Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta dan Anatomi Kaki Manusia Saat Berlari

Anatomi Lari

ANATOMI KAKI SAAT LARI, kaki manusia bagian kaki manusia kerangka kaki manusia bagian bagian kaki manusia dan namanya jenis kaki manusia bagian bagian kaki manusia telapak kaki manusia






Tahukah kamu kalau kaki kita bisa menahan beban sampai 3x lipat berat badan saat berlari. Kaki manusia memang didesain untuk berfungsi menjaga stabilitas, dan penyerapan impak/goncangan saat melangkah.

Kaki manusia terdiri dari 26 tulang dan dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu kaki depan, kaki tengah, dan kaki belakang.

Kaki belakang menyentuh tanah dan menyerap benturan dengan mengubahnya menjadi gerakan menggulung ke kaki depan.

Kaki tengah terdiri dari satu set tulang unik berupa tulang yang melengkung untuk memberikan kestabilan baik saat kaki mendarat maupun saat kaki bergerak kedepan.

Kaki depan memiliki sendi yang bisa terlipat untuk mendorong badan kedepan saat melangkah.



Fakta dan Anatomi Kaki Manusia Saat Berlari Berdasarkan Bagian Kaki

Kaki Bagian Belakang

Sendi utama di kaki belakang adalah sendi sub-talar, yang berada tepat di bawah sendi pergelangan kaki. Sendi sub-talar dan engkel kaki bekerja bersamaan saat kaki mendarat di tanah dan menstabilkan kaki saat menahan beban tubuh kedepan.


Baca juga Sakit Di Antara Betis dan Tumit | Cedera Tendinitis (Achilles Tendinopathy) Pada Pelari.



Kaki Bagian Tengah

Dua sendi utama di kaki tengah adalah sendi talo-navicular dan sendi calcaneo-cuboid. Sendi-sendi ini bekerja sama untuk memungkinkan lengkungan turun dan naik sebagai respons terhadap gerakan sendi sub-talar. Semakin luwes kaki tengah, semakin baik kakimu saat berlari di permukaan yang tidak rata. 


Kaki Bagian Depan

Sendi utama di kaki depan adalah sendi metatarso-phalangeal, yang membentuk lengkungan antara telapak dan jari kaki. Saat berjalan dan berlari, persendian ini menekuk saat tumit terangkat dari tanah. Sendi ini menjadi tumpuan saat mendorong tubuhmu kedepan.


Baca juga Cara Mencegah Cidera Lari Dengan Berlari Lebih Efektif | Cara mencegah cidera.



Cara Menjaga Agar Kaki Tidak Cedera Saat Lari

Cedera lari terjadi karena adanya ketidak-seimbangan kekuatan otot yang ada di kaki. Otot kaki sangat penting dalam meredam impak saat lari. Jika otot-otot ini tidak kuat maka impak benturan antara kaki dan tanah akan sangat beresiko menimbulkan cedera.

Kira-kira apa saja yang bisa dilakukan untuk meminimalisir terjadinya cedera?


Selalu Hati-Hati Menaikkan Intensitas Lari

Cedera lari paling banyak dipicu oleh intensitas lari yang dinaikkan secara sembarangan. Misalnya kamu dari yang awalnya hanya rutin lari 5k, tiba-tiba menaikkan intensitas lari sampai half marathon (21k). Ini jelas memberikan tekanan lebih pada otot kaki dan membuatmu beresiko besar mendapatkan cedera.


Mulai Lari Secara Bertahap dan Konsisten

Lari adalah olahraga yang tidak bisa dikuasai cuma dengan 1-2 kali latihan. Tentu jika kamu hanya pelari yang membutuhkan manfaat kesehatan, lari 1-2 kali seminggu sudah cukup untuk dilakukan. 

Tapi bahkan jika hanya 1-2 kali lari seminggu, kamu tidak bisa melakukannya dengan sembarangan. Naikan intensitas secara bertahap dan konsisten, dan kalau perlu kamu bisa memakai jadwal lari untuk pemula.


Sediakan 1 Hari Perminggu Untuk Latihan Otot Kaki

Otot kaki yang kuat akan sangat membantu meredam impak benturan antara kaki dan tanah. Kamu tidak perlu memakai banyak alat atau pergi ke Gym untuk melatih kekuatan otot tersebut. Gerakan-gerakan sederhana seperti lunges, squat, dan plank sebenarnya sudah cukup untuk membentuk kekuatan otot yang dibutuhkan. 

Lakukan juga gerakan-gerakan tersebut dengan intensitas ringan setiap sebelum dan sesudah lari sebagai bagian dari pemanasan dan pendinginan.



sumber : foot anatomy by timeoutdoors 



Artikel Lainnya Yang Setopik

5 Bagian Tubuh Yang Penting Saat Lari | Bagian tubuh apa saja yang penting saat olahraga lari? Bagian tubuh yang penting untuk berlari.

Kenapa Pelari Marathon Badannya Kurus? | Penyebab pelari marathon berbadan kurus.

Kurang olahraga terlihat pada tanda yang diberikan oleh tubuh. Berikut 12 tanda dari tubuh yang kurang olahraga.



Demikian pembahasan untuk Fakta dan Anatomi Kaki Manusia Saat Berlari kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee

Follow juga Instagram kita di @runners.case  untuk mendapatkan tips dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk " Fakta dan Anatomi Kaki Manusia Saat Berlari"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan