Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Olahraga Lari Berdasarkan Waktunya | Lari Pagi Siang Sore Malam

Manfaat Lari Pagi | Manfaat Lari Siang / Sore | Manfaat Lari Malam

manfaat lari manfaat lari pagi manfaat lari sore manfaat lari siang manfaat jogging olahraga lari membuat otot kaki menjadi manfaat jogging pagi lari jogging bermanfaat untuk manfaat berlari manfaat olahraga lari manfaat lari zig zag sebutkan manfaat jogging manfaat lari di tempat manfaat lari pagi setiap hari pengertian lari dan manfaatnya manfaat lari malam manfaat lari sprint olahraga lari sangat bermanfaat untuk kesehatan manfaat lari pagi untuk diet lari pagi bermanfaat untuk manfaat lari cepat manfaat atletik sebutkan manfaat berlari manfaat lari zigzag manfaat gerak lari lari membuat badan olahraga lari sangat bermanfaat bagi kesehatan manfaat lari ditempat manfaat joging siang hari manfaat jogging setiap hari olahraga lari pagi secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan manfaat jogging adalah manfaat olahraga lari pagi manfaat jogging di pagi hari manfaat olahraga jogging manfaat lari sore untuk wajah manfaat olahraga lari sore lari pagi menyehatkan manfaat olahraga atletik manfaat berlari bagi tubuh jogging setiap hari manfaat lari bagi tubuh manfaat berlari adalah manfaat lari sore bagi orang gemuk manfaat lari jarak menengah manfaat lari pelan manfaat lari sore bagi orang kurus jogging untuk melatih jelaskan manfaat olahraga lari tuliskan tiga manfaat olahraga olahraga lari bagi tubuh kita fungsi lari manfaat lari pagi dan sore manfaat lari 12 menit manfaat jogging malam sebutkan manfaat dari berlari manfaat olahraga berlari manfaat lari untuk otot manfaat lari siang hari manfaat lari jogging manfaat lari setiap hari berlari dilakukan agar tubuh menjadi jogging melatih otot manfaat lari pagi bagi orang kurus manfaat olahraga siang hari manfaat jogging pagi hari bagi pria manfaat dari jogging jogging melatih fungsi lari pagi manfaat olahraga lari pagi adalah manfaat lari adalah manfaat jogging bagi wanita manfaat lari pagi bagi wajah manfaat dari lari berlari membuat badan menjadi manfaat lari naik turun tangga jogging termasuk latihan manfaat lari di siang hari jam jogging yang baik manfaat lari pagi adalah olahraga lari dapat membuat otot kaki menjadi jogging termasuk olahraga manfaat jogging subuh manfaat lari zig zag adalah tuliskan tiga manfaat olahraga lari bagi tubuh kita bolehkah jogging setiap hari jogging dapat melatih manfaat jogging pagi untuk wanita manfaat lari siang pakai jaket yang termasuk manfaat dari jogging adalah jogging bisa menurunkan berat badan manfaat jogging untuk orang kurus manfaat dari berlari lari pagi bisa menurunkan berat badan manfaat lari pagi bagi orang gemuk manfaat lari siang pakai jaket sauna manfaat jogging di siang hari jelaskan manfaat jogging manfaat lari sore untuk tinggi badan manfaat jogging bagi tubuh olahraga lari dapat membuat jantung kita MANFAAT OLAHRAGA PAGI BERDASARKAN WAKTU LARI






Manfaat lari bisa dibagi berdasarkan waktu kamu melakukannya. Lari pagi, lari siang, dan lari malam mempunyai manfaatnya sendiri-sendiri tergantung apa tujuanmu dalam berlari. 


Manfaat Lari Pagi

1. Lari pagi membuatmu punya waktu untuk merencanakan kegiatan hari itu. Kamu jadi jelas hari ini mau melakukan apa saja. Di keheningan pagi, kamu jadi punya waktu untuk menjernihkan pikiran dan fokus pada lari. 

Beberapa pelari suka menggunakan lari pagi untuk memikirkan daftar kegiatan mereka hari itu tentang semua yang perlu mereka lakukan.

2. Kamu akan membakar lemak sepanjang hari. Olahraga pagi sebelum sarapan alias dengan perut kosong dapat membantu membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. 

Selain itu, lari pagi bisa menjadi self alarm dan membuatmu merasa harus menghindari makan karbohidrat berlebih dan tidak sehat sepanjang hari.

3. Manfaat lari pagi membuat harimu jadi terasa lebih ringan, apalagi karena kamu sudah melakukan hal yang paling melelahkan diawal. 

Kalau kita sudah terlalu sibuk sama kegiatan sehari-hari, kadang kita sudah terlalu capek dan malas untuk lari. Lari pagi membuat hati jadi tenang karena hal besar sudah kita lakukan di awal hari.


Lari Pagi Itu Jam Berapa?

Lari pagi sebaiknya dilakukan menjelang matahari akan terbit. Kamu bisa mulai lari pagi mulai jam 5-6 dan selesai pukul 7-8.

Selain itu sebaiknya sarapan kecil dengan buah atau roti. Setidaknya jangan sampai kamu lari dengan perut kosong.



Manfaat Lari di Siang/Sore

1. Lari siang memberikan variasi pada kegiatanmu yang mungkin membosankan. Lari siang/sore bisa jadi semacam tombol reset untuk pikiran dari aktivitas sehari-hari yang melelahkan. 

Tidak perlu lari siang terlalu lama. 30 menit dengan pace yang sedang seharusnya sudah cukup untuk membakar lemak dan me-refresh pikiranmu, sebelum mulai beraktifitas lagi.

2. Lari siang secara umum lebih aman. Memang hal-hal buruk dapat terjadi kapan saja, namun lari siang/sore dilakukan saat dunia paling terjaga. 

Studi terbaru menunjukkan bahwa 40% pelari merasa lebih aman saat bersama atau diantara orang lain. Lari siang/sore memberikan rasa aman ekstra dari hal-hal yang bisa jadi tidak enak untukmu.


Apakah Lari Siang Berbahaya?

Lari siang tidak berbahaya selama kita tidak terlalu lama terpapar langsung sinar matahari. Coba pakai sleeve kompressor saat kamu ingin lari siang. Selain itu pastikan kamu memakai sun cream atau pilih siang hari dimana cuacanya sedang mendung dan tidak terlalu terik.

Kamu bisa beli daftar perlengkapan lari siang rekomendasi kami di shopee.


Olahraga Siang Bagusnya Jam Berapa?

Olahraga siang bisa kamu mulai dari jam 12 setelah makan siang sampai jam 2. Pastikan kamu tidak makan terlalu banyak jika ingin lari siang.

Selain itu, kamu juga bisa lari siang sebelum jam makan siang sehingga ketika selesai lari, kamu bisa langsung makan siang.



Manfaat Lari Sore / Malam

1. Manfaat lari malam yang paling utama adalah menjernihkan pikiran. Lari malam itu seperti cahaya di ujung terowongan bagi kebanyakan orang. 

Setelah seharian bekerja, capek, kesal, dan marah, kamu akhirnya punya waktu dan siap untuk lari untuk membuang semua hal menjengkelkan saat tadi bekerja. Lari malam bisa jadi hal yang menyegarkan dan menenangkan untuk dilakukan.

2. Menghabiskan simpanan energi. Tidak ada yang lebih memuaskan bagi pelari selain menutup hari mereka dengan lari atau latihan yang menggunakan sisa energi mereka untuk hari itu. 

Di tempat tidur, kamu bisa benar-benar santai dan tidur dengan kualitas tidur yang baik, karena telah menggunakan semua energi untuk hari itu.

Walaupun lari malam memberikan manfaat yang baik, kamu juga harus berhati-hati agar tidak lari malam dengan terlalu  intens. 

Ini karena kamu justru lebih beresiko untuk mengalami insomnia (susah tidur), jika intensitas lari malam yang kamu lakukan sangat besar dan benar-benar melelahkan bagi tubuh.


Apakah Lari di Malam Hari Berbahaya?

Ada 2 maksud dari bahaya di sini, bahaya dalam aspek kesehatan dan bahaya dalam aspek keselamatan.

Jika kita bicara dalam aspek kesehatan, lari malam sebenarnya tidak terlalu berbahaya. Kita di Indonesia dimana suhu malam tidak berbeda jauh dengan siang, maka lari malam boleh-boleh saja dilakukan. Namun pastikan kamu tidak berlari saat hujan karena suhu dan kondisi udara cenderung bisa membuatmu sakit.

Kemudian aspek keselamatan, dimana kita tahu malam hari di Indonesia bisa dibilang cenderung tidak aman. Kecuali kamu tinggal di kota besar, lari bersama beberapa teman, dan memiliki penerangan jalan yang cukup, lari malam tidak terlalu disarankan.


Apakah Jogging di Malam Hari Itu Baik?

Jogging di malam hari membantu melepaskan stress yang terkumpul saat kamu beraktivitas sepanjang hari. Namun, tidak disarankan untuk latihan pace (kecepatan lari) atau endurance saat lari malam, karena bisa mengganggu jam tidurmu.

Jogging di malam hari itu baik jika intensitas lari yang kita lakukan tergolong slow run dan hanya sebagai bentuk relaksasi saja.


Lari Malam Bagus Jam Berapa?

Lari malam sebaiknya dilakukan jam 18:30 atau selepas Maghrib sampai jam 20:00. Karena sifatnya yang hanya slow run dan relaksasi, kamu mungkin akan selesai lebih cepat dari waktu durasi tersebut.


manfaat lari manfaat lari pagi manfaat lari sore manfaat lari siang manfaat jogging olahraga lari membuat otot kaki menjadi manfaat jogging pagi lari jogging bermanfaat untuk manfaat berlari manfaat olahraga lari manfaat lari zig zag sebutkan manfaat jogging manfaat lari di tempat manfaat lari pagi setiap hari pengertian lari dan manfaatnya manfaat lari malam manfaat lari sprint olahraga lari sangat bermanfaat untuk kesehatan manfaat lari pagi untuk diet lari pagi bermanfaat untuk manfaat lari cepat manfaat atletik sebutkan manfaat berlari manfaat lari zigzag manfaat gerak lari lari membuat badan olahraga lari sangat bermanfaat bagi kesehatan manfaat lari ditempat manfaat joging siang hari manfaat jogging setiap hari olahraga lari pagi secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan manfaat jogging adalah manfaat olahraga lari pagi manfaat jogging di pagi hari manfaat olahraga jogging manfaat lari sore untuk wajah manfaat olahraga lari sore lari pagi menyehatkan manfaat olahraga atletik manfaat berlari bagi tubuh jogging setiap hari manfaat lari bagi tubuh manfaat berlari adalah manfaat lari sore bagi orang gemuk manfaat lari jarak menengah manfaat lari pelan manfaat lari sore bagi orang kurus jogging untuk melatih jelaskan manfaat olahraga lari tuliskan tiga manfaat olahraga olahraga lari bagi tubuh kita fungsi lari manfaat lari pagi dan sore manfaat lari 12 menit manfaat jogging malam sebutkan manfaat dari berlari manfaat olahraga berlari manfaat lari untuk otot manfaat lari siang hari manfaat lari jogging manfaat lari setiap hari berlari dilakukan agar tubuh menjadi jogging melatih otot manfaat lari pagi bagi orang kurus manfaat olahraga siang hari manfaat jogging pagi hari bagi pria manfaat dari jogging jogging melatih fungsi lari pagi manfaat olahraga lari pagi adalah manfaat lari adalah manfaat jogging bagi wanita manfaat lari pagi bagi wajah manfaat dari lari berlari membuat badan menjadi manfaat lari naik turun tangga jogging termasuk latihan manfaat lari di siang hari jam jogging yang baik manfaat lari pagi adalah olahraga lari dapat membuat otot kaki menjadi jogging termasuk olahraga manfaat jogging subuh manfaat lari zig zag adalah tuliskan tiga manfaat olahraga lari bagi tubuh kita bolehkah jogging setiap hari jogging dapat melatih manfaat jogging pagi untuk wanita manfaat lari siang pakai jaket yang termasuk manfaat dari jogging adalah jogging bisa menurunkan berat badan manfaat jogging untuk orang kurus manfaat dari berlari lari pagi bisa menurunkan berat badan manfaat lari pagi bagi orang gemuk manfaat lari siang pakai jaket sauna manfaat jogging di siang hari jelaskan manfaat jogging manfaat lari sore untuk tinggi badan manfaat jogging bagi tubuh olahraga lari dapat membuat jantung kita


Kesimpulan

Manfaat lari bisa dibagi berdasarkan waktu kamu melakukannya. Lari pagi, lari siang, dan lari malam mempunyai manfaatnya sendiri-sendiri tergantung apa tujuanmu dalam berlari. 

lari pagi bisa menjadi self alarm dan membuatmu merasa harus menghindari makan karbohidrat berlebih dan tidak sehat sepanjang hari.

Lari siang/sore memberikan rasa aman ekstra dari hal-hal yang bisa jadi tidak enak untukmu.

Jogging di malam hari itu baik jika intensitas lari yang kita lakukan tergolong slow run dan hanya sebagai bentuk relaksasi saja.



Artikel Lainnya Yang Setopik

6 Manfaat Rutin Olahraga Lari Selama 1 Minggu | Rutin olahraga lari dalam semingggu memberikan banyak manfaat untuk fisik & mental. Berikut manfaat lari dalam seminggu.

Manfaat Berlari Untuk Mood Yang Lebih Baik dan Stabil | Manfaat berlari untuk mood.

Manfaat Lari Untuk Penderita Stress Dan Depresi Serta Efeknya Untuk Kehidupan | Manfaat lari untuk masalah mental.


sumber : best time to run by therunexperience


Demikian pembahasan untuk manfaat lari pagi, manfaat lari siang, manfaat lari sore, dan manfaat lari malam kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee

Follow juga Instagram kita di @runners.case  untuk mendapatkan tips dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk " Manfaat Olahraga Lari Berdasarkan Waktunya | Lari Pagi Siang Sore Malam"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan