Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Paru-paru Bekerja Saat Lari?

Manfaat olahraga lari untuk kesehatan paru-paru sudah dikenal secara luas. Namun pelari apalagi yang pemula memang punya kesulitan mereka sendiri saat baru mulai lari sebagai pelari pemula.


CARA KERJA PARU-PARU SAAT OLAHRAGA LARI



Bagaimana Paru-paru Bekerja Saat Lari?

Pasti ketika kamu baru mulai rutin berlari, kamu gampang kehabisan napas. Tetapi seiring waktu, entah kenapa rasanya jadi lebih mudah untuk menyelaraskan pernapasanmu dengan langkah kaki.

Ini karena paru-paru belajar bagaimana mengirimkan lebih banyak oksigen ke aliran darah lebih cepat, serta lebih efisien dalam membersihkan tubuh dari produk limbah karbon dioksida (CO2).

Saat kamu berlari, udara beroksigen terkumpul di kantung  paru-paru yang disebut alveoli. Melalui proses yang disebut difusi, oksigen dari udara ditransfer ke kapiler, yang kemudian mengangkut darah beroksigen tersebut ke seluruh otot di tubuh.

Pada saat yang sama, CO2 ditransfer dari darahmu menuju alveoli untuk dikeluarkan ke udara saat kamu menghembuskan napas. 

Rutin berlari membuat paru-parumu menjadi lebih efisien dalam mengirim oksigen ke otot, dan menerima CO2 untuk dibuang lewat hembusan napas. Ini adalah satu dari sekian banyak manfaat lari untuk paru-paru kita.


Baca juga Alasan Kenapa Tidak Boleh Langsung Duduk Setelah Lari | Kenapa tidak boleh langsung duduk setelah olahraga?



Apa Yang Berubah Pada Paru-paru Saya Saat Lari?

1. Kapasitas daya tahan otot-otot pernapasan – termasuk diafragma dan otot-otot interkostal – meningkat, memungkinkan pernapasan yang lebih dalam, lebih penuh, dan lebih efisien saat kamu berlari.

2. Dengan lari teratur, kamu akan menumbuhkan lebih banyak kapiler. Ini berarti tubuhmu bisa mengirimkan banyak oksigen ke otot dengan lebih cepat.

3. Semakin banyak kamu berlari, semakin banyak alveoli yang bisa  dikembangkan tubuh. Ini artinya tubuh mampu menyerap oksigen lebih baik, karena Alveoli bertugas mengambil oksigen dan mengangkutnya ke kapiler. 

4. Akhirnya, kemampuan aerobik dan anaerobik saat kamu berlari pun meningkat seiring berkembangnya kemampuan paru-paru tersebut.


Baca juga Manfaat Olahraga Kardio Seperti Berlari Untuk Kesehatan Jantung | Manfaat olahraga kardio.



sumber : 3 ways running makes your lungs work better by runnersworld


Demikian pembahasan untuk bagaimana paru-paru bekerja saat lari kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Bagaimana Paru-paru Bekerja Saat Lari?"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan