Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan Trail Running dan Urban Running

Apa Itu Trail Running dan Urban Running?

pengertian Urban running dan trail running, trail running urban running fujitrabuco 8 terrex agravic flow speedcross 4 gtx salomon xa elevate terraultra g 270 fujitrabuco 9 salomon sense escape 2 salomon super cross adidas terrex agravic xt wildcross salomon salomon sense 4 terrex agravic xt alpha cross salomon salomon glide nike pegasus 36 gore tex evadict tr2 nike zoom pegasus 36 trail gtx salomon xa pro 3d wide salomon snowcross 2 nike trail 2 gtx speedcross vario gel fujitrabuco 9 ultra race 2021 timp 3 altra salomon sense ride 3 w wave rider tt 2 altra gore tex salomon sense mantra salomon v8 olympus altra wave mujin 8 speedcross 5 w salomon glide ultra terrex agravic trail nike w pegasus trail 2 altra lone salomon sense ultra pro salomon ultra w pro marathon trail xa elevate gtx trailster salomon adidas trail gore tex salomon city trail adidas agravic xt columbia caldorado 3 salomon xa pro 3d trail running xa elevate salomon salomon elevate xa adidas kanadia 7 adidas kanadia tr3 salomon cross 5 gtx tahura trail run nike pegasus 2 gtx salomon gtx 5 speedcross speedcross 2 salomon xa collider 2 gtx salomon speedcross 5 limited edition nike zoom pegasus 36 gore tex altra timp trail altra superior 2.0 nike trail pegasus 2 gtx salomon gtx speedcross 5 salomon x scream citytrail kiprun xt7 altra superior 5.0 nike pegasus trail gtx 2 nike air zoom pegasus 36 gore tex trail nike pegasus trail 2 gtx speedcross 5 gtx salomon pegasus gtx trail 2 sense 4 pro salomon compressport trail running pegasus trail gtx 2 terraclaw 250 new balance t590 v4 trail running goretex adidas terrex agravic 310 new balance 910 v2 salomon xa pro 3d v8 black olympus altra 4.0 running goretex salomon sense 3 pro nike pegasus 28 trail manglayang trail running salomon xa trail salomon trail speedcross 5 manglayang trail running 2021 salomon speedcross 2021 salomon sense ride pro 4 trail run tahura golden trail series salomon adidas terrex agravic xt 320 supernova riot adidas ultra trail salomon speedcross vario 2 salomon salomon lab pulsar olympus altra 4 nike trail running pegasus 2






Di dalam dunia lari, ada berbagai macam jenis lari yang bisa kamu coba. Mulai dari lari yang menyangkut performa lari seperti lari interval, lari fartlek, atau lari tempo. Sampai ada lari yang dibedakan menurut tempat larinya.

Jika dibagi ke dalam tempat larinya, ada 2 jenis lari yang sangat terkenal, yaitu Trail Running dan Urban Running. Kedua jenis lari ini punya manfaat, keuntungan, dan kelebihannya masing-masing. Apa saja itu? Ayo kita bahas satu persatu.



Pengertian Trail Running

Apa Itu Lari Trail Running? Selama beberapa tahun terakhir, trail running telah berevolusi dari hype menjadi olahraga mainstream. 

Sejak 2015, Asosiasi Atletik Dunia bahkan telah mengakui lari trail sebagai disiplin olahraga tersendiri. 

Trail run adalah lari yang dilakukan di alam terbuka seperti bukit, hutan, gunung, dsb. Track lari yang tidak rata, pemandangan yang indah, dan tantangan fisik yang luar biasa membuat jenis lari ini semakin diminati oleh banyak pelari.


Baca juga Manfaat lari di tanjakan ada banyak seperti melatih otot, pace, cadence, & minim resiko cedera. Berikut tips berlari di tanjakan.



Keuntungan Trail Run

Lintasan lari sangat bervariasi. Kamu bisa lari sambil melihat pemandangan dan terkadang pelari trail merasakan kalau mereka sedang piknik, dan bukannya lari. 

Dengan pemandangan dan udara yang sejuk, rasa bosan tidak mungkin kamu rasakan. Bahkan bisa membuang rasa malas akan lari, dan membuatmu selalu tidak sabar untuk mulai lari.

Selain itu untuk keuntungan di fisik pelari, tanah yang tidak rata melatih otot lebih banyak daripada lari di aspal. 

Lalu, lari trail juga melatih ligamen dan tendon kaki lebih baik. Karena itu, trail run adalah latihan yang ideal untuk meningkatkan kemampuan motorikmu seperti keseimbangan dan reaksi saat lari.



Gear Trail Run

Gear untuk trail run atau perlengkapan lari trail sedikit berbeda jika dibandingkan dengan perlengkapan lari biasa. 

Sepatu lari trail memiliki cengkeraman dan stabilitas yang jauh lebih baik daripada sepatu lari urban. Ini agar kamu tidak tergelincir atau terpeleset di medan yang tidak rata. 

Perbedaan paling besar yang bisa terlihat adalah pada bagian sole dari sepatu, dimana sole tersebut memiliki tekstur yang tidak rata dan lebih banyak gerigi untuk daya cengkram yang lebih baik pada permukaan tanah.

Kalau kamu mau beli sepatu trail rekomendasi kami di shopee bisa di sini dan di sini.

Selain itu, Jaket hujan ringan adalah solusi sempurna untuk perubahan cuaca yang tiba-tiba saat trail run. Kondisi cuaca yang tidak menentu saat lari trail mengharuskan kita untuk lebih siap dengan perlengkapan tambahan. 

Jika jarak lari lebih jauh, sebaiknya bawa ransel, sistem hidrasi, dan lampu headlight jika nanti agak gelap.



Pengertian Urban Running

Urban running adalah lari yang dilakukan di area perkotaan atau pemukiman penduduk. Mungkin selama ini kamu tidak tahu kalau yang kamu lakukan adalah urban running?

Urban running dilakukan di area dimana terdapat fasilitas untuk lari atau bahkan jalan beraspal biasa. Selain itu, tidak perlu perlengkapan khusus untuk lari urban. Kamu cukup punya sepatu lari dan bisa langsung lari.



Keuntungan Lari Urban

Keuntungan lari di daerah urban atau perkotaan adalah tentang kesederhanaannya. Lari disekitaran rumah adalah olahraga paling sederhana karena kamu tidak perlu transportasi kemanapun. 

Saking simplenya, lari urban bisa kamu sempatkan diantara rutinitas harianmu. Punya 1 jam kosong? Lari 30 - 45 menit sudah cukup memberikan manfaat dari lari tersebut dan membuat kamu jauh lebih bugar dan sehat.



Gear Lari Urban

Lari di wilayah kota yang penuh dengan permukaan keras seperti jalan dan trotoar membutuhkan sepatu lari yang memiliki bantalan memadai. Fitur bantalan di sepatu lari saat ini sudah cukup baik apapun mereknya.

Selain itu kamu mungkin butuh pakaian lari yang longgar dan ringan, serta manset kompresi untuk area lutut, betis, dan engkel. 

Ini agar supaya ketegangan otot pada saat lari di permukaan yang keras bisa dikurangi, dan resiko cedera lari bisa diminimalisir.



Artikel Lainnya Yang Setopik

Trail run adalah lari di gunung atau bukit dan berbeda dengan lari yang biasanya. Berikut panduan dan 11 tips trail run yang perlu kita tahu. | Lari trail.

Jawaban untuk pertanyaan manakah yang lebih baik diantara long run atau speed run. Mana yang lebih baik antara lari jarak jauh atau lari cepat?

Lari 2 kali sehari bisa menjadi pilihan untuk pelari. Namun kita harus tahu apa kelebihan dan kekurangan olahraga lari 2x sehari.

Perbedaan joging dan running adalah dari aspek pace dan energi yang dihabiskan. Berikut hal yang perlu diketahui tentang perbedaan lari & joging.


sumber : trail running vs urban running by kellersports



Demikian pembahasan untuk keuntungan trail running dan urban running kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk " Keuntungan Trail Running dan Urban Running"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan