Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Memotivasi Diri Sendiri Agar Konsisten Olahraga Lari

Motivasi Diri Sendiri Untuk Olahraga Lari

Motivasi olahraga







Motivasi berolahraga adalah hal yang sangat rapuh, karena mudah dibangun tapi juga mudah dihancurkan. Berolahraga seperti lari bisa sangat sulit dilakukan walaupun gerakan lari itu mudah. 

Kenapa? Karena kurang motivasi.

Tapi sebelum membahas lebih jauh bagaimana membuat dan menjaga motivasi diri sendiri untuk rutin olahraga, sebaiknya kita bahas dulu tentang pengertian motivasi.



Apa Yang Dimaksud Dengan Motivasi Olahraga?

Motivasi adalah proses yang memicu dimulainya sebuah kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu. 

Motivasi bisa dibilang menjadi semacam "penggerak" dari setiap tingkah laku manusia, dan salah satunya adalah motivasi berolahraga.



Apa Saja Jenis Motivasi?

Motivasi bisa dibagi ke dalam 2 jenis motivasi, yaitu motivasi ekstrinsik, motivasi yang pemicunya datang dari luar seperti penghargaan, status sosial, kekaguman orang lain, dsb.

Sementara motivasi intrinsik adalah motivasi yang dipicu oleh rasa ingin, penasaran, atau kemauan dari dalam diri sendiri.

Motivasi untuk olahraga bisa masuk ke dalam 2 macam jenis motivasi diatas karena keinginan untuk berolahraga bisa sama-sama dipicu dari dalam dan luar diri seseorang.


Baca juga Cara Biar Semangat Olahraga | Semangat olahraga memang bisa naik turun. Berikut cara agar bisa konsisten semangat olahraga. | Cara semangat olahraga.



Faktor Faktor Apa Saja Yang Mempengaruhi Motivasi Seseorang?

Insting

Psikolog seperti Sigmund Freud, William James, dan William McDougal percaya bahwa motivasi dipicu oleh insting dasar manusia untuk bertahan hidup. 

Insting ini digunakan untuk menjauh serta menghindar dari hal-hal yang bisa mengancam keselamatan dan kondisi mereka.

Jika dikaitkan pada motivasi olahraga, kita bisa simpulkan bahwa orang berolahraga untuk menjamin keselamatan dan kondisi tubuh mereka. 

Manusia pada dasarnya ingin untuk selalu sehat dan terhindar dari segala macam penyakit yang bisa mengancam kehidupan mereka. Karena itulah mereka termotivasi untuk berolahraga.


Kebutuhan Biologis

Kita sebagai makhluk hidup memiliki kebutuhan biologis yang banyak. Makan, minum, tidur, dan lainnya, adalah contoh kebutuhan biologis yang manusia miliki.

Selain itu, kebutuhan kita untuk bergerak juga termasuk kebutuhan biologis. Tubuh kita butuh bergerak aktif agar sel-sel, organ tubuh, dan peredaran darah bisa bekerja dengan baik. Berolahraga mampu memberikan berbagai manfaat yang dibutuhkan.

Mungkin itulah kenapa kita memiliki kebutuhan untuk olahraga, dan mungkin itulah kenapa kita selalu punya motivasi untuk olahraga.


Ketertarikan / Hobi / Gairah

Motivasi selalu dipicu oleh rasa ketertarikan, rasa ingin lebih akan sesuatu hal yang menarik minat seseorang. 

Rasa gairah untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan akan terus ada pada manusia, inilah motivasi yang mendorong mereka.

Orang yang tertarik membaca buku, mungkin akan lebih senang diam di rumah sambil baca buku. 

Orang yang berminat pada aktivitas fisik, mungkin juga akan lebih senang pergi keluar mencari aktivitas yang bisa dilakukan secara fisik. Inilah contoh dari orang yang memiliki motivasi olahraga tinggi.


Baca juga Kenapa Resolusi Tahun Baru Sering Gagal? Cara Agar Konsisten Olahraga Lari | Cara agar konsisten olahraga lari perlu dipahami agar resolusi tahun baru bisa berhasil. Berikut yang perlu kita tahu sebagai cara agar konsisten. | Cara konsisten olahraga.




Apa Akibat Jika Kita Jarang Berolahraga?

Berikut adalah beberapa akibat yang dapat terjadi jika kita jarang berolahraga:

Kondisi kardiovaskular buruk

Jarang berolahraga dapat menyebabkan penumpukan lemak dalam arteri, yang dapat menghambat aliran darah dan memicu penyempitan pembuluh darah. Hal ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, stroke, atau hipertensi.

Obesitas atau kelebihan berat badan

Kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan kalori tidak terbakar sampai habis dan akhirnya di timbun sebagai lemak dalam tubuh. Semakin banyak lemak di tubuh akan berpotensi mengakibatkan kelebihan berat badan atau obesitas.

Risiko tinggi terkena diabetes

Kurangnya olahraga dapat menyebabkan tingkat glukosa darah yang tinggi karena insulin tidak bekerja dengan baik. Kondisi ini akan meningkatkan kadar gula dalam darah dan juga risiko terkena diabetes tipe 2 yang pengobatannya akan sangat mahal.

Kondisi mental yang tidak stabil

Jarang berolahraga juga dapat mempengaruhi kesehatan mental. Kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan stres, kecemasan, dan depresi karena otak dan jantung tidak mendapatkan pasokan oksigen segar yang cukup. Ini semua akan sangat mempengaruhi kestabilan mood kita.

Kekurangan energi

Aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan energi dan daya tahan tubuh. Sebaliknya, kurang aktivitas fisik membuat kita mudah lemas.

Pernah kan ada hari dimana kamu tidak melakukan apapun tapi rasanya lemas, capek, dan lelah tanpa alasan? Kondisi kurang bertenaga inilah yang disebabkan karena kurangnya olahraga pada rutinitas sehari-hari kita.

Kualitas tidur buruk

Kurangnya olahraga dapat mempengaruhi kualitas tidur. Jika kita tidak berolahraga, kita mungkin kesulitan tidur nyenyak dan sering tiba-tiba terbangun di malam hari.


Baca juga 7 Alasan Kenapa Harus Mulai Rutin Olahraga Lari | Alasan kenapa harus lari.




Bagaimana Cara Agar Rajin Berolahraga?

Berikut adalah beberapa cara untuk menjadi rajin berolahraga:

Buat jadwal rutin

Memiliki jadwal atau program olahraga rutin setiap minggunya akan membantu sekali saat kamu harus rutin berolahraga. Sebagai seorang pelari, sebaiknya ada 4 hal di dalam program latihanmu, yaitu slow run, fast run, latihan otot, dan istirahat.


Gabung komunitas

Walaupun ada banyak orang yang lebih senang lari sendirian, namun ada kalanya kita butuh motivasi dari orang lain.

Coba cari teman lari atau komunitas lari untuk meningkatkan motivasimu dalam berlari. Dengan mendapatkan dukungan dan inspirasi dari teman lari atau komunitas, kita dapat tetap termotivasi dan konsisten dalam latihan.

Selain itu, kita juga bisa berbagi pengalaman dan mencapai tujuan yang sama saat lari.


Temukan aktivitas yang bisa kamu nikmati

Pilihlah olahraga yang sesuai dengan minat dan bisa benar-benar kamu nikmati. Ini akan membuat kita lebih cenderung untuk melakukannya secara teratur. Olahraga harus dibuat semenyenangkan mungkin, ini agar olahraga bisa menjadi kebiasaan kita sehari-hari.


Cari tahu manfaat olahraga

Semakin kita mencari tahu tentang manfaat olahraga, semakin kita sadari kalau pengetahuan kita benar-benar masih sedikit. Bacalah artikel yang memberi tahu soal manfaat dari olahraga lari, dan baca juga artikel tentang cara melakukannya dengan benar.


Mulailah dengan sedikit dan naikkan secara bertahap

Jangan mencoba melakukan terlalu banyak dalam satu waktu. Mulailah dengan aktivitas ringan seperti jalan kaki atau jogging selama 15 menit, kemudian naikkan durasi dan intensitas secara bertahap. Ini dapat membantu kita menghindari cedera dan merasa nyaman dengan olahraga yang kita lakukan.


Cari rute lari terbaik

Menemukan rute atau lokasi lari yang menantang dan menarik merupakan langkah penting dalam mempertahankan motivasi kita dalam berolahraga lari. 

Mencari tahu rute lari yang menarik di sekitar rumah, mencoba rute alam atau taman yang indah, atau bahkan mengeksplorasi tempat-tempat wisata dengan pemandangan menarik dapat memberikan pengalaman baru yang menyenangkan saat berlari.


Buat variasi latihan

Mengatur variasi latihan dan menjelajahi jenis olahraga lari yang berbeda bisa kita lakukan untuk menjaga motivasi saat berlari. 

Dengan mengatur variasi dalam latihan, seperti interval atau fartlek, serta mencoba jenis olahraga lari yang berbeda, seperti trail running atau lari lintas alam, kita dapat meningkatkan kebugaran, menghindari kebosanan, dan menjaga motivasi agar tetap tinggi.




Gimana Cara Agar Semangat Olahraga?

Cara agar semangat berolahraga adalah dengan membuat target-target kecil yang mudah dicapai. 

Target-target kecil ini bukan hanya agar mudah dicapai, namun juga memberikan "sense of accomplishment" atau rasa bangga pada dirimu sendiri.

Dengan begitu, kamu akan merasa bahwa segala jerih payah, keringat, dan pengorbanan yang kamu lakukan tidak sia-sia.

Banyak orang tidak semangat olahraga bukan karena malas, tapi karena mereka merasa tidak ada progress yang terlihat dari semua olahraga yang sudah dilakukan. Tapi ini soal persepsi, dan mudah untuk di perbaiki.

Untuk itu, kamu perlu membuat target-target kecil yang mudah dicapai, ini agar kamu tetap punya motivasi olahraga walaupun progres yang kamu inginkan belum terlihat.




Apa Penyebab Kita Malas Untuk Berolahraga?

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kita malas untuk berolahraga, di antaranya:

Kurangnya motivasi

Kurangnya motivasi atau tujuan yang jelas dalam berolahraga dapat membuat kita merasa malas. Kita mungkin tidak memiliki alasan yang cukup kuat untuk berolahraga secara teratur, sehingga sulit untuk memotivasi diri sendiri.

Misalnya kita ingin mendaftar TNI, kita pasti akan bersemangat untuk lari 12 menit agar bisa diterima kan? Coba cari alasan apapun yang bisa membuatmu tetap termotivasi untuk olahraga lari.


Jadwal yang sibuk

Jadwal yang padat dengan pekerjaan atau aktivitas lain dapat membuat kita merasa sulit untuk menemukan waktu untuk berolahraga. Kita mungkin merasa terlalu lelah atau terlalu sibuk untuk berolahraga, dan memilih untuk melakukan aktivitas lain yang lebih mudah atau menyenangkan.

Baca juga Cara Manajemen Waktu dan Jadwal Lari Untuk Orang Yang Sibuk | Jadwal lari untuk orang yang sibuk.


Lingkungan yang tidak mendukung

Lingkungan di sekitar kita juga dapat mempengaruhi keinginan dan kemampuan kita untuk berolahraga. Misalnya, jika lingkungan sekitar kita tidak mendukung aktivitas fisik atau tidak memiliki fasilitas olahraga yang memadai, maka kita mungkin merasa sulit untuk berolahraga secara teratur.

Kondisi kesehatan

Kondisi kesehatan tertentu, seperti cedera atau penyakit, dapat membuat kita merasa malas untuk berolahraga. Kita mungkin merasa takut akan cedera atau tidak mampu melakukan aktivitas olahraga karena kondisi kesehatan yang membatasi.



Bagaimana Caranya Agar Tidak Malas Berolah Raga?

Segera memulai dan jangan jadi perfeksionis adalah cara terbaik agar tidak malas berolahraga.

Banyak orang sering menunda-nunda olahraga karena menunggu waktu yang sempurna untuk berolahraga. Entah karena cuaca terlalu panas, kondisi tubuh lagi tidak enak, atau menunggu uang terkumpul untuk membeli perlengkapan olahraga.

Padahal, olahraga ya olahraga. Tidak ada hubungannya dengan kapan momen yang tepat untuk mulai bergerak. 

Selain itu, malas olahraga juga dipicu oleh ekspektasi kita terhadap diri sendiri. 

Kita berharap kita bisa dengan mudah lari 100m dalam 10 detik, kita berharap kita bisa lari 10km tanpa kelelahan, kita berharap tubuh kita selalu siap untuk intensitas olahraga yang berat.

Padahal, atlet-atlet elit saja punya periode dimana performa mereka entah kenapa ngedrop. Tapi mereka tidak berhenti dan tetap berlatih dengan serius, sampai performa mereka bisa kembali naik.

Yang perlu kita pahami adalah setiap sesi olahraga kita tidak akan selalu sempurna. Akan ada masa dimana badan rasanya lemas dan kehilangan kemampuan untuk olahraga, dan itu wajar.

Jika itu terjadi, istirahatlah 1-2 hari dan mulai lagi dengan intensitas yang ringan dan mudah dilakukan seperti target kecil yang kita bahas di atas.

Ini jauh lebih baik daripada kamu langsung menyerah dan malas berolahraga, hingga akhirnya kamu kehilangan motivasi olahraga seutuhnya.



Bagaimana Cara Konsisten Olahraga?

Cara untuk konsisten olahraga adalah membuat jadwal olahraga dengan target-target kecil yang mudah kamu capai.

Dengan memiliki jadwal olahraga perminggu, kamu bisa melihat sendiri progres latihanmu dan target-target apa saja yang sudah kamu capai. 

Ini akan membuatmu terpacu untuk terus konsisten dengan rutinitas olahraga yang kamu lakukan.

Manfaat jangka panjangnya, kamu jadi lebih percaya diri dan punya motivasi olahraga yang lebih baik. 



Motivasi Diri Sendiri Untuk workout dan Olahraga




Bagaimana Memotivasi Diri Sendiri Untuk Berlari?

Mungkin satu hal terpenting dari sebuah program latihan lari adalah motivasi untuk diri sendiri. 

Tidak perduli skill atau tingkat fitnessmu, kalau tidak ada motivasi maka semua kemampuan fisik itu akan percuma.

Dibawah ini adalah cara memotivasi diri sendiri yang digunakan Tim Rogers, saat mengikuti program latihan selama 18 bulan dan 99 hari berlari marathon antar 7 benua. 


Tetapkan Target Lari

Buatlah program latihan lari yang realistis dan kamu yakin bisa dicapai. Misalnya berapa km jarak yang akan kamu tempuh, berapa pace lari nya, dll. 

Jangan sampai kamu merasa di bawah tekanan. Pastikan kamu menghabiskan waktu latihan secara disiplin. 


Beri Tahu Siapa pun Tentang Rutinitas Larimu

Teman dan Keluarga bisa jadi pisau bermata dua. Mereka bisa jadi penyemangatmu, atau malah jadi pembuka mata mu soal seberapa lemahnya dirimu. 

Apapun itu, jika kamu mampu berpikir lebih dalam, mereka lah sumber motivasi tidak terbatas. 

Jika kamu mampu berlatih dengan disiplin dan konsisten, maka mereka bisa melihat perubahan yang terjadi pada fisik dan gaya hidupmu yang lebih baik. 

Bahkan kamu akan punya fisik dan gaya hidup yang lebih baik dari mereka. 

Mereka akan menyadari kamu sukses mengangkat level hidupmu dan mengucapkan selamat disertai ungkapan betapa pengennya mereka bisa seperti kamu. Kamu akan jadi motivasi olahraga buat mereka.

Tapi kalau kamu tidak disiplin dan konsisten dengan program larimu, jadwal lari bolong-bolong, dan malas untuk berusaha, maka mereka akan jadi yang pertama mengkritik kelemahan mu. 

Kamu akan mulai merasa malu dan bersalah karena tidak disiplin dengan diri sendiri. Kamu akan sering mendengar sindiran-sindiran seperti "lah katanya mau rutin lari? gimana sih? " 

Disini kamu mempertaruhkan harga diri mu. Terkadang kata-kata pedas dari orang terdekat bisa jadi motivasi olahraga tambahan untuk kembali berlari setelah lama berhenti.



Bikin Catatan Mendetail Tentang Latihan Larimu

Ketika baru mulai menjalankan program latihanmu, sebaiknya buatlah catatan dari latihan yang sudah kamu jalani. Tulisah dengan detail rute yang kamu lewati, berapa km, berhenti berapa kali, dsb. 

Bahkan jika kamu sempat ke gym untuk membentuk otot, catat juga berapa waktu yang kamu habiskan disana dan apa saja yang kamu lakukan. 

Catatan ini bisa jadi motivasi olahraga yang baik jika datang rasa malas untuk mulai latihan lagi. Ketika rasa malas datang, buka catatan itu dan pikirkan segala jerih payah yang sudah kamu lakukan sejauh ini. 

Pikirkan segala perjuangan dan darah keringat yang tumpah selama ini. Ingat, kamu adalah satu-satunya orang yang bisa memberikan dirimu sendiri motivasi untuk berlari.

Katakan pada dirimu sendiri setelah melihat catatan itu "Saya sudah sejauh ini, semua ini jadi sia-sia kalau saya berhenti sekarang".

Catat juga cara kamu berlari agar bisa menjadi koreksi kedepannya. Kamu juga harus berlajar bagaimana cara berlari dengan lebih efektif agar kamu bisa terus berlari dan terhindar dari resiko cedera yang mungkin terjadi.


Buatlah Variasi Program Latihan

Dalam seni memotivasi diri sendiri untuk lari, rasa bosan jadi musuh yang harus kamu lawan. Apalagi jika kamu rutin berlari. 

Coba cari rute baru, lakukan cross training, berenang, angkat beban atau bersepeda. Coba buat variasi dengan segala latihan lain sehingga rutinitas latihan dan olahragamu tidak melulu didominasi hanya berlari saja. 




Kesimpulan

Motivasi olahraga pada akhirnya akan jauh lebih banyak datang dari usaha kita sendiri. Kitalah yang harus menjaga, merawat, dan melatih diri sendiri untuk selalu termotivasi berolahraga.

Salah satu cara agar diri sendiri tetap pada mindset dan motivasi yang benar adalah dengan membuat jadwal olahraga dan membiarkan orang-orang terdekat kita terlibat untuk mengingatkan kita.




sumber : 

Motivation for your running goal from a former world record holder by Realbuzz

What is motivation by verywellmind 

How to stop being lazy by healthline 




Artikel Lainnya Yang Setopik

Manfaat Olahraga | Alasan Kenapa Seorang Pelari Jarang Jatuh Sakit | Manfaat olahraga membuat sistem imun dan kondisi organ tubuh menjadi jauh lebih baik karena rutin berlari. Berikut ulasan tentang manfaat olahraga.

Motivasi Lari : Jadi Pelari Itu Cuma Sementara | Sedikit motivasi untuk lari untuk pelari indonesia yang kehilangan motivasi lari.

6 Manfaat Rutin Olahraga Lari Selama 1 Minggu | Rutin olahraga lari dalam semingggu memberikan banyak manfaat untuk fisik & mental. Berikut manfaat lari dalam seminggu & jadwal lari untuk 1 minggu.

Manfaat Lari Untuk Penderita Stress Dan Depresi Serta Efeknya Untuk Kehidupan | Manfaat lari untuk kesehatan mental.

Cara membentuk kebiasaan habit berlari supaya tidak malas berlari butuh sekitar 6-8 minggu sampai akhirnya terbiasa berlari dan habit baru terbentuk. | Cara biar terbiasa lari.

Manfaat Berlari Untuk Mood Yang Lebih Baik dan Stabil | Manfaat berlari untuk mood.

Manfaat olahraga lari bisa berbeda-beda tergantung waktu pelaksanaannya. Berikut manfaat lari pagi, manfaat lari siang / sore, dan manfaat lari malam. | Manfaat lari pagi, sore, & malam.

 

Demikian pembahasan untuk motivasi olahraga kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "4 Cara Memotivasi Diri Sendiri Agar Konsisten Olahraga Lari"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan