari.

Namun biasanya pelari pemula bakalan langsung drop dan merasa berlari itu bukan tempatnya. 

Itulah kenapa pelari pemula banyak yang berhenti berlari setelah 2-3 kali keluar rumah untuk lari. Mereka dengan mudah kehilangan motivasi.


Belajar Dari Hasil Analisa

Langkah pertama saat mengalami bad run adalah dengan menganalisa penyebabnya. 

Mungkin kamu tidak cukup minum sebelumnya. Mungkin cuaca yang tidak mendukung, terlalu panas, dingin, berangin, dsb. Atau mungkin kamu tidak cukup tidur semalam. Mungkin juga kamu salah makan atau makan terlalu dekat dengan waktu berlari mu.

Motivasi saat lari pasti akan selalu naik turun, tidak peduli seberapa banyaknya pengalamanmu saat berlari. 

Ada berbagai macam hal yg bisa jadi penyebab mengapa sesi larimu jadi terasa sulit dijalankan. 

Seorang pelari yang pintar akan mampu menemukan penjelasan dari dropnya performa lari. 

Seorang pelari harus mampu menganalisa performa di masa lalu, belajar dari kesalahan, dan menjadi pelari yang lebih baik.


Bad Run Lebih Baik Daripada Not Run

Setiap pelari mulai berlari dengan berbagai alasan. Tapi kita semua pasti setuju kalau kita berlari karena lari itu menyenangkan. 

Tidak peduli seberapa susahnya prosesmu mengembangkan kemampuan berlari, tetaplah ingat rasa senang ketika berlari.

Jika suatu hari nanti kamu mengalami bad run, berhentilah sebentar, lalu cobalah lagi nanti. 

Kita tidak bisa selalu mendapatkan good run. Namun, ingatlah kadang bad run hanya soal perspektif, soal bagaimana kamu melihat sesuatu. 

Pada akhirnya, bad run lebih baik daripada tidak berlari sama sekali. Bad run lebih baik daripada kamu kehilangan motivasi untuk berlari sama sekali. 

Ini karena tetap berlari akan selalu memberikan manfaat untuk kesehatan dirimu, entah kamu sedang punya motivasi untuk lari atau tidak.


Bad Run Adalah Bagian Dari Hidup Seorang Pelari

Sebagai pelari, jangan selalu berharap kalau kamu akan terus-terusan bisa berlari dengan nyaman, dan semua target pace serta waktu bisa tercapai.

Kenapa? Karena itu hanya akan berakhir dengan kekecewaan. Apalagi kalau kamu berlari dengan target untuk meningkatkan performa race mu. Kamu harus selalu siap jika suatu saat mengalami bad run. 

Bahkan kalau kamu tipe pelari yang berlari hanya untuk fun, bad run pun bisa saja terjadi. Terimalah bahwa bad run adalah bagian dari hidup seorang pelari.

Kita adalah manusia biasa dan ada banyak hal yang tidak bisa kita kontrol. Yang bisa kita kontrol adalah  bagaimana kita bereaksi terhadap naik turunnya motivasi saat berlari atau juga saat kita kehilangan motivasi untuk lari.



kehilangan motivasi hilang semangat hilang motivasi cara mengembalikan semangat yang hilang kehilangan motivasi belajar cara mengembalikan semangat hidup yang hilang kembalikan semangat yang hilang hilang motivasi hidup semangat olahraga semangat berolahraga cara agar semangat olahraga tidak semangat penyebab tidak semangat hidup tidak semangat



Kesimpulan

Motivasi dibutuhkan dalam berolahraga karena motivasilah yang akan membuat kita tetap konsisten, walaupun hasil dari segala usaha itu belum terlihat hasilnya.

Bad run adalah suatu sesi lari dimana segala hal terasa buruk, capek, dan gagal saat kamu berlari.

Bad run biasanya lebih berdampak pada psikologis dibanding fisik seorang pelari. Bad run membuat segala hal "terasa" sulit. 

Padahal secara fisik, kamu tidak punya masalah apapun. Disinilah kamu diuji soal motivasimu saat berlari.

Bahkan kalau kamu tipe pelari yang berlari hanya untuk fun, bad run pun bisa saja terjadi. Terimalah bahwa bad run adalah bagian dari hidup seorang pelari.


sumber : runnersworldmag



Artikel Lainnya Yang Setopik

Motivasi Lari : Jadi Pelari Itu Cuma Sementara | Sedikit motivasi untuk lari.

5 Hal Yang Bikin Kamu Malas Olahraga Lari dan Solusinya | Solusi malas olahraga lari.

Motivasi olahraga untuk orang yang malas berolahraga. Berikut 4 cara biar bisa punya motivasi olahraga untuk diri sendiri. |  Motivasi malas olahraga.

Manfaat Lari Untuk Penderita Stress Dan Depresi Serta Efeknya Untuk Kehidupan | Manfaat lari.

Cara membentuk kebiasaan habit berlari supaya tidak malas berlari butuh sekitar 6-8 minggu sampai akhirnya terbiasa berlari dan habit baru terbentuk. | Kebiasaan lari.

Manfaat berlari untuk mood manusia memang semakin terbukti. Berikut manfaat berlari untuk mood dan kesehatan mental yang lebih baik. | Manfaat lari untuk meningkatkan mood.

Lari Pagi Siang Sore Malam | Manfaat olahraga lari bisa berbeda-beda tergantung waktu pelaksanaannya. Berikut manfaat lari pagi, manfaat lari siang / sore, dan manfaat lari malam. | Manfaat lari pagi, sore, malam.



Demikian pembahasan untuk kehilangan motivasi untuk olahraga lari kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk " Solusi Kehilangan Motivasi Karena Bad Run Saat Berlari"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan