Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Berjalan Kaki Termasuk Sebagai Cara Latihan Kardio?

Cara Latihan Kardio Dengan Jalan Kaki

APA ITU KARDIO? BAGAIMANA CARA LATIHAN KARDIO?








Kardio atau Cardio yang merupakan kependekan dari Cardiorespiratory merupakan aktivitas fisik yang bergantung pada sistem pernapasan untuk mensuplai oksigen ke otot yang sedang digunakan. 

Olahraga kardio membuat kita bisa berlari dengan jarak dan durasi yang lebih lama. Ini karena level kardio yang baik secara otomatis akan menaikkan level stamina kita. 

Jadi, apakah jalan kaki itu termasuk latihan kardio?



Apa Itu Olahraga Kardio dan Contohnya?

Setiap aktifitas fisik intensitas ringan sampai sedang seperti contohnya jalan kaki, jalan cepat, lari, dan bersepeda bisa dikategorikan sebagai olahraga kardio. 

Sementara olahraga lari secara aerobik dan anaerobic juga termasuk sebagai olahraga kardio karena melatih level kardiomu agar lebih baik lagi.

Jalan kaki bermanfaat untuk pelari karena berjalan kaki dan berlari, sebenarnya sama-sama merupakan latihan kardio yang baik bagi tubuh. 

Jalan kaki merupakan aktivitas ringan namun tetap meningkatkan level kardio. Karena itu, ini bisa kita terapkan sebagai cara untuk recovery sehabis cedera.

Selain itu, pelari pemula yang belum bisa lari dengan jarak yang jauh, sebaiknya memadukan jalan kaki dan lari atau yang biasanya disebut sebagai metode walk run. 

Kamu juga perlu untuk walk run atau mengkombinasikan lari dan jalan kaki, sampai tubuhmu mampu untuk berlari penuh dalam jarak tertentu.



Olahraga Kardio Untuk Apa?

Olahraga kardio berguna untuk meningkatkan proses pengiriman oksigen ke otot saat kamu melakukan aktivitas fisik. 

Semakin baik proses pengiriman oksigen ini, semakin baik pula level stamina dan endurancemu. Sehingga kamu bisa berolahraga dengan durasi yang lebih lama.





Bagaimana Berjalan Kaki Mempengaruhi Detak Jantung dan Sistem Kardiovaskular?

Berjalan kaki dapat meningkatkan detak jantung dan memperkuat sistem kardiovaskular. Saat berjalan kaki, tubuh memerlukan lebih banyak oksigen, sehingga jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh. 

Ini menghasilkan peningkatan detak jantung yang membantu memperkuat jantung dan memperbaiki sirkulasi darah.

Berjalan kaki mampu mempengaruhi detak jantung dan sistem kardovaskular, namun untuk bisa mendapatkan manfaat yang lebih, tentu saja kita perlu latihan kardio yang lebih intens pula. Seperti misalnya dengan berlari.




Apakah Berjalan Juga Bisa Dikategorikan Sebagai Latihan Kardio? Ya!

Manfaat jalan kaki untuk pelari sebenarnya banyak sekali. 150 menit berjalan kaki dengan intensitas sedang perminggu mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskular. 

Jadi kalau kamu bisa berjalan kaki 30 menit saja tiap hari, kesehatan kardiovaskularmu akan meningkat.


macam-macam latihan kardio




Apakah Berjalan Kaki Dapat Membantu Meningkatkan Kapasitas Paru-paru?

Berjalan kaki secara teratur dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru. Dalam proses berjalan kaki, pernapasan menjadi lebih cepat dan lebih dalam, yang memungkinkan paru-paru untuk mengambil lebih banyak oksigen dan mengeluarkan lebih banyak karbon dioksida. 

Latihan kardio seperti berjalan kaki secara konsisten akan memperkuat otot-otot pernapasan dan meningkatkan efisiensi pertukaran oksigen dan karbon dioksida di dalam tubuh.





Apakah Ada Cara-cara Untuk Meningkatkan Intensitas Latihan Kardio Saat Berjalan Kaki?

Ada beberapa cara untuk meningkatkan intensitas latihan kardio saat berjalan kaki. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kecepatan langkah kaki atau menggunakan metode walk run.

Menggunakan medan yang lebih menantang, seperti menaiki bukit atau tangga, juga dapat meningkatkan intensitas latihan. 

Selain itu, menambahkan gerakan lengan atau membawa beban ringan seperti alat pemberat kaki dan tangan dapat membantu memperkuat otot-otot dan meningkatkan efek kardio dari latihan berjalan kaki.

Baca juga Pemberat Kaki Untuk Lari: Manfaat, Risiko, & Cara Menggunakannya | Pemberat kaki untuk pelari kadang digunakan saat berlari. Namun, kita sebaiknya mengetahui cara yang benar saat menggunakan pemberat kaki. | Alat pemberat kaki.




Berapa Kalori Jalan Kaki 1 Jam?

Dengan perhitungan kasar, rata-rata kalori yang dibakar saat kamu berjalan selama 1 jam adalah 100-150kkal

Namun ini sangat bergantung pada level fitnessmu, intensitas saat jalan kaki, dan bagaimana kondisi metabolismemu. 

Angka diatas bisa jadi lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada keseluruhan variabel yang sudah disebutkan tadi.



Berapa Minimal Jalan Kaki per Hari?

Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, American Heart Association merekomendasikan setidaknya 150 menit aktivitas fisik aerobik moderat setiap minggunya. Nah, jalan kaki termasuk ke dalam aktivitas fisik aerobik moderat tersebut. Jadi, kita sebaiknya berjalan kaki selama 150 menit atau sekitar 30 menit setiap hari selama 5 hari.

Namun, jika kamu baru mulai rutin berjalan kaki, sebaiknya mulai saja dengan jarak yang lebih pendek dan tingkatkan jaraknya secara bertahap. Tujuannya adalah untuk membiasakan tubuh dengan aktivitas tersebut dan mencegah cedera.


Baca juga Latihan otot kaki penting dilakukan sebagai seorang pelari. Berikut apa saja hal yang perlu kamu tahu tentang pentingnya latihan otot kaki. | Cara mencegah cedera.



Apakah Jalan Kaki Sama Baiknya Dengan Berlari?

Pasti banyak yang bertanya, apakah jalan kaki bisa memberikan manfaat yang setara dengan lari? Tentu dong! 

Berjalan kaki maupun berlari memberikan manfaat dalam hal Cardiorespiratory. 

Akan tetapi sebagai pelari, sangat penting bagi kita untuk melakukan latihan dengan intensitas yang berbeda-beda sepanjang waktu. 

Memilih untuk jalan kaki bisa sangat membantu bagi pelari yang baru saja mengalami cedera pada lutut dan sendi. 

Berlari kadang menghasilkan impak yang lebih tinggi pada kaki, resiko cedera bisa jadi juga lebih besar. 

Sebaliknya, berjalan kaki merupakan aktifitas yang lebih ramah pada kaki karena lebih sedikit teknikal dan memberikan impak yang lebih rendah dibanding berlari.

Artinya, berjalan kaki dianjurkan untuk pelari yang baru saja sembuh dari cedera, dan perlu mengaktifkan kembali otot dan saraf yang sudah lama tidak terpakai selama cedera. 

Berjalan kaki dianjurkan untuk mereka yang sudah lama tidak lari dan ingin mulai rutin lari lagi.


Baca juga Sebagai cara menjaga kesehatan, berikut tips dan jadwal lari untuk kamu yang mau mulai lari lagi. Cara mulai lari lagi.




Mengapa Olahraga Jalan dan Lari Sangat Efisien?

Banyak otot tubuh bekerja bersamaan untuk menjaga keseimbangan, menopang tubuh, dan menggerakkan tubuh saat kita jalan kaki ataupun berlari. Hal ini membantu meningkatkan kekuatan otot dan melatih koordinasi antar otot.

Selain itu, jalan dan lari merupakan latihan aerobik yang efektif karena membantu meningkatkan kapasitas kardiorespirasi sehingga meningkatkan stamina dan daya tahan.

Kemudian, jalan kaki dan lari adalah latihan yang efektif untuk membakar kalori. Tubuh kita akan membakar banyak kalori untuk mendukung aktivitas tersebut, sehingga membantu dalam target penurunan berat badan.

Dan yang terakhir dan membuat jalan kaki maupun lari menjadi olahraga yang efisien adalah, karena jalan dan lari dapat dilakukan di mana saja serta tidak memerlukan banyak peralatan mahal.



Jalan Kaki Dan Lari - Mana Yang Membakar Kalori Lebih Baik?

Apakah jalan kaki lebih baik daripada lari? Berjalan dan Berlari sama-sama bisa membantu membakar kalori. Namun jika intensitas larimu berlebihan, maka tubuh bisa saja mengurai otot alih-alih membakar lemak. 

Tentu saja ini tidak bagus karena tubuh memerlukan otot untuk proses metabolisme saat membakar lemak. Bagaimana dengan berjalan kaki? 

Tentu saja berjalan kaki tidak mungkin dilakukan sampai intensitas tinggi hingga mampu membakar otot.

Tentu saja ada area dimana berlari lebih baik daripada berjalan. Misalnya, jika kamu berlari sprint maka kamu bisa membakar lemak lebih cepat dengan waktu yang lebih sedikit. 

Berlari juga meningkatkan VO2 max, alias meningkatkan kapasitas konsumsi oksigen (aerobik) pada tubuh lebih baik dibandingkan dengan berjalan kaki.

Yang harus kamu ketahui adalah kombinasi dari berlari dan berjalan bisa memberikan manfaat yang lebih baik dibandingkan hanya melakukan satu jenis latihan saja. 

Berjalan kaki membantu mengatur pemakaian energi pada tubuh, membantu tubuh tetap fit, membantu proses pemanasan dan pendinginan saat berlari, serta membentuk ulang postur tubuh jika dilakukan dengan benar. 

Jalan kaki juga membantu proses metabolisme, membakar lemak berlebih, dan secara luas memberikan efek kebugaran yang lebih baik dari lari.

Oleh karena itu, lakukan  keduanya sebagai satu kesatuan di menu latihanmu jika kamu punya waktu dan kesempatan untuk melakukannya.



Bagaimana Cara Latihan Kardio Dengan Jalan Kaki?

Untuk mendapatkan manfaat seutuhnya dari berjalan kaki, kamu harus menemukan level intensitas idealmu. Yang mana cukup menantang namun tetap bisa dilakukan. 

Namun jika kamu pemula atau baru sembuh dari cedera, kamu bisa ikuti latihan berikut :

Jalan kaki 15-20 menit, selama beberapa hari secara perlahan naikkan sampai 30-40 menit. Lakukan sebanyak 3-5 kali per minggu. 

Kalau kamu merasa latihan diatas sudah terlalu mudah, selanjutnya coba kombinasikan jalan dan jogging selama 20-30 menit 5 kali perminggu. 

Coba bagi 20-30 menit itu menjadi dua bagian. Misalnya 15 menit jogging, dan 5 menit jalan kaki atau 20 menit jalan kaki dan 10 menit jogging. Kamu bebas menentukan sendiri pembagian kombinasinya menurut kemampuan tubuhmu sendiri. 

Pelari yang baru sembuh dari cedera kadang tidak sabar untuk mulai lari lagi. Bahkan kalau bisa, mereka mau langsung hajar pace dan jarak seperti saat sebelum cedera.

Padahal, tubuh kita perlu "diajari" lagi secara perlahan dengan gerakan lari dan intensitas yang ringan. 

Dan kombinasi jalan kaki dan jogging merupakan cara paling tepat untuk membantumu kembali ke performamu yang dulu dan melindungi tubuhmu dari cedera kambuhan yang mungkin muncul.


Baca juga Cara mencegah cidera agar mampu lari lebih jauh dan lebih lama. Cara mencegah cidera.




Bagaimana cara latihan kardio?




Apakah Boleh Kardio Setiap Hari?

Apakah Bagus Jalan Kaki Setiap Hari? Ya bisa saja untuk olahraga kardio setiap hari. Namun, ini hanya untuk jalan kaki atau jika tubuhmu benar-benar sudah sering rutin berolahraga dalam waktu 6 bulan - 1 tahun, maka mungkin kamu bisa lari setiap hari. 

Ya, jalan kaki setiap hari sangat bagus untuk kesehatan dan kebugaran. Berjalan kaki merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik yang paling mudah dilakukan dan juga memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh. Beberapa manfaat jalan kaki setiap hari antara lain:

  • Meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah
  • Meningkatkan kekuatan otot dan tulang
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Meningkatkan suasana hati
Namun, penting untuk memulai program jalan kaki secara perlahan dan meningkatkan intensitas secara bertahap untuk mencegah cedera.

Olahraga kardio yang bisa kita lakukan setiap hari adalah olahraga dengan intensitas rendah seperti jalan kaki.




Kesimpulan

Olahraga kardio adalah olahraga yang membentuk proses pengiriman oksigen ke otot sebagai penghasil energi. Semakin baik proses ini, semakin baik level staminamu saat berolahraga.

Jalan kaki bisa dikategorikan sebagai latihan kardio, sama seperti lari, jalan cepat, bersepeda, dsb. 

Jalan kaki juga membakar kalori walaupun tidak sebesar saat kamu berlari atau olahraga kardio lainnya yang lebih intens.

Tidak ada yang lebih baik antara lari dan jalan kaki. 

Kedua jenis latihan ini saling melengkapi satu sama lain, misalnya jalan kaki bisa jadi cara untuk pemanasan dan pendinginan saat sebelum maupun sesudah lari.

Cara latihan kardio dengan jalan kaki cukup mudah, kamu hanya perlu rutin jalan kaki pada aktivitas sehari-hari, atau ketika sebelum dan sesudah lari sebagai pemanasan serta pendinginan.






Artikel Lainnya Yang Setopik

Olahraga Kardio di Rumah Dengan Skipping | Olahraga kardio di rumah bisa dilakukan dengan berbagai macam olahraga dan aktivitas fisik. Berikut cara skipping untuk olahraga kardio di rumah. | Cara skipping.

Olahraga Kardio Terbaik dan Paling Efektif Untuk Bakar Lemak | Olahraga kardio terbaik untuk membakar lemak adalah lari interval. Pelajari bagaimana cara membakar lemak dengan olahraga kardio terbaik di sini. | Olahraga kardio paling efektif.

Olahraga Jantung Terbaik Itu Yang Mana Sih? | Olahraga jantung bermanfaat untuk memperkuat jantung. Tapi yang mana sih olahraga jantung yang baik? Ayo pelajari di sini! | Olahraga jantung.

Manfaat jalan kaki ada banyak sekali, apalagi untuk seorang pelari. Berikut beberapa manfaat jalan kaki yang perlu kita tahu. | 23 manfaat jalan kaki.

3 Jenis Pelari / Runner Berdasarkan Tujuannya | Pelari atau runner adalah orang yang melakukan olahraga kardio yaitu lari. Berikut berbagai macam jenis pelari.

Manfaat olahraga kardio seperti lari untuk jantung sudah terkenal. Berikut efek olahraga kardio untuk jantung.

Metode lari walk run adalah metode untuk berlari yang diselingi dengan jalan kaki. Berikut tips dan cara menggunakan metode walk run.



 
 
Demikian pembahasan untuk latihan kardio dengan jalan kaki kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Apakah Berjalan Kaki Termasuk Sebagai Cara Latihan Kardio? "

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan